Cara Setting Satelit Telkom 4

Panduan Cara Setting Satelit Telkom 4 Secara Lengkap

Posted on

Bengkeltv.idPanduan Cara Setting Satelit Telkom 4 Secara Lengkap. Satelit Telkom 4, juga dikenal sebagai satelit Merah Putih, berada di posisi 108.0°E, dan menjadi incaran pengguna parabola. Setelah berakhirnya masa orbit satelit Palapa D, saluran televisi yang sebelumnya ada di satelit Palapa D bermigrasi ke satelit Telkom 4.

Satelit Telkom 4 sebenarnya adalah pengganti dari satelit Telkom 1 yang tidak lagi beroperasi. Sebelum Telkom 4 mengorbit, satelit Telkom 3S sementara mengisi posisi orbit 118.0°E sebagai pengganti Telkom 1. Namun, Telkom 1 dan Telkom 4 berada pada posisi 108.0°E.

Satelit Telkom 3S sebenarnya tidak ditujukan untuk TV Satelit, tetapi karena Telkom 4 belum mengorbit, saluran TV yang sebelumnya ada di Telkom 1 pindah ke Telkom 3S. Karena perbedaan posisi orbitnya, diperlukan pengaturan dengan mengubah arah parabola.

Setelah Telkom 4 mengorbit, saluran yang sebelumnya ada di satelit Telkom 3S harus diatur kembali dengan melakukan pelacakan satelit. Pelacakan ini harus dilakukan dengan hati-hati, karena kesalahan arah atau posisi yang tidak tepat akan mempengaruhi saluran lainnya. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, kami akan membahas Cara Setting Satelit Telkom 4. Untuk informasi lebih lanjut, simak pembahasannya di bawah ini.

Mengenai Satelit Telkom 4

Telkom-4 atau Satelit Merah Putih, salah satu satelit komunikasi geostasioner milik Indonesia, dikelola oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Satelit ini diluncurkan pada 7 Agustus 2018 pukul 01.18 waktu lokal atau pukul 12.18 WIB dan selanjutnya diposisikan di slot orbitnya di koordinat 108 derajat bujur timur. Roket Falcon 9 milik SpaceX dari Cape Canaveral Air Force Station, Orlando, Florida, Amerika Serikat, digunakan dalam proses peluncuran.

Keberadaan Satelit Telkom-4 ini diharapkan dapat memperbaiki kualitas dan cakupan layanan komunikasi di Indonesia.

Satelit Merah Putih dilengkapi dengan 60 transponder aktif, yang terbagi menjadi 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band. Transponder tersebut akan melayani kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, serta 24 transponder C-Band lainnya yang akan menjangkau wilayah Asia Selatan.

Baca juga:  Cara Update STB Indihome Terbaru !!

Satelit Merah Putih beroperasi menggunakan platform SSL 1300 dengan umur desain selama 16 tahun, dan sisa bahan bakar yang cukup untuk 21 tahun operasi.

Pembuatan satelit ini melibatkan dua perusahaan Amerika, yaitu SSL sebagai pembuat satelit dan SpaceX sebagai penyedia layanan peluncuran satelit. Satelit Merah Putih memiliki massa total sebesar 5,8 ton dan berfungsi utama untuk menyediakan siaran televisi definisi tinggi (High-Definition Television) serta layanan komunikasi GSM dan internet.

Cara Setting Satelit Telkom 4

Agar dapat menikmati acara favorit dan memiliki akses ke berbagai saluran, perlu dilakukan pengaturan pada antena parabola. Berikut adalah beberapa pengaturan yang harus dilakukan pada antena parabola:

Terdapat dua cara yang dapat digunakan untuk mengatur dan melacak satelit Telkom 4, yaitu menggunakan positioner atau secara manual. Berikut penjelasan mengenai kedua cara tersebut:

1. Cara Tracking Satelit Telkom 4 Memakai Positioner

Positioner adalah perangkat tambahan pada antena parabola yang berfungsi untuk menggerakkan dan mengarahkan parabola secara otomatis, sehingga proses pelacakan menjadi lebih mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengunci satelit Telkom 4 menggunakan positioner.

  • Langkah pertama adalah menambahkan transponder/frekuensi satelit Telkom 4 ke receiver. Misalnya, transponder Trans 7 dengan frekuensi 3720 H 32727 dan 3875 H 6000. Masukkan data ini, seperti frekuensi, polaritas, dan symbol rate, ke receiver sebelum mengubah arah parabola.
  • Langkah dan cara selanjutnya adalah mengubah atau mengarahkan parabola menggunakan remote actuator. Lakukan gerakan ini secara perlahan sambil memantau kualitas sinyal yang muncul di layar TV (pastikan kualitas sinyal di atas 50%).
  • Setelah mendapatkan sinyal, masuk ke proses pemindaian (blind scan) pada receiver. Dengan melakukan blind scan, semua saluran yang tersedia pada satelit Telkom 4 dapat ditangkap.

2. Cara Tracking Manual

Biasanya, antena parabola menggunakan satu atau lebih LNB. Namun, dalam kasus ini kita akan membahas penggunaan dua LNB, satu untuk satelit Palapa dan satu lagi untuk Telkom 4. Namun, ketika Telkom 1 tidak berfungsi dan digantikan oleh Telkom 3S, maka arah parabola atau pengaturan receiver harus diubah.

Baca juga:  √ Pengertian Kondensor dan Prinsip Kerja Secara Lengkap

Untuk melacak Telkom 4 yang digabungkan dengan Palapa D dan asal arahnya adalah Telkom 3S, yang perlu dilakukan adalah mengubah posisi parabola. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa jarak antara LNB Telkom 3S dan Palapa D hampir sama dengan jarak antara Telkom 4 dan Palapa D, yaitu sekitar 5 derajat.

Jadi, bagi mereka yang telah melacak Telkom 3S-Palapa D dengan mengubah arah tiang fokus, mereka hanya perlu membalikkan tiang tersebut. Caranya adalah dengan memutar tiang fokus tersebut sejauh 180 derajat, seperti posisi Telkom 1-Palapa D, dengan catatan pengaturan pada receiver tidak diubah. Misalnya, satelit Telkom 3S pada Port 1 atau LNB 1, 22K ON, dan untuk pengaturan Palapa D pada Port 2 atau LNB 2, 22K OFF.

Cara melacak Telkom 4 juga dapat dilakukan dengan mengubah pengaturan kembali ke pengaturan awal di receiver, tanpa memutar LNB atau tiang parabola. Jika sebelumnya Telkom 3S berada di Port 1/LNB 1 dan 22K ON, serta Palapa D berada di Port 2/LNB 2, 22K OFF, maka pengaturan tersebut harus dibalik.

Setelah pengaturan pada receiver diubah, selanjutnya geser atau arahkan parabola. Geserlah parabola secara perlahan sambil memperhatikan intensitas dan kualitas sinyal di layar TV. Jika channel terkuat sudah terkunci, lakukan blind scan untuk mendapatkan semua channel baik di Palapa D maupun Telkom 4.

Cara Menambah Satelit dan Channel Telkom 4

Adapun cara menambah satelit Telkom 4 pada unit receiver parabola ialah sebagai berikut:

1. Nyalakan Receiver

Pastikan perangkat parabola telah terpasang dengan benar dan kabel antena terhubung. Kemudian, tekan tombol daya pada remote untuk menghidupkan TV LED bersama unit receiver.

Tunggu sebentar dan biarkan keduanya menyala dengan sempurna. Jangan khawatir jika layar televisi masih gelap tanpa saluran yang muncul.

2. Tambahkan Satelit

Siapkan remote kontrol asli dari produsen receiver untuk proses penambahan Telkom 4. Pastikan Kalian memahami simbol dan fungsi setiap tombol untuk pengaturan yang lebih cepat.

Baca juga:  Cara Mengukur Tegangan Backlight TV LED Polytron 24 inch.

  • Tekan tombol menu untuk membuka pengaturan sistem.
  • Akan muncul berbagai menu utama sistem di layar televisi.
  • Pilih pengaturan antena dalam menu instalasi.
  • Tambahkan koordinat dan satelit Telkom 4 dengan benar.
  • Masukkan nomor frekuensi Telkom 4 untuk saluran tertentu.
  • Perhatikan indikator sinyal untuk melihat pergerakannya.

3. Putar Parabola

Setelah berhasil menambahkan satelit Telkom 4 dan memasukkan frekuensi, Kalian akan melihat sinyal. Pada awalnya, mungkin tampak kosong, maka putarlah dish parabola perlahan-lahan.

Putar dish parabola hingga sinyal muncul dan usahakan setidaknya mencapai 50 persen. Pastikan baut tiang terkencang agar antena tidak bergeser.

4. Pindai Saluran

Tekan opsi pemindaian (scan) setelah Kalian mendapatkan sinyal dari Telkom 4 untuk mencari saluran-saluran satelit. Tunggu sebentar hingga indikator mencapai 100 persen dan saluran-saluran akan tersimpan.

Lihat daftar saluran yang terdeteksi oleh receiver dan atur urutannya sesuai keinginan Kalian.

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap yang telah kami berikan mengenai cara setting satelit Telkom 4. Meski mungkin terdengar rumit pada awalnya, namun dengan pemahaman yang baik dan praktek yang cukup, Kalian pasti bisa melakukan semua langkah-langkah tersebut dengan mudah.

Pemahaman tentang cara setting satelit sangat penting, terutama bagi Kalian yang sering berinteraksi dengan teknologi televisi satelit. Dengan mengetahui cara setting satelit Telkom 4, Kalian akan mendapatkan pengetahuan dasar yang bisa digunakan untuk mengatur dan menyesuaikan berbagai jenis satelit lainnya.

Ingatlah, dalam melakukan setting satelit, keakuratan dan ketelitian sangat diperlukan. Jangan ragu untuk mencoba berulang kali hingga Kalian mendapatkan sinyal yang optimal. Sekiranya Kalian mengalami kendala, jangan ragu untuk mencari bantuan atau merujuk kembali ke artikel ini.

Semoga artikel dari bengkeltv.id bermanfaat dan membantu Kalian dalam melakukan setting satelit Telkom 4. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *