Skema Spul Kipas Angin

Skema Spul Kipas Angin Beserta Cara Menyambungnya dengan Mudah

Posted on

Bengkeltv.idSkema Spul Kipas Angin Beserta Cara Menyambungnya dengan Mudah. Dalam kehidupan sehari-hari, kipas angin telah menjadi alat penyejuk udara yang esensial, terutama di wilayah dengan suhu udara yang cukup tinggi. Salah satu komponen penting yang mempengaruhi kinerja dari kipas angin adalah skema spulnya.

Skema spul kipas angin adalah jantung dari kipas angin itu sendiri, yang bertanggung jawab terhadap pengendalian pergerakan dan kecepatan kipas. Namun, apakah kita pernah bertanya-tanya apa itu skema spul dan bagaimana cara kerjanya? Melalui artikel ini, kita akan mencoba untuk membahas lebih dalam tentang Skema Spul Kipas Angin dan bagaimana komponen ini mempengaruhi performa dari kipas angin yang kita gunakan setiap hari.

Definisi Kipas Angin

Kipas angin berfungsi untuk menciptakan aliran udara dalam ruangan. Keberadaannya memberikan sejumlah manfaat seperti mendinginkan udara, merevitalisasi suasana, bertindak sebagai ventilasi melalui exhaust fan, dan berperan sebagai pengering, terutama bila digabungkan dengan elemen pemanas.

Ada dua kategori utama kipas angin, yaitu kipas angin konvensional dan kipas angin elektrik.

Kipas angin konvensional memerlukan usaha manual untuk menghasilkan tiupan angin, sementara kipas angin elektrik menggunakan tenaga listrik sebagai sumber daya utamanya, yang mendorong gerakan kipas dan menciptakan tiupan angin.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Melihat Skema Spul Kipas Angin

Ketika berbicara tentang Skema Spul Kipas Angin, tentu saja kita akan mengulas tentang dinamo atau motor listrik, yang merupakan jantung dari kipas angin itu sendiri.

Dalam sebuah kipas angin, beragam kabel saling terhubung ke motor listrik ini. Variasi motor listrik dalam kipas angin cukup beragam, mulai dari yang memiliki 3 kabel, 4 kabel, 5 kabel, hingga 6 kabel, tergantung pada merek dan model kipas angin tersebut.

Baca juga:  Rangkaian Kipas Angin 3 Kecepatan : Mengenal Fungsinya

Skema Spul Kipas Angin

Dari berbagai varian motor listrik, yang berjenis 6 kabel seringkali menjadi yang paling umum ditemui. Rincian dari 6 kabel tersebut meliputi 3 kabel untuk pengendalian kecepatan, 2 kapasitor, dan 1 netral.

Motor listrik biasanya memiliki 4 kumparan, dimana setiap kumparan memiliki dua titik ujung, sehingga menghasilkan 8 output.

Salah satu kumparan utama menunjukkan jumlah lilitan terbanyak, sementara jumlah lilitan kumparan untuk kecepatan cenderung sama.

Selain itu, motor listrik pada kipas angin juga dilengkapi dengan komponen yang biasa disebut sebagai thermofuse. Fungsi thermofuse mirip dengan sekring pada motor.

Jika suhu motor listrik melampaui ambang batas yang ditentukan, thermofuse akan otomatis memutus rangkaian listrik, sehingga mencegah kerusakan lebih parah pada motor listrik.

1. Skema Gulungan Kipas Angin Miyako

Skema Spul Kipas Angin

Pada bagian berikut, kita akan membahas struktur gulungan pada kipas angin dari merek Miyako. Miyako dikenal sebagai salah satu merek yang cukup terkenal di Indonesia, sejalan dengan kualitas produk yang mereka tawarkan. Diharapkan perhatian penuh dalam memahami penjelasan berikut agar bisa mengatasi berbagai masalah dengan tepat. Perlu diingat bahwa struktur gulungan mungkin sedikit berbeda tergantung pada tipe kipas angin.

2. Skema Kipas Angin Miyako Kst 18 RC

Skema Spul Kipas Angin

Miyako KST-18 RC merupakan kipas angin yang cukup diminati di Indonesia.

Kipas angin ini menonjol dengan keunggulannya sebagai kipas meja, kipas dinding, dan kipas berdiri, yang memungkinkan penggunaannya dalam berbagai fungsi tanpa harus berganti perangkat kipas.

Kipas angin ini dapat dijalankan dengan remote control dalam jarak maksimum 3 meter, dan dilengkapi dengan tiga pilihan kecepatan angin yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan ruangan.

Lebih jauh, mesin motor kipas angin ini memiliki kualitas superior dan tidak menghasilkan suara yang mengganggu. Fitur thermofuse juga tersedia pada kipas ini untuk menjamin keamanan pengguna, sehingga bila terjadi peningkatan suhu yang berlebihan, risiko kerusakan serius dapat dihindari.

Baca juga:  Penyebab Trafo Cepet Panas Lengkap dengan Solusinya

Dikarenakan berbagai keunggulan tersebut, skema gulungan pada kipas angin Miyako tipe KST-18 RC sedikit berbeda dibandingkan dengan tipe lainnya.

Berikut akan kita bahas mengenai skema gulungan kipas angin Miyako tipe KST-18 RC.

3. Skema Gulungan Kipas Angin Maspion

Skema Spul Kipas Angin

Skema Spul Kipas Angin Maspion cukup kompleks bila dijelaskan secara detail, terlebih lagi karena setiap model kipas angin Maspion memiliki skema yang berbeda satu sama lain.

Pada sebuah generator listrik, ada istilah yang disebut sebagai keluaran kabel. Untuk memahaminya, bayangkan sebuah generator listrik memiliki tiga kumparan, dan setiap kumparan memiliki dua ujung. Dengan demikian, akan ada enam keluaran.

Biasanya, generator listrik pada kipas angin memiliki berbagai varian keluaran kabel, seperti 3, 5, dan 6, yang disesuaikan dengan ukuran kipas angin.

Semakin besar ukuran baling-baling kipas, semakin besar pula generator yang dibutuhkan, dan semakin banyak kabel yang diperlukan.

Namun, jenis dengan 6 keluaran kabel biasanya paling umum ditemukan di pasaran. Dari keenam keluaran kabel tersebut, masing-masing biasanya memiliki fungsi sebagai berikut:

1. keluaran kabel untuk netral.

2. keluaran kabel untuk kapasitor.

3. keluaran kabel untuk kontrol speed.

Skema gulungan kipas angin Maspion memiliki kesamaan dengan skema pada kipas Miyaki dan Cosmos karena sama-sama memiliki dua model alur:

  • Alur low : menggunakan kawat dengan ukuran 0,12 dengan jumlah lilitan benang sebanyak 200 kali.
  • Alur medium : menggunakan kawat 0,15 mm dengan jumlah lilitan sebanyak 200 kali yang terdiri atas 4 buah kutub.

Namun, ada juga beberapa model yang menggunakan ukuran kawat yang sama, yaitu ukuran 0,15 mm, dengan jumlah lilitan yang sama untuk alur rendah dan medium.

Cara Menyambung Gulungan Dinamo Kipas Angin yang Putus

Putusnya gulungan dinamo pada kipas angin bisa menimbulkan gangguan yang cukup merepotkan, bahkan berpotensi menyebabkan korsleting jika tidak segera diperbaiki.

Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana cara menyambung kembali gulungan dinamo kipas angin yang putus. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

Baca juga:  Cara Memperbaiki Kipas Angin Konslet dan Penyebabnya

  • Lepas dinamo dari unitnya
  • Periksa kabel yang bermasalah
  • Cari dan identifikasi gulungan yang putus
  • Angkat gulungan yang telah putus
  • Bersihkan ujung lilitan yang putus
  • Lakukan penyambungan dengan solder pada bagian lilitan yang terputus menggunakan timah
  • Tambahkan vernis kayu sebagai isolator pada lilitan yang telah disambung
  • Pasang selotip untuk pengamanan tambahan

Namun, perlu dicatat bahwa metode ini hanya efektif jika sejumlah kondisi tertentu seperti kabel masih terhubung, kapasitor masih dalam kondisi baik, dan lain-lain terpenuhi.

Jika satu atau lebih kondisi tersebut tidak terpenuhi, metode ini mungkin tidak akan berjalan dengan baik.

Solusi optimal untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti dinamo dengan yang baru. Selain dapat menghemat waktu, Kalian juga tidak perlu melakukan perbaikan yang cukup repot.

Namun, jika kerusakan dinamo masih dalam tingkat ringan, Kalian juga bisa memanfaatkan jasa reparasi elektronik di sekitar Kalian.

Penutup

Demikianlah penjelasan dari bengkeltv.id mengenai skema spul kipas angin yang telah kita bahas. Kita telah mempelajari tentang berbagai komponen, fungsi, dan cara memperbaiki gulungan dinamo yang putus. Meski setiap merk dan tipe kipas angin mungkin memiliki skema spul yang sedikit berbeda, pengetahuan dasar ini penting bagi siapa saja yang ingin memahami lebih dalam tentang bagaimana kipas angin bekerja.

Harap dicatat bahwa pemeliharaan dan perbaikan kipas angin harus dilakukan dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan risiko keamanan. Jika Kalian tidak yakin tentang apa yang harus dilakukan, jangan ragu untuk meminta bantuan profesional. Ingat, keamanan Kalian adalah yang paling penting.

Semoga informasi tentang skema spul kipas angin ini bermanfaat dan dapat membantu Kalian dalam menyelesaikan masalah kipas angin di rumah Kalian. Tetaplah berhati-hati dan selamat berkreasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *