Penyebab Kloset Duduk Bocor

Penyebab Kloset Duduk Bocor  dan Cara Mengatasinya

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab Kloset Duduk Bocor  dan Cara Mengatasinya. Kloset duduk adalah salah satu perangkat sanitasi yang paling penting dalam rumah tangga modern. Sayangnya, seperti halnya dengan semua peralatan, kloset duduk dapat mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering dialami oleh pemilik rumah adalah kloset duduk bocor air.

Masalah ini bisa menjadi sangat menjengkelkan dan bisa menyebabkan kerusakan di sekitar kamar mandi. Namun, apa yang menyebabkan kloset duduk bocor air? Artikel ini akan membahas Penyebab Kloset Duduk Bocor dan bagaimana cara mengatasinya.

Jenis-jenis Closet Duduk

Penyebab Kloset Duduk Bocor

Berikut adalah beberapa jenis closet duduk yang umum digunakan di Indonesia:

One-piece Toilet

Kloset one-piece adalah tipe toilet yang memiliki tangki air yang menyatu dengan badan toilet. Tampilannya terlihat simpel dan elegan.

Meskipun lebih berat dan mahal dibandingkan dengan tipe kloset lainnya, kloset one-piece memiliki beberapa kelebihan. Kelebihannya meliputi kemudahan dalam pemasangan, kekuatan yang lebih tinggi sehingga tidak mudah pecah atau bocor, serta mudah dalam perawatannya.

Two-piece Toilet

Kloset two-piece adalah jenis toilet yang memiliki tangki air yang terpisah dengan badan kloset. Salah satu keunggulan dari jenis kloset ini adalah kemudahan dalam pemasangan karena dapat dengan mudah dipindahkan dan dimanuver sebelum akhirnya dipasang menjadi satu.

Selain itu, kloset two-piece cenderung lebih ringan dan harganya tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan kloset one-piece.

Wall Hung Toilet

Kloset wall hung adalah jenis toilet yang digantung pada dinding. Tipe toilet ini memiliki tangki air yang tertanam di dalam dinding. Kloset wall hung sangat kompak dan cocok untuk apartemen atau rumah minimalis yang tidak terlalu luas.

Jenis Sistem Pembilasan

Penyebab Kloset Duduk Bocor

Jenis Sistem Pembilasan merujuk pada berbagai metode yang digunakan dalam toilet untuk menghilangkan kotoran. Beberapa jenis sistem pembilasan

Single Flush

Single flush adalah jenis sistem pembilasan yang menggunakan satu mekanisme untuk membilas kotoran dengan menekan tombol atau menarik tuas pada sisi kloset. Jenis sistem pembilasan ini paling umum digunakan baik di kamar mandi rumah maupun toilet umum.

Double Flush

Double flush adalah jenis sistem pembilasan yang menggunakan dua mekanisme pembilasan. Terdapat dua tombol pada bagian atas tangki toilet untuk dua jenis pembilasan yang berbeda. Satu tombol digunakan untuk membilas kotoran cair yang membutuhkan sedikit air, sementara tombol lainnya digunakan untuk membilas kotoran padat yang membutuhkan lebih banyak air.

Cara Kerja Toilet Duduk

Untuk memahami cara kerja toilet duduk, kita perlu melihat ke dalam tangki toilet. Berikut adalah langkah-langkah kerja toilet duduk:

  • Air masuk ke dalam tangki toilet melalui selang pengisian dan dicegah keluar dari tangki oleh flapper. Flapper tersebut biasanya berbentuk piringan karet dan terletak di dasar katup penyiraman (flush) yang berada di dasar tangki.
  • Saat air mengisi tangki, batang pelampung akan naik bersamaan dengan kenaikan debit air. Jika debit air sudah mencapai batas ketinggian yang ditentukan, katup di selang pengisian akan menutup untuk menghentikan aliran air. Namun jika air terus masuk dan melebihi batas ketinggian, maka air akan dialirkan ke tabung limpahan (overflow) yang dirancang untuk mencegah air meluap dari tangki.
  • Setelah tangki terisi air, kita bisa memakai air tersebut untuk membilas toilet dengan menekan tombol atau tuas flush. Tombol atau tuas flush akan menarik rantai yang terhubung ke flapper pada katup penyiraman.
  • Ketika flapper terbuka, air di dalam tangki akan mengalir ke mangkok toilet melalui lubang di tepi toilet yang disebut jet siphon. Fungsinya adalah meningkatkan daya bilas sehingga kotoran di toilet bisa terbuang hanya dengan satu kali bilas.
  • Air di dalam tangki akan terus mengalir sampai tangki benar-benar kosong. Setelah itu, flapper akan menutup kembali dan menyegel tangki agar air yang masuk tidak terbuang.

Jika air toilet duduk tidak berhenti mengalir untuk menyiram, kemungkinan besar masalahnya terletak pada flapper di katup penyiraman.

Untuk mengetahui apakah air dari tangki langsung mengalir ke mangkuk toilet atau ke dalam tabung overflow, kita bisa menggunakan pewarna makanan. Setelah meneteskan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam air di dalam tangki toilet, kita dapat menguji dengan menekan tombol flush untuk menyiram toilet.

Jika air yang diberi pewarna mengalir ke dalam mangkuk toilet, maka masalahnya ada pada mekanisme flapper. Namun, jika air yang masuk ke mangkuk toilet tidak berwarna atau jernih, seperti pewarna makanan yang kita tambahkan, maka masalahnya mungkin terletak pada sistem tabung overflow

Cara Mengatasi Air Toilet atau Kloset Duduk yang Bocor

Berikut adalah cara mengatasi air toilet atau kloset duduk yang bocor:

1. Masalah pada katup flapper

Tugas utama katup flapper adalah membuka agar air di dalam tangki toilet mengalir ke mangkuk toilet ketika tombol flush ditekan dan harus menutup untuk menghentikan aliran air setelah tangki toilet kosong. Jika air terus mengalir ke mangkuk toilet, langkah-langkah yang dapat diambil adalah sebagai berikut:

Periksa rantai yang terhubung ke katup flapper. Rantai yang terlalu pendek akan menyebabkan flapper tidak bisa menutup dengan sempurna, sedangkan rantai yang terlalu panjang akan membuat flapper tidak bisa naik–sehingga menyebabkan kebocoran. Pastikan rantai sudah memiliki panjang yang sesuai.

Periksa flapper itu sendiri. Flapper yang sudah tua mungkin rusak pada segel karet di bagian bawahnya, sehingga air bisa bocor. Jika itu masalahnya, flapper harus diganti dengan yang baru. Langkah-langkah untuk mengganti flapper adalah sebagai berikut:

  • Matikan pasokan air ke toilet dan kosongkan tangki dengan menekan tombol flush.
  • Lepaskan rantai yang terhubung ke flapper dari tombol flush.
  • Lepaskan flapper dari katup penyiraman dengan melepas kaitnya.
  • Pasang flapper yang baru dengan membalikkan langkah-langkah di atas secara terbalik. Pastikan flapper baru sudah terpasang dengan rapat pada katup penyiraman.
  • Pasang kembali rantai ke tombol flush.
  • Setelah flapper sudah diganti, hidupkan kembali pasokan air dan tes toilet dengan menekan tombol flush untuk memastikan bahwa masalahnya sudah teratasi.

Langkah kedua adalah memeriksa flapper. Flapper yang sudah tua mungkin rusak pada segel karet di bagian bawahnya, sehingga air bisa bocor. Jika itu masalahnya, flapper harus diganti dengan yang baru. Untuk mengganti flapper tersebut, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Menutup keran air yang mengalir ke toilet kemudian
  • Lepaskan rantai dari flapper. Jika sudah,
  • Keluarkan katup yang lama dengan cara melepas flapper dan baut yang menghubungkan tangki ke mangkok toilet
  • Jika baut sudah terlepas, lepaskan tangki dengan hati-hati. Setelah itu, longgarkan mur katup, dan ganti flapper-nya.
  • Jika sudah diganti, pasang kembali tangki toilet lalu sambungkan kembali rantainya, dan buka keran yang menuju ke toilet
  • Periksa kembali dengan menyiram toilet untuk menguji apakah katup yang baru sudah terpasang dengan benar

2. Masalah Tabung Overflow

Tabung overflow adalah tabung berongga yang terhubung ke katup penyiraman dan berfungsi untuk mencegah agar tangki toilet tidak meluap apabila katup pengisi tidak menutup dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa air bisa mengalir ke dalam tabung overflow dan menyebabkan toilet atau kloset duduk bocor:

  • Pengatur ketinggian air yang tidak tepat. Ketinggian air di dalam tangki toilet harus selalu berada di bawah tabung overflow agar air tidak terus mengalir ke dalam tangki dan keluar melalui tabung overflow.

Untuk memeriksa atau memastikannya, lepaslah tutup tangki toilet kemudian cek ketinggian airnya. Jika ketinggian air selalu melebihi batasan sehingga masuk ke dalam tabung overflow, maka coba ubahlah pengaturan ketinggian air agar air yang masuk ke dalam tangki tidak terlalu penuh.

Untuk menurunkan ketinggian air di dalam tangki toilet, kalian bisa menyesuaikan batang pelampung. Untuk menyesuaikan batang pelampung, gunakanlah obeng untuk memutar sekrup yang menempel pada batang pelampung tersebut. Putarlah sekitar seperempat putaran berlawanan arah jarum jam untuk menurunkan ketinggian air.

  • Jika toilet masih bocor setelah batang pelampung disesuaikan untuk menurunkan debit air, kemungkinan masalahnya ada pada katup pengisi. Namun jika air berhenti mengalir, namun debit air di dalam tangki terlalu sedikit sehingga tidak cukup untuk menyiram toilet dengan sempurna, kemungkinan masalahnya disebabkan oleh posisi tabung overflow yang terlalu pendek.

Itulah dua penyebab paling umum mengapa toilet atau kloset duduk bisa bocor dan cara
mengatasinya. Jika kalian kesulitan untuk melakukannya karena tidak memiliki peralatan plumbing yang lengkap atau karena tidak memiliki waktu, jangan ragu untuk meminta bantuan dari tukang ledeng yang berpengalaman.

Kelebihan dan Kekurangan Closet Duduk

Closet duduk merupakan salah satu jenis toilet yang umum digunakan di Indonesia. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari closet duduk:

Kelebihan Closet Duduk

Beberapa kelebihan closet duduk adalah:

Sangat penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis kloset. Hal ini akan membantu kalian dalam memilih kloset yang tepat untuk rumah kalian.

1. Kloset Duduk Punya Desain yang Mewah

Kloset duduk memiliki model dan desain yang lebih modern dibandingkan dengan kloset jongkok. Meskipun hampir semua kloset duduk memiliki desain yang serupa, namun kesan mewah dan elegan tetap terpancar dari penggunaan kloset ini. Selain itu, kloset duduk juga dapat membuat kamar mandi terlihat lebih bersih dan rapi.

2. Kloset Duduk Nyaman Digunakan Beberapa Orang

Tidak hanya itu, kloset duduk juga dianggap lebih nyaman digunakan, terutama bagi ibu hamil, lansia, dan orang yang menderita cedera lutut.

3. Lebih Bersih

Salah satu keunggulan kloset duduk adalah adanya tutup yang dapat digunakan saat kloset sedang tidak dipakai. Hal ini membuat tampilan kloset duduk terlihat lebih bersih dan higienis dibandingkan dengan kloset jongkok yang tidak memiliki penutup.

Kekurangan Kloset Duduk

Beberapa kekurangan closet duduk adalah:

1. Lebih Mahal

Meskipun memiliki model yang sederhana, kloset jenis ini ternyata cukup mahal. Harga kloset duduk cenderung lebih tinggi.

2. Tidak Sehat

Menurut penelitian, kloset duduk tidak sehat digunakan untuk buang air besar. Pasalnya, dibutuhkan waktu yang lebih lama dan tenaga yang lebih besar saat buang air besar dengan cara duduk.

3. Risiko Penyakit

Terlalu keras saat berusaha buang air besar dan terlalu lama duduk dapat meningkatkan sejumlah penyakit, seperti wasir dan sembelit.

Selain itu, penggunaan kloset duduk juga dapat meningkatkan risiko seseorang terjangkit penyakit lainnya, antara lain diare, flu, hingga infeksi pada kulit.

Penutup

Kloset duduk merupakan salah satu peralatan sanitasi yang penting dalam rumah. Namun, seringkali terjadi masalah pada kloset duduk, salah satunya adalah kebocoran air. Kebocoran bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti masalah pada mekanisme katup siram atau pada mekanisme tabung overflow.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab kebocoran air pada kloset duduk agar bisa melakukan perbaikan yang tepat. Artikel ini juga memberikan beberapa tips untuk mengatasi kebocoran pada kloset duduk.

Dengan merawat kloset duduk dengan baik dan tepat, peralatan ini bisa digunakan dengan awet dan baik. Semoga informasi yang telah disampaikan oleh bengkeltv.id mengenai Penyebab Kloset Duduk Bocor dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *