Cara Mengeringkan Pakaian di Mesin Cuci

Cara Mengeringkan Pakaian di Mesin Cuci : Tips Mudah dan Cepat

Posted on

Bengkeltv.idCara Mengeringkan Pakaian di Mesin Cuci : Tips Mudah dan Cepat. Mengeringkan pakaian bisa menjadi tugas yang merepotkan terutama ketika cuaca sedang kurang bersahabat. Namun, dengan mesin cuci yang telah dilengkapi dengan fitur pengering, tugas ini bisa menjadi lebih mudah dan cepat. Cara mengeringkan pakaian di mesin cuci tentu berbeda dengan cara mengeringkannya secara manual, namun hal ini bisa menjadi alternatif yang praktis dan efisien.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara mengeringkan pakaian di mesin cuci dengan mudah dan cepat. Kami juga akan memberikan beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan fitur pengering pada mesin cuci. Mari simak pembahasannya.

Mengenal Spin Dry pada Mesin Cuci

Spin dry atau pengering spin adalah fitur pengering hemat energi yang memusatkan air dari pakaian. Jenis pengering ini umumnya jauh lebih kecil daripada pengering pakaian biasa. Selain itu, pengering spin tidak menggunakan panas untuk mengeringkan pakaian, melainkan menggunakan gaya sentrifugal. Oleh karena itu, spin dry banyak dipilih karena dinilai bisa menghemat waktu dan energi.

Menurut In The Wash, kecepatan putaran pengering diukur dalam rpm (putaran per menit). Sebagai contoh, sebuah mesin cuci memiliki fitur spin dry dengan kecepatan 1200 rpm. Artinya, drum akan berputar 1.200 kali dalam satu menit.

Baca juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Cuci Air Mengalir Terus dengan Mudah

Namun, perlu diingat bahwa kecepatan putaran pengering perlu disesuaikan dengan bahan pakaian yang diproses. Untuk pakaian berbahan kapas, misalnya, bisa dikeringkan dengan kecepatan sekitar 1.400 rpm. Sementara untuk bahan pakaian dari sutra umumnya hanya memerlukan kecepatan kurang dari 400 rpm.

Namun, untuk beberapa jenis pakaian tertentu, sebaiknya tidak menggunakan fitur pengering mesin cuci. Hal itu untuk mencegah terjadinya aus pada pakaian akibat putaran yang diciptakan oleh fitur pengering. Jika bahan pakaian tahan aus, kamu bisa menambahkan kecepatan putaran pengering mesin cuci. Sebaliknya, jika bahan pakaian rentan terkena aus, kurangi kecepatan putaran pengering.

Cara Mencuci dan Mengeringkan Pakaian di Mesin Cuci

Untuk mencuci pakaian dengan benar, diperlukan teknik yang tepat. Banyak orang yang belum memahami pentingnya cara mencuci dan mengeringkan pakaian di mesin cuci. Pada artikel ini, kami akan memberikan tips kepada sobat Aqua. Yuk, simak terus!

1. Perhatikan Putaran Mesin Cuci

Setiap mesin cuci memiliki siklus pengeringan dan siklus putaran yang berbeda-beda. Gunakan siklus putaran yang sesuai untuk setiap jenis bahan pakaian Kalian. Idealnya, setiap bahan pakaian dicuci pada putaran seperti ini:

  • Siklus rendah (sekitar 500-800 rpm) untuk bahan wol dan bahan tipis seperti pakaian dalam.
  • Siklus sedang-rendah (sekitar 800-1000 rpm) cocok untuk bahan sintetik.
  • Siklus sedang-tinggi (1000-1200 rpm) cocok untuk bahan katun.
  • Siklus tinggi (1200 rpm ke atas) cocok untuk bahan pakaian yang sangat tebal seperti handuk atau jeans.

Jika Kalian bingung dengan banyaknya pilihan mesin cuci dan pengering, mulai dari mesin cuci satu tabung atau dua tabung serta yang bertipe front loading atau top loading, perhatikan cara mengeringkan yang berbeda-beda pada setiap jenis mesin cuci. Tujuannya adalah memberikan kemudahan dan hasil cuci yang bersih serta bebas dari kuman, virus, dan bakteri.

Baca juga:  Skema Lilitan Dinamo Mesin Cuci beserta Cara Mudah Menggulungnya

2. Sesuaikan Kapasitas Tabung Pencucian/Pengeringan

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menyesuaikan kapasitas mesin cuci Kalian. Umumnya, mesin cuci dapat menampung beban pakaian hingga 7-8 kilogram tergantung kapasitasnya. Namun, sebaiknya berikan ruang yang cukup ketika akan melakukan proses pengeringan pada pakaian. Dengan begitu, pakaian dapat lebih cepat kering secara merata dibandingkan dengan memaksakan kapasitas mesin cuci.

3. Jemur Pakaian di Terik Matahari

Meskipun terdengar klasik, menjemur pakaian di terik matahari dapat mempercepat proses pengeringan. Dengan bantuan sinar matahari, pakaian menjadi lebih cepat kering dan bebas dari kuman. Fungsi panas matahari dapat membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada pakaian dari sisa cucian, sehingga membuat pakaian lebih mudah disetrika dan nyaman digunakan.

Perbedaan Cara Mengeringkan Baju di Mesin Cuci Satu Tabung dan Dua Tabung

Mayoritas mesin cuci yang beredar di pasaran saat ini adalah mesin cuci top loading (bukaan atas) dan mesin cuci front loading (bukaan depan). Meskipun begitu, masih ada beberapa rumah yang menggunakan mesin cuci dua tabung.

1. Cara Mengeringkan Pakaian di Mesin Cuci Satu Tabung (Otomatis)

Pada mesin cuci dengan tipe seperti ini, siklus pencucian dan pengeringan berjalan secara otomatis. Kalian hanya perlu memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci, menambahkan deterjen, dan memilih pengaturan siklus yang sesuai. Mesin cuci akan bekerja secara otomatis hingga proses pengeringan selesai, lalu Kalian tinggal menjemur pakaian.

Setiap mesin cuci biasanya dilengkapi dengan fitur yang memudahkan proses pengeringan pakaian. Misalnya, pada mesin cuci Aqua Japan seri FQD-105728QD dan FQW-105826QD terdapat fitur Anti Bacterial Technology yang dapat membersihkan pakaian dari bakteri dan kuman penyakit.

Baca juga:  Bagian Bagian Mesin Cuci dan Fungsinya Secara Lengkap

2. Cara Mengeringkan Pakaian di Mesin Cuci Dua Tabung

Pada mesin cuci dua tabung, Kalian harus menjalankan mesin untuk siklus pencucian terlebih dahulu dengan langkah-langkah yang sama seperti di atas. Setelah proses pencucian selesai, Kalian harus memindahkan pakaian yang telah dicuci ke dalam tabung kedua untuk dikeringkan.

Kelemahan dari mesin cuci satu tabung adalah proses pencucian yang memakan waktu. Kalian memerlukan beberapa kali proses pencucian mulai dari perendaman, pencucian hingga memindahkan ke tabung pengeringan. Namun, meskipun prosesnya cukup panjang, tetap memberikan hasil pengeringan yang maksimal.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Mengeringkan Pakaian di Mesin Cuci, dengan mengetahui cara mengeringkan pakaian di mesin cuci, kamu bisa lebih efisien dalam merawat pakaian. Sebelum memulai proses pengeringan, pastikan kamu sudah memilih kecepatan putaran yang sesuai dengan bahan pakaian yang akan diolah.

Selain itu, pastikan juga untuk tidak mengeringkan beberapa jenis pakaian tertentu menggunakan fitur pengering mesin cuci agar terhindar dari kerusakan pada pakaian tersebut. Dengan mengikuti tips dan panduan yang sudah dijelaskan, kamu bisa memperoleh hasil pengeringan pakaian yang maksimal dan memperpanjang usia pakai pakaian yang kamu miliki. Jadi, yuk terapkan cara-cara mengeringkan pakaian di mesin cuci dengan benar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *