Pengertian Elco

Pengertian Elco (Electrolytic Condenser) dan dan Jenisnya

Posted on

Bengkeltv.idPengertian Elco (Electrolytic Condenser) dan dan Jenisnya. Ketika membahas tentang dunia elektronika, tak mungkin kita lepas dari peran komponen-komponen penting yang mendukung jalannya suatu rangkaian elektronik. Salah satu komponen yang sering kita temui dalam perangkat elektronik adalah Elco atau Electrolytic Condenser.

Namun, apa sih sebenarnya Elco itu? Bagaimana cara kerjanya? Lalu, apa saja fungsinya dalam suatu rangkaian elektronik? Di artikel ini, kita akan menelusuri lebih dalam mengenai pengertian Elco, menjelaskan peran pentingnya, serta membahas berbagai hal lain yang perlu Kalian ketahui tentang komponen elektronik yang satu ini. Jadi, mari kita mulai petualangan pengetahuan kita pada dunia elektronik dengan memahami lebih jauh tentang Elco.

Pengertian Elco (Electrolytic Condenser)

Elco merupakan sebuah komponen elektronik yang memiliki dua kaki terminal dan dilapisi dengan bahan isolator. Kedua kaki tersebut memiliki peran sebagai kutub, di mana satu kaki berfungsi sebagai terminal positif dan kaki lainnya sebagai terminal negatif. Elko memiliki variasi dalam hal ukuran, jenis, dan kapasitasnya.

Elko berfungsi sebagai penyimpan muatan listrik sementara. Elektron yang terdapat pada bahan dielektrik akan terakumulasi di ujung-ujung kaki terminal. Keadaan tersebut akan tetap bertahan selama tidak terjadi konduksi di ujung terminal tersebut. Untuk dapat menyimpan arus, Elko harus terhubung dengan sumber tegangan.

Fungsi Elco

Setelah memahami Pengertian Elco (Electrolytic Condenser), berikut adalah 5 fungsi Elko yang membuatnya lebih dari sekadar alat penyimpan muatan listrik.

1. Pembangkin Frekuensi

Elco dapat digunakan sebagai pembangkit frekuensi. Fungsi kondensator sebagai pembangkit frekuensi umumnya ditemukan dalam rangkaian osilator atau antena.

Baca juga:  Cara Setting Palapa D : Panduan Secara Lengkap

2. Penghemat Listrik

Elko dapat digunakan untuk menghemat pemakaian listrik. Kondensator juga dapat digunakan untuk menyimpan arus dan tegangan listrik.

3. Penyaring

Penyaringan adalah fungsi dan kegunaan utama Elko. Sebagai penyaring, Elko dapat diterapkan pada berbagai perangkat, seperti rangkaian power supply, TV, dan amplifier. Selain sebagai penyaring, fungsi Elko pada power supply juga dapat berperan sebagai penghambat.

Tujuan utamanya adalah menyaring atau menghambat faktor-faktor dari luar sehingga tidak memberikan dampak pada rangkaian elektronik.

4. Konduktor dan Isolator

Sebagai isolator, Elko berfungsi untuk menghambat arus DC (Direct Current). Sementara itu, sebagai konduktor, Elko berfungsi untuk meneruskan arus AC (Alternating Current).

5. Jadi Kopling

Kopling adalah fungsi terakhir Elko di sini. Elko digunakan sebagai penghubung. Sebagai contoh, pada rangkaian amplifier, Elko akan digunakan sebagai media penghubung, khususnya untuk menghubungkan level sinyal yang awalnya rendah ke level yang lebih tinggi.

Jenis Elko

Masih dalam pembahasan tentang Pengertian Elco (Electrolytic Condenser), terdapat berbagai jenis elko yang dapat dibedakan berdasarkan klasifikasinya.

Kondensator elektrolit: Isolator pada kondensator ini terbuat dari elektrolit dan memiliki bentuk silinder. Kondensator ini memiliki polaritas negatif dan positif. Jika dipasang dengan cara yang tidak benar (terbalik), elko ini dapat meledak.

  • Kondensator polyester: Isolator pada kondensator ini terbuat dari polyester, memiliki bentuk segi empat, dan dapat dipasang terbalik.
  • Kondensator keramik: Isolator pada kondensator ini terbuat dari keramik, tidak memiliki polaritas, dan dapat dipasang bolak-balik.
  • Kondensator kertas: Isolator pada kondensator ini terbuat dari kertas dan dapat dipasang bolak-balik (tidak ada polaritas).
  • Kondensator mika: Isolator pada kondensator ini terbuat dari mika dan dapat dipasang bolak-balik (tidak ada polaritas).
  • Kondensator tantalum: Terminal anoda (+) pada kondensator ini terbuat dari bahan tantalum dan memiliki polaritas. Kondensator ini memiliki kapasitas besar dan tahan suhu tinggi.
Baca juga:  Cara Browsing di Indihome TV Secara Lengkap

Bagaimana Cara Kerja Elco?

Cara kerja elko sebenarnya sederhana, yaitu dengan menyimpan muatan listrik untuk sementara waktu. Dalam elko, elektron yang ada di bahan dielektrik disimpan di kedua ujung terminalnya. Muatan tersebut akan tetap ada selama terminal tidak mengalami konduksi.

Untuk dapat menyimpan arus listrik, elko harus terhubung dengan sumber tegangan, seperti baterai. Ketika kondensator terhubung dengan baterai, proses berikut terjadi:

Saat satu terminal elko dihubungkan dengan terminal negatif baterai, terminal itu akan mendapatkan tegangan dan menampung elektron dari baterai.

Selanjutnya, saat terminal lain dari elko dihubungkan dengan terminal positif baterai, elko akan secara otomatis melepaskan elektron yang sebelumnya ditampungnya dari baterai.

Kapasitas penyimpanan elko sebanding dengan kapasitas sumber listriknya. Misalnya, jika baterai memiliki tegangan 1,5 volt, maka kapasitas penyimpanan kondensator juga akan sama, yaitu 1,5 volt.

Cara Membedakan Elko Asli atau Palsu

Setelah mengetahui dan memahami Pengertian Elco (Electrolytic Condenser), untuk menghindari penipuan berikut adalah 4 cara untuk membedakan elko asli dari elko palsu:

1. Berat

Elko asli yang memiliki ukuran dan kapasitas yang sesuai akan memiliki berat yang proporsional. Di dalam elko terdapat gulungan dan dua lembaran elektrolit, sehingga semakin besar kapasitas elko, semakin berat pula elko tersebut. Salah satu trik yang digunakan dalam membuat elko palsu adalah dengan menambahkan kertas di dalamnya agar terkesan lebih berat.

2. Harga

Harga elko palsu biasanya lebih murah daripada elko asli. Selisih harga antara keduanya biasanya cukup besar. Untuk menghindari penipuan, disarankan untuk melakukan riset dan membandingkan harga elko di toko elektronik terdekat dengan toko daring sebelum membeli.

3. Pengujian

Jika Kalian memiliki ESR Meter, Kalian dapat melakukan pengujian pada elko sebelum membelinya. Meskipun tidak umum dimiliki oleh setiap orang, alat ini biasanya tersedia di toko elektronik. Dengan menggunakan alat tersebut, Kalian dapat menguji keaslian elko yang akan dibeli.

Baca juga:  Panduan Mudah : Cara Menghubungkan Speaker Pasif ke TV LED Kalian

4. Ukuran

Ukuran fisik elko seharusnya sejalan dengan kapasitas yang tertera. Jika elko memiliki kapasitas yang tinggi, maka ukurannya juga akan besar. Jika Kalian menemukan ketidaksesuaian di mana elko memiliki kapasitas tinggi tetapi badannya kecil, maka Kalian harus waspada terhadap keaslian elko tersebut.

Hati-hati saat membeli elko, karena terdapat elko palsu di pasaran. Dengan menggunakan cara-cara ini untuk membedakan elko asli dan palsu, Kalian dapat memiliki elko asli berkualitas. Harganya akan sebanding dengan kapasitas dan kualitas yang ditawarkan, semakin baik maka semakin mahal harganya.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id tentang pengertian Elco atau Electrolytic Condenser. Kita telah membahas secara lengkap apa itu Elco, fungsi, cara kerja, dan berbagai hal lainnya terkait dengan komponen elektronik yang satu ini.

Melalui artikel ini, diharapkan Kalian dapat lebih memahami tentang Elco dan pentingnya bagi rangkaian elektronik. Meskipun ukurannya kecil, Elco memiliki peranan besar dalam memastikan kinerja suatu perangkat elektronik.

Ingatlah bahwa pengetahuan kita tentang komponen-komponen seperti Elco ini bisa menjadi modal dasar untuk memahami dunia elektronika lebih dalam lagi. Oleh karena itu, teruslah belajar dan jangan pernah berhenti menambah pengetahuan Kalian tentang berbagai komponen elektronik dan bagaimana mereka bekerja.

Semoga artikel ini dapat menjadi sumber informasi yang berguna bagi Kalian. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca dan semoga sukses dalam perjalanan belajar Kalian mengenai dunia elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *