Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu : Pemahaman dan Cara Kerjanya

Posted on

Bengkeltv.id Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu : Pemahaman dan Cara Kerjanya. Mengintip ke dalam kehidupan sehari-hari kita, kulkas dua pintu telah menjadi komponen yang tak terpisahkan dari dapur modern. Sebuah benda ajaib yang memastikan makanan kita tetap segar dan siap saji kapan pun kita butuhkan.

Namun, pernahkah Kalian penasaran tentang bagaimana mesin ini bekerja? Faktanya, di balik fungsinya yang luar biasa ini, ada skema kelistrikan yang rumit dan penting untuk dipahami. Artikel ini akan membahas tentang Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu, membuka tirai misteri dan menjelaskan cara kerja mesin ini yang menakjubkan.

Sebuah pemahaman yang akan membantu Kalian tidak hanya dalam memahami kulkas Kalian lebih baik, tetapi juga dalam menjalankan perawatan dan penyelesaian masalah dengan lebih efisien.

Pengertian Kulkas

Kulkas, juga dikenal sebagai lemari es atau lemari pendingin, adalah alat elektronik rumahan yang memanfaatkan teknologi pendinginan untuk memastikan kesegaran makanan.

Alat ini bekerja dengan memanfaatkan siklus refrigerasi yang melibatkan penggunaan pompa panas yang berubah fase. Sebuah kulkas biasanya terdiri dari bagian pembeku dan pendingin, atau keduanya.

Konsep sistem dua bagian ini pertama kali diperkenalkan oleh General Electric pada tahun 1939. Beberapa model kulkas modern memiliki empat zona penyimpanan terpisah yang disesuaikan untuk berbagai jenis makanan:

  • -18 °C (-64.4 °F) (untuk bagian pembeku)
  • 0 °C (32 °F) (untuk penyimpanan daging)
  • 4 °C (39.2 °F) (untuk bagian pendingin)
  • 10 °C (50 °F) (untuk penyimpanan sayuran)
Baca juga:  Mempelajari Skema Kelistrikan Kulkas Polytron 2 Pintu : Panduan Lengkap

Ukuran kapasitas kulkas biasanya diukur dalam liter, dengan bagian pembeku memiliki kapasitas sekitar 100 liter dan bagian pendingin memiliki kapasitas sekitar 140 liter, meskipun kapasitas ini bisa berbeda-beda tergantung model dan merek kulkas.

Berikut Ini Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu dan Fungsi dari tiap Komponennya

Diagram Skema Kelistrikan Kulkas Dua Pintu

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

1. Skema Kompresor Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Kompresor adalah silinder tertutup yang ditempatkan di belakang kulkas. Peran utamanya adalah berfungsi sebagai pompa elektrik yang bertugas untuk menarik dan mengedarkan gas freon atau refrigeran ke dalam saluran pendingin.

2. Skema PTC Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu
PTC, atau Positive Temperature Coefficient, adalah sebuah jenis resistor yang nilai hambatannya berubah seiring dengan perubahan suhu. Apabila suhu PTC meningkat, maka nilai hambatannya juga ikut meningkat.

Fungsi utama PTC adalah untuk memberikan arus listrik ke kumparan pembantu kompresor pada saat pertama kali kulkas dinyalakan dan kompresor dimulai operasinya.

3. Skema Door Switch Freezer Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Saklar pintu freezer memiliki tugas untuk menyuplai listrik ke kipas evaporator. Jika pintu freezer tidak tertutup dengan sempurna, saklar ini tidak akan mampu mengaktifkan dan memberikan aliran listrik.

Untuk memastikan proses pendinginan berlangsung secara optimal, selalu pastikan pintu freezer tertutup dengan baik setelah Kalian membukanya.

4. Skema Overload Protektor Kelistrikan 2 Pintu

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Komponen ini memiliki tugas penting untuk menjaga kompresor dari kondisi panas yang berlebihan. Apabila kompresor memproduksi panas berlebih, komponen ini akan secara otomatis beroperasi dan memutus aliran listrik menuju kompresor.

5. Skema Thermo Fuse Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Sekring thermo memiliki peran penting untuk menghindari heater memproduksi panas berlebih. Ambang batas suhu maksimal untuk sekring thermo adalah sekitar 72°C.

Bila suhu pada pemanas melampaui batas ini, sekring akan memutus dan menghentikan aliran listrik yang mengarah ke pemanas.

6. Skema Kipas Evaporator Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Kipas evaporator mempunyai tugas utama untuk menyalurkan udara dingin dari evaporator ke dalam kulkas, khususnya bagian kotak freezer.

Baca juga:  Penyebab & Cara Memperbaiki Kipas Kulkas Dua Pintu : Panduan Untuk Pemula

Biasanya, kipas evaporator hanya ada pada lemari es yang mengaplikasikan sistem defrost, yakni sistem yang bertujuan untuk menghilangkan es atau embun beku di dalam freezer.

7. Skema Lampu Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Lampu pada lemari es akan berkelebatan ketika pintu dibuka dan berperan dalam menerangi isi dari lemari es, memfasilitasi pengguna dalam mengambil makanan atau barang yang tersimpan di dalamnya.

8. Skema Heater Kelistrikan Kulkas 2 Pintu

Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu
Heater, atau dikenal juga sebagai elemen pemanas, bertugas untuk meningkatkan suhu freezer dan menghindari pembentukan es. Kulkas dua pintu dilengkapi dengan dua pemanas untuk tujuan defrost dan sistem pemanas.

Sedangkan pada kulkas satu pintu, proses penghilangan embun beku dilakukan secara manual dengan cara mematikan atau menaikkan suhu kulkas untuk beberapa saat hingga es dapat mencair.

Cara Kerja Kulkas 2 Pintu

Setelah memahami skema kelistrikan kulkas 2 Pintu, selanjutnya kita akan membahas tentang mekanisme kerja kulkas dua pintu. Awalnya, kulkas dua pintu akan mengedarkan gas freon dari evaporator yang memiliki suhu dan tekanan rendah.

Mekanisme kerja kulkas berlKalianskan pada hukum termodinamika II, yaitu suhu yang tinggi di dalam kulkas akan berpindah ke evaporator yang memiliki suhu lebih rendah.

Saat mengalir melalui evaporator, gas freon akan menyerap suhu panas dari pipa evaporator, mengakibatkan freon yang semula berwujud cair berubah menjadi gas dengan suhu tinggi sebab menyerap panas di dalam kulkas.

Kompresor kemudian akan menyedot gas freon yang telah berubah menjadi gas dalam evaporator. Setelah itu, kompresor akan meningkatkan tekanan gas freon sebelum mengedarkannya ke kondenser.

Dalam kondenser, gas freon yang berbentuk gas dengan suhu dan tekanan tinggi akan didinginkan oleh rangkaian pipa kondenser yang panjang dan berkelok-kelok.

Kipas kondenser akan membantu proses penurunan suhu gas, sehingga suhu gas freon semakin turun dan akhirnya berubah menjadi cair.

Baca juga:  Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Sharp, Yang Mudah Dipahami

Sebelum dialirkan kembali ke evaporator, freon yang memiliki suhu rendah dan tekanan tinggi akan melewati katup ekspansi. Katup ekspansi akan menurunkan tekanan freon, sehingga freon yang keluar dari katup ekspansi berbentuk cair dengan tekanan rendah.

Gas freon akan terus beredar di dalam pipa evaporator selama proses pendinginan kulkas berjalan. Inilah cara kerja kulkas dua pintu yang dapat dijelaskan secara detil dan jelas.

Kelebihan Kulkas 2 Pintu

Kulkas dua pintu adalah varian kulkas yang diperkenalkan setelah kulkas satu pintu telah beredar di pasaran. Peluncuran kulkas dua pintu ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang memerlukan kulkas dengan kapasitas lebih besar guna menyimpan lebih banyak makanan dan minuman.

Berikut adalah beberapa keunggulan kulkas dua pintu dibandingkan dengan kulkas satu pintu:

  • Ruang penyimpanan yang lebih luas
  • Pintu yang berbeda untuk freezer dan refrigerator
  • Sistem defrost yang efektif untuk mencegah pembentukan es
  • Kemampuan pendinginan yang lebih baik
  • Suhu di refrigerator tetap stabil meskipun freezer dibuka.

Demikian beberapa keuntungan dari kulkas dua pintu yang dapat dijelaskan secara rinci dan jelas.

Penutup

Dengan pengetahuan yang cukup tentang skema kelistrikan kulkas 2 pintu, pengguna dapat melakukan pemeliharaan rutin dan memperbaiki masalah kecil tanpa harus memanggil teknisi. Namun, perlu diingat bahwa jika masalah yang lebih kompleks atau berbahaya terjadi, lebih baik untuk memanggil ahli kelistrikan yang terlatih.

Dalam kesimpulan, pengetahuan tentang skema kelistrikan kulkas 2 pintu adalah penting untuk memahami operasi dan pemeliharaan kulkas. Dengan pemahaman yang baik tentang skema ini, pengguna dapat mengatasi masalah yang mungkin muncul dan menjaga kulkas tetap berfungsi dengan baik. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *