Penyebab Swing AC Tidak Berfungsi

Penyebab Swing AC Tidak Berfungsi Dan Cara Mengatasinya

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab Swing AC Tidak Berfungsi Dan Cara Mengatasinya. kalian mungkin pernah mengalami situasi di mana mesin pendingin udara (AC) kaliantidak memberikan kesejukan yang optimal. Salah satu masalah umum yang sering terjadi pada AC adalah ketika fitur Swing-nya tidak berfungsi. Fitur Swing adalah fitur pada AC yang memungkinkan aliran udara keluar dari AC menyebar ke seluruh ruangan.

Jika Swing AC kaliantidak berfungsi, maka aliran udara tidak akan terdistribusi secara merata di ruangan, sehingga ruangan tidak terlalu dingin dan mungkin membuat kalianmerasa tidak nyaman. Artikel ini akan membahas beberapa Penyebab Swing AC Tidak Berfungsi dan solusinya.

Apa Itu Swing AC?

Swing AC adalah fitur pada pendingin udara (AC) yang memungkinkan pengguna untuk mengatur arah hembusan udara secara otomatis. Dengan fitur ini, flap pada unit AC akan bergerak secara otomatis ke atas dan ke bawah atau ke kiri dan kanan untuk mengatur arah hembusan udara.

Hal ini dapat memberikan kesejukan yang merata di seluruh ruangan, karena udara didistribusikan dengan merata. Swing AC sangat berguna untuk ruangan yang luas atau dengan banyak orang di dalamnya, karena dapat menghindari terjadinya daerah yang lebih dingin atau lebih panas di sekitar unit AC.

Fungsi Swing AC

Fungsi utama dari fitur Swing AC adalah untuk mengatur arah hembusan udara dari unit AC secara otomatis dengan memutar flap atau kisi-kisi. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat mengatur hembusan udara ke arah yang berbeda secara berkala, sehingga udara dapat didistribusikan dengan lebih merata di seluruh ruangan. Hal ini sangat berguna untuk menciptakan kesejukan yang merata di dalam ruangan yang besar atau dengan banyak orang di dalamnya.

Baca juga:  Remote AC Panasonic Error : Penyebab dan Solusinya

Selain itu, fitur Swing AC juga dapat membantu dalam menghindari terjadinya daerah yang lebih dingin atau lebih panas di sekitar unit AC. Sehingga, dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat memastikan bahwa suhu di seluruh ruangan tetap sejuk dan nyaman.

Fitur Swing AC juga dapat membantu dalam menghemat energi, karena dengan distribusi udara yang merata, pengguna dapat menghindari penggunaan AC yang berlebihan di satu area tertentu. Dengan begitu, pengguna dapat menghemat penggunaan listrik dan mengurangi biaya tagihan listrik.

Secara keseluruhan, fungsi dari Swing AC adalah untuk memudahkan pengguna dalam mengatur hembusan udara dari unit AC secara otomatis dan menciptakan kesejukan yang merata di seluruh ruangan, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan hemat energi.

Penyebab Swing AC Tidak Berfungsi

Agar pengguna tidak panik ketika fitur Swing AC tidak berfungsi dan mengetahui tindakan yang harus diambil, berikut beberapa faktor Penyebab Swing AC Tidak Berfungsi:

1. Kerusakan pada motor Swing

Motor Swing pada AC terdiri dari dinamo yang mengandung lilitan tembaga dan roda gigi. Komponen ini berfungsi untuk membuka dan menutup flap atau kisi-kisi Swing pada AC.

Jika motor Swing mengalami kerusakan, maka flap atau kisi-kisi tidak akan bergerak saat AC dihidupkan atau dimatikan. Kerusakan pada motor Swing biasanya disebabkan oleh ausnya roda gigi atau putusnya lilitan tembaga.

Pada umumnya, motor Swing yang mengalami kerusakan tidak dapat diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru dan orisinal agar fitur Swing pada AC kembali berfungsi.

2. Pengait daun swing patah atau sudah aus

Penyebab kedua adalah pengait daun Swing yang patah atau sudah aus. Pengait tersebut digunakan untuk menghubungkan daun Swing dengan motor Swing. Jika pengait patah, maka daun Swing tidak akan terhubung dengan motor Swing.

Baca juga:  Cara Mematikan Timer AC Gree Dengan Mudah & Cepat 

Akibatnya, fitur Swing AC tidak berfungsi dan tidak dapat membuka atau menutup saat AC dinyalakan atau dimatikan.

Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilihat seberapa parah kerusakan pada pengait. Jika hanya retak, dapat diperbaiki dengan merekatkannya kembali atau menyambungnya dengan lem power glue. Namun, jika kerusakan sudah parah, maka perlu mengganti daun Swing.

Namun sayangnya, daun Swing tidak dijual untuk yang baru. Sebagai alternatif, dapat mencari daun Swing bekas dengan merek dan tipe AC yang sama.

3. Daun swing terganjal benda asing

Penyebab ketiga adalah daun Swing terganjal benda asing. Benda asing tersebut dapat berupa kotoran atau benda lain yang mencegah daun Swing bergerak sehingga fitur Swing tidak berfungsi.

Jika hal ini menyebabkan fitur Swing AC tidak berfungsi, solusinya cukup mudah yaitu dengan menghilangkan benda yang menganjal tersebut. Namun, perlu dipastikan juga bahwa daun Swing tidak akan terganjal lagi oleh benda asing tersebut.

4. Terdapat kabel yang putus

Penyebab keempat adalah terdapat kabel yang putus. Motor Swing dapat bergerak karena mendapatkan arus listrik dari modul yang dialirkan melalui kabel. Jika salah satu kabel putus, maka motor Swing tidak akan dapat berputar dan daun Swing tidak akan dapat membuka atau menutup.

Kerusakan ini biasanya terjadi karena umur dari AC yang telah digunakan untuk jangka waktu yang lama. Namun, kabel juga bisa putus akibat gigitan binatang seperti tikus.

Untuk memperbaiki kerusakan motor Swing akibat kabel yang putus, cukup mudah yaitu dengan menyambung kembali kabel tersebut atau menggantinya jika diperlukan.

5. Terdapat socket yang kendor

Penyebab kelima adalah socket yang kendor. Untuk menghubungkan motor Swing dengan modul, digunakan socket. Jika socket tersebut kendor atau kotor, maka hubungan arus listrik tidak akan stabil.

Baca juga:  Cara Mematikan Timer AC Semua Merk dengan Mudah

Hal ini akan membuat motor Swing tidak dapat bekerja dengan baik dan daun Swing tidak dapat membuka atau menutup.

Cara mengatasinya cukup mudah, yaitu dengan melepas socket tersebut, membersihkan bagian dalamnya, dan memasang kembali. Namun, jika socket masih tetap kendor, maka perlu menggantinya dengan yang kondisinya masih baik.

Selain masalah-masalah yang telah disebutkan sebelumnya, Swing AC juga bisa tidak berfungsi karena pengguna mengganti modul AC dengan modul universal.

Perbedaan jalur kabel antara motor Swing dan modul universal dapat menyebabkan motor Swing tidak dapat bekerja dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan modifikasi pada kabel agar motor Swing dapat bekerja dengan baik.

Caranya, perhatikan gambar di bawah ini dan susun kabel sesuai dengan kebutuhan.

Penyebab Swing AC Tidak Berfungsi

Penutup

Secara umum, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan Swing AC tidak berfungsi, seperti kerusakan pada motor Swing, pengait daun Swing yang patah atau aus, daun Swing terhalang benda asing, kabel putus, socket kendur, dan penggantian modul AC dengan modul universal.

Untuk mencegah masalah ini, perawatan rutin pada AC harus dilakukan dan menjaga kebersihan daun Swing serta kisi-kisi AC. Jika terjadi masalah dengan fitur Swing AC, disarankan untuk segera memeriksanya ke ahli AC terpercaya agar mendapatkan penanganan yang tepat dan mencegah kerusakan yang lebih parah di masa depan. Itulah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Penyebab Swing AC Tidak Berfungsi, semoga informasi yang disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *