Penyebab Suara Tv Kecil

Mengatasi Masalah Penyebab Suara Tv Kecil

Posted on

Bengkeltv.idMengatasi Masalah Penyebab Suara Tv Kecil. Biasanya kerusakan pada sirkuit power amplifier atau sirkuit audio di mesin TV adalah Penyebab Suara Tv Kecil. Terkadang, perubahan pada setting factory reset juga bisa menjadi penyebabnya. Kendala ini juga bisa terjadi pada TV Sharp atau TV China lainnya.

Jika kerusakan disebabkan oleh perubahan setting factory reset, caranya cukup mudah. Kita hanya perlu masuk ke menu factory atau menu service dan mengatur kembali settingan audio sesuai dengan standar pabrik. Sobat bisa mencari standar pabrik yang sesuai dengan jenis TV yang sedang diperbaiki.

Namun, jika settingan factory sudah benar namun suara TV tetap kecil, kemungkinan besar kerusakan terdapat pada mesin TV atau rangkaian blok. Pada kasus ini, kita harus memeriksa bagian mesin TV untuk menemukan penyebab suara TV yang kecil.

Kerusakan lain pada TV seringkali juga menunjukkan gejala suara TV yang kecil atau suara yang kadang kecil dan kadang besar dengan noise. Hal ini tidak hanya terjadi pada TV China, tetapi juga pada TV merek lain seperti Panasonic atau LG. Biasanya, masalahnya terletak pada bagian audio saja.

Pemeriksaan Awal Penyebab Suara Tv Kecil

Sebelum memeriksa bagian mesin, terutama sirkuit audio, perlu untuk memeriksa komponen yang mudah dijangkau terlebih dahulu, seperti speaker atau settingan factory. Pastikan settingan factory untuk bagian audio sudah diatur sesuai standar pabrik.

Setiap merk TV memiliki nilai standar yang berbeda dan cara untuk masuk ke menu service atau menu factory yang berbeda pula. Oleh karena itu, sobat teknisi perlu mencari referensi yang sesuai dengan merk TV yang mengalami kerusakan. Biasanya, kerusakan suara TV yang kecil akibat perubahan pada settingan factory hanya terjadi pada TV China saja. Saya jarang menemukan kerusakan pada settingan factory di merk TV lain.

Baca juga:  TV Sharp Gagal Start : Penyebab & Cara Memperbaiki 

Jika sudah dipastikan bahwa settingan pabrik sudah benar, namun suara TV tetap kecil dan volume tidak dapat diperbesar, langkah selanjutnya adalah memeriksa bagian dalam televisi. Pertama-tama, periksa kondisi speaker televisi. Perhatikan kondisi daun speaker. Jika daun speaker rusak, suara TV dapat menjadi kecil karena tidak ada mekanisme gain resonansi dari daun speaker.

Coba gunakan speaker yang lain yang masih berfungsi dengan normal untuk memastikan apakah penyebabnya berasal dari speaker atau bukan. Jika setelah diganti dengan speaker lain tetap saja tidak ada perubahan, pemeriksaan dapat dilanjutkan pada bagian sirkuit audio amplifier TV.

Sebelum memeriksa bagian sirkuit audio, saya biasanya memastikan terlebih dahulu apakah kerusakan terjadi hanya pada bagian power audio saja. Saya akan memutus jalur output audio dari IC dan menghubungkannya dengan amplifier eksternal. Jika suara TV normal, volume dapat dikecilkan dan diperbesar, maka dapat dipastikan bahwa kerusakan terjadi pada bagian sirkuit audio amplifier. Sehingga, fokus dapat difokuskan pada mencari penyebabnya di sirkuit audio saja.

Ini Penyebabnya

Setelah memastikan bahwa kerusakan terjadi pada sirkuit audio amplifier, langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan komponen di mesin TV untuk mencari komponen yang bermasalah. Lalu, apa saja komponen yang dapat menyebabkan kerusakan seperti ini?

IC Power

Televisi zaman sekarang hampir semuanya menggunakan IC sebagai komponen utama penguat audio. Jenis IC yang digunakan bervariasi dengan tingkat penguatan yang berbeda-beda. Untuk jenis TV China, biasanya menggunakan IC tipe 2003 yang memiliki level penguatan yang cukup kecil.

Kerusakan pada IC power audio seringkali membuat suara TV menjadi kecil dan tidak dapat diperbesar. Tidak jarang juga suara TV disertai noise. Pada kerusakan yang parah, gejala kerusakan ditandai dengan suara TV yang ngorok sebelum akhirnya mati atau tidak mengeluarkan suara sama sekali.

Periksa kondisi IC apakah panasnya normal atau ada kondisi yang tidak sesuai. Cek juga suplai tegangan untuk IC power audio TV. Pastikan tidak terjadi penurunan atau kenaikan tegangan. Jika perlu, ganti IC dengan yang baru.

Elco

Saya seringkali menemukan penyebab suara TV yang kecil dan tidak dapat diperbesar adalah karena elco yang sudah kering atau jebol. Biasanya, IC power audio pada televisi menggunakan kopel kapasitor untuk mengirimkan sinyal audio ke speaker. Kapasitor yang digunakan merupakan jenis elco dengan nilai yang cukup besar, mulai dari 220uf hingga 1000uf.

Baca juga:  Cara Memperbaiki TV Warna Merah Hilang Dengan Mudah

Kondisi kapasitor elco yang sudah kering dapat membuat aliran sinyal suara dari IC ke speaker menjadi kurang maksimal. Akibatnya, suara yang dihasilkan oleh speaker sangat kecil. Bahkan pada beberapa kasus, suaranya ngorok atau noise cukup besar. Pada kondisi kerusakan yang parah, bisa membuat suara TV hilang.

Ic Driver

Pada beberapa merek TV seperti Panasonic atau LG, tidak jarang ditemukan rangkaian driver audio yang berfungsi untuk mengatur level dan kualitas audio TV yang dihasilkan. Rangkaian driver ini biasanya menggunakan komponen IC jenis op-amp.

Kerusakan pada rangkaian driver ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada suara televisi. Misalnya, volume TV yang tidak dapat diperbesar atau sebaliknya, volume tidak dapat dikurangi. Untuk memastikannya, coba ganti IC driver dengan IC yang baru.

Kenapa TV Tidak Ada Suara?

Suara TV yang tiba-tiba hilang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

1. Fitur Mute Aktif

Pada remote TV terdapat tombol Mute yang berfungsi untuk mengecilkan volume menjadi 0 atau menghilangkan suara secara keseluruhan. Terkadang, seseorang tidak sengaja menekan tombol ini dan secara tidak sengaja suara TV pun hilang, meskipun gambar tetap normal.

2. Speaker TV Rusak

Dalam beberapa kasus, TV LED dan tabung sering mengalami kerusakan pada speaker TV, baik itu kabel konektor yang putus atau kabel yang melingkar di dalam speaker. Sebenarnya, kerusakan speaker TV jarang terjadi, namun bukan tidak mungkin jika speaker justru rusak dan menjadi penyebab utama TV tidak mengeluarkan suara.

3. Blok Audio Bermasalah

Pada blok ini terdapat beberapa komponen, di antaranya IC audio dan komponen kecil di sekitarnya. Jika TV Anda tidak mengeluarkan suara, kemungkinan ada IC audio yang rusak, retak, atau kaki-kaki IC tidak lagi menempel dengan sempurna. Selain itu, tidak jarang ditemukan masalah jalur audio yang rusak setelah pengukuran menggunakan multitester.

Bagaimana Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang?

Jika Anda sudah mengetahui penyebab suara TV Anda tiba-tiba hilang, maka selanjutnya Anda bisa mencari cara mengembalikannya, antara lain:

Baca juga:  Ukuran TV 24 Inch Berapa Cm yang Perlu Kalian Ketahui

1. Nyalakan Ulang TV

Sebelum melangkah lebih jauh, disarankan untuk mencabut kabel TV selama beberapa menit, lalu hidupkan TV kembali. Trik sepele ini terkadang berhasil pada beberapa jenis TV, terutama pada TV LED atau yang sudah dilengkapi dengan sistem reboot.

Jika masih belum berhasil, Anda dapat mencoba mencabut kabel dan mematikan TV selama beberapa jam agar mesin dan semua komponennya tidak terlalu panas karena digunakan dalam waktu yang lama.

2. Matikan Fitur Mute

Ada banyak tombol pada remote TV, dan salah satunya adalah tombol “Mute” yang berfungsi untuk meredam suara. Jika tombol ini tidak sengaja tertekan, maka otomatis suara TV pun akan hilang.

Selain itu, jika tombol ini aktif, biasanya Kalian akan melihat ikon speaker disilang di sudut bawah atau atas layar TV. Untuk menonaktifkannya cukup mudah, Kalian hanya perlu menekan kembali tombol mute atau tombol volume + pada remote TV.

3. Reset Pengaturan Suara (TV LED)

Biasanya, beberapa merek TV LED dilengkapi dengan menu yang memungkinkan Kalian untuk mengatur ulang pengaturan suara ke versi pabrik. Menu ini ada di opsi “Suara” dan Kalian dapat membukanya menggunakan remote.

Setelah reset selesai, pengaturan suara seperti equalizer, sound balance, auto volume, audio delay, dan sound feedback juga perlu disesuaikan dengan kenyamanan Kalian.

4. Cek Kondisi Speaker ke Ahli Elektronik

Jika cara-cara di atas masih belum berhasil mengembalikan suara TV Anda yang hilang, sebaiknya Anda melakukan pengecekan atau perbaikan ke tenaga profesional. Tidak disarankan untuk melakukan perbaikan sendiri jika Anda tidak begitu mengerti, karena hal tersebut bisa merusak kondisi TV Anda lebih parah lagi.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Penyebab Suara TV Kecil. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi Kalian yang mengalami masalah dengan suara TV. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan meminta bantuan dari tenaga ahli jika Kalian tidak yakin dalam melakukan perbaikan TV sendiri. Terima kasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *