Siaran Metro TV Hilang

Bagaimana Cara Mengatasi Siaran Metro TV Hilang?

Posted on

Bengkeltv.idBagaimana Cara Mengatasi Siaran Metro TV Hilang?. Metro TV menjadi salah satu saluran TV yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Saluran ini menawarkan beragam program seperti talk show, berita, olahraga, dan masih banyak lagi.

Seperti saluran TV lainnya, sejak penerapan program ASO (Analog Switch Off), Metro TV juga menyediakan frekuensi siaran TV digital. Saat ini, Siaran Metro TV digital sudah tersedia di berbagai kota besar di Indonesia, bahkan hingga ke pelosok negeri.

Meskipun banyak masyarakat yang sudah menemukan siaran TV digital Metro TV, beberapa orang mengeluhkan bahwa saluran tersebut tiba-tiba hilang. Apa penyebabnya?

Penyebab Siaran Metro TV Hilang  bisa berasal dari berbagai faktor, seperti masalah pada sistem, perangkat yang digunakan, atau pengguna itu sendiri. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Mengenai Metro TV

Siaran Metro TV Hilang

METRO TV adalah stasiun televisi berita pertama di Indonesia yang mulai mengudara sejak 25 November 2000. Metro TV merupakan anak perusahaan dari MEDIA GROUP yang dimiliki oleh Surya Paloh, tokoh pers Indonesia yang telah merintis usaha di bidang pers sejak ia mendirikan Harian PRIORITAS.

Metro TV berkomitmen untuk menyebarluaskan berita dan informasi ke seluruh pelosok Indonesia. Selain memberikan berita, Metro TV juga menayangkan beragam program informasi mengenai kemajuan teknologi, kesehatan, pengetahuan umum, seni dan budaya, serta hal-hal lain yang dapat mencerdaskan bangsa. Yang menarik, Metro TV memiliki program berita yang ditayangkan dalam tiga bahasa, yaitu Indonesia, Inggris, dan Mandarin.

Baca juga:  Frekuensi GTV di Telkom 4 : UPDATE Terbaru

Metro TV juga menjalin kerjasama dengan berbagai stasiun televisi asing, seperti kerjasama dalam pertukaran berita dan pengembangan tenaga kerja. Dengan kerjasama skala internasional ini, Metro TV berusaha untuk memberikan sumber berita yang dapat dipercaya dan komprehensif mengenai keadaan dalam negeri kepada dunia luar.

Dengan tagline “Knowledge to Elevate”, Metro TV terus berupaya meningkatkan wawasan dan pengetahuan para pemirsa serta menjadi media yang memiliki kredibilitas, kecepatan, dan ketepatan dalam menyampaikan informasi.

Siaran Metro TV Digital Hilang

Saat ini, siaran TV analog mulai dihilangkan dan masyarakat diminta beralih ke siaran TV digital. Untuk menikmati siaran TV digital, orang yang masih menggunakan TV tabung atau TV LED yang belum mendukung TV digital perlu menambahkan STB.

Untuk menemukan saluran TV digital, masing-masing saluran TV digital memiliki frekuensi yang berbeda-beda di setiap daerah. Selain melalui kode frekuensi, saluran TV digital juga dapat ditemukan melalui fitur pencarian otomatis yang terdapat pada perangkat STB atau perangkat TV digital langsung.

Namun, terkadang saluran TV digital seperti Metro TV yang sudah ditemukan tiba-tiba hilang. Mengapa bisa terjadi?

Masalah hilangnya saluran TV digital seperti Metro TV sebenarnya bukan hal yang baru, banyak masyarakat yang mengalami masalah serupa. Di sini, kita akan membahas penyebab hilangnya saluran TV digital Metro TV dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan Siaran Metro TV Hilang. Berikut adalah penjelasan mengenai lima faktor penyebab hilangnya siaran TV Digital Metro TV beserta solusinya:

1. Posisi Antena Kurang Tepat

Penyebab pertama adalah posisi antena yang kurang tepat. Antena yang menghadap ke arah yang salah dapat membuat jangkauan sinyal kurang optimal dan menyebabkan siaran Metro TV hilang.

Untuk memperbaiki hal ini, perlu mengatur ulang posisi antena yang menghadap ke arah yang sama dengan tetangga yang masih memiliki siaran Metro TV agar Siaran Metro TVyang hilang bisa muncul kembali.

Baca juga:  Daftar Frekuensi RCTI Terbaru : Pembahasan Lengkap

2. Sistem Sedang Maintenance

Kedua, ketika sistem siaran Metro TV Digital sedang dalam perbaikan atau maintenance, hal ini bisa membuat siaran Metro TV hilang. Solusi untuk masalah ini adalah menunggu hingga proses maintenance selesai. Setelah itu, siaran Metro TV yang hilang akan muncul kembali di daftar channel TV digital.

3. Update Frekuensi Metro TV Digital

Ketiga, pihak penyiaran Metro TV Digital mungkin melakukan perubahan atau update kode frekuensi TV Digital di beberapa wilayah. Jika siaran TV Digital Metro TV hilang, bisa jadi disebabkan oleh perubahan kode frekuensi.

Untuk menemukan kembali Siaran Metro TVDigital, carilah kode frekuensi TV Digital baru untuk channel tersebut di internet atau lakukan pencarian ulang melalui fitur Pencarian Otomatis.

4. Kabel STB Bermasalah

Keempat, jika Siaran Metro TVDigital hilang, periksa kabel yang menghubungkan STB dengan TV. Pastikan kabel tersebut terpasang dengan benar dan tidak kendur, karena kabel yang kendor bisa menjadi sumber beberapa masalah, termasuk channel TV Digital hilang. Jika ditemukan kabel yang sudah rusak, segera ganti dengan yang baru.

5. Perangkat STB Bermasalah

Terakhir, jika setelah mengecek posisi antena, kode frekuensi, dan kabel STB masih belum menemukan masalah apapun, bisa jadi sumber masalah tersebut berasal dari perangkat STB yang digunakan. STB yang jatuh atau merupakan hasil root dari STB wifi dapat menjadi sumber masalah.

Solusinya, coba gunakan STB yang lain. Jika Siaran Metro TVmasih ada, maka bisa dipastikan masalah berasal dari perangkat STB yang rusak. Maka, solusinya adalah membeli STB yang baru.

Frekuensi Transponder Terbaru Metro TV di K Vision

Penting untuk diketahui bahwa saluran TV bisa hilang karena frekuensi/transponder berubah. Frekuensi/transponder merupakan ukuran dalam industri penyiaran untuk siaran digital maupun layanan gelombang satelit.

Baca juga:  UPDATE Terbaru Frekuensi Metro TV Digital DVB-T2

K Vision menggunakan satelit Ku Band sebagai layanan utama dan menempati transponder Measat 3a. Untuk menonton siaran Metro TV, cukup dengan menggunakan perangkat parabola mini dan receiver rekomendasi. Sebagai alternatif, pengguna K Vision yang menggunakan parabola besar C Band dapat mencari siaran Metro TV di transponder satelit Telkom 4 dengan menggunakan receiver dari semua merk.

Berikut adalah frekuensi transponder terbaru Metro TV yang dapat digunakan untuk melakukan scan ulang receiver dan mengatasi siaran Metro TV yang hilang di K Vision:

1. Transponder 12436 H 31000 K Vision Ku Band

DATAKETERANGAN
ChannelMetro TV SD
OperatorK Vision
SatelitMeasat 3a
SpektrumKu Band
Koordinat91.4°E
Frekuensi12436
PolaritasHorizontal
Symbol Rate31000
SiaranFTV
SistemDVB-S2
EnskripsiConax
VideoMPEG 4
ReceiverRekomendasi

2. Transponder Metro TV K Vision C Band

DATAKETERANGAN
ChannelMetro TV
SatelitTelkom 4
SpektrumC Band
Koordinat108°E
Transponder4131 H 6350
4156 H 3777

Penutup

Hilangnya siaran Metro TV bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti posisi antena yang kurang tepat, sistem sedang maintenance, update frekuensi Metro TV Digital, kabel STB bermasalah, dan perangkat STB yang bermasalah. Namun, dengan mengetahui penyebabnya, kita dapat mencari solusi yang tepat untuk mengembalikan siaran Metro TV yang hilang.

Penting untuk melakukan perawatan dan perbaikan perangkat dan sistem siaran TV secara rutin agar siaran Metro TV selalu tampil dengan baik dan tidak hilang. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari teknisi profesional jika diperlukan. Semoga informasi dari bengkeltv.id dapat membantu mengatasi masalah siaran Metro TV hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *