TV LED Polytron Standby Susah Start

Penyebab TV LED Polytron Standby Susah Start & Cara Mengatasiny

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab TV LED Polytron Standby Susah Start & Cara Mengatasinya. Televisi merupakan perangkat elektronik yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hampir setiap rumah memiliki perangkat ini untuk mendapatkan informasi, hiburan, bahkan sebagai media interaksi sosial. Namun, apa jadinya jika televisi yang kita gunakan memiliki masalah? Khususnya bagi Kalian pengguna TV LED Polytron, pernahkah mengalami kendala dimana televisi Kalian susah untuk start meski sudah dalam mode standby?

Banyak pemilik TV LED Polytron mengalami masalah yang sama, yaitu televisi sulit untuk dihidupkan dari mode standby. Bila Kalian merasa kesulitan mengatasi masalah ini, Kalian berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan mengupas tuntas seputar TV LED Polytron yang standby namun susah start, berikut solusi praktis untuk mengatasinya. Mari kita pahami lebih lanjut masalah ini dan temukan solusinya bersama.

Penyebab dan Cara Mengatasi TV LED Polytron Mati Standby

TV LED Polytron yang sulit dihidupkan dari mode standby bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Bord Rusak

Hal ini dapat diketahui dengan cara mencoba menggunakan remote kontrol dan tombol panel pada televisi. Jika keduanya tidak berfungsi dan lampu indikator LED standby tetap menyala merah tanpa kedipan, kemungkinan besar bord televisi Kalian mengalami kerusakan. Ini adalah ciri khas dari televisi Polytron. Kalian dapat mencoba menekan tombol On beberapa kali untuk mengatasi masalah ini.

2. Eeprom Rusak

Kerusakan lainnya yang bisa terjadi adalah pada eeprom. Data yang rusak atau korupsi dalam eeprom bisa membuat televisi sulit dihidupkan dari mode standby, dan hanya lampu indikator LED yang menyala. Kalian bisa memperbaikinya dengan mengganti atau mem-flash ulang firmware yang cocok dengan tipe televisi Kalian.

Baca juga:  √ 8 Cara Membuka Password TV Sharp : Penyebab & Cara Membuka TV yang Terkunci

3. IC Micom / IC TZUM 59XX Rusak

Rusaknya IC Micom juga bisa menjadi penyebab televisi sulit dihidupkan dari mode standby. Kerusakan ini biasanya terjadi karena pemakaian televisi yang tidak wajar yang mengakibatkan panas berlebih pada komponen ini. Kalian dapat mengatasi masalah ini dengan mengganti IC Micom.

4. Elco Power Supply Rusak

Kerusakan juga bisa terjadi pada elco power supply. Ini bisa terjadi karena nilai tegangan yang tidak cukup, sehingga elco tidak bisa bekerja dengan baik. Ciri-ciri kerusakan ini biasanya ditKaliani dengan elco yang berubah bentuk atau melembung di ujungnya. Kalian bisa mengatasi masalah ini dengan mengganti elco yang rusak dengan tipe dan seri yang sama.

Tes Poin Mainboard Untuk TV LED Polytron Mati Standby

TV LED Polytron Standby Susah Start, sebelum melakukan pengujian, persiapkan dulu peralatan yang diperlukan seperti Avo meter atau Multi tester (baik manual maupun digital). Pengukuran ini bertujuan untuk memastikan bahwa tegangan yang masuk ke mainboard berjalan normal.

Ketika terjadi masalah seperti yang disebutkan di atas, bisa menyebabkan TV LED Polytron sulit untuk dinyalakan, gagal untuk menyala, atau menyala sebentar kemudian mati lagi. Masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan cara atau metode yang disebutkan di atas. Setelah proses perbaikan selesai, sebaiknya tes poin tegangan terlebih dahulu agar tidak terjadi kerusakan lainnya. Pastikan bahwa tegangan yang ada di mainboard memiliki nilai yang seharusnya, yaitu:

  • VCC 12 volt
  • 5 volt
  • 3,3 volt
  • 1,75 volt
  • 2,75 volt

Jadi pastikan semua tegangan yang tersebut diatas ada dan memenuhi kebutuhan mainboard, sebelum memastikan komponen seperti eeprom korup, IC MCU dan lainnya mengalami kerusakan.

Sebagai tambahan, cek tegangan pada mainboard normal pada TV LED Polytron tipe PLD24T800 skema serta tegangan PSU normal 5 volt dan 12 volt.

TV LED Polytron Standby Susah Start

  • C44 = kurang lebih 1,47 volt
  • Q2 = 12 volt
  • U1 =3,39 volt
  • U2 =1,29 volt
  • U3 =1,83 volt
  • TU2 = 3,30 volt

TV Polytron LED Gambar Gelap Suara Normal

TV LED Polytron yang sulit memulai dari mode standby dengan tampilan gelap mungkin disebabkan oleh beragam kondisi. Penting bagi Kalian untuk mengidentifikasi berbagai tipe tampilan gelap sebelum melakukan perbaikan.

Tampilan gelap bisa disebabkan oleh lampu latar yang tidak menyala, atau lampu latar yang menyala tetapi hanya menampilkan gambar gelap. Beberapa penyebabnya mungkin kerusakan software, lampu latar yang mati, atau kerusakan pada IC di modul Tcon.

Baca juga:  Penyebab Dan Cara Mengatasi Kerusakan TV LED Polytron Cinemax Secara Lengkap

Berikut ini adalah rincian dari setiap kemungkinan kerusakan jika TV LED Kalian menunjukkan tampilan yang gelap:

a. Gelap Akibat Kerusakan Software

Jika TV Kalian menampilkan gambar yang gelap sementara LED masih menyala, kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan pada software. Kalian bisa memperbaiki TV LED Polytron yang rusak akibat software dengan cara melakukan flash, dengan firmware yang sesuai untuk TV Kalian.

b. Gelap Akibat Backlight

Apabila TV Kalian menunjukkan tampilan yang gelap, langkah pertama yang perlu Kalian lakukan adalah memeriksa lampu latar atau backlight. Kerusakan pada lampu ini dapat mengakibatkan layar TV tidak dapat menampilkan gambar.

Kalian perlu memeriksa semua lampu yang dipasang di panel LED. Lampu-lampu ini diatur dalam rangkaian seri, artinya jika satu lampu bermasalah, seluruh rangkaian lampu latar akan mati.

Untuk mengetahui apakah lampu LED masih berfungsi, Kalian bisa menggunakan alat ukur seperti AVO meter atau multitester. Baik alat ukur manual maupun digital dapat digunakan. Jika Kalian menemukan lampu LED yang tidak berfungsi, segera ganti dengan lampu dengan tipe yang sama.

c. Gelap Akibat Kerusakan IC pada Modul Tcon

Untuk mengetahui apakah kerusakan pada TV disebabkan oleh IC, Kalian perlu memeriksa modul Tcon. Lihatlah bagian yang berada di sekitar modul Tcon tersebut. Jika Kalian merasakan panas yang berlebihan, maka itu bisa menjadi indikasi adanya masalah pada komponen tersebut. Jika ini terjadi, sebaiknya Kalian segera mengganti komponen tersebut dengan suku cadang yang sesuai tipe dan modelnya.

Kelebihan TV Polytron

Polytron berhasil berdiri sejajar dengan merek ternama lain yang memiliki reputasi global. Dengan target penjualan TV LED yang tinggi setiap tahun, Polytron telah menjadi brand yang akrab di kalangan masyarakat Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari TV Polytron:

1. Garansi Paling Lama

Salah satu keunggulan utama TV Polytron adalah garansi produknya. Pabrikan menawarkan jaminan perlindungan selama 5 tahun, periode garansi terpanjang dibandingkan merek lain yang biasanya hanya memberikan garansi selama satu tahun. Beberapa hal yang termasuk dalam garansi TV Polytron meliputi:

  • Perlindungan terhadap kerusakan panel LED, komponen utama televisi.
  • Jaminan penggantian suku cadang dan servis gratis.
  • Perlindungan terhadap kerusakan total akibat sambaran petir.
  • Garansi untuk penggantian remote kontrol original jika rusak.
Baca juga:  Skema Power Supply TV LED Polytron : Update Terbaru !!

2. Service Center Luas

Polytron adalah satu-satunya perusahaan elektronik di Indonesia yang memiliki jaringan service center terluas. Ini menjamin kenyamanan bagi konsumen jika terjadi kerusakan. Pelanggan tidak perlu khawatir tentang tempat tinggal mereka, karena klaim garansi dapat diajukan di mana saja. Dalam beberapa kasus, teknisi bahkan akan datang langsung ke tempat untuk melakukan perbaikan.

3. Dukungan Audio Terbaik

TV Polytron dikenal dengan kualitas audio yang memukau, dengan speaker internal yang bisa menghasilkan suara bass yang kuat. Suara jernih yang tersebar ke berbagai arah memberikan pengalaman menonton layaknya di bioskop.
Selain itu, beberapa model TV Polytron juga dilengkapi dengan speaker eksternal untuk suara yang lebih mantap, dan dapat terhubung ke headphone melalui koneksi Bluetooth.

4. Harga Produk Murah

Sebagai produsen lokal, Polytron berusaha memenangkan kepercayaan masyarakat dengan menghadirkan produk berkualitas dengan harga yang terjangkau. Produk ini mampu menjangkau semua segmen pasar, dari kelas menengah ke kelas premium.

Bandingkan saja dengan produk sejenis dari merek lain, Kalian akan menemukan bahwa TV Polytron menawarkan harga yang lebih kompetitif dengan spesifikasi perangkat yang setara.

Penutup

Sebagai penutup, perlu kita ingat bahwa TV LED Polytron merupakan produk elektronik yang cukup hKalianl dan mempunyai reputasi baik di Indonesia. Meski begitu, seperti produk teknologi lainnya, TV Polytron juga bisa mengalami berbagai masalah, termasuk kesulitan untuk memulai dari mode standby.

Namun, dengan pemahaman yang tepat terkait penyebab dan cara mengatasinya, Kalian dapat menangani masalah tersebut dengan lebih efisien. Apakah itu disebabkan oleh kerusakan pada papan sirkuit, eeprom, IC Micom, atau elco power supply, solusi memperbaiki sebagian besar bisa dilakukan di rumah atau di pusat layanan resmi Polytron.

Ingatlah selalu untuk menjaga TV Kalian tetap dalam kondisi terbaik, dan jika perlu, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional. Dengan penanganan yang tepat, TV LED Polytron Kalian dapat kembali berfungsi dengan baik dan siap untuk memberikan hiburan berkualitas bagi Kalian dan keluarga. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai TV LED Polytron Standby Susah Start ini bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *