Penyebab TV LED Berubah Warna

Penyebab TV LED Berubah Warna : Cara Mudah Mengatasinya

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab TV LED Berubah Warna : Cara Mudah Mengatasinya. Berbagai inovasi telah menjadikan teknologi televisi berkembang pesat dari era hitam putih ke era berwarna, dan kini bermunculan layar dengan teknologi LED. Pengalaman menonton yang semakin berkualitas jadi buah dari perkembangan ini.

Namun, apa jadinya jika layar TV LED yang semestinya menyajikan gambar jernih dan berwarna cerah, tiba-tiba berubah warna? Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa penyebab TV LED berubah warna dan bagaimana mengatasinya. Mari kita awali dengan mengenal lebih jauh tentang teknologi LED itu sendiri.

Apa Itu TV LED ?

Dengan kemajuan teknologi yang pesat, berbagai macam televisi kini tersedia untuk mempercantik ruang tamu kita dan memperkaya hiburan sehari-hari, termasuk TV LED.

TV LED adalah tipe televisi yang mengKalianlkan dioda pemancar cahaya (LED) sebagai sistem pencahayaannya. Ini berbeda dengan TV LCD yang masih menggunakan lampu neon untuk menciptakan pencahayaan, sementara TV LED mengoptimalkan penggunaan dioda pemancar cahaya.

Berkat sejumlah keuntungan yang ditawarkannya, TV LED telah menjadi pilihan favorit banyak konsumen. Dengan keistimewaannya, TV LED pasti bisa meningkatkan pengalaman menonton TV, membuatnya menjadi sesuatu yang selalu ditunggu-tunggu dan tidak cepat membuat kita jenuh.

Penyebab Perubahan Warna Pada TV LED

Salah satu indikasi bahwa televisi Kalian mengalami masalah adalah ketika warna pada gambar yang ditampilkan di layar TV berubah atau tampak tidak normal.

Pada TV jenis LCD dan LED, masalah kerusakan warna seringkali bermanifestasi dalam bentuk warna yang memudar atau dominasi warna biru, merah, atau hijau di layar TV.

Meski gambar yang muncul tetap normal dan tidak mengalami perubahan, namun kerusakan warna bisa mengganggu pengalaman menonton TV Kalian.

Banyak orang beranggapan bahwa masalah ini hanya terkait dengan pengaturan, padahal sebenarnya kerusakan warna dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang berpotensi merusak TV atau mengubah warnanya. Beberapa penyebabnya antara lain:

Baca juga:  Cara Reset TV Xiaomi : Panduan Pemula Lengkap

1. Module T Con dengan IC AS15

Kerusakan warna pada TV LED sering terjadi pada model TV yang diproduksi pada tahun-tahun tertentu.

Pada jenis TV ini, mereka masih menggunakan modul T-Con dengan IC AS15. IC AS15 adalah tipe dari buffer tegangan. Jika output tegangan dari IC AS15 tidak cocok dengan kebutuhan panel LED, maka tampilan di layar LED dapat memudar dan cenderung berwarna putih.

Karena kecenderungan cepat rusak, TV modern saat ini jarang atau bahkan tidak lagi menggunakan IC jenis ini.

2. Mainboard

Pada beberapa kasus, perubahan warna TV menjadi dominan biru bisa disebabkan oleh kerusakan pada mainboardnya.

Mainboard, yang juga dikenal sebagai motherboard, adalah papan sirkuit utama yang mengandung berbagai komponen dan chip pengendali yang mengatur aliran data dalam sistem mainboard.

Dengan kata lain, mainboard bertindak sebagai pusat kontrol yang mengkoordinasikan kerja semua komponen dalam perangkat TV.

3. Pengaturan Remote

Kerusakan warna juga bisa terjadi karena kesalahan dalam mengatur pengaturan di remote, atau tanpa sengaja menekan tombol yang salah di remote yang berakibat pada perubahan warna TV.

Cara Mengatasi Warna TV Yang Berubah

Berikut adalah beberapa solusi untuk mengatasi perubahan warna televisi berdasarkan penyebabnya:

1. Mengatasi Warna Pudar Akibat Module T Con Dengan IC AS15

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, modul T-Con dengan IC AS15 adalah tipe IC yang digunakan pada TV edisi lama. Solusinya adalah dengan melakukan penggantian IC.

2. Mengatasi Mainboard Yang Rusak

Langkah pertama adalah memeriksa kabel LVDS dari mainboard yang mengarah ke controller board, pastikan tidak ada kabel yang kendur. Lepaskan kabel dan kemudian pasang kembali dengan tepat dan benar.

Kemudian, periksa sambungan solder pada konektor kabel ke board dan reset FPCB dari controller board ke driver board.

3. Warna Rusak Akibat Pengaturan Remote

Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaiki kerusakan warna pada televisi akibat pengaturan remote yang salah:

  • Tekan tombol “Menu” pada remote.
  • Gunakan tombol navigasi atas dan bawah untuk memilih opsi “Pencarian Manual”.
  • Tekan “Enter”, lalu pilih opsi “Sistem Warna”.
  • Ganti sistem dari NTSC menjadi PAL.
  • Warna pada televisi akan kembali normal. Tekan “Exit” untuk keluar.

Pemeriksaan Umum untuk Penyebab Warna TV LED Berubah

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, perubahan warna pada TV LED dapat dipicu oleh kerusakan pada satu atau lebih komponen. Untuk mengetahui jenis kerusakan yang terjadi, dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan umum, antara lain:

Baca juga:  Cara Membuka TV Sanyo yang Terkunci Tanpa Remote Termudah

  • Memeriksa soket CRT untuk melihat apakah ada jamur, karat, atau putusnya koneksi.
  • Meninjau dan memperbaiki solderan pada bagian IC vertikal.
  • Memeriksa dan melakukan perbaikan pada solderan IC Croma.
  • Melakukan solder ulang pada bagian RGB yang terhubung pada RCT.
  • Menyelidiki tegangan dan voltase pada IC Croma, dan memastikan bahwa keduanya berada dalam keadaan normal.

Kelebihan TV LED

TV LED memiliki sejumlah keunggulan dan kerugian. Berikut adalah beberapa keunggulan yang bisa Kalian dapatkan:

1. Desain Tipis dan Ringan

Salah satu kelebihan dari TV LED adalah desainnya yang ramping dan ringan. Sehingga, memudahkan Kalian dalam memindahkannya ke mana saja. Hal ini dikarenakan penggunaan teknologi backlighting pada TV LED yang membuat desainnya bisa lebih ramping dibandingkan TV tabung.

Umumnya, ketebalan TV LED hanya sekitar 25 mm saja. Oleh karena itu, Kalian akan mendapatkan lebih banyak ruang saat memasang TV LED ini.

2. Memiliki Banyak Fitur Tambahan

Keunggulan lain dari TV LED adalah biasanya dilengkapi dengan banyak fitur tambahan. TV LED dapat digunakan untuk menonton film melalui media penyimpanan eksternal seperti flashdisk atau HDD, dan juga bisa digunakan untuk berbagi layar (screen sharing) dari PC atau ponsel Kalian.

Selain itu, TV LED dilengkapi dengan port HDMI atau USB untuk keperluan lain yang terhubung dengan TV LED tersebut. Fitur-fitur tersebut akan bergantung pada merk dan model TV LED. Semakin tinggi harga TV LED, maka semakin banyak dan canggih fitur yang tersedia di dalamnya.

3. Perawatannya Mudah

Selain memiliki banyak fitur tambahan, kelebihan lain dari TV LED adalah mudah dalam perawatannya. Kalian hanya perlu mengatur kecerahan layar yang tepat dan menempatkannya dengan baik untuk menghindari jatuh karena terbentur atau disenggol. Langkah-langkah ini dilakukan untuk menjaga kondisi TV LED agar tetap prima dan awet.

4. Lebih Awet

Kelebihan lainnya yang bisa didapatkan saat memilih TV LED adalah daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan jenis TV lainnya. TV LED dikenal memiliki masa penggunaan yang lebih lama, dengan rata-rata mencapai 75 ribu jam.

Oleh karena itu, TV LED adalah pilihan televisi yang awet dan tahan lama. Kalian tidak perlu mengganti televisi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kekurangan TV LED

Setiap produk elektronik yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan manusia pasti memiliki sisi positif dan negatif, termasuk TV LED. Berikut adalah beberapa kekurangannya:

Baca juga:  √ Biaya Service TV LED Pecah Beserta Cara Merawatnya

1. Harganya yang Mahal

Salah satu kekurangan dari TV LED adalah harganya yang cukup tinggi. Biasanya, TV LED dengan merk ternama dipasarkan dengan harga mulai dari Rp2 juta. Ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan TV tabung atau TV plasma yang biasanya dijual dengan harga di bawah Rp1 juta.

2. Biaya Perbaikan yang Mahal

Selain harganya yang tinggi, biaya perbaikan TV LED juga bisa cukup besar, bahkan hampir setara dengan harga membeli TV LED baru. Hal ini dikarenakan TV LED memiliki komponen seperti panel, model supply, dan beberapa fitur lainnya yang harganya cukup mahal.

Oleh karena itu, Kalian perlu selalu menjaga dan merawat TV LED yang Kalian miliki agar tidak mudah rusak, sehingga Kalian tidak perlu mengeluarkan biaya perbaikan yang cukup besar.

3. Harus Menggunakan Antena dengan Kualitas yang Bagus

Kelemahan lainnya terletak pada penggunaan antena. Jika Kalian menggunakan antena dengan kualitas yang buruk, tentu hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kualitas gambar yang dihasilkan oleh TV LED tersebut. Biasanya, gambar yang dihasilkan akan kurang jelas, patah-patah, atau muncul bintik-bintik pada layar LED. Bahkan, hal ini bisa menyebabkan layar TV LED menjadi bergaris.

Oleh karena itu, Kalian membutuhkan antena dengan kualitas yang bagus untuk dipasangkan dengan TV LED. Sejatinya, TV LED lebih cocok digunakan untuk menonton siaran digital dan video, karena kualitas penerimaan gambar yang hampir tidak terganggu.

Penutup

Memahami berbagai penyebab perubahan warna pada TV LED merupakan langkah awal yang penting dalam mengatasi masalah ini. Seiring dengan pengetahuan kita tentang teknologi, kita juga harus memahami bagaimana cara merawat dan mengatasi masalah yang timbul dari perangkat tersebut.

Masalah perubahan warna bisa terjadi karena berbagai faktor, dari pengaturan remote, mainboard yang rusak, hingga module T Con dengan IC AS15. Setelah mengetahui penyebabnya, kita bisa mencari cara untuk mengatasinya sesuai dengan jenis masalah yang dihadapi.

Dengan demikian, kualitas tontonan di TV LED kita bisa terjaga, dan momen santai di depan televisi pun menjadi lebih menyenangkan dan berkualitas. Semoga informasi dari bengkeltv.id bermanfaat dan dapat membantu Kalian dalam mengatasi masalah warna pada TV LED Kalian. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *