Pengertian Gas Insulated Switchgear (GIS)

Pengertian Gas Insulated Switchgear (GIS) dan Cara Kerja Secara Lengkap

Posted on

Bengkeltv.id Pengertian Gas Insulated Switchgear (GIS) dan Cara Kerja Secara Lengkap. Gas Insulated Switchgear (GIS), mungkin masih asing di telinga banyak orang, namun perangkat ini memegang peran penting dalam sistem distribusi listrik skala besar. Bila Kalian pernah melihat stasiun pengubah atau gardu induk dengan perangkat-perangkat besar berwarna abu-abu atau putih, kemungkinan Kalian telah melihat sebagian dari sistem GIS.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang apa itu Gas Insulated Switchgear, bagaimana prinsip kerjanya, serta mengapa perangkat ini sangat vital dalam sistem distribusi dan transmisi listrik. Selamat menyelami dunia teknologi tinggi ini dan semoga informasi yang disampaikan dapat menambah wawasan Kalian tentang dunia kelistrikan.

Pengertian Gas Insulated Switchgear (GIS)

Perangkat yang lebih umum disebut sebagai Sistem Informasi Geografis (SIG) dapat ditemukan di gardu listrik. SIG memungkinkan pemutusan atau penyambungan aliran listrik ketika diperlukan. Perangkat ini disebut sebagai isolasi gas karena mengandung gas khusus di dalamnya.

Gas yang digunakan, yaitu SF6, berfungsi untuk memadamkan busur api. Bahan ini juga digunakan sebagai isolator arus listrik. Di dalam perangkat SIG, terdapat beberapa komponen termasuk pemisah tanah, pemutus daya, busbar, trafo tegangan, dan trafo arus.

Setiap komponen ditempatkan secara terpisah dalam kompartemen masing-masing dan diisolasi dengan gas SF6. Bila dibandingkan dengan udara, SF6 memiliki tekanan yang lebih tinggi. Hal ini memungkinkan peralatan memiliki ukuran yang lebih kecil karena penggunaan jarak konduktor yang lebih pendek.

Baca juga:  Pengertian BCD (Binary Coded Decimal) Beserta Cara Konversinya

SIG akhirnya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan Sistem Udara Terbuka (SUT). Selain itu, perlu diketahui bahwa SIG ada yang ditempatkan di dalam ruangan dan ada juga yang di luar ruangan. Mayoritas SIG ditemukan di area perkotaan karena membutuhkan ruang yang lebih kecil.

Komponen Gas Insulated Switchgear

Setelah memahami Pengertian Gas Insulated Switchgear (GIS) dan komponen atau subsistem yang ada dalam perangkat ini, terdapat 5 jenis dengan fungsinya masing-masing. Berikut ini penjelasan lebih detailnya:

1. Subsistem Dielectric

Subsistem ini bertanggung jawab dalam memadamkan busur api dan mengisolasi bagian yang aktif.

2. Subsistem Driving Mechanism

Subsistem ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan energi dalam gas insulated switchgear. Energi ini nantinya digunakan untuk menggerakkan kontak utama seperti PMS (Permanent Magnet Spring) dan PMT (Permanent Magnet Type) saat diperlukan. Subsistem mekanisme penggerak ini terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Spring: Mekanisme penggerak yang menggunakan energi dari pegas.
  • Hidrolik: Mekanisme penggerak yang menggunakan energi dari tekanan minyak hidrolik.
  • Pneumatik: Mekanisme penggerak yang menggunakan energi dari udara bertekanan.

3. Subsistem Mechanical

Subsistem ini merupakan komponen penggerak yang menghubungkan subsistem mekanisme penggerak dengan kontak utama. Hal ini memungkinkan energi dari mekanisme penggerak tersalurkan dan diubah menjadi gerakan pada waktu yang ditentukan.

4. Subsistem Primary

Subsistem ini bertugas menyalurkan energi listrik sesuai dengan nilai losses, selama masih dalam batas yang diizinkan.

5. Subsistem Secondary

Subsistem ini berfungsi mengaktifkan atau memicu subsistem mekanisme penggerak agar subsistem mekanik menyala tepat waktu.

Karakteristik dan Sifat Gas SF6

Gas SF6 memiliki peran yang sangat penting dalam mengisolasi perangkat gas insulated switchgear. Sebenarnya, gas ini diproduksi secara luas sebagai media isolasi. Hal ini dikarenakan gas ini memiliki sifat dan karakteristik yang sesuai, antara lain:

Baca juga:  Cara Mudah untuk Sadap Panggilan Telepon Telkomsel Terbaru !!

Mampu Mengisolasi Listrik Secara Optimal

SF6 memiliki sifat mudah terionisasi, sehingga dapat menjaga konduktivitas listrik tetap rendah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya ketidakstabilan busur api dan memungkinkan pemutusan arus sebelumnya.

Tidak Membutuhkan Energi Besar untuk Memadamkan Busur Api

Penggunaan gas SF6 memungkinkan pemadaman busur api dengan mudah. Bahkan, hampir tidak memerlukan energi tambahan untuk kompresi. Namun, tekanan yang dihasilkan dapat memicu terbentuknya busur api.

Viskositas Gas Sangat Kecil

Gas SF6 memiliki viskositas yang rendah. Hal ini memungkinkan gas untuk merata di seluruh perangkat dan menghindari reaksi yang tidak diinginkan. Selain itu, SF6 juga merupakan penghantar panas yang baik.

Cara Kerja Gas Insulated Switchgear

Bagi mereka yang masih bingung tentang cara kerja Sistem Informasi Geografis (GIS) dalam pemutusan dan penyambungan hubungan listrik, pertanyaan tersebut akan segera terjawab. Masih ingat? Perangkat ini menggunakan gas SF6 sebagai bahan isolasinya. Gas ini memiliki dua fungsi utama, yaitu mendistribusikan daya listrik dan melindungi pasokan listrik.

Dengan menggunakan perangkat ini, aliran arus listrik dapat diputuskan dengan cepat saat diperlukan, sebelum mencapai komponen lainnya. SF6 memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap elektron bebas sepanjang jalur busur. Gas ini kemudian membentuk ion yang tidak membawa daya listrik.

Hal ini menyebabkan daya dielektrik gas meningkat secara signifikan. Akibatnya, busur api dapat dipadamkan. Tekanan tinggi di dalam ruangan busur tersebut akan segera berkurang karena SF6 dapat kembali ke keadaan semula setelah busur dipadamkan.

Gas ini kemudian disimpan kembali dalam tangki untuk digunakan pada kesempatan berikutnya.

Penutup

Sebagai penutup, kita telah membahas berbagai aspek tentang Pengertian Gas Insulated Switchgear (GIS). Teknologi GIS adalah sebuah terobosan dalam industri tenaga listrik, yang mampu mengoptimalkan sistem distribusi tenaga listrik dengan tingkat efisiensi dan keamanan yang lebih tinggi dibandingkan teknologi konvensional.

Baca juga:  Daftar Frekuensi LNB S Band (3620 & 5150 MHz Satelit SES 7) : Terlengkap

Teknologi GIS membantu dalam mengatasi berbagai tantangan yang ada, seperti ruang terbatas dan permasalahan lingkungan. Fungsi utamanya, yang mencakup pemutus arus, pemisah, dan perangkat proteksi lainnya, membantu menjaga kestabilan dan kehKalianlan sistem tenaga listrik, serta meminimalkan dampak lingkungan.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa GIS juga memiliki tantangan dan keterbatasan. Sehingga, terus diperlukan penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan keefektifan dan keefisienan sistem ini, serta mengurangi dampak negatif yang mungkin timbul.

Semoga artikel dari bengkeltv.id ini memberikan pemahaman yang jelas tentang pengertian dan fungsi dari Gas Insulated Switchgear (GIS). Dengan pengetahuan ini, diharapkan kita dapat lebih menghargai dan memahami pentingnya teknologi yang ada di balik distribusi tenaga listrik yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih sudah membaca hingga akhir, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *