Cara Setting Equalizer

Cara Setting Equalizer untuk Vokal yang Jernih Secara Lengkap

Posted on

Bengkeltv.idCara Setting Equalizer untuk Vokal yang Jernih Secara Lengkap. Jika Kalian adalah seorang pecinta musik sejati atau seorang audiofil, maka setting equalizer dapat menjadi senjata rahasia Kalian untuk meningkatkan pengalaman mendengarkan musik. Equalizer adalah alat yang kuat yang memungkinkan Kalian mengontrol frekuensi suara yang dihasilkan oleh perangkat audio Kalian, seperti sistem hi-fi, pemutar musik, atau bahkan smartphone.

Dengan melakukan pengaturan equalizer yang tepat, Kalian dapat mengubah karakteristik suara, meningkatkan kualitas audio, dan menciptakan suasana yang sesuai dengan preferensi pribadi Kalian.

Fungsi Equalizer Dan Pembagian Frekuensinya

Secara umum, Equalizer Profesional lapangan menggunakan 31 band frekuensi, meskipun ada yang menggunakan 15 band atau kurang. Equalizer ini terdiri dari dua kanal, yaitu kiri dan kanan, atau sering ditulis sebagai Equalizer 2 x 31 band, dengan beberapa fitur tambahan tergantung pada merek dan jenisnya.

Angka 31 menunjukkan jumlah tombol geser atau slider yang digunakan untuk membagi dan mengatur frekuensi dari 20Hz hingga 20Khz, yang merupakan rentang frekuensi normal yang dapat didengar oleh manusia. Berikut adalah pembagian frekuensi yang digunakan:

Rentang FrekuensiKeterangan
SUB BASS20Hz-60Hz
BASS60Hz-250Hz
LOW MIDRANGE250Hz-500Hz
MIDRANGE500Hz-2Khz
UPPER MIDRANGE2Khz-4Khz
HIGH4Khz-20Khz

Jenis-jenis Equalizer

Menurut Digital Trends, terdapat dua jenis equalizer yang sering digunakan, yaitu equalizer grafis dan parametrik. Kedua jenis ini memiliki fungsi yang sama dalam menanggapi dan menyesuaikan frekuensi speaker.

Baca juga:  √ Apa Itu Equalizer? Fungsi dan Jenisnya Lengkap

Sebagai contoh, mereka mengatur frekuensi rendah untuk nada bass, frekuensi menengah atau midrange, dan frekuensi tinggi atau treble. Perbedaan utama antara kedua jenis equalizer ini terletak pada komponen yang digunakan untuk mengontrolnya.

Equalizer grafis menggunakan alat yang disebut potensiometer yang berbentuk garis lurus. Cara mengoperasikannya adalah dengan menaik-turunkan tombol. Jenis equalizer ini paling umum digunakan dalam perangkat audio.

Sementara itu, equalizer parametrik menggunakan potensiometer berbentuk knob yang diputar dari kiri ke kanan untuk menyesuaikan pengaturan frekuensi.

8 Cara Setting Equalizer untuk Vocal yang Jernih

Mengatur equalizer agar menghasilkan suara jernih dan sesuai keinginan bukanlah tugas yang mudah. Diperlukan kejelian saat mendengarkan suara yang keluar dari speaker. Hanya dengan begitu, Kalian dapat menentukan pengaturan yang tepat.

1. Input Channel Jack

Penting untuk mengetahui bahwa ada dua jenis jack dalam saluran input, yaitu jack XLR Female dan jack Phone TRS. Kedua jenis jack ini berfungsi penting dalam menghubungkan input dari mikrofon.

Perlu berhati-hati saat mengatur equalizer untuk vokal. Karena gain input pada saluran mikrofon ini memiliki rentang OP Amp yang menangkap frekuensi audio tanpa penguatan.

2. Tombol Low Cut Switch

Tombol yang dapat dihidupkan dan dimatikan ini digunakan untuk memotong frekuensi suara rendah.

Jika terdapat angka 100 Hz pada kotak, itu berarti tombol ini dapat memfilter dan memotong frekuensi suara yang sinyalnya berada di bawah 100 Hz.

Tombol ini dapat digunakan untuk mengurangi tekanan nada hembusan angin yang berasal dari mulut pengguna mikrofon. Dengan demikian, suara yang dihasilkan menjadi lebih jernih.

3. Setting Gain Sensitive

Suara yang masuk melalui mikrofon dapat diatur pada level sinyal inputnya. Jika Kalian ingin mencapai keseimbangan terbaik antara rasio S/N (sinyal-ke-noise) dan rentang dinamis, disarankan untuk mengatur Gain Input sehingga lampu indikator bergerak sesuai dengan sinyal suara.

Baca juga:  Cara Menghubungkan CCTV ke TV Tanpa DVR : Panduan Pemula

Pastikan gain suara berada pada posisi lampu menyala di 0 dB atau 10 dB (input transient tertinggi). Lakukan pengaturan tinggi dan rendahnya nada suara vokal dari pengguna mikrofon. Caranya, tekan tombol PFL pada kanal mixer setelah mengunci input sensitif.

4. Kontrol EQ

Konsol mixer umumnya dilengkapi dengan Equalizer 3 band yang digunakan untuk mengatur saluran rendah, menengah, dan tinggi guna penyesuaian suara.

Dalam hal ini, Kalian perlu memposisikan pengaturan Equalizer ke posisi tengah untuk menciptakan respons flat pada frekuensi yang telah diatur oleh produsen. Jika Kalian memutar kontrol ke kanan, frekuensi akan semakin diperkuat. Sebaliknya, jika Kalian memutarnya ke kiri, frekuensi akan semakin melemah.

5 Setting Level Channel Audio

Mengatur tingkat volume yang akan dikirim ke output tambahan (adding) dan output utama (main) juga mempengaruhi kekuatan suara pada setiap saluran.

6. Setting Master Channel Level Audio

Semua sinyal yang masuk ke dalam saluran akan diolah di bagian master, yaitu operational amplifier. Setelah itu, sinyal akan diteruskan ke loudspeaker.

7. Setting Sound Effect (FX)

Sebenarnya, konsol mixer sudah dilengkapi dengan fitur tersebut. Namun, jika tidak memiliki fitur tersebut, Kalian perlu menggunakan perangkat Sound FX Eksternal. Untuk menghubungkannya, Kalian dapat menggunakan AUX Send.

8. Setel Sound Monitor Vokal

Untuk menghindari gangguan pada monitor suara vokal, Kalian perlu mengatur level dan tone dengan cermat. Dengan melakukan pengaturan ini, suara yang dihasilkan akan lebih jernih dan bebas dari gangguan. Namun, mengatur level dan tone untuk vokal mungkin terasa asing bagi beberapa orang, sehingga kadang diperlukan tim yang ahli untuk melakukannya.

Itulah cara mengatur equalizer untuk mendapatkan suara vokal yang jernih dalam postingan ini. Mungkin pada awalnya Kalian akan mengalami kesulitan dalam melakukan pengaturan, tetapi seiring berjalannya waktu, Kalian akan semakin terbiasa dan pengaturan akan menjadi lebih lancar dan mudah.

Baca juga:  Pengertian MCCB : Fungsi dan Cara Kerjanya Secara Lengkap

Penutup

Dalam artikel ini, bengkeltv.id telah membahas secara detail tentang cara setting equalizer. Equalizer adalah alat yang sangat berguna untuk mengoptimalkan kualitas suara pada perangkat audio Kalian. Dengan menggunakan equalizer dengan benar, Kalian dapat mengubah karakteristik suara yang dihasilkan agar sesuai dengan preferensi pribadi Kalian.

Untuk melakukan setting equalizer, pertama-tama pastikan Kalian memiliki perangkat audio yang dilengkapi dengan equalizer. Banyak perangkat seperti pemutar musik, ponsel pintar, dan sistem home theater dilengkapi dengan fitur equalizer. Jika perangkat Kalian tidak memiliki equalizer built-in, Kalian dapat menggunakan aplikasi equalizer pihak ketiga yang tersedia untuk mengatur suara.

Selain itu, penting juga untuk mencatat bahwa setiap perangkat audio mungkin memiliki equalizer yang sedikit berbeda dan berbeda juga pengaturannya. Oleh karena itu, disarankan untuk membaca petunjuk pengguna perangkat Kalian atau melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui cara setting equalizer yang spesifik untuk perangkat Kalian.

Dengan melakukan setting equalizer yang tepat, Kalian dapat meningkatkan pengalaman mendengarkan musik atau menonton film dengan perangkat audio Kalian. Jangan ragu untuk bereksperimen dan menyesuaikan pengaturan equalizer sesuai dengan preferensi pribadi Kalian. Nikmati suara yang disesuaikan dengan keinginan Kalian dan rasakan perbedaannya dalam pengalaman audio Kalian sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *