Pengertian Photocell

√ Pengertian Photocell : Cara Kerja, Jenis dan Cara Pasangnya

Posted on

Bengkeltv.id – √ Pengertian Photocell : Cara Kerja, Jenis dan Cara Pasangnya. Berbagai inovasi dan kemajuan teknologi dalam abad ke-21 ini membawa dampak luar biasa terhadap kehidupan kita sehari-hari. Salah satu perkembangan yang menarik dan bermanfaat dalam berbagai bidang adalah photocell, sebuah komponen elektronik yang responsif terhadap cahaya.

Tetapi, apa sebenarnya pengertian photocell itu sendiri? Bagaimana cara kerjanya? Untuk apa photocell digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari? Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai pengertian photocell dan berbagai aspek terkait yang menjadikannya sebagai komponen penting dalam era digital ini. Mari kita mulai petualangan ilmu ini dengan memahami apa itu photocell.

Pengertian Photocell

Teknologi dan penerapan otomasi pada berbagai perangkat elektronik semakin umum ditemui, termasuk dalam penggunaan fotosel dalam sistem penerangan. Fotosel merupakan sebuah komponen dalam instalasi listrik yang mengandung komponen elektronika. Fungsinya adalah untuk mengontrol penghubungan dan pemutusan aliran listrik sesuai dengan intensitas cahaya.

Fotosel akan menerima cahaya dengan tingkat tertentu, kemudian akan menentukan apakah lampu harus dinyalakan atau dimatikan. Komponen utama dalam fotosel ini adalah LDR (Light Dependent Resistor), yang berfungsi sebagai sensor cahaya dengan mengubah resistansi. Di mana fotosel umumnya digunakan?

Secara umum, fotosel banyak digunakan pada lampu jalan dan lampu luar ruangan. Keberadaan fotosel pada lampu jalan memungkinkan lampu untuk hidup atau mati sesuai dengan kondisi cahaya di sekitarnya. Tidak diperlukan kehadiran operator yang harus menekan sakelar untuk menghidupkannya. Selain itu, fotosel juga dapat digunakan pada lampu rumah.

Baca juga:  Rekomendasi Aplikasi Remote TV Infrared Gratis Terbaik Saat Ini

Cara Kerja Photocell

Setelah memahami Pengertian Photocell, cara kerja fotosel sangat mudah untuk dipahami. Sensor LDR akan menerima cahaya, dan nilai resistansinya akan meningkat, menyebabkan aliran listrik terputus. Dalam kondisi tersebut, fotosel berfungsi sebagai sakelar terbuka (off). Kondisi sebaliknya terjadi pada fotosel.

Ketika fotosel tidak menerima cahaya, misalnya pada malam hari, nilai resistansi pada LDR akan menurun. Hal ini mempengaruhi aliran listrik yang dapat mengalir. Dalam kondisi tersebut, fotosel dapat diibaratkan sebagai sakelar tertutup (on). Proses ini berulang sampai sensor atau lampu tidak berfungsi lagi.

Jenis-jenis Photocell

Masih dalam pembahasan mengenai pengertian Photocell, terdapat berbagai macam jenisnya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam Photocell yang tersedia saat ini.

1. Resistor Foto

Pengertian Photocell

Photo-resistor (resistor foto) adalah sebuah perangkat yang dapat mengubah resistansi internalnya tergantung pada intensitas cahaya yang diterima. Prinsip kerjanya mirip dengan photocell pada umumnya. Resistor foto cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk merespons paparan cahaya.

2. Pengganda Foto

Pengertian Photocell

PenggKalian foto, atau dikenal juga sebagai Photomultiplier, merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk menguatkan intensitas cahaya yang redup hingga sekitar 100 juta kali lipat. Jenis perangkat ini sangat sensitif dan mampu mendeteksi cahaya dengan tingkat kecerahan yang sangat rendah. Terdapat tiga jenis penggKalian foto, yaitu penggKalian foto magnetik, penggKalian foto elektronik, dan penggKalian foto silikon.

3. Sel Golay

Pengertian Photocell

Sel Golay digunakan untuk mendeteksi radiasi inframerah (IR). Sel-sel ini terdiri dari silinder pelat logam yang diberi lapisan hitam dan diisi dengan gas mulia, seperti Xenon. Ketika radiasi jatuh pada pelat logam, Xenon akan dipanaskan dan diafragma elastis akan bergerak. Pergerakan diafragma ini membantu dalam menemukan keluaran atau output dari sumber energi.

Baca juga:  Cara Enter di iPhone : Panduan Mudah

4. Fotovoltaik

Pengertian Photocell

Sel surya yang umumnya terdapat pada panel surya (PLTS) bekerja berdasarkan efek fotovoltaik, yang mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. Sel fotovoltaik juga dapat ditemukan pada detektor foto. Sel fotokonduktif dan sel pemancar foto memiliki tujuan yang tidak jauh berbeda, yaitu mengonversi energi cahaya menjadi energi listrik.

Cara Pasang Photocell pada Lampu

Kalian tertarik untuk memasang fotosel untuk lampu di rumah? Pemasangan fotosel ternyata tidak sulit. Kalian tidak perlu menjadi ahli dalam kelistrikan atau pemasangan lampu. Prosesnya bisa sederhana dan cepat. Untuk melakukan ini, Kalian bisa mengikuti panduan sederhana tentang cara memasang fotosel pada lampu rumah yang disediakan di sini.

Agar lebih mudah memahaminya, perhatikan gambar berikut untuk memahami cara memasang fotosel pada lampu.

Pengertian Photocell

  • Langkah pertama adalah mematikan sumber listrik melalui MCB utama yang terletak di bawah kWh meter. Tujuannya adalah menjaga keamanan saat memasang fotosel.
  • Selanjutnya, pilih lampu yang akan dipasangi fotosel.
  • Buka fitting lampu tersebut.
  • Di dalamnya, Kalian akan menemukan kabel fasa dan netral.
  • Kalian dapat menggunakan tespen untuk menguji kabel-kabel tersebut dan memastikan pengenalannya. Pastikan Kalian memahami cara melakukan ini agar tidak ada masalah.
  • Setelah itu, lakukan perpanjangan pada tiga kabel yang sudah ada pada fotosel.
  • Disarankan untuk tidak menyimpan fotosel di bawah sinar lampu.
  • Lakukan penyambungan kabel sesuai dengan gambar yang terdapat di atas.
  • Pastikan Kalian menggunakan isolasi yang baik untuk menghindari korsleting dan risiko keamanan lainnya.

Daftar Harga Photocell Terbaru

Setelah mengetahui dan memahami Pengertian Photocell, berikut ini adalah daftar harga terbaru photocell yang dapat Kalian gunakan sebagai referensi:

Harga PHOTOCELL 3A SENSOR CAHAYA (SELCON)Rp112,000
Harga PHOTOCELL 6A SENSOR CAHAYA (SELCON)Rp132,000
Harga FOTOSEL SELCON 6A SENSOR CAHAYA - PHOTOCELL 6 A AMPERE SENSOR CAHAYARp132,000
Harga photocell 10a / photosell / sensor cahaya / photo controlRp19,000
Harga Photocell / Fotocell / Fotoswitch / Sensor Cahaya Selcon AS-2203A 3aRp111,000
Harga Kagasel Fotosel Photocell 3 Ampere Sensor Cahaya Photocontrols 3ARp132,000
Harga Photocell Fotocell Fotoswitch Sensor Cahaya KAGASEL AS-2203EC 3aRp131,000
Harga SENSOR CONTROL CAHAYA PHOTOCELL FOTOCELL PHOTO FOTO CELL ELECTRIC 6ARp47,300
Harga PHOTOCELL SENSOR CAHAYA 10A SELCON / FOTOCELL FOTOCELL PHOTO CONTROLSRp43,500
Harga Photocell Fotosel Sensor Cahaya Lampu LED Saklar Otomatis Siang MalamRp20,300
Baca juga:  Cara Pasang Bracket TV Polytron 24 Inch : Langkah Sederhana

Penutup

Sebagai penutup, mari kita kembali kepada inti dari pembahasan kita: pengertian photocell. Sebuah photocell adalah perangkat yang mampu merespons cahaya dan mengubahnya menjadi energi listrik, berfungsi sebagai pendeteksi dan pengubah cahaya menjadi sinyal listrik atau perubahan tindakan.

Sebagai contoh, photocell kerap digunakan dalam pengendali pintu otomatis, lampu jalan, serta sistem pengendali cahaya di dalam gedung. Melalui pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang, kita dapat mengharapkan bahwa photocell akan semakin ditingkatkan dan diimplementasikan dalam berbagai aplikasi baru yang inovatif dan efisien.

Inilah keajaiban dari teknologi modern – terus berkembang dan berkembang untuk memenuhi kebutuhan kita. Semoga artikel dari bengkeltv.id ini dapat menambah pengetahuan Kalian mengenai photocell dan pentingnya dalam kehidupan sehari-hari kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *