Cara Paralel TV Kabel Indihome

Cara Paralel TV Kabel Indihome Layaknya Hotel Yang Mudah Dilakukan

Posted on

Bengkeltv.idCara Paralel TV Kabel Indihome Layaknya Hotel Yang Mudah Dilakukan. Di era digital yang semakin maju ini, kebutuhan akan hiburan dan informasi menjadi semakin penting bagi kebanyakan orang. Salah satu layanan yang banyak digunakan adalah layanan televisi kabel, dan di Indonesia sendiri, Indihome menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati. Namun, terkadang satu saluran saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga.

Apakah Kalian pernah merasa ingin menikmati berbagai saluran televisi tanpa harus bergantian? Jika jawabannya ya, maka Kalian berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang “Cara Paralel TV Kabel Indihome” agar Kalian dapat menikmati beragam konten sepuasnya tanpa harus beradu remote control dengan anggota keluarga lainnya. Mari kita selami lebih jauh.

Mengenal IndiHome

Indihome, yang merupakan kependekan dari Indonesia Digital HOME, adalah salah satu layanan unggulan yang dikelola oleh PT Telekomunikasi Indonesia. Layanan ini menyuguhkan paket komunikasi dan data yang komprehensif, mencakup telepon rumah, internet (baik melalui Fiber Optic atau dengan kecepatan tinggi), serta layanan televisi interaktif yang meliputi USee TV Cable dan IP TV.

Uniknya, Indihome mengemas tiga layanan ini dalam satu paket yang dikenal sebagai paket 3-in-1, yang terdiri dari internet, tayangan TV berbayar, dan layanan telepon.

IndiHome pertama kali diluncurkan pada tahun 2015, menggantikan layanan Speedy dari Telkom sebagai penyedia layanan internet. Sejak saat itu, para pelanggan yang sebelumnya menggunakan layanan internet Speedy diajak untuk beralih dan menikmati layanan dari IndiHome.

Yang menggembirakan, kini jaringan IndiHome telah merambah ke seluruh penjuru tanah air, dan tak henti-hentinya berinovasi untuk memberikan pengalaman internet yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga:  Cara Mengecilkan Ping Indihome : Panduan Lengkap dan Mudah

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Indihome adalah layanan internet berbasis fiber-optic-nya, yang terkenal dengan kecepatan akses yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan banyak penyedia layanan internet lainnya di Indonesia. Ini menjadikan IndiHome pilihan yang menarik bagi mereka yang menginginkan koneksi internet yang hKalianl dan stabil.

Apa itu STB TV Indihome?

STB, yang merupakan singkatan dari Set Top Box, adalah perangkat yang menjadi bagian penting dalam layanan Indihome untuk menampilkan siaran televisi digital. STB ini berfungsi tidak hanya sebagai pengelola saluran TV, yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tayangan sesuai selera, tetapi juga sebagai sarana untuk menikmati siaran televisi, baik lokal maupun berbayar.

Menariknya lagi, STB TV Indihome memiliki kapabilitas untuk merubah televisi biasa menjadi Smart TV. Ini berkat kemampuan STB dalam menghubungkan satu televisi dengan televisi lainnya, yang memungkinkan pengguna untuk menayangkan siaran secara paralel dengan mudah dan praktis.

Tentunya, Kalian bertanya-tanya bagaimana Cara Paralel TV Kabel Indihome? Sebelum melangkah pada proses pemasangan, ada baiknya untuk mempersiapkan beberapa alat yang diperlukan dalam menghubungkan televisi secara paralel. Lantas, apa saja alat-alat tersebut? Mari kita bahas lebih lanjut dalam ulasan mendalam di bawah ini!

Alat Untuk Paralel TV Indihome

Untuk melakukan paralel pada TV Indihome, kita harus memiliki beberapa alat yang esensial dalam proses penghubungan antara satu TV dengan TV lainnya. Alat-alat ini umumnya bisa ditemukan di toko elektronik terdekat. Berikut adalah daftar alat yang diperlukan:

  • Siapkan TV yang akan diparalelkan.
  • Jack Connector / Sambungan RCA double.
  • Kabel RCA 3 in 1.
  • Kabel RCA to RCA.
  • STB.

Setelah semua alat tersedia, langkah berikutnya adalah merangkai alat-alat tersebut sehingga TV Indihome bisa diatur sedemikian rupa agar tayangan dari satu TV dapat ditampilkan secara bersamaan di TV lainnya. Bagi Kalian yang ingin mengetahui langkah-langkah pemasangan, berikut adalah tutorialnya.

Cara Pasang Paralel TV Indihome

Melakukan paralel TV Indihome dapat dilakukan dengan menghubungkan 1 STB ke 2 TV menggunakan kabel RCA. Dengan metode ini, Kalian dapat menampilkan siaran Indihome pada kedua TV secara simultan. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

Baca juga:  Memahami Permasalahan TV LG Tidak Ada Audio Out : Solusi dan Tips

  1. Masukkan kabel RCA sesuai warna ke AV di TV kedua.
  2. Sambungkan kabel RCA satunya ke Jack Connector RCA.
  3. Untuk kabel RCA 3 in 1, masukkan 1 kabel ke STB warna kuning, dan 3 kabel sisanya masukkan ke Jack Connector RCA.
  4. Hidupkan TV satu yang sudah terhubung dengan STB dan pastikan kabel HDMI to HDMI bawaan dari Indihome telah terhubung.
  5. Jika TV satu sudah menampilkan gambar, selanjutnya hidupkan TV kedua dan pastikan menampilkan gambar yang sama.
  6. Jika TV kedua belum menampilkan gambar, pastikan untuk mengatur TV ke posisi Video atau AV.
  7. Selesai.

Dalam melakukan pemasangan TV Indihome secara paralel dengan metode di atas, yang Kalian butuhkan hanyalah kabel RCA dan konektor yang harus dihubungkan ke STB untuk TV kedua, sementara TV pertama menggunakan pengaturan stKalianr dari Indihome.

Namun, perlu diperhatikan bahwa jika Kalian ingin memparalelkan TV Indihome yang berada di lokasi yang berjauhan, seperti TV pertama di ruang tamu dan TV kedua di kamar tidur, Kalian mungkin memerlukan kabel RCA yang lebih panjang, atau bisa juga menggunakan Jack Connector RCA untuk memperpanjang jangkauannya.

Cara Paralel Indihome dari Jarak Jauh Dengan Kabel LAN

Selain Cara Paralel TV Kabel Indihome, ada juga metode untuk memparalelkan jaringan WiFi Indihome untuk jarak jauh dengan memanfaatkan kabel LAN. Dalam hal ini, Kalian perlu memiliki dua buah router dengan tipe yang berbeda. Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan pemaralelan jaringan WiFi Indihome menggunakan kabel LAN untuk jarak jauh:

1. Sambungkan Kabel UTP

Berbeda dengan pemaralelan TV yang menggunakan STB, pemaralelan jaringan WiFi memerlukan kabel UTP. Kabel ini bertugas menghubungkan dua router, di mana salah satunya bertindak sebagai sumber internet dan yang lain sebagai penerima sinyal. Pada router utama, sambungkan konektor kabel UTP ke port yang bertuliskan LAN. Sementara pada router penerima, konektor harus disambungkan ke port yang bertuliskan WAN atau Internet.

Baca juga:  Panduan Lengkap Cara Setting Suara TV Sharp Aquos

2. Masuk Menu Pengaturan

Setelah kabel UTP terhubung, langkah berikutnya adalah mengakses menu Pengaturan untuk mengatur koneksi internet pada kedua router. Meskipun dengan hanya menyambungkan kabel UTP koneksi sudah terbentuk, disarankan untuk mengakses menu Pengaturan guna mengoptimalkan koneksi dan memastikan bahwa kedua router berfungsi dengan baik.

3. Cek Koneksi Komputer

Kalian harus memastikan bahwa router kedua yang berfungsi sebagai penerima sinyal terhubung ke komputer. Ini penting agar jaringan WiFi bisa dibagikan melalui router ini.

4. Cari Alamat IP Router Kedua

Untuk mengkonfigurasi router kedua, Kalian perlu mengetahui alamat IP-nya. Dengan mengetahui alamat IP router kedua, Kalian dapat mengakses menu Pengaturan atau Setting.

5. Lakukan Login

Langkah terakhir dalam proses pemaralelan adalah masuk ke halaman pengaturan router melalui browser di PC atau smartphone Kalian. Cara masuk adalah dengan menyalin alamat IP router kedua dan menempelkannya di bilah alamat browser.

Setelah berhasil masuk, Kalian akan diminta untuk memasukkan username dan password. Pastikan Kalian memasukkan data yang benar agar dapat mengakses dan mengatur pengaturan jaringan WiFi Indihome yang telah diparalelkan.

penutup

Dalam era digital yang serba canggih ini, memaksimalkan penggunaan layanan adalah hal yang esensial. Cara Paralel TV Kabel Indihome yang telah dijelaskan sebelumnya adalah salah satu cara efisien untuk menikmati tayangan TV di lebih dari satu layar tanpa harus berlangganan lebih banyak.

Selain itu, memparalelkan jaringan WiFi juga dapat meningkatkan ketersediaan sinyal internet di seluruh rumah Kalian. Penting untuk selalu berhati-hati dalam melakukan setiap langkah pemasangan dan mengikuti petunjuk yang diberikan. Dengan menggabungkan teknologi dan sedikit usaha, Kalian dapat mengoptimalkan pengalaman menonton TV dan berselancar di internet dengan layanan Indihome.

Semoga artikel dari bengkeltv.id ini bermanfaat dan membantu Kalian dalam memahami Cara Paralel TV Kabel Indihome dengan mudah dan efisien. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *