TV LED Polytron Layar Blank Putih

TV LED Polytron Layar Blank Putih dan Solusi Perbaikannya

Posted on

Bengkeltv.id TV LED Polytron Layar Blank Putih dan Solusi Perbaikannya. Tak ada yang lebih menjengkelkan bagi penikmat tontonan televisi ketika layar TV LED Polytron milik mereka tiba-tiba berubah menjadi blank putih. Apakah ini pernah terjadi pada Kalian? Kualitas dan keKalianlan produk elektronik menjadi elemen penting yang dipertimbangkan saat konsumen memilih barang. Maka tak heran, isu TV LED Polytron yang layar blank putih ini menjadi sebuah perbincangan penting di kalangan para pemilik dan calon pembeli.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang masalah ini, berbagai penyebabnya, serta solusi yang dapat dilakukan. Selamat membaca dan semoga informasi ini bisa membantu Kalian menemukan jawaban atas persoalan yang sedang Kalian hadapi.

Mengenal TV Polytron

Diskusi tentang produk elektronik lokal tak lengkap tanpa menyebut merek Polytron. Sebagai pembuat berbagai peralatan elektronik rumah tangga, Polytron telah berhasil mengukuhkan dirinya dengan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, termasuk TV. Mereka menawarkan berbagai pilihan TV, mulai dari 4K UHD TV, Smart TV, sampai Digital TV. Jika Kalian sedang mempertimbangkan pembelian TV LED dengan stKalianr kualitas tinggi, ulasan kami ini layak untuk Kalian simak.

Meski telah lama beroperasi, Polytron terus menunjukkan konsistensinya dalam meluncurkan seri terbaru dari televisinya. Bukti menunjukkan bahwa banyak varian TV LED Polytron telah dirilis, termasuk Smart TV, LCD, dan sejenisnya, dengan keuntungan tambahan berupa garansi yang bisa mencapai 5 tahun.

TV LED Polytron Layar Blank Putih

Namun, kita tidak bisa menafikan bahwa ada sejumlah alasan lain yang bisa membuat TV menunjukkan layar putih. Dengan demikian, dalam artikel ini, kami di Teknisitv akan membahas secara khusus masalah yang berkaitan dengan TV LED Polytron yang menampilkan layar putih. Berikut ini adalah beberapa penjelasannya.

Baca juga:  Biaya Service TV LED Polytron yang Perlu kalian Ketahui.

Penyebab TV LED Layar Blank Putih

Ada beberapa faktor yang bisa memicu munculnya layar putih pada TV LED, di antaranya:

  • Hilangnya tegangan +B yang mengarah ke Timing Control (T-Con). T-Con umumnya memerlukan tegangan sekitar 12 volt, namun ada juga beberapa televisi yang memakai tegangan 5 volt. Pastikan untuk memeriksa apakah tegangan +B dari motherboard masih tersedia atau tidak.
  • Putusnya fuse atau sekring yang berada di papan T-Con. Kalian bisa memeriksa sekring ini dengan menggunakan multimeter pada skala ohm atau posisi buzzer. Sekring biasanya berlokasi dekat dengan soket kabel LVDS.
  • Firmware TV yang rusak atau korup. Masalah ini biasanya terjadi karena firmware yang tersimpan di eeprom rusak. Untuk menyelesaikannya, diperlukan proses flashing.
  • Kerusakan pada papan sirkuit T-Con. Jika sirkuit T-Con tidak terintegrasi dengan panel, maka Kalian perlu mengganti papan T-Con secara keseluruhan.
  • Potensi kerusakan pada IC Gamma. Kalian perlu mengganti IC Gamma dengan yang baru, biasanya T-Con menggunakan IC Gamma AS15.

Langkah Memperbaiki TV LED Layar Blank Putih

Berikut beberapa langkah yang bisa Kalian lakukan untuk mengidentifikasi penyebab dan memperbaiki masalah layar putih pada TV LED:

  • Langkah pertama adalah memeriksa kapasitor elektrolit pada PSU dan jalur koneksi di dalamnya.
  • Kemudian, ceklah sekring pico yang berada di papan pengendali. Jika nilai ohm pada sekring terlalu tinggi, maka sekring perlu diganti.
  • Selanjutnya, periksa kabel LVDS, yang berfungsi sebagai penghubung antara mainboard dan papan pengendali.
  • Periksa juga koneksi kabel atau soket dan jalur timah.
  • Lakukan reset pada kabel ribbon yang menghubungkan papan pengendali dengan driver board.
  • Terakhir, ceklah komponen lain yang terhubung dengan papan pengendali, khususnya papan pengendali itu sendiri.
  • Dengan menjalani langkah-langkah tersebut, kita dapat menemukan penyebab dan mencoba memperbaiki masalah layar putih pada TV LED.

Itulah beberapa metode untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah layar blank putih pada TV LED. Jika setelah melakukan serangkaian perbaikan tersebut masalah belum juga teratasi, sebaiknya periksa ulang semua langkah yang telah dilakukan untuk memastikan bahwa semua telah dijalankan dengan tepat.

Baca juga:  Cara Flash TV LED Sharp Aquos : Panduan Paling Mudah

Rekomendasi TV LED Polytron Terbaik

TV LED Polytron merupakan salah satu merek televisi yang sangat populer dan banyak diminati di pasaran. Dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang baik, berikut ini adalah beberapa seri TV LED Polytron yang direkomendasikan untuk Kalian:

1. 4K Smart Ultra HD

TV LED Polytron 4K Smart Ultra HD – PLD55UV6900 adalah seri smart TV yang dikeluarkan oleh Polytron untuk meningkatkan pengalaman hiburan Kalian.

Desain televisi ini sangat modern dan elegan dengan bingkai metal yang ramping. Seri ini juga dilengkapi dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow, menyerupai sistem operasi pada smartphone. Harganya berkisar antara 4 hingga 5 juta rupiah.

2. Tv Polytron Cinemax Soundbar

TV LED Cinemax Soundbar tersedia dalam ukuran 40 hingga 49 inch dengan teknologi layar modern untuk pengalaman menonton TV yang luar biasa. Dengan slot USB dan dua slot HDMI, Kalian dapat menonton tayangan dari flashdisk. Harga Polytron Cinemax Soundbar berkisar sekitar Rp. 2.150.000.

3. LED TV 32 Inch Polytron

TV LED 32 Inch Polytron ini memungkinkan Kalian menikmati tayangan favorit Kalian yang bisa dikoneksikan dari TV ke smartphone melalui fitur bluetooth. Meski harganya terjangkau, yaitu sekitar Rp 2.100.000, kualitas dan fitur yang ditawarkan sangat memuaskan.

4. 4K UHD TV Polytron 65 Inch

Menonton film di TV LED Polytron seri ini akan membuat Kalian merasa seolah-olah sedang berada di bioskop. Dengan ukuran layar antara 55 hingga 65 inci dan teknologi HDR, tayangan yang disuguhkan memiliki warna yang lebih kaya dan realistis. TV ini juga dilengkapi dengan koneksi WiFi yang memudahkan Kalian untuk berselancar di internet.

5. LED TV Cinemax Wave

Seri televisi ini dilengkapi dengan tuner satelit digital, yang memungkinkan Kalian menikmati tayangan dari dalam dan luar negeri jika ditambah dengan parabola. Meski harganya terjangkau, yaitu di bawah 3 juta, fitur yang ditawarkan sangat lengkap, seperti soundwave dan berbagai mode tampilan.

Baca juga:  TV Samsung Tidak Bisa Connect WiFi : Cara Mengatasi

6. Tv Led Polytron 32 Inch

TV LED Polytron ukuran 32 inch ini sangat populer di kalangan konsumen karena harganya yang terjangkau. Kami merekomendasikan beberapa tipe TV LED Polytron 32 inch dengan banderol harga antara 1 hingga 2 juta rupiah yang bisa Kalian dapatkan dengan mudah di marketplace terpercaya di Indonesia.

Penutup

Sekalipun teknologi terus berkembang, masalah seperti TV LED Polytron yang layar blank putih dapat terjadi dan tentu saja dapat menjadi permasalahan yang cukup mengganggu. Namun, kita tidak perlu panik. Ada banyak solusi yang dapat dicoba untuk mengatasi permasalahan ini, baik itu dengan cara sederhana seperti mencabut dan memasang kembali kabel, melakukan reset ulang TV, atau mencari bantuan teknisi profesional.

Setiap permasalahan pasti ada solusinya. Mungkin saat ini, TV LED Polytron Kalian mengalami masalah layar blank putih, namun dengan pemahaman yang baik dan penanganan yang tepat, Kalian dapat menyelesaikan masalah ini dan kembali menikmati tayangan favorit Kalian di layar TV Kalian.

Ingatlah selalu bahwa perawatan dan pemeliharaan yang baik pada perangkat elektronik seperti TV LED sangat penting untuk menjaga keawetan dan kinerjanya. Dengan perawatan yang tepat, TV LED Polytron Kalian akan bertahan lama dan selalu memberikan tampilan gambar yang optimal. Jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika diperlukan, karena keberlanjutan penggunaan perangkat adalah yang terpenting.

Semoga artikel dari bengkeltv.id ini bisa membantu Kalian dalam mengatasi masalah TV LED Polytron layar blank putih dan bisa menambah wawasan Kalian seputar perawatan dan penanganan masalah pada TV LED. Jangan lupa untuk selalu memperbarui pengetahuan Kalian seiring perkembangan teknologi dan selalu berusaha untuk merawat perangkat elektronik Kalian dengan sebaik-baiknya. Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *