Cara Menyambungkan HP Ke TV LG

Cara Menyambungkan HP Ke TV LG Dengan Atau Tanpa Kabel

Posted on

Bengkeltv.idCara Menyambungkan HP Ke TV LG Dengan Atau Tanpa Kabel. Bermain HP atau smartphone sudah menjadi aktivitas yang umum dilakukan sehari-hari. Mulai dari bermain game, menonton film, hingga berbisnis online. Namun, untuk menonton film atau bermain game akan lebih seru jika menggunakan layar yang lebih besar.

Salah satu cara untuk memperbesar layar tampilan HP adalah dengan menghubungkannya ke TV LED atau Smart TV. Dengan begitu, tampilan HP akan muncul di TV setelah sukses terhubung.

Namun, masih banyak pengguna HP dan pemilik TV yang tidak tahu cara menghubungkannya. Terutama bagi pengguna perangkat baru, mereka mungkin bingung dan bertanya-tanya bagaimana cara menyambungkannya. Namun, tidak perlu khawatir akan hal itu.

Pada artikel ini, akan disajikan informasi tentang cara menyambungkan HP ke TV LG dengan atau tanpa kabel. Bagaimana caranya? Agar lebih jelas, mari simak dan ikuti pembahasan di bawah ini sampai selesai.

Apa itu Screen Mirroring di TV LG?

Salah satu cara untuk menampilkan tampilan layar HP ke TV LG adalah dengan memanfaatkan fitur Screen Mirroring yang biasanya sudah tersedia pada Smart TV LG.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk berbagi konten seperti foto, video, file, dan tampilan layar dari perangkat Android, iPhone, PC, tablet, atau laptop tanpa menggunakan kabel, melainkan dengan konektivitas Wi-Fi atau internet.

Selain itu, ada cara yang lebih sederhana yang bisa dicoba pada TV LED LG, yaitu dengan menggunakan kabel HDMI MHL atau dongle seperti Google Chromecast.

Baca juga:  Cara Mengubah TV Hitam Putih Menjadi Berwarna : Mudah & Simpel

Menyambungkan HP ke TV LG dengan Kabel

Cara Menyambungkan HP Ke TV LG

Cara pertama yang akan dibahas adalah cara menyambungkan HP ke TV LG menggunakan kabel dan perangkat tambahan. Pastikan sebelum memulai proses menyambungkan kedua perangkat ini, Kalian sudah dilengkapi dengan port HDMI.

Jika yakin sudah ada port HDMI, lanjut ke cara menyambungkan dengan perangkat tambahan seperti Chromecast, Proyektor, atau perangkat lain yang menggunakan kabel HDMI. Jika belum memilikinya, dapat dibeli di toko elektronik online atau offline.

Dengan kabel HDMI MHL, output video dan audio akan didukung dengan kualitas suara yang bagus dan resolusi yang jernih, bahkan bisa mencapai 4K. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Colokan kabel HDMI MHL ke port HDMI di TV LG.
  • Colokan ujung satunya charger ke slot mikro USB yang ada di alat HDMI MHL.
  • Tekan tombol “Input” atau “Source” di remote TV dan arahkan ke mode HDMI 1/HDMI 2 sesuai port yang digunakan HDMI MHL.
  • Colokan kabel mikro USB dari alat HDMI MHL ke HP Kalian.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Kalian dapat dengan mudah menyambungkan HP ke TV LG menggunakan kabel dan perangkat tambahan.

Menyambungkan HP ke TV LG Tanpa Kabel

Cara kedua yang  untuk menyambungkan HP ke TV LG adalah tanpa menggunakan kabel, dengan memanfaatkan beberapa fitur bawaan pada smart TV LG yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke TV LG melalui konektivitas Wi-Fi.

1. LG Screen Share

Untuk smart TV LG terbaru, sudah dilengkapi dengan fitur “Screen Share” yang memungkinkan Anda untuk menyambungkan HP ke TV LG tanpa kabel melalui konektivitas Wi-Fi. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Nyalakan Smart TV LG, lalu pilih fitur “Screen Share” di Beranda.
  • Aktifkan fitur Screen Mirroring di HP. Nama fitur ini bisa berbeda-beda tergantung pada jenis HP yang digunakan (contohnya HTC Connect untuk HP HTC dan Smart View untuk HP Samsung).
  • Pilih Smart TV LG dari daftar perangkat yang terdeteksi di HP.
  • Setelah terhubung, tampilan layar HP akan muncul di TV LG.
  • Untuk menghentikan screen mirroring, tekan tombol “Disconnect” pada screen mirroring di HP atau matikan unit HP atau TV LG.
Baca juga:  Penyebab & Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV Sharp

2. LG Device Connector

Cara lain untuk menyambungkan kedua perangkat tanpa kabel adalah dengan menggunakan LG Device Connector. Langkah-langkahnya hampir sama dengan cara sebelumnya:

  • Buka “Device Connector” di Smart TV LG.
  • Daftar perangkat yang dapat disambungkan akan muncul secara otomatis.
  • Pilih “Smartphone” > “Content Share”.
  • Ikuti langkah yang tersedia di layar TV.
  • Folder foto, musik, dan video di HP akan muncul di layar TV LG, menunjukkan bahwa proses penyambungan berhasil.

3. LG Screen Casting

Cara lain untuk menyambungkan HP ke TV LG tanpa kabel adalah dengan menggunakan fitur LG Screen Casting. Namun, fitur ini hanya bisa digunakan pada perangkat smartphone Android. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Nyalakan Smart TV LG.
  • Buka aplikasi yang didukung oleh LG Casting, seperti YouTube atau Netflix.
  • Misalnya, untuk menyambungkan video dari YouTube ke Smart TV LG, buka aplikasi YouTube di HP.
  • Klik ikon “Cast” di bagian atas layar HP, lalu pilih LG Smart TV sebagai perangkat tujuan transmisi.
  • Tunggu sampai proses casting selesai. Video YouTube di HP akan tampil di TV LG, menunjukkan bahwa proses penyambungan berhasil.

Cara Menyambungkan iPhone ke TV LG

Hanya beberapa model Smart TV LG terbaru yang mendukung screen mirroring langsung dari iPhone atau iPad. Beberapa tipe smart TV LG yang mendukung antara lain OLED B9, C9, E9, W9, seri R9, Z9, NanoCell SM9X/SM8X, serta seri UHD UM7X.

Namun, masih ada cara lain bagi pengguna iOS untuk menyambungkan ke Smart TV LG jika TV tidak mendukung fitur AirPlay 2 untuk perangkat iOS. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga dan Google Chromecast, seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Baca juga:  Cara Mengetahui Tipe TV LG dengan Mudah & Cepat

1. Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi khusus yang memungkinkan Smart TV LG Kalian digunakan untuk screen mirroring dengan iPhone, seperti iMediaShare atau AirbeamTV. Pasang salah satu aplikasi ini di smart TV LG melalui Play Store.

2. Google Chromecast

Kalian juga dapat memanfaatkan dongle Chromecast melalui kabel HDMI untuk menyambungkan iPhone ke Smart TV LG yang belum mendukung AirPlay 2. Namun, cara ini tidak menjamin aplikasi atau dongle ini akan berfungsi di semua tipe Smart TV LG.

Catatan: Prosesnya tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, di mana Kalian harus membuka aplikasi yang dimaksud terlebih dahulu di smart TV LG sebelum menyambungkan perangkat.

Baca Juga :

Penutup

kecanggihan teknologi saat ini memungkinkan kita untuk semakin mudah dan praktis dalam melakukan berbagai aktivitas. Salah satunya adalah cara menyambungkan HP ke TV LG yang telah kita bahas dalam artikel ini.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, kini Kalian bisa menikmati berbagai konten dari HP Kalian langsung di layar TV LG yang lebih besar dan nyaman. Selamat mencoba dan semoga artikel dari bengkeltv.id dapat bermanfaat bagi Kalian dalam memaksimalkan pengalaman menonton Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *