TV Polytron Ada Suara Tidak Ada Gambar

TV Polytron Ada Suara Tidak Ada Gambar : Solusi Perbaikan

Posted on

Bengkeltv.idTV Polytron Ada Suara Tidak Ada Gambar : Solusi Perbaikan, Siaran televisi merupakan salah satu jenis hiburan yang diminati oleh banyak orang. Namun, tidak jarang terjadi masalah atau gangguan seperti hilangnya siaran televisi, kegagalan saat menyalakan, televisi terkunci, dan lain sebagainya. Tentu saja, hal-hal tersebut sudah pernah dialami oleh banyak orang.

Tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai masalah televisi sering terjadi dan dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa mengenal waktu. Masalah-masalah tersebut juga memiliki beragam jenis dan penyebab yang berbeda-beda satu sama lain.

Adanya berbagai masalah atau gangguan pada televisi memang kerap terjadi, seperti hilangnya siaran televisi, kegagalan saat menyalakan, televisi terkunci, dan masih banyak masalah lainnya. Tentu saja, banyak orang yang sudah mengalami hal-hal tersebut.

Apabila kalianingin mengetahui penyebab TV hanya memiliki suara namun tidak ada gambar, berikut ini akan dijelaskan dengan jelas. Oleh karena itu, penting untuk tetap memperhatikan dan mengikuti pembahasan ini sampai selesai.

TV Polytron Ada Suara Tidak Ada Gambar

Beberapa jenis kerusakan kecil yang sering terjadi pada televisi Polytron dapat dikenali dengan mudah. Dengan mengetahui jenis kerusakan tersebut, kalikalianpat memperbaiki televisi tersebut sendiri dengan lebih mudah.

Berbagai jenis kerusakan pada televisi Polytron yang sering terjadi dapat diketahui dengan lengkap berserta cara memperbaikinya

1. TV Polytron LED Gambar Gelap Suara Normal

Kondisi tertentu dapat menyebabkan gambar pada televisi menjadi gelap. Sebelum memperbaikinya, penting untuk mengenali beberapa jenis tampilan gelap yang mungkin terjadi.

Misalnya, gambar gelap dapat disebabkan oleh lampu belakang yang tidak menyala atau menyala namun menampilkan gambar yang gelap.

Mari kita bahas secara terperinci kemungkinan kerusakan yang dapat terjadi jika layar LED TV kalianmengalami kegelapan. Silakan simak penjelasan berikut ini dengan seksama.

Baca juga:  Cara Setting TV Polytron Tabung : Panduan Lengkap

a. Gelap Akibat Kerusakan Software

Jika televisi kalian menampilkan gambar gelap namun lampu LED masih menyala, kemungkinan besar penyebabnya adalah kerusakan pada software. Cara memperbaikinya adalah dengan melakukan flash.

Pastikan untuk menggunakan firmware yang sesuai saat melakukan flash pada TV Polytron LED yang mengalami kerusakan software.

b. Gelap Akibat Backlight

Sebelum mencari penyebab lain, coba periksa terlebih dahulu lampu backlight pada televisi kalianjika terjadi gambar yang gelap. Bisa jadi kerusakan terjadi pada bagian tersebut.

Karena jika bagian ini tidak berfungsi, maka layar TV tidak akan menampilkan gambar.

c. Gelap Akibat Kerusakan IC pada Modul Tcon

Untuk mengetahui apakah kerusakan pada TV disebabkan oleh IC, periksa modul Tcon pada televisi kalian. Cek bagian yang berada di dekat modul Tcon. Jika terasa terlalu panas, kemungkinan besar ada kerusakan pada komponen tersebut.

Sebaiknya segera ganti sparepart-nya dengan tipe yang sesuai agar televisi kalikalianpat berfungsi kembali dengan baik.

2. Kerusakan TV Polytron Cinemax

Beberapa kondisi yang sering terjadi pada televisi Polytron, seperti mati total, gambar hilang namun masih ada suara, atau gambar bergoyang, dapat diatasi dengan cara tertentu. Berikut ini kami akan menjelaskan berbagai jenis kerusakan yang mungkin terjadi pada TV LED Polytron Cinemax dengan kondisi TV Polytron Ada Suara Tidak Ada Gambar.

a. Gambar Hilang Namun Suara Masih Normal

Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh gangguan pada Tcon. Ada banyak solderan yang mungkin perlu diperbarui segera. Ciri-cirinya solderan sudah terlihat tipis dan berwarna kehitaman. Cara mengatasinya adalah dengan menyolder kembali komponen yang rusak tersebut

b. Gambar Muncul Tidak Lama Namun Suara Normal

Jika kalian mengalami kendala seperti itu, kemungkinan besar penyebabnya adalah kerusakan pada lampu backlight. Untuk memperbaikinya, periksa bagian tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya, ganti lampu dengan yang baru dan sesuai dengan tipe televisi kalian.

c. TV Mengalami Mati Total

Gejala mati total pada televisi dapat terdeteksi jika saat dinyalakan, lampu indikator tidak menyala dan layar televisi tidak menampilkan gambar sama sekali.

Baca juga:  Cara Memperbaiki TV LED Polytron Tidak Ada Gambarnya : Mudah & Simpel

3. Kerusakan TV Polytron Slim 21

Beberapa gejala kerusakan pada TV Polytron Slim 21 dapat dikenali, seperti tidak ada siaran, gambar yang melebar, garis vertikal yang muncul, atau tampilan layar seperti pelangi. Untuk mengetahui gejala kerusakan yang lebih lengkap beserta cara perbaikannya, simak pembahasan berikut ini..

a. Tidak Ada Siaran

Jika layar TV menampilkan pesan “No Signal”, itu menkaliankan tidak ada siaran yang tersedia. Langsung saja periksa bagian tuner. Lakukan pengukuran tegangan B+ dan arus AGC yang masuk ke tuner untuk memastikan apakah ada masalah pada komponen tersebut.

b. Gambar Melebar

Jika gambar yang ditampilkan pada layar televisi melebar, hal tersebut mungkin disebabkan oleh adanya gangguan pada elco di blok horizontal.

c. Muncul Garis Vertikal

Munculnya garis vertikal pada layar televisi menunjukkan adanya masalah pada blok vertikal. Tentu saja hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan menonton acara favorit kalian. Cara perbaikannya adalah dengan mengganti elco 100uf 50v pada blok vertikal.

d. Tampilan Layar Seperti Pelangi

Gejala tersebut disebabkan oleh resistor 1 ohm yang rusak, sehingga menyebabkan putusnya tegangan ke IC. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh elco filter 470uf dan dioda pada flayback out + 12V.

e. Standby Tidak Mau Start

Kerusakan pada televisi seperti ini mungkin disebabkan oleh disfungsi pada IC KA431. Akibatnya, meskipun lampu indikator menyala, televisi tidak dapat dinyalakan.

4. Kerusakan TV Polytron Minimax Mati Standby

Kerusakan yang sering terjadi pada TV Polytron Minimax adalah saat dihidupkan, televisi dapat menyala, namun kemudian beberapa saat kemudian mati kembali atau masuk ke mode standby

Kerusakan pada TV Polytron yang menyebabkan masuk ke mode standby mungkin disebabkan oleh solderan yang rusak pada blok vertikal, blok horizontal, atau regulator sekunder +14 yang mulai menipis.

5. Kerusakan TV Polytron Crystaline Standby

Gejala ketika TV hanya dapat menyala selama beberapa detik kemudian mati sering terjadi pada TV Polytron, termasuk pada TV Polytron Crystaline.

Seperti langkah yang dilakukan pada saat mengatasi TV yang masuk ke mode standby, perlu dilakukan pengecekan pada beberapa bagian. Misalnya, tegangan B+, blok vertikal, blok horizontal, dan elco proteknya.

Baca juga:  Panduan Praktis : Cara Mengubah TV ke AV LG

Biaya Service

Jika membutuhkan tukang service untuk memperbaiki TV Polytron Ada Suara Tidak Ada Gambar, pastinya akan dikenakan biaya untuk ongkos perbaikan. Besaran biaya service tersebut tergantung pada faktor penyebab kerusakan.

Jika komponen penting seperti panel atau layar rusak, besar kemungkinan biayanya akan semakin mahal. Namun, jika masih memiliki garansi, kalianbisa memanfaatkannya untuk memperbaiki panel yang rusak.

Secara umum, biaya perbaikan televisi yang tidak menampilkan gambar berkisar antara Rp 300 hingga Rp 700 ribu. Namun, setiap jasa tukang service biasanya memiliki harga yang berbeda-beda. Selain itu, wilayah atau daerah juga mempengaruhi besaran ongkos servicenya.

Penutup

Ada beberapa hal yang dapat kaliancoba untuk memperbaiki masalah ini. Pertama, pastikan semua kabel yang terhubung ke TV dan perangkat lainnya terpasang dengan benar dan tidak lepas. Jika masih ada masalah, coba ganti kabel dengan yang baru untuk memastikan tidak ada masalah pada kabel itu sendiri.

Jika masalah masih belum teratasi, periksa pengaturan input pada TV kalikaliann pastikan sumber input yang benar telah dipilih. Jika sumber input benar, coba reset TV Polytron kalianke pengaturan pabrik.

Ini dapat dilakukan dengan mengikuti petunjuk pada manual pengguna atau dengan menghubungi layanan pelanggan Polytron.

Namun, jika setelah mencoba semua langkah di atas masih tidak ada gambar yang muncul, kemungkinan besar ada masalah pada TV Polytron kalikaliann perlu diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman.

Jangan mencoba membuka atau memperbaiki TV sendiri karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar atau bahkan membahayakan keselamatan kalian.Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai TV Polytron Ada Suara Tidak Ada Gambar, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *