Otomatis Setrika Philips Yang Tidak Panas

Penyebab & Cara Memperbaiki Otomatis Setrika Philips Yang Tidak Panas

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab & Cara Memperbaiki Otomatis Setrika Philips Yang Tidak Panas. Mungkin Kalian ingin mencoba memperbaiki setrika Philips yang mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik di rumah. Artikel berikut ini bisa membantu Kalian sedikit banyak dalam upaya tersebut. Ayo, simak penjelasan berikut ini!

Saat ini, hampir semua produk setrika listrik dilengkapi dengan fitur pengatur suhu otomatis menggunakan teknologi bimetal. Salah satu merek yang terkenal adalah setrika Philips, yang memiliki termostat pengatur suhu otomatis. Namun, jika setrika Kalian tidak merasa panas saat digunakan, periksa cara memperbaik Otomatis Setrika Philips Yang Tidak Panass berikut ini. Kemungkinan besar, ada masalah dengan komponen tersebut.

Mengenal Otomatis Setrika

Otomatis setrika adalah jenis setrika listrik yang dilengkapi dengan fitur otomatis untuk mengatur suhu dan daya panasnya. Dengan fitur otomatis ini, setrika akan otomatis menyesuaikan suhu dan daya panas sesuai dengan jenis kain yang digunakan. Hal ini memudahkan pengguna dalam mengatur suhu dan daya panas tanpa perlu khawatir kain akan rusak karena suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Otomatis setrika juga dilengkapi dengan fitur keamanan seperti pengamanan dari kebocoran listrik dan perlindungan dari kepanasan berlebihan. Dengan fitur keamanan ini, otomatis setrika akan lebih aman digunakan dan tidak menyebabkan bahaya bagi pengguna.

Selain itu, otomatis setrika juga memiliki desain yang ergonomis dan nyaman digunakan, sehingga pengguna dapat menyetrika dengan mudah dan nyaman. Berbagai merek setrika terkenal seperti Philips, Panasonic, dan Rowenta juga sudah mengeluarkan berbagai jenis otomatis setrika dengan berbagai fitur dan keunggulan yang berbeda-beda.

Baca juga:  Cara Mengatur Jam Skmei Perhatikan dengan Baik

Penyebab Otomatis Setrika Philips Yang Tidak Panas

Sebelum membahas cara memperbaiki Otomatis Setrika Philips Yang Tidak Panas, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Beberapa penyebab otomatis setrika Philips bermasalah antara lain:

  • Terdapat masalah pada bagian thermostat yang mengatur suhu setrika. Termostat yang rusak dapat menyebabkan setrika tidak mengeluarkan panas dengan normal.
  • Kabel listrik yang mengalami kerusakan atau konsleting juga dapat menyebabkan setrika tidak mengeluarkan panas dengan optimal.
  • Bagian pemanas pada setrika yang aus atau rusak juga dapat menjadi penyebab setrika tidak mengeluarkan panas dengan sempurna.
  • Komponen elektronik dalam setrika, seperti bagian PCB atau resistor, yang rusak atau tidak bekerja dengan baik juga dapat menyebabkan setrika tidak mengeluarkan panas.
  • Terdapat masalah pada bagian switch atau tombol pada setrika yang digunakan untuk mengatur suhu atau daya panas.
  • Terdapat masalah pada bagian kabel atau soket listrik pada setrika yang menyebabkan arus listrik tidak bisa mengalir dengan baik dan menyebabkan setrika tidak mengeluarkan panas.

Cara Memperbaiki Otomatis Setrika Philips yang Tidak Panas

Seperti yang disebutkan sebelumnya, memperbaiki Otomatis Setrika Philips Yang Tidak Panas sangatlah mudah. Pertama-tama, akan dijelaskan bagaimana cara memperbaiki setrika Philips yang tidak mengeluarkan panas dengan cepat dan efektif.

  • Langkah pertama adalah memeriksa bagian LED dengan menggunakan AVO meter untuk mengukur panasnya.
  • Selanjutnya, pada bagian thermostat yang memiliki dua lempeng, lakukan penggosokan dengan amplas. Hal ini bertujuan agar arus listrik dapat kembali normal.
  • Selain itu, pengguna juga dapat mengatur penekan suhu sehingga dapat menekan sektor switch setrika dengan lebih kuat.
  • Setelah itu, lakukan pengujian kembali dengan menggunakan AVO meter. Dengan demikian, setrika sudah kembali dalam kondisi semula.
Baca juga:  Cara Root STB Indihome ZXV10 B700V5 : Panduan Mudah Pemula

Cara Memperbaiki Setrika yang Terlalu Panas

Jika sebelumnya kita membahas cara memperbaiki setrika yang tidak panas, sekarang kita akan membahas cara memperbaiki setrika Philips yang terlalu panas. Cara ini sama mudahnya dengan cara sebelumnya, yaitu:

  • Perhatikan bagian thermostat, apakah bagian tersebut terlalu menekan lempengan. Hal ini dapat membuat lempengan sulit memutuskan hubungan arus listrik, sehingga suhu setrika terus tinggi.
  • Lakukan pelonggaran pada pengatur suhu, sehingga lempengan tidak terlalu tertekan. Caranya adalah dengan memutar baud yang terletak di atas bagian tersebut.
  • Pemutaran baud dapat dilakukan sampai menemukan posisi yang tepat untuk mengatur suhu.
  • Dengan demikian, setrika sudah dapat diatur kembali agar tidak menjadi overheat.

Cara Memperbaiki Setrika yang Mati Total

Cara memperbaiki setrika Philips yang mati total juga cukup mudah, tetapi berbeda dengan dua cara sebelumnya. Biasanya, ketika diperiksa menggunakan AVO meter, tidak ada reaksi sama sekali.

Berikut cara-cara yang dapat dilakukan:

  • Lakukan pengecekan terhadap setrika, kabel, dan sambungan listrik yang digunakan.
  • Jika kerusakan terdapat pada setrika, maka bongkar setrika tersebut dan cari komponen yang terputus dari jalurnya.
  • Jika kerusakan terletak pada kabel, periksa apakah ada kabel yang terputus atau terkelupas, kemudian lakukan perbaikan.
  • Terakhir, jika masalah terletak pada colokan atau sambungan listrik rumah, sebaiknya hubungi pihak PLN. Hal ini karena bisa jadi terjadi kerusakan pada tegangan arus listrik rumah.
  • Dengan cara-cara di atas, setrika yang mati total dapat diperbaiki dan kembali digunakan dengan normal.

Cara Memperbaiki Setrika yang Mengalami Kebocoran Arus

Untuk mengatasi setrika yang mengalami kebocoran arus, langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, perhatikan penyebabnya. Biasanya masalah ini terjadi karena ada bagian kabel yang terkelupas atau bagian lainnya yang terputus.
  • Jika sudah terjadi kebocoran arus, maka berikan pelindung pada kabel yang terkelupas atau untuk bagian yang terputus, pengguna dapat menyambungkannya terlebih dahulu.
  • Gunakan isolasi khusus kabel yang dapat mencegah terjadinya kebocoran arus yang lebih luas. Pastikan isolasi tersebut tidak menghantarkan listrik sehingga lebih aman ketika digunakan.
Baca juga:  Cara Menggunakan STB Indihome Tanpa Berlangganan dengan Benar

Dengan melakukan cara-cara di atas, setrika akan kembali aman untuk digunakan dan tidak akan menyebabkan penggunanya kesetrum. Selalu berhati-hati dalam menggunakan setrika dan pastikan setrika dalam kondisi baik sebelum digunakan.

Baca Juga : 

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai cara memperbaiki otomatis setrika Philips yang tidak panas. Dalam artikel ini, telah dijelaskan beberapa penyebab setrika tidak panas, serta langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya. Dengan memperbaiki setrika yang tidak panas dengan benar, maka setrika akan kembali berfungsi dengan optimal dan pengguna dapat menyetrika dengan nyaman dan aman.

Jangan lupa selalu memperhatikan faktor keamanan saat menggunakan setrika, terutama jika setrika menggunakan listrik. Pastikan juga setrika selalu dalam kondisi baik dan teratur dalam penggunaannya. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu Anda dalam memperbaiki setrika yang tidak panas. Terima kasih telah membaca artikel ini di bengkeltv.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *