Cara Mengatur Suhu Kulkas Min atau Max

Cara Mengatur Suhu Kulkas Min atau Max dengan Benar

Posted on

Bengkeltv.idCara Mengatur Suhu Kulkas Min atau Max dengan Benar. Mengatur suhu kulkas antara minimum atau maksimum diperlukan untuk menjaga kualitas bahan makanan yang disimpan di dalamnya. Selain itu, mengatur suhu kulkas pada tingkat normal juga berguna untuk menjaga keawetan lemari es dan mencegah kerusakan.

Cara untuk mengatur suhu kulkas sebenarnya tidak sulit. Kalian hanya perlu memutar tombol pengatur suhu yang biasanya terletak di bagian atas lemari es di dalamnya.

Akan tetapi, penanda pada tombol pengatur suhu terkadang tampak acak dan sulit untuk dipahami. Nah, untuk lebih Cara Mengatur Suhu Kulkas Min atau Max, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Makna Tombol Pengatur Suhu Kulkas

Cara Mengatur Suhu Kulkas Min atau Max

Cara Mengatur Suhu Kulkas Min atau Max, mengatur suhu kulkas antara minimum atau maksimum dapat dilakukan dengan memutar kenop atau tombol tertentu. Kalian bisa menemukannya di dalam unit lemari es, biasanya terletak di bagian atas.

Sama seperti Rumah Eksklusif di aplikasi Pinhome yang menawarkan berbagai spesifikasi berbeda, setiap kulkas juga memiliki tombol pengaturan suhu yang berbeda.

Untuk kulkas 1 pintu, biasanya hanya ada 1 tombol yang terpasang di bawah kotak freezer. Namun, pada kulkas 2 pintu terdapat 2 tombol pengaturan suhu, yaitu pengaturan suhu freezer dan pengaturan suhu kulkas.

Tombol ini berupa kenop yang dapat diputar untuk menyesuaikan tingkat suhu kulkas. Kenop pengatur suhu kulkas juga dilengkapi dengan penanda berupa angka 1-5 atau keterangan seperti min, med, max, dan stop.

Pengatur Suhu dengan Angka 1-5

Untuk kenop yang dilengkapi penKalian berupa angka, maka angka 1 menunjukkan suhu minimal dan angka 5 suhu maksimal. Ketika diatur pada angka 1, kulkas akan beroperasi dengan suhu dingin minimal, atau bisa dibilang tidak terlalu dingin.

Baca juga:  Berapa Psi Tekanan Kompresor Kulkas 1 & 2 Pintu yang Perlu Kalain Ketahui

Sedangkan jika diatur pada angka 5, kulkas akan beroperasi dengan suhu dingin maksimal atau sangat dingin. Jadi, jika ingin mengatur suhu kulkas antara minimum atau maksimum, cukup sesuaikan dengan angka 1 untuk suhu minimum dan angka 5 untuk suhu maksimum.

Pengatur Suhu dengan Penanda Tulisan

Kenop pengatur suhu dengan penKalian berupa kode tulisan lebih mudah dipahami, berikut penjelasannya:

  • Min: pengaturan suhu minimum
  • Med: pengaturan suhu medium/menengah
  • Max: pengaturan suhu maksimum
  • Stop: Kulkas dalam keadaan mati atau berhenti beroperasi

Jadi, jika Kalian ingin mengatur suhu kulkas antara minimum atau maksimum, cukup putar kenopnya ke kode tertentu. Arahkan ke kode min untuk suhu minimum dan kode max untuk suhu dingin maksimum.

Selain kode di atas, kulkas satu pintu keluaran terbaru juga dilengkapi fitur tambahan, yaitu defrost atau pencair bunga es. Dengan menekan tombol ini, Kalian bisa mencairkan bunga es di dalam freezer tanpa harus mematikan kulkas.

Cara Mengatur Suhu Kulkas Min atau Max

Cara Mengatur Suhu Kulkas Min atau Max, mengatur suhu kulkas antara minimum atau maksimum harus disesuaikan dengan jenis makanan yang disimpan di dalamnya. Hal ini karena beberapa makanan memerlukan suhu yang lebih dingin untuk menjaga kualitasnya.

Contohnya, daging dan ikan segar harus disimpan pada suhu beku untuk tetap segar dan terhindar dari kontaminasi bakteri. Sebaliknya, sayuran segar lebih cocok disimpan di chiller bawah yang suhunya tidak terlalu dingin.

Untuk mengetahui suhu yang tepat untuk jenis makanan tertentu, Anda bisa menggunakan termometer khusus kulkas. Bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasan berikut ini.

Periksa Suhu Kulkas dengan Termometer Khusus

Cara Mengatur Suhu Kulkas Min atau Max

Untuk memeriksa suhu kulkas dengan akurat, metode yang paling umum digunakan adalah dengan segelas air dan termometer. Pertama, simpanlah segelas air di dalam kulkas semalaman. Kemudian, masukkan termometer kulkas ke dalam gelas berisi air tersebut untuk mengukur suhunya.

Cara yang kedua adalah dengan menempatkan termometer di dalam kulkas selama beberapa jam. Hasil pengukurannya akan menunjukkan suhu internal lemari es dengan tepat.

Baca juga:  Berapa Suhu Chiller Kulkas yang Tepat : Cara Mengatur Suhu Kulkas yang Ideal

Mengapa pengukuran suhu lemari es tidak bisa dilakukan secara instan? Karena suhu internal lemari es tidak konsisten. Contohnya, saat pintu dibuka, kulkas menjadi kurang dingin dan suhunya pasti berbeda dengan kondisi sebelum kulkas dibuka.

Dengan meletakkan termometer selama beberapa jam, Anda bisa mendapatkan pengukuran yang lebih akurat. Hal ini juga berlaku jika Anda ingin mengukur suhu freezer. Caranya adalah dengan menempatkan termometer di dalam kotak freezer selama beberapa jam atau semalaman.

Atur Suhu Sesuai Jenis Makanan

Cara Mengatur Suhu Kulkas Min atau Max

Untuk menjaga agar makanan tetap awet dan aman dikonsumsi saat disimpan di dalam kulkas atau freezer, pengaturan suhu yang tepat sangat penting. Jika tidak, makanan bisa cepat basi, busuk, dan terkontaminasi bakteri.

Suhu ideal yang direkomendasikan untuk kulkas adalah 4 derajat Celsius, sedangkan untuk freezer adalah -18 derajat Celsius. Namun, setiap makanan memerlukan suhu yang berbeda-beda, sehingga Anda perlu pandai mengatur penataan makanan di kulkas.

Berdasarkan The BC Cook mengenai Keamanan Makanan, Sanitasi, dan Kebersihan Perorangan, berikut ini panduan suhu ideal untuk beberapa jenis makanan:

  1. Produk susu sebaiknya disimpan pada suhu 2-4°C.
  2. Sebagian besar makanan segar cocok disimpan di kulkas dengan suhu 2-4°C agar tetap segar lebih lama dan tidak cepat rusak.
  3. Buah mentah sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam kulkas karena akan menghambat pematangan. Idealnya, buah mentah disimpan pada suhu 10-15°C.
  4. Pisang yang disimpan di kulkas akan cepat menghitam. Idealnya, pisang disimpan dalam kisaran suhu 10-15°C.
  5. Daging karkas harus disimpan pada suhu 1-3°C. Letakkan kertas penyerap di bawah daging untuk menyerap tetesan air.
  6. Potongan daging seperti steak dan daging giling harus disimpan di wadah tertutup pada suhu 2-4°C.
  7. Daging ayam dan ikan harus disimpan di dalam freezer dengan suhu -1 hingga 2°C.
  8. Makanan beku harus disimpan pada suhu -18°C untuk menjaga kualitas dan kandungan vitaminnya.

Cara Kerja Temperatur Suhu Kulkas

Sistem pendingin pada kulkas bekerja dengan menggunakan prinsip pendinginan kompresi uap. Pada dasarnya, sistem ini bekerja dengan memanfaatkan perbedaan tekanan untuk memindahkan panas dari dalam kulkas ke luar ruangan.

Baca juga:  Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay dengan Mudah

Kulkas memiliki dua komponen utama dalam sistem pendinginnya: kompresor dan kondensor. Kompresor bertanggung jawab untuk memompa gas refrigeran ke dalam sistem, sementara kondensor bertugas untuk menghilangkan panas dari gas refrigeran yang keluar dari kompresor.

Setelah gas refrigeran melalui kondensor, ia masuk ke dalam evaporator yang terletak di dalam kulkas. Di dalam evaporator, gas refrigeran diubah menjadi cairan dan mengambil panas dari makanan dan minuman yang disimpan di dalam kulkas. Setelah mengambil panas, gas refrigeran berubah menjadi gas dan kembali ke kompresor untuk memulai siklus pendinginan lagi.

Untuk menjaga suhu di dalam kulkas tetap stabil, kulkas dilengkapi dengan termostat yang dapat mengontrol suhu di dalam kulkas. Termostat bekerja dengan cara memonitor suhu di dalam kulkas dan menghidupkan atau mematikan kompresor secara otomatis untuk menjaga suhu di dalam kulkas pada tingkat yang diinginkan.

Dengan sistem pendingin yang efektif dan termostat yang canggih, kulkas dapat menjaga makanan dan minuman di dalamnya tetap segar dan tahan lama. Namun, untuk memastikan kulkas Anda berfungsi dengan baik, perlu untuk melakukan perawatan secara teratur dan menjaga agar kulkas tetap bersih dan rapi.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Mengatur Suhu Kulkas Min atau Max. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian dalam menjaga makanan tetap segar dan tahan lebih lama. Ingatlah bahwa mengatur suhu kulkas dengan benar sangat penting untuk mencegah makanan rusak dan menjaga kesehatan keluarga.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa suhu kulkas secara berkala dan mengatur suhu kulkas secara bertahap agar mencapai suhu yang tepat. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *