Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger

Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger : Update Terbaru !!

Posted on

Bengkeltv.idCara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger : Update Terbaru !!. Matrix Burger adalah salah satu provider televisi satelit di Indonesia yang menawarkan berbagai paket siaran dengan harga terjangkau. Bagi para pelanggan setia Matrix Burger, tentunya menikmati siaran televisi dengan kualitas yang jernih dan stabil menjadi hal yang penting.

Namun, untuk dapat menikmati siaran televisi dengan kualitas yang optimal, dibutuhkan adanya pemasangan antena parabola yang terkoneksi dengan satelit yang tepat.

Menambah Satelit Telkom 4 Di Matrix Burger merupakan langkah yang perlu dilakukan untuk menjamin kualitas siaran televisi yang lebih baik. Telkom 4 merupakan satelit yang menyediakan siaran-siaran televisi berkualitas dengan teknologi terbaru. Dalam artikel ini, kami akan membahas Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger.

Apa itu Receiver Parabola?

Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger

Receiver Parabola adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menerima sinyal televisi satelit. Receiver Parabola menerima sinyal televisi satelit melalui antena parabola dan mengubahnya menjadi sinyal video dan audio yang dapat ditampilkan pada televisi.

Receiver Parabola juga dilengkapi dengan berbagai fitur seperti navigasi satelit, pilihan bahasa, dan penyimpanan saluran televisi. Dengan menggunakan Receiver Parabola, pemirsa dapat menikmati berbagai saluran televisi dari seluruh dunia yang tidak dapat diakses melalui televisi kabel atau antena biasa.

Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger

Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger, untuk dapat menonton berbagai saluran televisi melalui Matrix Burger Kalian perlu melakukan beberapa pengaturan, termasuk menambahkan satelit. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

1. Menambah Satelit Telkom 4 pada Matrix Burger

Sebelum menambahkan satelit Telkom 4 pada Matrix Burger, pastikan antena parabola sudah diarahkan ke satelit Telkom 4 (posisi 108.0° BT). Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

Baca juga:  Daftar Satelit Ku Band FTA : UPDATE Terbaru !!

  • Tekan tombol Menu pada remote Matrix Burger.
  • Pilih menu Pengaturan Program.
  • Pilih Tambahkan Satelit.
  • Isi kolom yang muncul dengan data berikut:
  • Satelit: Telkom 4
    Garis Bujur: 108.0° BT
    Jenis LNB: Biarkan default
    Frekuensi LNB 1: 5150
    Daya LNB: Biarkan default
    22K: Aktifkan jika menggunakan switch 22K, nonaktifkan jika tidak.
    DiSEqC: Aktifkan jika menggunakan switch, nonaktifkan jika tidak.
  • Tekan Ok/Menu untuk menyimpan pengaturan.

2. Menambah Transponder pada Satelit Telkom 4

Setelah menambahkan satelit Telkom 4, langkah selanjutnya adalah menambahkan transponder terkuat dari saluran yang tersedia. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke menu Pengaturan Program pada Matrix Burger.
  • Pilih Tambahkan Saluran.
  • Masuk ke menu Penambahan Transponder dengan tombol Volume (+) dan Volume (-) pada remote.
  • Tekan Ok untuk memilih menu Penambahan Transponder.
  • Masukkan salah satu transponder dari saluran yang ada pada satelit Telkom 4.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, Kalian bisa menambahkan transponder paling kuat dari saluran atau channel yang tersedia pada satelit Telkom 4.

3. Lakukan Scan Otomatis atau Blind Scan

Setelah mendapatkan sinyal terkuat dari satelit Telkom 4, lakukan scan saluran untuk menemukan semua saluran yang tersedia. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tekan tombol Menu pada remote Matrix Burger, lalu pilih Pengaturan Program.
  • Pilih menu Scan Otomatis.
  • Pilih satelit Telkom 4 dan opsi Scan Semua atau Scan Bebas.
  • Tekan tombol OK untuk memulai proses scan otomatis atau blind scan.
  • Tunggu hingga proses blind scan selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, Kalian bisa menemukan dan mendapatkan semua saluran yang tersedia pada satelit Telkom 4.

Arah Parabola Harus ke Satelit Telkom 4

Jika setelah menambahkan satelit Telkom 4 pada receiver Matrix Burger sinyal yang diterima masih lemah atau tidak ada sama sekali, kemungkinan penyebabnya adalah arah parabola yang belum tepat mengarah ke satelit Telkom 4. Untuk mengatasi masalah ini, berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

Baca juga:  Cara Memprogram TV Parabola yang Tidak Ada Sinyal : Solusi Lengkap

  1. Tambahkan frekuensi terkuat dari satelit Telkom 4 pada receiver Matrix Burger (contoh: frekuensi Telkomsat 3720 H 32727).
  2. Setelah menambahkan transponder, arahkan antena parabola ke orbit satelit Telkom 4. Geser antena parabola perlahan-lahan ke arah barat sambil memperhatikan indikator kualitas sinyal pada monitor atau layar televisi.
  3. Terus geser antena parabola hingga mendapatkan sinyal terkuat, kemudian lakukan scan saluran kembali.

Setelah mengatur ulang arah parabola, Kalian seharusnya sudah bisa menerima sinyal yang kuat pada receiver Matrix Burger dan menikmati saluran televisi yang tersedia pada satelit Telkom 4.

Apa Perbedaan Receiver dengan Set Top Box?

Banyak orang menganggap bahwa receiver dan set top box adalah sama, padahal kedua alat ini memiliki perbedaan. Berikut adalah perbedaan antara receiver dan set top box:

1. Teknologi

Receiver parabola menggunakan teknologi DVB-S2 (Digital Video Broadcasting Satellite 2), sedangkan set top box menggunakan teknologi DVB-T (Digital Video Broadcasting Terrestrial). Di Indonesia, set top box menggunakan teknologi DVB-T2.

2. Antena

Kedua alat ini menggunakan antena yang berbeda. Receiver memerlukan antena parabola, sementara set top box menggunakan antena TV untuk menerima sinyal yang akan ditampilkan pada layar televisi. Set top box dapat menggunakan antena dengan sinyal UHF dan VHF, baik antena indoor maupun outdoor.

3. Channel

Receiver parabola mampu menangkap banyak channel televisi, termasuk dari luar negeri. Sedangkan set top box hanya dapat menangkap siaran televisi lokal seperti RCTI, Indosiar, dan lainnya.

4. Harga

Harga receiver parabola dan set top box berbeda. Set top box dijual dengan harga mulai dari Rp 100 ribuan, sedangkan receiver parabola dibanderol dengan harga sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 800 ribuan.

5. Biaya Langganan

Banyak orang memilih set top box karena tidak ada biaya bulanan, sementara receiver parabola memerlukan biaya langganan setiap bulan untuk mendapatkan siaran televisi yang lebih banyak dan maksimal.

6.Port

Receiver parabola menggunakan port berulir, sementara set top box menggunakan port Coaxial Male dan Female yang posisinya bersebelahan.

Baca juga:  Daftar Satelit Matrix Burger : Terlengkap !!

Kelebihan Receiver Matrix Burger Mini HD

Receiver Matrix Burger Mini HD adalah produk terbaru dari Matrix Parabola yang memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan receiver lainnya. Berikut ini beberapa keunggulan dari Receiver Matrix Burger Mini HD:

  1. Dilengkapi fitur PVR (Personal Video Recorder) untuk merekam siaran televisi.
  2. Mendukung fitur Fly, Biss key, Tanberg, dan Power VU autoroll.
  3. Memiliki EPG (Electronic Program Guide) untuk melihat jadwal siaran.
  4. Dapat memutar berbagai media seperti video, musik, dan gambar.
  5. Memiliki port USB untuk memudahkan penggunaan.
  6. Dapat diperbarui melalui USB.
  7. Mampu menangkap siaran dengan format HD.
  8. Mendukung pencarian saluran secara manual, jaringan, dan otomatis.
  9. Tersedia dalam berbagai bahasa.
  10. Sistem Otomatis PAL/NTSC.
  11. Memungkinkan pengeditan channel seperti favorit, pindah, hapus, kunci, lewati, dan ubah nama.
  12. Mendukung aspek rasio 4:3 kendali, layar lebar 16:9, dan 4:3 Letter Box atau mode Auto.
  13. Mampu menyimpan hingga 3.000 saluran televisi.

Dengan keunggulan-keunggulan ini, Receiver Matrix Burger Mini HD menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna yang ingin menikmati siaran televisi dengan kualitas tinggi dan fitur lengkap.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah pembahasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Menambah Satelit Telkom 4 Matrix Burger. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Kalian akan dapat menikmati beragam siaran televisi dengan kualitas yang baik.

Selain itu, kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh receiver Matrix Burger Mini HD, seperti fitur PVR, EPG, dan kemampuan menangkap siaran HD, semakin membuat pengalaman menonton televisi Kalian lebih menyenangkan.

Jangan ragu untuk mencoba menambah Satelit Telkom 4 di Matrix Burger dan nikmati berbagai siaran televisi berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Kalian dan dapat membantu Kalian dalam melakukan pengaturan parabola serta receiver Kalian. Selamat menonton!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *