Mengenal Komponen Mesin Cuci

Mengenal Komponen Mesin Cuci 2 Tabung dan Fungsinya

Posted on

Bengkeltv.idMengenal Komponen Mesin Cuci 2 Tabung dan Fungsinya. Apakah kalian memiliki mesin cuci di rumah kalian? Jika ya, kalian mungkin tahu bahwa mesin cuci adalah salah satu perangkat yang paling sering digunakan di rumah. Mesin cuci bisa dipakai setiap hari atau bahkan beberapa kali sehari. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memahami semua komponen mesin cuci agar dapat menjaga mesin cuci tetap bekerja dengan baik selama mungkin.

Dalam artikel ini, kami akan membahas Mengenal Komponen Mesin Cuci, termasuk bagian-bagian yang paling penting seperti drum, pompa, dan motor. Kami juga akan membahas bagaimana setiap bagian bekerja dan bagaimana menjaga mesin cuci agar tetap dalam kondisi baik.

Mengenal Komponen Mesin Cuci 2 Tabung dan Fungsinya

Jika kalian masih menggunakan mesin cuci 2 tabung, ada baiknya untuk mengetahui komponen-komponen yang terdapat pada mesin cuci tersebut sehingga kita dapat lebih memahami tentang mesin cuci tersebut.

Oleh karena itu, dalam kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai komponen-komponen yang ada pada mesin cuci 2 tabung beserta dengan fungsinya.

Body Mesin Cuci

Mengenal Komponen Mesin Cuci

Dilihat dari dimensi fisiknya, mesin cuci dua tabung jelas lebih besar dibandingkan dengan mesin cuci satu tabung. Akan tetapi, meskipun memiliki perbedaan dalam hal ukuran dan jumlah tabung, komponen body pada mesin cuci keduanya memiliki banyak persamaan.

Baik pada mesin cuci 2 tabung maupun 1 tabung, sebagian besar body mesin cuci terbuat dari bahan plastik. Pemilihan bahan ini bertujuan untuk melindungi komponen kelistrikan dari risiko terkena percikan air. Selain itu, plastik merupakan bahan yang kuat namun ringan sehingga memudahkan dalam proses pemindahan mesin cuci.

Baca juga:  Mengatasi Mesin Cuci Tidak Bisa Menyala : Tips dan Solusi

Wash dan Spin Tube

Seperti namanya, wash tube adalah tabung tempat pencucian pakaian terjadi, sedangkan spin tube adalah tabung yang digunakan untuk mengeringkan atau menggiling pakaian setelah pencucian selesai.

Pada mesin cuci 2 tabung, wash tube dan spin tube terpisah dan biasanya terbuat dari bahan plastik. Sedangkan pada mesin cuci 1 tabung, keduanya berfungsi dalam satu tabung.

Beberapa jenis mesin cuci dilengkapi dengan bagian dalam tabung yang terbuat dari logam antikarat yang ringan, seperti pada mesin cuci diamond drum dari Samsung.

Billows (Seal Spin)

Mengenal Komponen Mesin Cuci

Billows adalah komponen mesin cuci yang terletak di bawah tabung. Billows terbuat dari karet elastis yang dilengkapi dengan pengait. Fungsinya adalah sebagai pengaman agar tabung tetap seimbang saat berputar pada kecepatan tinggi.

Display Selector

Mengenal Komponen Mesin Cuci

Panel kontrol pada mesin cuci 1 tabung maupun 2 tabung disebut display selector. Display selector memungkinkan pengguna untuk menjalankan proses pencucian dengan mudah hanya dengan menekan tombol atau memutar kenop.

Tombol atau kenop pada display selector bervariasi tergantung pada jenis dan model mesin cuci, baik itu top load atau front load. Namun, pada umumnya, display selector pada modul kontrol mesin cuci terdiri dari opsi mode pencucian, timer, level air, tombol power, dan tombol pause.

Pulsator

Mengenal Komponen Mesin Cuci

Salah satu komponen yang sangat penting pada mesin cuci adalah pulsator. Fungsinya adalah untuk menciptakan pusaran air dengan gerakan memutar bolak-balik, yang membuat mesin cuci dapat mencuci dan membilas pakaian hingga bersih.

Untuk menjaga agar pulsator tetap awet dan berfungsi dengan baik, pastikan untuk mencuci pakaian sesuai dengan kapasitas mesin cuci. Jika muatan terlalu berat, beban pada pulsator juga akan semakin berat dan dapat membuatnya cepat rusak.

Baca juga:  Berapa Daya Listrik Mesin Cuci? Berikut Penjelasannya

Sebelum memasukkan pakaian kotor, pastikan tidak ada benda keras seperti kunci atau uang logam yang tertinggal di saku. Hal ini penting karena gesekan dengan benda keras dapat merusak pulsator dengan cepat.

Motor, Gear Box, dan Van Belt

Motor adalah salah satu komponen penting dalam mesin cuci yang berfungsi untuk menggerakkan pulsator menggunakan sumber tenaga listrik. Pada mesin cuci 2 tabung, terdapat dua jenis motor, yaitu motor wash untuk tabung pencuci dan motor spin untuk tabung pengering.

Motor terhubung dengan pulsator menggunakan karet yang disebut van belt. Selain itu, motor pada mesin cuci juga terhubung dengan gear box yang terdiri dari beberapa roda gigi. Semua komponen ini bekerja secara bersama-sama untuk mengatur kinerja mesin cuci pada proses pencucian maupun pengeringan.

Kapasitor

Seperti halnya peralatan elektronik rumah tangga lainnya, mesin cuci juga menggunakan kapasitor sebagai salah satu komponennya. Kapasitor berfungsi untuk menyimpan energi listrik secara sementara.

Kapasitor memainkan peran penting dalam sistem kerja mesin cuci karena memengaruhi kekuatan mesin cuci dalam melakukan proses pencucian dan pengeringan. Jika kapasitor sudah lemah atau rusak, maka perlu diganti agar mesin cuci dapat tetap digunakan dengan optimal.

Switch Pintu

Switch Pintu adalah komponen saklar yang menghubungkan arus listrik ke motor mesin cuci. Saat proses pengeringan (spin) sedang berlangsung, pintu mesin cuci harus dalam keadaan tertutup. Jika pintu mesin cuci dibuka, switch secara otomatis akan terputus dan menghentikan motor spin. Dengan demikian, proses pengeringan akan berhenti dengan sendirinya.

Meskipun tidak berpengaruh pada proses pencucian, switch pintu sangat penting untuk keselamatan. Kehadirannya membantu mencegah cedera jika seseorang menyentuh tabung mesin cuci yang sedang berputar dengan kecepatan tinggi.

Baca juga:  Letak Kapasitor Mesin Cuci LG 1 Tabung dan Cara Menggantinya

Tabung pengering / spin tube

Tabung pengering pada mesin cuci terpisah dari bodi mesin, tetapi terhubung dengan poros mesin pengering. Ketika mesin pengering dihidupkan, tabung pengering akan berputar dengan kencang untuk mengeluarkan air dari cucian yang sedang dikeringkan.

Selain itu, terdapat juga penutup pada tabung mesin cuci yang berfungsi untuk memadatkan cucian dan menjaga agar cucian yang sedang dikeringkan tidak terlempar keluar dari tabung pengering.

Kesimpulan

Untuk memahami cara kerja mesin cuci, kita perlu mengenali komponen-komponen yang terdapat di dalamnya. Beberapa komponen penting yang harus dipahami antara lain drum pencuci, drum pengering, motor, transmisi, pompa air, sistem kontrol, sensor suhu, katup air, billows, pulsator, switch pintu, kapasitor, dan display selector.

Mesin cuci 2 tabung memiliki komponen yang sedikit berbeda dengan mesin cuci 1 tabung. Pada mesin cuci 2 tabung, terdapat dua tabung terpisah untuk mencuci dan mengeringkan pakaian. Sedangkan pada mesin cuci 1 tabung, hanya terdapat satu tabung yang digunakan untuk mencuci dan mengeringkan pakaian.

Mengetahui setiap komponen mesin cuci beserta fungsinya sangat penting untuk menjaga agar mesin cuci tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama. Dengan memahami cara kerja dan fungsi dari setiap komponen, kita dapat merawat mesin cuci dengan baik dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan. Itulah ulasan mengenai Mengenal Komponen Mesin Cuci dari bengkeltv.id, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *