Cara Setting Remote TV Tidak Ada Tombol SET

Cara Setting Remote TV Tidak Ada Tombol SET : Universal dan Non-Universal

Posted on

Bengkeltv.idCara Setting Remote TV Tidak Ada Tombol SET : Universal dan Non-Universal. Tidak semua tombol pada remote TV digunakan setiap saat. Namun, pernahkah Kalianmenemukan remote TV yang tidak memiliki tombol SET atau Setting?

Jika iya, Kalianmungkin bertanya-tanya bagaimana cara memasukkan kode remote tanpa tombol SET. Sebagaimana Kalianketahui, tombol SET biasanya digunakan untuk memasukkan kode remote pada TV.

Bagi Kalianyang sedang mencari cara setting remote TV tanpa tombol SET, artikel ini akan memberikan panduan cara setting remote TV tanpa tombol SET secara lengkap dan jelas.

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa ada dua jenis remote TV, yaitu remote universal dan non-universal. Biasanya, remote TV disertakan dalam paket pembelian unit TV, tetapi juga dapat dibeli secara terpisah.

Bagaimana cara setting remote TV tanpa tombol SET? Jangan khawatir, berikut adalah panduan Cara Setting Remote TV Tidak Ada Tombol SET untuk kedua jenis remote TV tersebut. Yuk, simak sampai akhir!

Sekilas Tentang Remote TV Universal

Cara Setting Remote TV Tidak Ada Tombol SET

Saat ini, televisi dilengkapi dengan remote TV yang berfungsi mempermudah pengguna dalam mengakses konten. Remote TV terdiri dari 3 jenis, yaitu learning remote control, smart remote control, dan remote TV universal. Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang Remote TV Universal.

Umumnya, remote TV dibuat sesuai dengan jenis dan fungsi dari masing-masing televisi. Oleh karena itu, Kalian tidak dapat menggunakan remote TV untuk televisi dengan model yang berbeda. Namun, Remote TV Universal merupakan salah satu jenis remote TV yang dapat digunakan pada berbagai jenis televisi dari berbagai produsen dan model yang berbeda.

Baca juga:  Penyebab Kapasitor Mesin Cuci Rusak dan Cara Mengatasinya

Dengan Remote TV Universal, Kalian dapat menggunakan satu remote control untuk mengoperasikan beberapa jenis televisi. Remote ini didesain untuk berbagai jenis televisi sehingga pengaturannya lebih mudah. Setelah memasukkan kode sesuai merek televisi, remote ini dapat langsung digunakan tanpa perlu mengatur remote sesuai dengan sinyal televisi yang mungkin bagi sebagian orang akan sulit untuk diatur.

Kegunaan Remote TV Universal

Remote TV Universal digunakan untuk mengganti remote control asli yang rusak atau hilang. Kelebihan dari remote ini adalah dapat digunakan untuk berbagai merek televisi dengan harga dan fungsi yang berbeda, seperti Huayu, Visero, Shimura, Joker, dan Chunghop.

Meskipun Remote TV Universal tidak memiliki fungsi yang sama dengan remote TV asli, namun tombolnya tidak terlalu banyak sehingga mudah digunakan oleh anak-anak atau orang lanjut usia. Namun, beberapa Remote TV Universal tidak dapat mengoperasikan perangkat Audio Visual dan Blu-ray.

Untuk menggunakan Remote TV Universal, pasanglah baterai terlebih dahulu, lalu arahkan remote ini ke televisi yang akan digunakan. Jika terjadi kerusakan pada tautan, maka Kalian harus memulai proses pemrograman dari awal hingga Remote TV Universal dapat terhubung dengan televisi.

Cara Setting Remote TV Tidak Ada Tombol SET

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat dua jenis remote TV, yaitu universal dan non-universal. Oleh karena itu, ada dua cara yang akan dijelaskan dengan perbedaan cara setting pada masing-masing jenis remote tersebut.

1. Remote TV Universal

Pada remote TV universal, umumnya orang lebih sering menggunakan jenis ini karena penggunaannya lebih sederhana, mudah, dan praktis. Selain itu, keunggulan dari remote universal adalah dapat digunakan pada semua merek TV, dengan catatan kode remote TV tersebut harus disesuaikan dengan merek TV yang digunakan.

Baca juga:  Memanfaatkan Teknologi : Cara Menjadikan HP Sebagai Remote TV

Umumnya, remote universal dilengkapi dengan tombol SET untuk memasukkan kode remote dari berbagai merek TV. Tombol SET biasanya terletak di bagian atas pojok kanan atau bawah remote, tergantung merek dan tipe remote.

2. Remote TV Non-Universal

Sementara itu, pada remote TV non-universal hanya dapat digunakan untuk satu merek TV saja. Remote ini disebut juga sebagai remote TV bawaan, yang diberikan saat membeli TV. Misalnya, saat membeli TV Polytron, Samsung, atau Sharp, maka remote yang diberikan tidak memiliki tombol SET.

Oleh karena itu, remote TV non-universal tidak dapat digunakan untuk memasukkan kode remote TV dari merek TV lainnya. Jika remote TV non-universal rusak, harus membeli remote yang sesuai dengan merek TV yang digunakan. Remote TV ini tidak memerlukan pengaturan kode remote karena dapat digunakan secara otomatis.

Rekomendasi Harga Remote TV Universal

Jika Kalian mengalami kerusakan atau kehilangan remote TV, solusi yang banyak dilakukan adalah dengan mengganti remote baru menggunakan remote universal atau multi-fungsi.

Bagi Kalian yang ingin membeli remote TV universal, sebaiknya mempertimbangkan merek yang berkualitas dan banyak digunakan seperti Chunghop dan Joker. Kode remote TV biasanya disertakan dalam selembar kertas.

Kalian dapat membeli remote TV universal di toko elektronik terdekat atau melalui toko online. Harga remote TV universal bervariasi, mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 150.000. Semakin tinggi harga, kualitas remote universal biasanya semakin bagus. Harga remote TV non-universal biasanya sedikit lebih mahal.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan Cara Setting Remote TV Tidak Ada Tombol SET. Ada dua jenis remote TV, yaitu universal dan non-universal. Remote universal lebih mudah digunakan karena dapat digunakan untuk berbagai merek TV dengan tombol SET yang umumnya terletak di bagian atas pojok kanan atau bawah remote.

Baca juga:  Memahami Lebih Dalam : Jenis-jenis Komponen Elektronika

Sementara itu, remote non-universal hanya dapat digunakan untuk satu merek TV saja. Jika remote TV rusak atau hilang, solusinya adalah dengan menggunakan remote TV universal. Remote TV Universal dapat digunakan untuk berbagai merek TV dan tersedia dalam berbagai harga dan merek, seperti Huayu, Visero, Shimura, Joker, dan Chunghop.

Untuk menggunakannya, pasanglah baterai terlebih dahulu, lalu arahkan remote ini ke televisi yang akan digunakan. Jika terjadi kerusakan pada tautan, maka harus memulai proses pemrograman dari awal hingga Remote TV Universal dapat terhubung dengan televisi.

Dengan demikian, tidak perlu khawatir jika remote TV Kalian tidak memiliki tombol SET karena Kalian dapat menggunakan remote TV universal untuk mengoperasikan televisi Kalian dengan mudah. Semoga artikel dari bengkeltv.id bermanfaat untuk Kalian yang sedang mencari cara setting remote TV tidak ada tombol SET.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *