Kode Remot TV Aiwa

Kumpulan Kode Remot TV Aiwa Terlengkap

Posted on

Bengkeltv.idKumpulan Kode Remot TV Aiwa Terlengkap. Pernahkah Kalian merasa frustasi saat mencoba mengoperasikan TV Aiwa Kalian dengan remot namun tidak menemukan kode yang tepat? Masalah ini seringkali menjadi tantangan bagi banyak pemilik TV Aiwa yang mencoba menghubungkan remot dengan perangkat mereka.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai kode remot TV Aiwa, memberikan panduan lengkap untuk penggunaan yang efektif. Temukan rahasia di balik kode-kode tersebut dan bagaimana Kalian dapat dengan mudah mengatasi kendala yang mungkin Kalian alami. Mari kita jelajahi dunia yang tersembunyi di balik tombol-tombol remot TV Aiwa Kalian!

Apa Arti dari Kode Remot TV?

Kode remot TV adalah serangkaian angka yang disediakan oleh produsen remot universal sebagai kata sandi atau kode tertentu. Kode ini memiliki peran penting ketika remot TV mengalami kerusakan atau hilang, dan TV Kalian tidak lagi memiliki remot yang sesuai.

Meskipun tren menonton melalui platform streaming film semakin meningkat, masih ada sejumlah orang yang setia dengan tayangan televisi. Bahkan, ada yang rela menghabiskan waktu yang cukup lama di depan layar kaca untuk menyaksikan acara favorit mereka.

Namun, masalah dapat timbul akibat penggunaan yang terlalu intensif, di mana komponen TV, termasuk remot, bisa mengalami kerusakan. Kerusakan ini juga dapat disebabkan oleh penggunaan yang kurang tepat, seperti remot terjatuh dan mengenai objek keras.

Jika Kalian menghadapi masalah serupa dan sudah membeli remot TV universal, Kalian dapat memasukkan kode remot TV dari berbagai merek, seperti LG, Sharp, Polytron, Samsung, Toshiba, dan lainnya, agar dapat segera menggunakan remot tersebut.

Baca juga:  Panduan Praktis : Cara Cek Tegangan TV (Type) !!

Fungsi Kode Remote TV Aiwa

Agar pemahaman lebih terang, sebelum kita menjelajahi topik utama mengenai kode remot TV Aiwa, penting bagi kita untuk memahami fungsi dari kode remot TV tersebut. Kode remot ini memiliki peran penting dalam mengintegrasikan remote universal atau multi sebagai alternatif pengganti, sehingga dapat beroperasi secara normal sebagaimana remot asli atau bawaan.

Ketika remote TV mengalami kerusakan atau hilang, dan kita menggantinya dengan remote universal lalu langsung menggunakannya, tombol-tombol pada remote tersebut tidak akan berfungsi secara normal secara otomatis. Oleh karena itu, untuk memastikan tombol-tombol dapat berfungsi dengan baik, dibutuhkan penginputan kode remot TV yang sesuai dengan merek dan jenis TV yang digunakan.

Kode Remot TV Aiwa

Kode remot TV Aiwa sendiri serupa dengan kode remot TV merek lainnya, yang terdiri dari perpaduan 3 digit angka acak. Namun, perbedaannya terletak pada kombinasi 3 digit angka tersebut, yang memiliki karakteristik berbeda dengan kode remot TV Polytron, Akari, Panasonic, Sharp, dan merek TV lainnya.

  • 009, 057, 058, 073, 102, 103, 104, 181 & 224

Setelah mengetahui kode remot TV Aiwa di atas, langkah berikutnya adalah memasukkan atau mengatur kode remot tersebut. Dengan demikian, remot universal tersebut dapat berfungsi normal seperti remot TV bawaan.

Cara Setting Kode Remot TV Aiwa

Bagaimana cara memasukkan kode remot TV Aiwa? Pertanyaan ini mungkin muncul bagi para pengguna TV yang baru atau yang sedang mencoba memasukkan kode remot TV untuk pertama kalinya. Untuk yang belum familiar, berikut adalah panduan cara melakukan setting kode remot TV.

  • Langkah pertama, persiapkan remot TV universal dan pastikan bahwa TV Aiwa telah berhasil dinyalakan.
  • Selanjutnya, tekan dan tahan tombol “SET” pada remot.
  • Jangan lepaskan tombol “SET”, kemudian tekan tombol “POWER” sampai lampu indikator pada remot TV universal menyala.
  • Setelah lampu indikator menyala, lepaskan tombol “SET” dan “POWER” yang tadi ditahan.
  • Kemudian, masukkan 3 digit kode remot TV Aiwa dengan menekan tombol angka sesuai dengan kode yang dimiliki.
  • Setelah berhasil memasukkan kode, lampu indikator pada remot TV akan mati secara otomatis.
Baca juga:  Perbedaan Mikroprosesor dan Mikrokontroler : Pahami Dengan Baik

Jika sudah demikian, setting remot TV universal untuk TV Aiwa telah berhasil. Sekarang, Kalian dapat menggunakan remot pengganti tersebut seperti remot TV asli, dan semua tombolnya dapat berfungsi sepenuhnya.

Penyebab Remot Tidak Bisa Digunakan

Meskipun demikian, dalam beberapa kasus yang dialami oleh pemilik TV ketika memasukkan kode remot, beberapa kendala dapat muncul. Salah satu masalah yang mungkin terjadi adalah ketidakberfungsian remot setelah memasukkan kode, dan pertanyaannya adalah: mengapa hal tersebut bisa terjadi?

1. Baterai Remot Habis

Pertama, kemungkinan remot tidak berfungsi bisa disebabkan oleh baterai yang sudah lemah atau habis. Untuk mengatasi hal ini, periksa baterai dan gantilah dengan yang baru. Setelah itu, lakukan proses setting ulang dengan menggunakan kode remot TV.

2. Salah Masukkan Kode

Kedua, jika remot masih tetap tidak berfungsi, mungkin disebabkan oleh kesalahan saat memasukkan kode remot. Contohnya, ketika Kalian memasukkan kode 057, namun secara tidak sengaja memasukkan kode 507 karena kesalahan penekanan tombol. Pastikan bahwa kode dimasukkan dengan benar dan sesuai.

3. Adanya Masalah Teknis

Terakhir, ketidakberfungsian remot setelah memasukkan kode juga bisa disebabkan oleh masalah teknis. Hal ini mungkin terjadi karena adanya kotoran atau karat pada bagian penghubung antara baterai, mengakibatkan gangguan pada aliran listrik. Bersihkan bagian yang terkena kotoran dan karat, lalu coba lakukan setting ulang.

Dengan memperhatikan faktor-faktor di atas, diharapkan masalah ketidakberfungsian remot setelah memasukkan kode dapat diatasi dengan efektif.

Tips Sebelum Gunakan Remot Universal

Setelah mengetahui kode remot, cara setting, dan penyebab ketidakberfungsian remot di atas, penting juga bagi Kalian untuk mengetahui beberapa tips sebelum menggunakan remot universal sebagai pengganti saat remot TV bawaan mengalami kerusakan. Berikut adalah beberapa tips yang perlu Kalian ketahui sebelum menggunakan remot universal:

Baca juga:  Kode Remot Joker Digital Receiver (All Type) Lengkap dengan Cara Settingnya

  • Pastikan bahwa remot TV universal yang Kalian pilih kompatibel dengan merek TV Aiwa.
  • Pilih jenis remot universal yang dianggap mudah digunakan.
  • Masukkan salah satu dari berbagai kode remot TV yang tersedia sesuai dengan merek dan jenis TV yang Kalian miliki.

Harga Remot TV Universal Aiwa

Untuk Anda yang mencari informasi mengenai harga remot TV universal, bengkeltv.id juga akan memberikan informasi mengenai kisaran harganya. Remot TV universal yang kompatibel dengan TV Aiwa memiliki variasi harga yang cukup beragam.

Harga remot TV universal dapat ditemukan mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 110 ribu. Semakin tinggi harganya, semakin baik kualitasnya. Untuk mendapatkan remot tersebut, Anda bisa mengunjungi toko elektronik terdekat atau membelinya melalui toko online.

Salah satu merek remot TV universal yang populer dan terkenal dengan kualitasnya adalah remot Joker. Selain itu, ada banyak merek lain yang dapat dipilih, seperti Visero, Retive, Huayu, Voltan, Chunghop, Shimura, dan lainnya.

Penutup

Dengan mengetahui lebih dalam mengenai kode remot TV Aiwa, diharapkan Kalian kini memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara menghubungkan remote universal atau multi sebagai pengganti. Kode remot menjadi kunci utama untuk memastikan fungsi normal dan efektifitas remote tersebut, terutama saat menggantikan remot asli yang mengalami kerusakan atau hilang.

Semoga panduan dari bengkeltv.id mengenai kode remot TV Aiwa ini bermanfaat bagi Kalian yang sedang mencari solusi terkait penggunaan remote universal. Dengan memahami langkah-langkah setting dan tips yang diberikan, diharapkan Kalian dapat dengan mudah mengatasi kendala yang mungkin muncul. Selamat menikmati kenyamanan menggunakan remot TV Aiwa yang baru, semoga pengalaman menonton Kalian semakin menyenangkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *