Kode Remot TV Akari

Kode Remot TV Akari Penyebab dan Cara mengatasi

Posted on

Bengkeltv.id Kode Remot TV Akari Penyebab dan Cara mengatasi. Untuk dapat menggunakan remot universal pada TV Akari, perlu diketahui bahwa tidak semua remot dapat langsung digunakan.

Kalian harus mengetahui daftar kode remot yang sesuai dengan model TV Akari tabung, LED atau LCD yang dimiliki. Kami akan memberikan kumpulan kode remot joker TV Akari beserta panduan settingnya.

Cara memasukkan kode pada remot multi-merk biasanya sama. TV Akari termasuk dalam daftar merk TV yang didukung oleh beberapa remot universal seperti Joker, Chunghop atau Chunghe. Setiap merk remot tersebut memiliki banyak variasi kode, yang terdiri dari tiga digit angka.

Harap dicatat bahwa setiap kode biasanya cocok dengan model TV Akari tertentu. Oleh karena itu, Kalian harus mencoba setiap kode remot TV Akari yang tersedia sampai menemukan yang benar-benar kompatibel dengan model TV Akari Kalian.

Silakan mencoba variasi kode TV Akari yang tersedia, kemudian ikuti langkah-langkah settingnya.

Kode Remot TV Akari Faktor Penyebab

Jika Kalian menggunakan TV Akari dan mengalami kerusakan pada remotnya, Kalian dapat menggantinya dengan remot multifungsi atau universal.

Namun, Kalian perlu mengetahui kode remot TV Akari yang diperlukan. Berikut penjelasannya lebih detail.

Kode Remot TV Akari

Kode remot TV Akari cukup beragam tergantung pada jenisnya, baik itu TV Akari tabung maupun LED. Meskipun keduanya memiliki tiga digit kode yang sama, namun kodenya tetap berbeda.

Baca juga:  Kelebihan Dan Kekurangan TV Akari : Apakah TV Akari Layak Dibeli?

Berikut adalah kode-kode yang dapat dicoba, sesuaikan dengan jenis TV Kalian, apakah itu TV tabung atau LED.

  • TV Akari Tabung
    102,104,103,013,213,140,015,181,224,073
  • TV Akari LED/LCD
    103,213,140,015,102,104,181,224,073,013

Cara Memasukkan Kode Remot TV Akari

Cara memasukkan kode pada remot multi atau universal hampir sama dengan cara memasukkan kode pada remot TV merk lain seperti Polytron, Toshiba, dan lainnya.

Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara memasukkan kode remot TV tersebut.

  • Pertama tekan dan tahan tombol SET di remot sampai lampu indikator menyala.
  • Saat menyala tersebut langsung saja masukkan 3 digit kode remot tadi.
  • Setelah itu tekan kembali tombol SET sampai lampu padam.
  • Jika ingin memasukkan kode remot lainnya, ulangi langkah-langkahnya dari awal.

Penyebab Remot Tidak Mau Berfungsi

Jika setelah memasukkan kode remot TV tersebut dan ternyata remot masih tidak berfungsi, ada beberapa faktor yang biasanya menjadi penyebab. Berikut beberapa faktor penyebab tersebut:

1. Baterai Remot Lemah

Mungkin saja remot yang tidak merespons TV Akari disebabkan oleh baterai yang lemah atau habis. Umumnya, baterai yang lemah atau rendah ditKaliani dengan lampu indikator pada remot yang menyala dengan cahaya redup setiap kali tombol ditekan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti baterai dengan yang baru.

2. Karat Pada Housing Baterai

Jika baterai telah diganti namun remot masih tidak berfungsi, kemungkinan masalah terletak pada besi penghubung baterai pada remot yang sudah berkarat. Pastikan tidak ada karat pada remot ataupun baterai.

Jika terlihat karat atau kotoran, hal ini dapat menghalangi tegangan yang masuk dari baterai ke remot TV. Untuk itu, Kalian harus membersihkan karat tersebut menggunakan cutter atau cairan tinner hingga benar-benar bersih.

Baca juga:  Cara Mengatasi TV Akari Standby Tidak Mau Start : Tips dan Solusi

3. Kode Remot Salah atau Tidak Cocok

Penyebab lain yang mungkin terjadi adalah kesalahan dalam memasukkan kode remot, pastikan kode dimasukkan dengan benar sesuai dengan daftar kode remot di atas.

Jika Kalian telah mencoba semua kode di atas namun tidak satu pun yang cocok untuk TV Akari Kalian, disarankan untuk mencoba metode setting remot universal secara otomatis seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

4. Sensor IR Remot Rusak (Infrared)

Remot universal atau bawaan pabrik dilengkapi dengan sensor inframerah yang berfungsi sebagai pengirim sinyal dari remot ke sensor TV. Jika komponen ini rusak, maka TV Akari Kalian tidak akan merespon sinyal dari remot.

Untuk memastikannya, Kalian bisa memanfaatkan kamera ponsel dan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka kamera ponsel.
  • Arahkan remot multi ke kamera.
  • Tekan salah satu tombol diremot TV.

Perhatikan kamera, jika setiap kali tombol pada remot ditekan dan terlihat cahaya dari sensor infrared, maka sensor dan remot TV masih berfungsi dengan baik.

Cara Mengetahui Remot TV Akari Universal atau Bukan

Membedakan remot TV Akari universal dan non-universal dapat dilakukan dengan cepat. Kalian hanya perlu memperhatikan apakah ada tombol “SET” (SETUP) pada remot TV. Jika ada, ini merupakan salah satu ciri dari remot universal.

Tombol tersebut berfungsi untuk masuk ke mode setup atau ketika Kalian ingin memasukkan dan mengganti kode remot TV. Selain itu, remot TV Akari universal juga ditKaliani dengan adanya lampu indikator (bukan lampu inframerah).

Lampu tersebut berfungsi sebagai tKalian apakah remot sudah masuk ke mode setup atau belum. Jika lampu indikator menyala, itu berarti remot sedang berada dalam mode setup dan siap disetting kode remotnya.

Baca juga:  Persamaan Flyback TV Samsung Flat & Slim Terbaik

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai kode remot TV Akari, baik itu untuk remot universal maupun non-universal. Dengan memahami cara memasukkan kode remot dan faktor penyebab yang mungkin terjadi, Kalian dapat memperbaiki masalah pada remot TV Akari dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Kalian yang sedang mencari solusi terkait kode remot TV Akari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *