Ninmedia Vs K Vision

Pilih Mana Ninmedia Vs K Vision? : Berikut Review Lengkapnya

Posted on

Bengkeltv.idPilih Mana Ninmedia Vs K Vision? : Berikut Review Lengkapnya. Dalam dunia pertelevisian satelit di Indonesia, dua nama besar sering menjadi topik perbincangan hangat, Ninmedia dan K Vision. Masing-masing menawarkan ragam fitur dan keunggulan tersendiri, menarik perhatian penikmat siaran televisi dari seluruh penjuru negeri. Dalam artikel ini, kita akan mendalami perbandingan antara Ninmedia dan K Vision, dua pemimpin pasar dalam industri televisi berbayar di Indonesia.

Ninmedia dan K Vision, dua entitas ini saling berkompetisi untuk menawarkan berbagai layanan kepada konsumen. Dari segi kualitas siaran, jenis channel, hingga paket harga, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Namun, pertanyaan besar yang kerap muncul adalah, “Manakah yang lebih unggul, Ninmedia atau K Vision?” Ikuti terus artikel ini untuk mendapatkan jawabannya.

Mengenai Ninmedia

Ninmedia adalah sebuah entitas yang menawarkan layanan infrastruktur Channel Hosting serta pengembangan konten, dengan spesialisasi pada pengembangan ekosistem siaran channel Free to Air (FTA) melalui Satelit.

Dengan kata lain yang lebih mudah dimengerti, Ninmedia adalah penyedia layanan siaran televisi via satelit yang mengusung konsep FTA (free to air).

Free to Air (FTA) sendiri adalah jenis siaran televisi yang dihasilkan oleh stasiun televisi terestrial dan dapat dinikmati tanpa biaya berlangganan. Sebuah analogi sederhananya, siaran FTA bisa kita tangkap dengan menggunakan antena UHF.

Namun, di Jakarta yang dikelilingi oleh gedung-gedung tinggi, kualitas sinyal televisi seringkali terganggu sehingga gambar yang diterima kurang jernih. Selain itu, antena UHF membutuhkan penataan ulang posisi secara periodik untuk mendapatkan penerimaan sinyal yang optimal. Hal ini tentu saja menambah pekerjaan dan kerumitan yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, untuk menikmati siaran televisi FTA dengan kenyamanan maksimal tanpa harus terus menerus menyesuaikan posisi antena, layanan Ninmedia dapat menjadi solusi praktis. Layanan ini menawarkan siaran televisi satelit FTA yang mudah diakses dan nyaman digunakan.

Mengenai K Vision

K-Vision (PT Digital Vision Nusantara), perusahaan TV satelit berbayar di Indonesia, telah bergabung dengan MNC Vision Networks Group untuk melayani pelanggan di berbagai wilayah di Indonesia, terutama daerah rural dan kota-kota kecil.

Pada bulan Februari 2021, K-Vision telah memiliki sekitar 5,4 juta pelanggan dan terus bertambah sekitar 300 ribu pelanggan setiap bulannya. Layanan K-Vision dapat diakses melalui satelit C-Band (Telkom) dan KU-Band (Measat) oleh tiga jenis pelanggan, yaitu Reguler Satelit/Parabola, Corporate, dan TV Kabel.

K-Vision menawarkan akses channel-channel nasional terlengkap, termasuk tayangan dari MNC Group, program olahraga premium, acara anak-anak, film box office, dan tayangan seru lainnya. Layanan K-Vision dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke hingga pelosok negeri.

Baca juga:  Cara Mencari Sinyal Nex Parabola Panduan Mudah Untuk Pemula

K-Vision memiliki lima produk dengan teknologi yang berbeda dan ditujukan untuk target pasar yang berbeda pula, yaitu Bromo, Cartenz, Gardiner, Optus, dan LG Sat. Informasi lebih lanjut mengenai produk-produk K-Vision dapat ditemukan di situs resmi mereka.

Salah satu keunggulan K-Vision adalah tidak memerlukan biaya bulanan (beli putus), namun tetap menyediakan layanan yang selalu aktif dan perangkat menjadi hak milik pribadi. Proses berlangganan K-Vision juga mudah, praktis, dan cepat. K-Vision memberikan pengalaman menonton TV satelit yang berkualitas, terjangkau, dan nyaman bagi seluruh pelanggan di Indonesia.

Ninmedia Vs K Vision

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang mana yang lebih superior, Ninmedia atau K Vision, beberapa aspek berikut ini perlu kita pertimbangkan :

A. Kelebihan dan Kekurangan Ninmedia Vs K Vision

Seperti halnya dengan setiap produk, Ninmedia dan K Vision masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Berikut ini adalah ringkasan dari plus-minus kedua produk tersebut.

1. Ninmedia

Kelebihan Ninmedia:

  • Ninmedia menawarkan akses gratis ke beberapa channel premium sepanjang waktu setelah receiver telah dipasangkan.
    Ninmedia juga memiliki variasi channel film terbaik dibandingkan penyedia layanan lain.
  • Menggunakan parabola mini, Ninmedia hemat tempat dan mudah dipasang di tempat mana saja, selama tidak ada halangan antara parabola dan satelit.
  • Tidak mudah terpengaruh oleh gangguan frekuensi lain, berkat penggunaan frekuensi Ku Band yang tidak tumpang tindih dengan frekuensi lainnya.

Kekurangan Ninmedia:

  • Sinyal dapat terganggu saat cuaca buruk atau hujan lebat.
  • Channel nasional yang tersedia tidak begitu lengkap.
  • Kelemahan ini sebenarnya umum terjadi pada semua parabola mini yang menggunakan frekuensi Ku Band, karena adanya kumpulan air di atmosfer saat awal atau tengah hujan dapat mengganggu sinyal siaran.

2. K Vision

Kelebihan K Vision:

  • Menawarkan koleksi saluran nasional yang lengkap, baik di satelit Measat 3a maupun Telkom 4.
  • Menggunakan receiver dengan sistem Hybrid, seperti Bromo, Cartenz, dan Gol Garmedia. Dengan demikian, dapat aktif di C Band pada satelit Telkom 4 atau Ku Band pada satelit Measat 3a.
  • Tersedia channel premium Free To View (FTV) yang bisa dinikmati tanpa harus berlangganan. Channel premium tersebut termasuk Film, Kartun, Musik, dan lain-lain pada receiver Gol Garmedia. Sementara pada receiver Bromo dan Cartenz, semua channel lokal digratiskan.
  • Menawarkan paket mini, cocok bagi penikmat yang ingin berlangganan dengan dana terbatas. Tinggal menyesuaikan program yang ingin ditonton dengan paket minipack yang tersedia.

Kekurangan K Vision:

  • Sering lambat dalam pembaruan algoritma, sehingga meski receiver telah diaktifkan, masih bisa terjadi gambar hitam dengan pesan error E22: smartcard is out of date.
  • Kualitas gambar yang cenderung kurang jernih (buram), kurang memuaskan bagi mata, terutama jika menggunakan TV berukuran lebih dari 32 inci (gambar kurang fokus dan tebal).
  • K Vision kerap mengalami gangguan sinyal.
  • K Vision menggunakan receiver dengan adaptor, yang bisa merepotkan pengguna saat hendak mematikan receiver saat tidak digunakan. Pasalnya, jika receiver tidak dimatikan atau aliran listrik ke adaptor tidak diputus saat tidak digunakan, bisa terjadi heng, adaptor jebol, bahkan mainboard bisa mati.
  • Diantara berbagai varian receiver, jumlah channel Free To View (FTV) tidak sama. Ini berarti K Vision tidak memberikan porsi yang sama antar receiver, dengan receiver Gol Garmedia memiliki jumlah channel lebih banyak dibandingkan Bromo dan Cartenz.
Baca juga:  √ Nex Parabola Vs K Vision : Mana Yang Terbaik? Simak Ulasannya

B. Daftar Channel Ninmedia Vs K Vision

Untuk membandingkan Ninmedia dan K Vision, kita bisa melihat daftar saluran yang mereka tawarkan. Berikut ini adalah susunan saluran yang tersedia di masing-masing layanan televisi berbayar tersebut:

a. SALURAN NINMEDIA

1. In House Channel

NO. SALURANNAMA SALURAN
3Pop Musik
6Maleo

2. Film dan Anak

NO. SALURANNAMA SALURAN
12My Cinema Asia
13FTV
38M Cine Channel
50Sinema Indonesia
55Zee Bioskop

3. Kategori Hiburan

NO. SALURANNAMA SALURAN
14RRI NET
48HNK World Japan
49Arirang
56Zing
60Lapak Musik
63Dangdut Tivi
67ATV

4. Kategori Religi

NO. SALURANNAMA SALURAN
2Al Bahjah TV
9Ainos
18Al Qur’an Al Kareem TV
19Nabawi TV
20Madu TV
22NU Channel
33Tawaf TV
27DAAI TV
41tvMU
42Saling Sapa TV

5. Kategori Lokal dan Nasional

NO. SALURANNAMA SALURAN
4TVRI Jambi
5RTV
8ANTV
10Pal TV
11TV Tabalong
15Jambi TV
16Arek TV
17TVRI Nasional
23O Shop
25Kompas TV
28Gemilang TV
29Trans 7
30Balikpapan TV
31Jak TV
32UBTV
35SCTV
36Siak TV
37O Shop
39Riau TV
43TVRI Sumatera Barat
44TV9
58TVRI Riau
59Indosiar
61BETV
64Metro TV
65NET
66Trans TV
68tvOne
70TVRI Kaltim

6. Kategori Komunitas

NO. SALURANNAMA SALURAN
7Persija TV

7. Kategori Premium

NO. SALURANNAMA SALURAN
24My Cinema Channel
34My Cinema Mandari
53My Cinema Family
62My Kidz

b. SALURAN K VISION

1. Channel K Vision Telkom 4 C Band Transponder 3860 V 31000

NO. SALURANNAMA SALURAN
2OKTV
16Vision Prime
17Ent
33MNC News
46HBO Asia
47HBO Hits
48Cinemax Asia
49HBO Family Asia
50HBO Signature Asia
51Fox Movies Indonesia
64Celestial Movies Indonesia
65Celestial Classic Movies
72Kids TV
76ZooMoo Asia
91Bein Sport 1 Indonesia
97Channel Dangdut Indonesia
99MNC Shop Smart
100RCTI
110tvOne
111Channel Jowo
128iNews
131MNC TV
132GTV
155Zing Asia
167MTV Live HD
169le
170Muslim TV

2. Channel K Vision Telkom 4 C Band Transponder 4060 V 31000

NO. SALURANNAMA SALURAN
1On Channel
11Fox Indonesia
12Fox Life Indonesia
13Fox Crime Asia
14Blue Ant Extreme
15Blue Ant Entertainment
31National Geographic Asia
32National Geographic Wild Asia
41Fox Movies Indonesia
42Fox Action Movies
43Fox Family Movies
44My Cinema
45My Family
61My Cinema Asia
62Arirang World
63Zee Bioskop
71My Kidz
74Nickelodeon Indonesia
75Nick Jr Asia
81Bein Sport 1 Indonesia
82Bein Sport 2 Indonesia
84Fox Sport Asia
85Fox Sport 2 Asia
86Fox Sport 3 Asia
87Fight Sport
93MNC Sport
94Soccer Channel
101SCTV
102Indosiar
103Trans TV
105ANTV
106MNC Shop Trendy
107Trans 7
125RCTI
126MNC TV
127GTV
166Music Information Channel
168MTV South East Asia
Baca juga:  Frekuensi K Vision C Band di Telkom 4 : UPDATE Terbaru !!

3. Channel K Vision Measat 3a Ku Band Transponder 12396 H 31000

NO. SALURANNAMA SALURAN
1On Channel
11Fox
12Fox Life
13Fox Crime
14Blue Ant Extreme
15Blue Ant Entertainment
16Vision Prime
31National Geographic Channel
32National Geographic Wild
41Fox Movies
42Fox Action Movies
43Fox Family Movies
44My Cinema
45My Family
61My Cinema Asia
63Zee Bioskop
64Celestial Movies
65Celestial Classic Movies
71My Kidz
72Kids TV
74Nickelodeon
75Nick Jr
76ZooMoo
81Bein Sport 1 Indonesia
82Bein Sport 2 Indonesia
84Fox Sport
85Fox Sport 2
86Fox Sport 3
87Fox Sport
94Soccer Channel
100RCTI
167MTV Live HD
168MTV South East Asia

4. Channel K Vision Measat 3a Ku Band Transponder 12436 H 31000

NO. SALURANNAMA SALURAN
2OKTV
46HBO
47HBO Hits
48Cinemax
93MNC Sports
97Channnel Dangdut Indonesia
99MNC Shop Smart
101SCTV
102Indosiar
103Trans TV
104Trans 7
105ANTV
106NET
107RTV
108Kompas TV
109Metro TV
110tvOne
111Channel Jowo
112TVRI Nasional
114Bali TV
115JTV
116DAAI TV
118Refoermed 21
119TV Muhammadiyah
120TV 9 Nusantara
124MNC Shop Trendy
125RCTI
126MNC TV
127GTV
128iNews
131MNC TV
132GTV
146Al Qur’an Al Kareem TV
155Zing Asia
166Music Information Channel
170Muslim TV

Penutup

Dalam memilih antara Ninmedia dan K Vision, pertimbangkan berbagai aspek yang telah dibahas dalam artikel ini, mulai dari keunggulan dan kelemahan masing-masing, hingga daftar saluran yang ditawarkan. Dua layanan ini menawarkan fitur dan manfaat yang berbeda, yang dapat memenuhi kebutuhan dan preferensi yang beragam dari para pemirsa.

Ninmedia mungkin lebih cocok bagi Kalian yang mencari akses gratis ke beberapa saluran premium dan fleksibilitas dalam penempatan parabola, sementara K Vision mungkin lebih sesuai bagi Kalian yang menghargai pilihan saluran nasional yang lengkap dan fitur Free To View (FTV) tanpa berlangganan.

Akhirnya, keputusan ada di tangan Kalian. Baik Ninmedia maupun K Vision memiliki fitur dan penawaran mereka sendiri yang menarik. Manakah yang akan Kalian pilih, Ninmedia atau K Vision? Pertimbangkan semua faktor, dan tentukan pilihan yang terbaik bagi Kalian dan keluarga. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Ninmedia Vs K Vision, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *