Kabel Antena TV Yang Bagus

Rekomendasi Kabel Antena TV Yang Bagus : Memastikan Hiburan Tanpa Gangguan

Posted on

Bengkeltv.idRekomendasi Kabel Antena TV Yang Bagus : Memastikan Hiburan Tanpa Gangguan. Dalam era digital seperti sekarang ini, hiburan visual seperti televisi masih tetap menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita. Baik itu acara berita, film, atau tayangan olahraga favorit, semua membutuhkan sinyal yang jernih dan stabil untuk dapat dinikmati dengan maksimal.

Salah satu faktor penting dalam mendapatkan kualitas tayangan yang optimal adalah penggunaan kabel antena TV yang bagus. Kualitas kabel antena memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kualitas gambar dan suara yang dihasilkan oleh televisi Kalian. Oleh karena itu, memilih kabel antena TV yang bagus bukanlah hal yang sepele, dan melalui artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang hal tersebut.

Apa Itu Kabel Antena ?

Secara umum, kabel antena merupakan tipe kabel yang terdiri dari dua konduktor, dengan pusat yang terbuat dari kawat padat yang dibungkus lagi oleh kawat yang dilapisi konduktor. Kabel ini biasanya diaplikasikan pada jaringan yang memiliki bandwidth yang cukup besar dan di tengahnya terdapat penghantar yang terbuat dari tembaga.

Tembaga ini dikelilingi oleh lapisan plastik atau dielektrik yang berperan sebagai isolator antara tembaga dan lapisan logam pelindung. Lapisan logam ini memiliki fungsi penting sebagai penangkal gangguan dari sumber eksternal seperti lampu dan perangkat lainnya. Lapisan paling luar dari kabel ini adalah pelindung plastik.

Kabel antena ini juga sering disebut sebagai Bayonet Naur Connector atau coax dan biasanya digunakan sebagai kabel antena TV atau dalam jaringan LAN.

Kabel ini biasanya berfungsi untuk mentransmisikan sinyal dengan frekuensi tinggi, dimulai dari 300 kHz ke atas.

Dikarenakan kemampuannya dalam mentransfer frekuensi tinggi, sistem transmisi yang memanfaatkan kabel antena ini memiliki kapasitas saluran yang luas.

Fungsi dan Penggunaan Kabel Antena

Kabel antena jenis koaksial biasanya digunakan dalam jaringan LAN dengan topologi bus yang sangat bergantung pada penggunaan kabel antena.

Namun, tantangan utama dalam menggunakan kabel ini adalah mengukur apakah kabel antena yang digunakan sudah sesuai atau belum.

Bila pengukuran tidak dilakukan dengan tepat, ini bisa merusak Network Interface Card (NIC) dan mengganggu kinerja jaringan.

Kabel antena juga berfungsi untuk mentransmisikan frekuensi tinggi, dimulai dari 300 kHz ke atas, dengan kapasitas kanal frekuensi yang lebih luas.

Dalam kehidupan sehari-hari, kabel antena banyak digunakan untuk antena televisi, pemancar radio, dan jaringan LAN. Penggunaan kabel antena (koaksial) dalam jaringan internet melengkapi instalasi kabel UTP untuk jaringan LAN.

Baca juga:  Penyebab TV LED Gambar Biru dan Solusinya

Kabel yang umumnya digunakan sebagai kabel antena TV memiliki perlindungan yang lebih baik terhadap gangguan suara, sehingga sistem transmisi dengan kabel antena memiliki kapasitas kanal yang besar.

Macam Jenis Kabel Antena

Kabel antena biasanya terbagi menjadi dua jenis, yaitu thin [RG-58] dan thick [RG-8]:

1. Thin

Juga dikenal dengan 10Base2 [thinnet], di mana angka 2 merujuk pada panjang maksimum segmen kabel ini yaitu 200 meter, namun dalam praktiknya, panjang efektif hanya mencapai 185 meter.

2. Thick

Juga dikenal dengan 10Base5 yang memiliki spesifikasi teknis seperti mampu mencakup jangkauan maksimum hingga 500 meter, dengan impedansi terminator 50 Ohm dan memerlukan transceiver sebelum dihubungkan.

10 Daftar Rekomendasi Kabel Antena TV Terbaik

Bagi Kalian yang sedang mencari referensi Kabel Antena TV Yang Bagus, empatpilar.com telah merangkum beberapa rekomendasi kabel antena TV yang bisa menjadi pilihan Kalian. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan Kalian.

1. Kabel Antena TV Jack Compression

Pilihan pertama adalah kabel antena TV Jack Compression. Dengan panjang 15 meter, kabel ini bisa meningkatkan kualitas tayangan TV sehingga menjadi lebih jernih. Diketahui juga memiliki banyak serabut luar yang berfungsi untuk meminimalisir kebocoran sinyal.

Kabel ini dilengkapi dengan selubung yang tahan cuaca, dan dapat dipasang di dalam maupun luar ruangan. Dapat juga digunakan untuk parabola dan first media karena telah dilengkapi dengan F Connector. Impedansinya sekitar 75 ohm, setara dengan kabel antena lainnya yang berkualitas.

2. Kabel Antena TV Kitani 3C

Kitani 3C menjadi kandidat kabel antena TV terbaik berikutnya dengan panjang sekitar 10 meter. Kabel ini dibuat dari bahan tembaga murni dengan ketebalan 1mm dan memiliki kualitas tinggi, sehingga awet dan tahan putus. Pelindung kabel terbuat dari bahan PVC murni yang aman dan tahan cuaca.

Konduktornya dibuat dari kawat tembaga murni yang memiliki resistansi lebih rendah dibandingkan dengan aluminium dan besi. Sedangkan, insulator kabel antena TV Kitani 3C terbuat dari bahan polyethylene yang dicampur dengan carbon black, yang mampu meredam sinyal televisi keluar dari kawat inti, serta memantulkan sinyal kembali ke kawat inti sehingga tidak terjadi sinyal bocor dari insulatornya.

3. Kabel Antena TV Bervin

Rekomendasi selanjutnya datang dari perusahaan Bervin yang terkenal dengan produksi kabel TV berkualitasnya. Kabel antena Bervin mendukung baik sinyal digital maupun analog dengan impedansi sekitar 75 ohm.

Konektor pada kabel ini terbuat dari kuningan berlapis chrome yang awet, tahan oksidasi, dan tidak mudah putus karena tahan gesekan. Kabel ini memiliki panjang sekitar 10 meter dan dapat menghantarkan gambar yang lebih jernih berkat tembaga murni di dalamnya.

4. Kabel Antena Aoki AT3000

Jika Kalian mencari kabel antena berdiameter lebih kecil, maka Aoki AT3000 bisa menjadi pilihan tepat. Kalian bisa memilih jenis kabel 3C dengan ukuran sekitar 15 meter. Kabel ini memiliki impedansi sebesar 75 ohm dan dapat digunakan untuk 2 TV sekaligus. Kabel antena Aoki AT3000 dirancang khusus untuk menerima sinyal terrestrial broadcasting dan cocok untuk Set Top Box Digital Kalian.

5. Kabel Antena TV Tanaka

Rekomendasi berikutnya adalah kabel antena TV Tanaka. Dengan panjang sekitar 20 meter, kabel ini memiliki kemampuan transmisi data yang sangat baik. Plug kuningan pada kabel ini dilapisi dengan bahan chrome yang tahan karat sehingga mampu menjaga plug tetap prima meski sering digunakan. Kabel ini juga mampu menangkap siaran komunikasi radio, CCTV, dan parabola.

Baca juga:  Penyebab Dinamo Stater Rusak Beserta Ciri-cirinya Lengkap

6. Kabel Antena TV Kitani 5C-2V

Kabel antena TV Kitani 5C-2V dikenal dengan kualitas premiumnya. Kabel ini dilengkapi dengan bahan tembaga murni yang berserabut dan memiliki pelapis khusus sehingga dapat menerima sinyal yang lebih kuat.

7. Kabel Antena TV Maxtron

Kabel antena TV Maxtron dikenal dengan kualitas bahannya yang tinggi. Kabel ini berukuran 20 meter dan terbuat dari tembaga murni serta pelapis berkualitas. Bisa digunakan untuk berbagai jenis televisi, seperti TV LCD, TV Plasma, smart TV, dan TV tabung. Kabel antena Maxtron juga dapat digunakan dalam perangkat CCTV dan receiver parabola.

8. Kabel Antena Belden RG 6

Kabel antena Belden RG 6 mempunyai tingkat kandungan tembaga yang lebih besar dibandingkan dengan kabel antena lainnya.

Temabaga berlimpah ini memfasilitasi pengiriman video yang superior bahkan pada jarak yang jauh. Kabel antena Belden RG 6 bisa dipakai untuk transmisi video pada jarak menengah.

Kabel ini dilengkapi dengan insulasi dari aluminium foil dan jaket PVC yang bertugas mencegah gangguan noise yang bisa ditimbulkan oleh perangkat listrik dan kabel lain saat transmisi data. Oleh karenanya, Belden RG 6 menjadi alternatif yang tepat untuk menunjang kejelasan gambar televisi Kalian.

Kabel ini juga memiliki lapisan luar yang resisten terhadap segala jenis cuaca, dengan durabilitas yang dijamin hingga sepuluh tahun.

Inti tembaga dengan diameter sekitar 1mm dan serabut luar yang melimpah di kabel ini berfungsi untuk mencegah kebocoran sinyal.

9. Kabel Antena TV Shinhwa

Kabel antena TV dari merk Shinhwa datang dengan kualitas yang tak perlu dipertanyakan lagi. Dibuat dari tembaga murni, dilengkapi dengan serabut tembaga, dan lapisan galvanis, kabel ini mampu menerima sinyal dengan baik tanpa memerlukan booster.

Kabel ini dibuat dari bahan yang kokoh sehingga tahan lama dan cocok digunakan di dalam atau di luar ruangan.

Kabel ini menggunakan bahan kabel koaksial sehingga lebih lentur dan fleksibel. Saat membeli kabel antena TV Shinhwa ini, Kalian tidak perlu mencari konektor tambahan karena konektornya sudah profesional.

10. Kabel Antena TV Intracom

Rekomendasi terakhir untuk kabel antena TV adalah kabel antena dari Intracom. Kabel ini sangat ideal untuk digunakan bersama antena TV mengingat kualitasnya yang unggul dan terbuat dari tembaga murni.

Serabut kabelnya juga terbuat dari tembaga dan sudah dilapisi dengan galvanis.

Tidak perlu merasa cemas karena kabel ini sudah dilengkapi dengan konektor profesional plug. Kabel antena TV Intracom ini memiliki impedansi sebesar 75 ohm, yang sama dengan kabel antena berkelas lainnya.

Sudah pasti, kabel antena Intracom ini tahan lama dan tidak gampang rusak, baik disimpan di ruangan dalam maupun luar.

Cara Memilih Kabel Antena TV yang Bagus

Nah, bagi Kalian yang berencana membeli Kabel Antena TV yang berkualitas, penting untuk mengetahui cara memilih kabel antena TV yang tepat. Berikut ini beberapa tips yang dapat Kalian terapkan untuk mendapatkan produk antena TV yang cocok dengan kebutuhan Kalian.

Baca juga:  Cara Memperbaiki Dispenser yang Tidak Dingin Mudah & Simpel

1. Pilihlah Antena Deret yang Lebih Panjang

Pastikan untuk memilih antena dengan deret elemen yang panjang. Semakin panjang deret elemennya, semakin baik pula kemampuan penangkapan sinyalnya. Namun, perhatikan juga posisi pemasangan antena agar tidak terblok oleh bangunan atau pohon yang dapat mempengaruhi kualitas sinyal.

2. Pilih Kabel Antena Berkualitas

Pilihlah kabel antena TV yang memiliki kualitas tinggi. Ciri kabel antena yang baik adalah serat luarnya yang tebal dan terbuat dari tembaga murni. Serat yang rapat menKaliankan kualitas yang lebih baik. Kabel bagian dalam biasanya terbuat dari kawat tembaga dengan diameter sekitar 1 mm.

Untuk memeriksa keaslian kabel antena, Kalian bisa mencoba mengupas ujung kabel konduktor menggunakan gunting atau pisau. Jika inti tembaga berwarna kuning kecoklatan, maka kabel tersebut asli. Sebaliknya, jika serat luar tipis dan dilapisi aluminium foil, kualitasnya bisa dipertanyakan.

3. Ketahui Jenis TV yang Digunakan

Jenis televisi yang Kalian gunakan juga mempengaruhi tipe antena yang tepat. TV LCD/LED biasanya kurang optimal dalam menangkap sinyal, sehingga antena berukuran sedang hingga besar lebih cocok. Sedangkan untuk TV tabung, antena berukuran lebih kecil sudah cukup karena memiliki kemampuan penangkapan sinyal yang lebih baik dibandingkan TV LCD/LED.

4. Pilih Kabel Coaxial

Komponen lain yang menentukan kualitas antena adalah kabel coaxial yang digunakan. Kabel coaxial berfungsi sebagai penghubung transmisi perangkat elektronik. Oleh karena itu, pilihlah kabel coaxial dengan serabut yang banyak dan konduktor yang tebal. Meski harganya sedikit lebih tinggi, namun kualitas penangkapan sinyal yang dihasilkan jauh lebih baik.

5. Perhatikan Besaran Diameternya

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih antena TV adalah diameter kabelnya. Biasanya, untuk kebutuhan antena TV digunakan ukuran 3C dan 5C. Ukuran 3C memiliki panjang sekitar 10 meter, sedangkan kabel 5C panjangnya sekitar 20 hingga 30 meter. Untuk instalasi CCTV, biasanya digunakan kabel dengan diameter 7C sepanjang 50 meter. Jika Kalian berada di tempat tinggi dan dekat dengan sumber pemancar, disarankan untuk memilih ukuran 3C.

6. Perhatikan Koefisien Parameternya

Poin terakhir adalah memperhatikan koefisien parameter penuaan, atau dalam kata lain, daya tahan. Kabel antena yang baik harus memiliki koefisien atenuasi yang rendah dan impedansi 75 ohm. Penggunaan kabel coaxial pada antena di tempat-tempat dengan indikator interferensi elektromagnetik akan mempengaruhi kualitas sinyal. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih parameter dengan koefisien atenuasi serendah mungkin.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id lengkap yang dapat kami sampaikan mengenai pemilihan Kabel Antena TV yang bagus. Ingatlah bahwa kualitas kabel antena TV sangat menentukan kualitas tampilan gambar yang Kalian terima. Karena itu, jangan sampai salah pilih. Pastikan Kalian memilih produk yang memiliki kualitas baik dan cocok dengan kebutuhan Kalian. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Kalian dalam menemukan Kabel Antena TV yang paling tepat. Selamat mencari dan semoga mendapatkan kualitas tayangan televisi yang terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *