Cara Mengatasi Body Samping Kulkas Nyetrum

Solusi Ampuh Cara Mengatasi Body Samping Kulkas Nyetrum

Posted on

Bengkeltv.idSolusi Ampuh Cara Mengatasi Body Samping Kulkas Nyetrum. Kulkas adalah perangkat rumah tangga yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak jarang kita menghadapi masalah yang mengganggu, salah satunya adalah kulkas yang nyetrum saat disentuh pada bagian bodi sampingnya. Sensasi kejutan listrik ini tidak hanya mengganggu, tetapi juga dapat menjadi tKalian adanya masalah yang perlu segera diatasi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang cara mengatasi body samping kulkas yang sering menimbulkan kejutan listrik. Temukan solusi-solusi praktis dan efektif agar Kalian dapat menikmati kulkas dengan nyaman tanpa harus khawatir akan kejutan yang tidak diinginkan. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Kulkas Nyetrum di Body Samping

Sebelum mempelajari cara mengatasi kulkas yang nyetrum di bagian body samping, mari kita terlebih dahulu melihat beberapa masalah umum yang seringkali menyebabkan kejadian tersebut, terutama pada bagian body samping kanan dan kiri.

1. Grounding tidak terpasang

Grounding, yang juga dikenal sebagai Arde, adalah jalur kabel terpisah yang dipasang pada sistem instalasi listrik dan terkoneksi dengan tanah. Kabel ini tidak memiliki koneksi dengan kabel-kabel lainnya.

Mayoritas perangkat elektronik rumah tangga sudah dibekali dengan grounding.

Namun, terkadang grounding tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan dapat menyebabkan perangkat mengalami kejutan listrik.

Kabel power supply umumnya terdiri dari tiga jenis kabel dengan warna merah, biru atau hitam, serta hijau atau kuning. Warna merah menunjukkan tegangan positif, warna biru atau hitam untuk tegangan negatif, dan hijau atau kuning untuk grounding.

Baca juga:  Cara Memperbaiki Kulkas Mati Total : Mudah dan Cepat

Salah satu cara simpel untuk mengatasi masalah grounding adalah dengan membalik posisi stop kontak. Tindakan ini dapat memperbaiki sebagian besar masalah grounding.

Namun, jika kendala tetap berlanjut, mungkin diperlukan pembuatan kabel grounding secara manual. Jika Kalian tidak familiar dengan proses ini, panduan tips mengatasi masalah grounding pada perangkat elektronik dari kami mungkin dapat memberikan bantuan.

Walaupun kejutan listrik akibat masalah grounding umumnya tidak signifikan, bagi yang kurang berpengalaman, situasi tersebut bisa cukup mengejutkan dan menakutkan.

2. Masalah di bagian sistem kelistrikan

Permasalahan pada kabel kelistrikan dapat menyebabkan kulkas mengalami kejutan listrik, terutama pada bagian samping, belakang, dan di dalamnya.

Salah satu penyebabnya adalah ketika kabel terkelupas dan kemudian menempel pada body kulkas.

Masalah lain mungkin timbul akibat korsleting pada komponen fuse defrost dan fuse heater, khususnya pada kulkas model dua pintu yang sering terpapar air.

Untuk mengatasi kendala ini, diperlukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kabel kelistrikan dan membongkar bagian dalam kulkas guna memeriksa setiap komponennya.

Jika perlu, rujuk pada wiring diagram yang terpasang pada body kulkas untuk memastikan bahwa jalur kelistrikan sudah terpasang dengan benar.

Tetapi, bila kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai, disarankan untuk mendapatkan bantuan dari seorang teknisi kulkas guna mencegah kerusakan yang lebih serius dan memastikan penyelesaian masalah secara tepat.

3. Mesin kompresor sudah short body

Penyebab utama terjadinya kompresor short body pada kulkas adalah adanya komponen yang mengalami korsleting di dalam unit tersebut.

Biasanya, hal ini mengakibatkan peningkatan nilai ampere, menyebabkan kulkas menjadi nyetrum, dan tidak mampu menjaga suhu dingin. Bahkan, MCB listrik bisa turun secara tiba-tiba saat kulkas dihidupkan.

Sayangnya, masalah ini tidak dapat diperbaiki, dan satu-satunya solusi yang efektif adalah dengan mengganti mesin kompresor.

Alternatifnya, kita dapat memilih untuk membeli kompresor yang baru atau mencari kompresor kulkas bekas yang lebih terjangkau harganya.

Walaupun bersifat bekas, kompresor seken bisa menjadi pilihan yang baik jika kita mampu memilihnya dengan bijak dan teliti. Kompresor bekas umumnya memiliki daya tahan yang baik jika dipilih dengan cermat.

Baca juga:  Manfaat Memiliki Kulkas Besar : Simpan Makanan dengan Lebih Efisien

Cara Mengatasi Body Samping Kulkas Nyetrum

Jangan khawatir jika kulkas Kalian mengalami nyetrum; segera matikan arus listriknya dan identifikasi penyebabnya. Berikut adalah beberapa langkah untuk mengatasi kulkas yang nyetrum:

1. Perbaiki Kompresor

Jika kompresor kulkas mengalami short body, solusinya adalah dengan menggantinya. Short body terjadi ketika isolasi gulungan dalam kompresor mengelupas, menyebabkan kawat menempel pada body kompresor.

2. Pasang Grounding

Pasang kabel grounding yang langsung diarahkan ke tanah. Meskipun pin grounding dapat dihubungkan ke tembok, hasilnya lebih baik jika langsung terhubung ke tanah.

Tempelkan kabel grounding ke body kulkas di bagian mana pun yang dapat mengalirkan listrik. Ujung kabel yang lain harus ditanam ke dalam tanah atau dinding, dan pin dapat memasang paku pada ujung kabel tersebut.

3. Ganti Kabel

Jika kabel terkelupas pada bagian menuju steker atau heater, solusinya adalah dengan menggantinya.

Jika kerusakan pada kabel sangat parah, maka kabel tersebut harus diganti. Namun, jika hanya terkelupas sedikit, dapat diisolasi pada area yang mengelupas.

Tempatkan kulkas di area yang aman untuk mengurangi risiko kerusakan kabel, dan hindari meletakkan kulkas di tempat yang lembab.

Tips Cara Menggunakan Kulkas Baru

Setelah mengetahui Cara Mengatasi Body Samping Kulkas Nyetrum, berikut beberapa tips untuk menggunakan kulkas baru dengan benar dan efisien:

1. Letakkan Kulkas pada Posisi yang Tepat

Tempatkan kulkas di area yang tidak terkena langsung sinar matahari dan hindari dari peralatan yang menghasilkan panas seperti kompor, oven, dan rice cooker. Pastikan kulkas ditempatkan di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, kering, dan sejuk.

2. Pasang Rak dan Kompartemen dengan Benar

Sebelum mengisi kulkas dengan makanan, pastikan Kalian telah memasang rak dan kompartemen sesuai petunjuk yang tertera dalam buku panduan.

3. Atur Suhu Kulkas

Sesuaikan suhu kulkas dengan kebutuhan dan jumlah makanan yang akan disimpan. Jika isinya sedikit, atur suhu pada tingkat yang lebih rendah, dan jika penuh, atur suhu lebih tinggi.

Baca juga:  Cara Pemakaian Kulkas Agar Tetap Awet : Tips untuk Memperpanjang Umur Kulkas Kalian

4. Penyimpanan Makanan

Simpan makanan dalam wadah tertutup atau plastik untuk menghindari kontaminasi. Pisahkan daging dan sayuran dengan menyimpannya dalam kotak atau kompartemen berbeda.

5. Jangan Menyimpan Makanan Panas

Hindari meletakkan makanan yang masih panas di dalam kulkas. Biarkan makanan dingin terlebih dahulu di luar sebelum dimasukkan ke kulkas.

6. Perhatikan Masa Kadaluarsa Makanan

Selalu periksa tanggal kedaluwarsa makanan dalam kulkas dan buang yang sudah tidak layak konsumsi.

7. Rutin Membersihkan Kulkas

Lakukan pembersihan kulkas secara rutin, minimal satu kali sebulan, untuk menjaga kebersihan dan keawetan makanan.

8. Hemat Energi

Tutup pintu kulkas dengan baik setelah mengambil atau menyimpan makanan untuk menghindari kebocoran udara dingin yang dapat membuat kulkas bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak energi.

Dengan mengikuti tips di atas, Kalian dapat menggunakan kulkas baru dengan benar dan efisien, menjaga kulkas agar lebih awet, dan menjaga kesegaran makanan yang disimpan di dalamnya.

Penutup

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kulkas adalah salah satu perangkat rumah tangga yang tak tergantikan. Namun, seringkali kita dihadapkan pada masalah yang tidak menyenangkan, seperti body samping kulkas yang menyebabkan nyetrum. Dalam artikel ini, telah dibahas berbagai cara mengatasi masalah tersebut agar kulkas tetap berfungsi tanpa mengganggu kenyamanan rumah Kalian.

Dari pemahaman mengenai penyebab hingga solusi praktis seperti perbaikan kompresor, pemasangan grounding, hingga penanganan kabel yang tepat, semuanya dirinci dengan lengkap. Selain itu, kami juga memberikan tips efisien dalam penggunaan kulkas baru agar dapat beroperasi secara optimal.

Dengan mengimplementasikan langkah-langkah yang dijelaskan, diharapkan Kalian dapat menikmati kulkas yang bekerja dengan baik, tanpa risiko nyetrum yang mengganggu. Ingatlah, pemeliharaan dan perawatan yang baik dapat membuat kulkas menjadi mitra setia dalam menjaga kesegaran dan kualitas makanan di rumah Kalian. Semoga informasi dari bengkeltv.id ini bermanfaat dan membantu Kalian Cara Mengatasi Body Samping Kulkas Nyetrum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *