Pengertian Function Generator 

Pengertian Function Generator  : Semua yang Perlu Kalian Ketahui

Posted on

Bengkeltv.idPengertian Function Generator  : Semua yang Perlu Kalian Ketahui.Function generator adalah alat yang penting dalam berbagai bidang, terutama dalam dunia elektronik dan teknologi. Namun, apa sebenarnya Pengertian Function Generator itu sendiri? Berikut ini, kita akan membahas lebih jauh tentang function generator, fungsinya, dan berbagai aspek lain yang perlu Kalian ketahui.

Seiring perkembangan zaman, teknologi dalam bidang elektronik terus berkembang dan menciptakan berbagai alat bantu yang berperan penting dalam penelitian maupun pengembangan produk. Salah satu alat tersebut adalah function generator. Memahami pengertian function generator adalah langkah awal yang sangat penting bagi siapa saja yang berkecimpung di dunia elektronik dan teknologi.

Pengertian Function Generator

Dikenal juga sebagai Generator Fungsi, Function Generator merupakan instrumen uji elektronik yang berfungsi menghasilkan beragam tipe gelombang.

Function Generator berpotensi menghasilkan gelombang Sinus (Sine Wave), gelombang Persegi (Square Wave), gelombang Gigi Gergaji (Sawtooth Wave), gelombang Segitiga (Triangular Wave), serta gelombang Pulsa (Pulse).

Karakteristik yang membedakan Function Generator dengan RF Signal Generator ataupun Audio Signal Generator ialah fokusnya pada pembuatan gelombang sinus.

Function Generator mampu menghasilkan frekuensi hingga batas 20MHz, tergantung pada rancangan dari pembuatnya. Frekuensi yang diproduksi bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Tidak hanya frekuensi, kita juga bisa mengatur bentuk gelombang, DC Offset, serta Duty Cycle (Siklus Kerja). DC Offset berfungsi untuk merubah tingkat tegangan rata-rata dari sinyal berbanding dengan 0V atau Ground.

Duty Cycle adalah rasio antara durasi sinyal dalam keadaan ON dan OFF dalam satu periode sinyal. Dalam kata lain, Duty Cycle mengilustrasikan rasio waktu dimana sinyal dalam keadaan ON dan OFF pada setiap periodenya.

Baca juga:  Panduan Lengkap : Cara Mengganti IP Address Android

Pengaturan Duty Cycle dimanfaatkan untuk merubah rasio antara tegangan puncak dan tegangan minimal pada gelombang persegi.

Bagian-Bagian Function Generator

Setelah menyingkap pengertian Function Generator, mari kita beranjak pada pembahasan mengenai komponen-komponen Function Generator yang perlu dipahami dengan baik:

Pengertian Function Generator
1. Saklar Daya (Power Switch)

Saklar ini berfungsi untuk mengaktifkan generator sinyal. Kalian perlu menghubungkan generator sinyal ke sumber tenaga listrik dan menekan saklar ini.

2. Pengatur Frekuensi

Regulator ini digunakan untuk menyesuaikan frekuensi output dalam kisaran frekuensi yang telah ditentukan.

3. Indikator Frekuensi

Alat ini mengindikasikan nilai frekuensi yang sedang dihasilkan.

4. Terminal Output TTL/CMOS

Terminal ini memberikan output yang sesuai dengan TTL/CMOS.

5. Duty Function

Tarik dan putar komponen ini untuk menyesuaikan siklus kerja (duty cycle) gelombang.

6. Selektor TTL/CMOS

Jika komponen ini ditekan, terminal output TTL/CMOS akan memberikan gelombang yang sesuai dengan TTL.

Jika komponen ini ditarik, output tegangan yang sesuai (yang dihasilkan oleh terminal output TTL/CMOS) bisa disesuaikan antara 5 hingga 15Vpp, yang sesuai dengan tegangan CMOS.

7. DC Offset

Komponen ini digunakan untuk memberikan offset (tegangan DC) pada sinyal hingga +/- 10V. Tarik dan putar komponen ini searah jarum jam untuk mendapatkan tingkat tegangan DC positif, atau putar ke arah berlawanan untuk mendapatkan tingkat tegangan DC negatif.

Jika komponen ini tidak ditarik, output dari generator sinyal akan berupa tegangan AC murni. Misalnya, jika tanpa offset, sinyal yang dihasilkan memiliki amplitudo sekitar +2,5V dan -2,5V.

Namun, jika komponen offset ini ditarik, tegangan yang dihasilkan bisa disesuaikan (dengan memutar komponen tersebut) sesuai dengan kebutuhan (misalnya, berkisar antara +5V dan 0V).

8. Amplitudo Output

Putar komponen ini searah jarum jam untuk mendapatkan tegangan output maksimum, dan putar ke arah sebaliknya untuk mendapatkan output dengan level -20dB. Jika komponen ini ditarik, output akan berkurang sebesar 20dB.

9. Selektor Fungsi

Tekan tombol ini untuk memilih bentuk gelombang output yang dikehendaki.

10. Terminal Output Utama

Terminal ini menghasilkan sinyal output utama.

11. Tampilan Pencacah (Counter Display)

Komponen ini menampilkan nilai frekuensi dalam format 6 digit dengan interval 0,3 detik.

12. Selektor Range Frekuensi

Tekan tombol ini untuk memilih rentang frekuensi yang diinginkan.

13. Pelemahan 20dB

Tekan tombol ini untuk mendapatkan output tegangan yang berkurang sebesar 20dB.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dalam : Pengertian Sensor dan Jenis-Jenis Sensor

Jenis-Jenis Function Generator

Dalam konteks pengertian Function Generator, terdapat berbagai variasi dari alat ini yang tersedia di pasaran, masing-masing menawarkan kinerja dan harga yang berbeda.

Berikut ini adalah beberapa tipe Function Generator atau Generator Fungsi yang dapat ditemui :

1. Analogue Function Generator (Generator Fungsi Analog)

Merupakan tipe Function Generator yang pertama kali dikembangkan sekitar tahun 1950-an. Pada masa tersebut, penggunaan teknologi digital masih sangat terbatas.

Walaupun berbasis teknologi analog, jenis Function Generator ini memiliki beberapa keunggulan, termasuk harganya yang relatif lebih ekonomis dan penggunaannya yang lebih mudah dan simpel.

2. Digital Function Generator (Generato Fungsi Digital)

Sebagaimana namanya, tipe Function Generator ini mengKalianlkan teknologi digital dalam menghasilkan berbagai bentuk gelombang. Ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menciptakan bentuk gelombang, namun teknik Direct Digital Synthesis (DDS) atau Sintesis Digital Langsung adalah yang paling umum digunakan.

Generator Fungsi digital mampu menghasilkan bentuk gelombang dengan tingkat presisi dan stabilitas yang tinggi karena kontrol sinyal generatornya dilakukan oleh sistem clock yang dikendalikan oleh kristal.

Selain itu, Generator Fungsi digital juga mampu menghasilkan spektrum yang murni (high spectral purity) dan noise fase yang minimal (low phase noise).

Meski demikian, berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh Generator Fungsi digital ini membuat harganya lebih mahal dan operasionalnya lebih kompleks dibandingkan dengan Generator Fungsi analog.

3. Sweep Function Generator (Generator Fungsi Sweep)

Tipe Function Generator ini memiliki kemampuan untuk melakukan variasi atau “Sweep” pada frekuensinya. Umumnya, Sweep Function Generator menggunakan teknologi digital, walaupun ada juga yang berbasis teknologi analog.

Kemampuan Sweep pada jenis Function Generator ini bisa mencapai rasio 100:1 atau lebih, tergantung pada model generator.

Sweep merupakan fitur yang memungkinkan Generator Fungsi untuk secara otomatis mengubah frekuensinya dalam kisaran tertentu. Fungsi ini sangat berguna dalam berbagai aplikasi seperti pengujian, karakterisasi, dan eksperimen yang membutuhkan perubahan frekuensi yang teratur dan dapat diukur.

Pada Sweep Function Generator digital, pengaturan sweep bisa dilakukan melalui antarmuka pengguna yang mudah digunakan. Pengguna bisa memilih rentang frekuensi awal dan akhir, kecepatan sweep, serta jenis sweep yang diinginkan, seperti linear atau logaritmik.

Fungsi Function Generator

Berikut ini merupakan beberapa fungsi utama yang dimiliki oleh generator fungsi:

1. Function Generator Output

Fungsi ini memungkinkan generator fungsi untuk menghasilkan berbagai bentuk gelombang sesuai kebutuhan pengguna. Diantara gelombang yang dapat dihasilkan adalah gelombang sinus, segitiga, kotak, ramp, pulsa, dan lain-lain.

Baca juga:  Pengertian Multiplexer (Multiplekser) : Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengguna dapat melakukan penyesuaian terhadap frekuensi, amplitudo, siklus kerja (duty cycle), dan berbagai parameter lainnya sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki.

2. Sweep Generator Output

Fungsi ini membuat generator fungsi mampu menghasilkan variasi atau “sweep” dari bentuk gelombang yang dihasilkan.

Proses “sweep” ini dapat dilakukan dalam jangkauan frekuensi tertentu, baik itu dalam bentuk sweep linear maupun logaritmik.

Fitur ini sangat berguna dalam proses pengujian dan karakterisasi komponen-komponen elektronik, di mana dibutuhkan perubahan frekuensi yang terukur dan berkelanjutan.

3. Frequency Counter

Generator fungsi juga dilengkapi dengan fungsi pencacah frekuensi, yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui dan mengukur nilai frekuensi dari sinyal yang dihasilkan.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pemantauan frekuensi secara akurat dan mendapatkan data yang diperlukan dalam proses analisis sinyal.

Dengan berbagai fungsi yang dimilikinya, generator fungsi menjadi alat yang sangat penting dalam berbagai aplikasi, seperti pengujian elektronik, penelitian dan pengembangan, serta perawatan peralatan elektronik.

Pengguna dapat menghasilkan dan memodifikasi bentuk gelombang dengan presisi tinggi, serta melakukan pengukuran frekuensi yang akurat untuk kebutuhan analisis dan pengujian komponen elektronik.

Penutup

Sebagai penutup, dapat disimpulkan bahwa pemahaman tentang Pengertian Function Generator atau Generator Fungsi sangat penting, terutama bagi mereka yang berkecimpung di bidang elektronik dan teknologi. Alat ini memberikan kemampuan untuk menghasilkan dan memvariasikan berbagai bentuk gelombang dengan presisi tinggi, serta melakukan pengukuran frekuensi yang akurat, sehingga sangat membantu dalam proses pengujian, penelitian dan pengembangan, serta perawatan peralatan elektronik.

Meski begitu, pemilihan Function Generator yang tepat memerlukan pengetahuan tentang jenis-jenisnya dan fungsi yang ditawarkan oleh masing-masing jenis. Dengan memahami secara mendalam Pengertian Function Generator, pengguna bisa memaksimalkan penggunaan alat ini sesuai dengan kebutuhan mereka.

Harapan kami, melalui artikel dari bengkeltv.id, Kalian mendapatkan gambaran yang jelas mengenai Kalian fungsi dari Function Generator. Akhir kata, kami berharap informasi ini bermanfaat dan menjadi tambahan wawasan Kalian dalam dunia elektronik dan teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *