Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)

Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) : Jenis dan Cara Kerja Lengkap

Posted on

Bengkeltv.id Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) : Jenis dan Cara Kerja Lengkap. Ketika kita berbicara tentang keselamatan dalam hal instalasi listrik, ada banyak alat dan komponen yang berperan penting dalam menjamin hal tersebut. Salah satu alat yang memiliki peran penting adalah Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB). Mungkin bagi sebagian orang, istilah ini masih asing. Lalu, apa sebenarnya pengertian ELCB?

Sebelum kita membahas lebih jauh, penting untuk kita ketahui bahwa setiap detik, terdapat risiko kecelakaan listrik yang dapat terjadi di mana saja dan kapan saja, baik di rumah, di kantor, ataupun di tempat-tempat umum. Oleh karena itu, penggunaan alat perlindungan seperti ELCB menjadi sangat penting dalam sistem instalasi listrik.

Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih dekat tentang ELCB, apa fungsi dan peranannya dalam sistem instalasi listrik, dan bagaimana cara kerjanya dalam menjaga keselamatan kita dari bahaya kebocoran listrik. Mari kita mulai dengan pengertian ELCB.

Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)

ELCB, singkatan dari Earth Leakage Circuit Breaker, merupakan alat yang bertugas sebagai pelindung instalasi listrik. Fungsinya adalah memutus aliran arus pada jaringan listrik ketika terdeteksi adanya kebocoran. ELCB tidak bergantung pada unit thermal magnetis dan tidak boleh dipasang jika terjadi arus singkat melebihi 6 A.

Salah satu keunggulan ELCB adalah kemampuannya untuk dioperasikan secara manual. Cara kerjanya serupa dengan saklar biasa, tetapi dilengkapi dengan mekanisme trip khusus yang memungkinkannya mendeteksi kebocoran sejak dini.

Fungsi ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya mengenai Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker), ELCB atau Earth Leakage Circuit Breaker memiliki peran utama dalam mendeteksi perubahan arus listrik yang berpotensi menyebabkan kebocoran.

Baca juga:  Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar : Mana yang Lebih Menguntungkan?

Selain itu, ELCB juga memberikan perlindungan segera terhadap instalasi tersebut. Namun, ELCB juga memiliki beberapa fungsi tambahan. Berikut penjelasannya:

1. Memberikan Peringatan

ELCB berfungsi untuk memberikan peringatan saat pemakaian daya listrik melebihi batas yang diizinkan. Fungsi ini membantu pengguna untuk menghindari potensi bahaya yang mungkin timbul akibat penggunaan daya listrik yang berlebihan.

2. Pendeteksi Lonjakan Arus

Fungsi lain dari alat ini adalah sebagai pendeteksi lonjakan arus yang terjadi akibat korsleting listrik. Hal ini sangat penting dalam mencegah kebakaran dan kerusakan pada peralatan listrik.

3. Mendeteksi Kebocoran

ELCB juga digunakan untuk mendeteksi kebocoran pada instalasi listrik. Jika terjadi kebocoran dalam jaringan listrik, alat ini akan segera memutus aliran listrik untuk mencegah bahaya yang lebih besar.

4. Memutus Arus

Jika seseorang menyentuh kabel listrik atau mengalami sengatan listrik, ELCB akan segera bekerja. Alat ini dapat memutuskan arus listrik dalam waktu kurang dari 0,1 detik untuk mencegah terjadinya bahaya yang lebih besar.

5. Mendeteksi Kebocoran

ELCB juga berfungsi sebagai pengaman untuk mengurangi risiko kebocoran listrik pada peralatan yang sensitif. Dengan demikian, alat ini membantu memperpanjang umur dan meningkatkan kinerja peralatan listrik.

Simbol ELCB

Bagi mereka yang bekerja atau belajar tentang kelistrikan, sangatlah penting untuk mengetahui simbol-simbol yang terdapat pada ELCB. Berikut ini adalah beberapa simbol yang perlu diketahui:

Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)

Cara Kerja ELCB

ELCB bekerja dengan membandingkan nilai arus yang mengalir melalui fasa dan netral dalam sistem listrik. Ketika arus pada fasa dan netral seimbang, maka arus yang keluar dari kedua sisi seharusnya juga seimbang atau proporsional.

Namun, terkadang terjadi ketidakseimbangan antara fasa dan netral, misalnya akibat sengatan listrik atau kebocoran dalam jaringan. Jika ini terjadi, alat akan mendeteksi perbedaan tersebut dan secara otomatis memutus aliran arus listrik dalam jaringan.

Cara kerja ELCB ini didasarkan pada prinsip kerja sistem relay pada MCB (Miniature Circuit Breaker). Ketika alat mendeteksi ketidakseimbangan dalam sistem listrik, sistem relay pada MCB akan diaktifkan dan arus listrik dalam jaringan akan diputus.

Baca juga:  Pengertian Token Listrik : Pembahasan Secara Lengkap

Dalam kasus sengatan listrik, alat ini dapat mendeteksi ketidakseimbangan pada nilai arus fasa dan netral dalam waktu kurang dari 0,1 detik dan segera memutuskan arus listrik. Dengan cara ini, alat ini memberikan perlindungan dan mengurangi risiko kecelakaan akibat kebocoran listrik atau sengatan listrik pada manusia dan peralatan listrik yang sensitif.

Jenis-jenis ELCB

Setelah memahami Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker), langkah berikutnya adalah mempelajari tiga jenis ELCB berdasarkan sejumlah referensi:

1. Jenis ELCB Berdasarkan Tipenya

ELCB dapat dibedakan menjadi tiga tipe berdasarkan jenisnya, yaitu:

  • Tipe AC: ELCB tipe AC digunakan untuk arus bolak-balik atau AC. ELCB tipe ini direkomendasikan hanya untuk perlengkapan listrik dan tidak disarankan digunakan pada peralatan elektronik.
  • Tipe A: Tipe ini direkomendasikan untuk tegangan listrik AC dan DC. Jenis ini umumnya digunakan pada peralatan elektronik.
  • Tipe B & F: Tipe B dan F dapat digunakan untuk arus searah atau DC serta arus bolak-balik atau AC. Jenis ini lebih cocok untuk alat-alat listrik.

2. Jenis ELCB Berdasarkan Sensitivitasnya

ELCB juga dibedakan berdasarkan sensitivitasnya menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Sensitivitas Tinggi: ELCB dengan sensitivitas tinggi umumnya digunakan untuk melindungi keselamatan kerja. Arus yang diinduksinya berkisar antara 6 mA hingga 30 mA.
  • Sensitivitas Sedang: Jenis ini digunakan untuk melindungi benda-benda yang berpotensi terbakar. Arus yang diinduksinya berkisar antara 100 mA hingga 1000 mA.
  • Sensitivitas Rendah: Jenis ini digunakan untuk melindungi berbagai peralatan listrik. Arus yang diinduksinya hanya sekitar 3 A hingga 30 A.

3. Jenis ELCB Berdasarkan Waktu Operasinya

ELCB juga dibedakan berdasarkan waktu operasinya menjadi dua jenis, yaitu:

  • Tipe Cepat: Tipe ini merespons dengan sangat cepat, yaitu dalam waktu 0,1 detik saat terjadi kebocoran arus. Biasanya, alat ini digunakan untuk deteksi kebakaran atau keselamatan manusia.
  • Tipe Tunda: Jenis ini memerlukan waktu beberapa saat untuk mendeteksi risiko kebakaran pada jaringan instalasi listrik. ELCB ini umumnya digunakan pada mesin atau peralatan listrik sehari-hari.

Cara Memasang ELCB

Sudah mengerti tentang pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker), bukan? Nah, pemasangan ELCB pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu ELCB 1 fase dan ELCB 3 fase, dengan prosedur pemasangan yang sedikit berbeda.

Baca juga:  Perbedaan Motor Listrik dan Generator Listrik Paling Lengkap

Ayo kita bahas cara pemasangan ELCB untuk kedua jenis ini:

  • Pertama, mari kita bicarakan pemasangan ELCB 1 Fase. Penting untuk diingat bahwa ELCB 1 fase berfungsi untuk memutus aliran listrik jika terjadi kebocoran arus. Oleh karena itu, tidak diperlukan perlindungan tambahan seperti MCB untuk memutus aliran listrik jika terjadi kelebihan beban atau korsleting. Inilah sebabnya mengapa pemasangan ELCB 1 fase lebih sederhana.
  • Selanjutnya, kita beralih ke pemasangan ELCB 3 Fase. Sama seperti pemasangan ELCB 1 fase, ELCB 3 fase juga membutuhkan perlindungan tambahan berupa MCB. MCB umumnya digunakan untuk melindungi kabel fase dan kabel netral. Pada sistem 3 fase, ketiga fase dan kabel netral harus dipasang dengan ELCB dan MCB yang sesuai, memastikan bahwa setiap fase dan netral memiliki perlindungan yang memadai.

Perlu diperhatikan bahwa pemasangan ELCB sebaiknya dilakukan oleh tenaga profesional atau orang yang memahami dasar-dasar instalasi listrik, guna memastikan keselamatan dan keamanan.

Penutup

Untuk mengakhiri, ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) adalah komponen yang sangat penting dalam sistem penerangan dan penyaluran tenaga listrik. Alat ini bertugas melindungi hidup kita dari bahaya kebocoran arus listrik yang dapat berakibat fatal.

Melalui Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) , semoga kita semua dapat semakin menghargai pentingnya keselamatan dalam penggunaan tenaga listrik dan juga semakin paham bagaimana cara kerja dan manfaat dari ELCB. Selalu pastikan keamanan listrik di rumah atau tempat kerja Kalian dengan memeriksa dan memastikan instalasi ELCB berfungsi dengan baik.

Kesadaran dan pemahaman kita tentang ELCB adalah langkah awal dalam melindungi diri kita dan orang yang kita cintai dari bahaya kebocoran arus listrik. Jadi, mari kita jadikan dunia ini tempat yang lebih aman dengan memahami dan menerapkan penggunaan ELCB dengan tepat dan efisien. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) ini bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *