Booster Antena TV Digital

Booster Antena TV Digital Terbaik beserta Cara Memasangnya

Posted on

Bengkeltv.idBooster Antena TV Digital Terbaik beserta Cara Memasangnya. Peningkatan teknologi digital telah menciptakan perubahan signifikan dalam dunia hiburan, khususnya dalam hal penyiaran televisi. Berpindah dari sistem analog ke digital, memberikan kualitas tayangan yang lebih tajam dan stabil, sekaligus menawarkan lebih banyak pilihan saluran. Namun, tidak jarang kita menghadapi tantangan dalam menerima sinyal TV digital yang optimal. Ada berbagai faktor yang bisa mempengaruhi kualitas sinyal, mulai dari jarak antara stasiun pemancar dan antena, hingga kondisi geografis area tempat tinggal. Untuk mengatasi hal ini, solusi yang paling umum digunakan adalah dengan memasang Booster Antena TV Digital.

Booster Antena TV Digital adalah alat yang dapat meningkatkan dan memperkuat sinyal yang diterima oleh antena Kalian, memastikan bahwa Kalian selalu mendapatkan kualitas gambar dan suara yang terbaik. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai Booster Antena TV Digital, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana pemanfaatan teknologi ini dapat memaksimalkan pengalaman menonton TV Kalian. Mari kita telusuri dunia digital ini bersama-sama, dan temukan solusi terbaik untuk mendapatkan kualitas tayangan TV digital yang optimal.

Apa itu Booster Antena TV?

Booster antena TV adalah perangkat yang sangat vital dalam memperkuat sinyal televisi UHF yang diterima. Hal ini sangat berlaku terutama jika Kalian berada di lokasi terisolasi yang berjarak jauh dari stasiun pemancar televisi. Penggunaan booster antena TV sangat penting untuk memungkinkan Kalian menikmati siaran televisi dengan gambar yang jernih.

Penguat sinyal antena ini juga sangat bermanfaat bagi Kalian yang kerap menonton televisi melalui laptop atau komputer. Dengan bantuan booster antena TV, saluran televisi pada layar laptop atau komputer Kalian akan tampil lebih jelas dan tajam.

Bagi Kalian yang memiliki alat DVB-T2 USB, booster antena TV juga menjadi keharusan. Dengan demikian, Kalian dapat menikmati gambar saluran televisi yang lebih berkualitas dan tajam. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memanfaatkan booster antena TV agar pengalaman menonton televisi Kalian semakin memuaskan dan tak tergantikan.

Fungsi booster tv

Booster TV adalah perangkat elektronik yang berperan dalam meningkatkan kekuatan sinyal UHF hingga beberapa kali lipat. Tingkat peningkatan atau gain sinyal yang dapat dicapai oleh booster TV bervariasi tergantung pada merek dan jenisnya. Untuk mendapatkan informasi tentang nilai penguatan booster, Kalian dapat melihat lembar data (datasheet) yang disertakan saat Kalian membelinya.

Booster TV dapat digunakan dengan semua jenis televisi, baik TV tabung maupun TV LED. Selain itu, booster juga dapat digunakan untuk memperkuat sinyal siaran radio FM dan sinyal lainnya yang berada dalam rentang operasional booster.

Ketika Kalian membeli booster TV, Kalian akan mendapatkan dua perangkat dengan fungsi yang berbeda:

  • Perangkat booster atas, yang berperan dalam memperkuat sinyal.
  • Perangkat booster bawah, yang berupa catu daya atau power supply untuk booster.

Secara umum, perangkat booster akan dipasang di atas atau dekat dengan antena TV. Sementara itu, perangkat di bawah hanya berisi rangkaian catu daya biasa yang berfungsi untuk memberikan daya pada booster.

Rekomendasi Antena TV Digital

Booster Antena TV Digital, kami siap berbagi sejumlah rekomendasi antena TV digital terbaik untukmu. Namun sebelum memutuskan, penting untuk memahami bagaimana cara memilih antena TV digital yang berkualitas. Tenang, kami akan memberi petunjuk dan rekomendasi yang bisa menjadi acuanmu dalam memilih antena TV digital yang tepat.

Baca juga:  Pengertian Switch Mode Power Supply (SMPS) dan Komponen Lengkapnya

Harga bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan, sebab kami telah mencari produk antena TV digital terbaik dengan harga yang terjangkau. Penasaran dengan rekomendasi kami? Mari kita lanjutkan pembacaan artikel ini!

1. Antena TV Digital PX DA-5120 (Rp. 290.000)

Dapat dioperasikan baik indoor maupun outdoor, rekomendasi pertama datang dari Antena TV Digital PX DA-5120. Antena ini dirancang khusus untuk sistem televisi digital HD di Indonesia.

Kelebihannya adalah dapat menangkap sinyal dengan baik dan memiliki tingkat sensitivitas tinggi. Antena ini juga ramah lingkungan dan hemat energi.

Cara pemasangannya cukup mudah, bisa diarahkan secara horizontal atau vertikal. Harganya terjangkau dan dilengkapi dengan garansi selama 1 tahun.

2. OASE IT-A1 Khusus TV Digital (Rp. 120.000)

Jika kamu menginginkan tayangan televisi tanpa gangguan sinyal atau gambar buram, kamu harus mempertimbangkan antena TV digital terbaik OASE IT-A1.

Harap diingat, antena ini hanya dapat digunakan untuk antena TV digital dan hanya untuk penggunaan indoor. Kabel yang disertakan memiliki panjang 3 meter dan dilengkapi dengan kabel koaksial.

Desainnya yang ramping dan ringan memungkinkan kamu untuk menempatkannya di mana saja, termasuk memasangnya di dinding. Dilengkapi dengan perekat yang kuat, sehingga memudahkan pemasangannya.

3. Toyosaki AIO 235SC (Rp. 120.000)

Antena Toyosaki AIO 235SC bisa dipasang di dalam atau di luar ruangan dan mendukung frekuensi H dan digital. Produk ini dirancang khusus untuk frekuensi TV di Indonesia dan mampu menangkap sinyal dengan baik.

Antena ini dilengkapi dengan booster yang membuatnya mudah menangkap sinyal. Selain itu, antena ini tahan terhadap cuaca buruk seperti panas dan hujan.

Namun, lokasi pemasangan antena ini sangat berpengaruh terhadap sinyal yang diterima TV, sehingga penting untuk memilih lokasi yang tepat untuk memasang antena.

4. Aoki AT3000 Antena 2 TV Digital (Rp. 135.000)

Dilengkapi dengan kabel sepanjang 10 meter dan kabel koaksial, Aoki AT3000 juga memiliki fungsi penguat sinyal. Dengan desainnya yang sederhana dan menarik, kamu bisa menempatkan antena ini di mana saja.

5. Intra INT-555 DGT (Rp. 110.000)

Intra INT-555 DGT bisa menjadi pilihanmu jika kamu ragu memilih antena TV digital outdoor karena sulit dipasang dan dikendalikan. Meskipun dipasang di luar ruangan, antena ini dilengkapi dengan remote control untuk mengatur posisinya tanpa harus berinteraksi langsung.

6. Smartfish Antena TV DVB-T2 Digital Indoor 25 DB 4K (Rp. 19.900)

Jika kamu merasa khawatir akan ketidakmampuan dalam menerima sinyal televisi akibat penempatan TV di dalam ruangan, Antena TV DVB-T2 Digital Indoor 25DB 4K Smartfish bisa menjadi jawabannya.

Antena ini merupakan salah satu antena TV digital terunggul yang khusus dirancang untuk penggunaan indoor, dilengkapi dengan kabel berukuran 3 meter dan kabel koaksial.

Kelebihan dari antena ini adalah dapat mencapai sinyal hingga jarak 50 mil, sehingga kamu tidak perlu cemas lagi dengan penggunaan antena indoor ini.

Dengan antena ini, kamu bisa menikmati tayangan televisi digital lokal tanpa batas. Dalam satu paket pembelian, kamu akan mendapatkan satu unit antena dan satu jack antenna.

7. Jasoke JS 888 (Rp. 58.499)

Bagi kamu yang berada di sekitar bangunan tinggi dan mengalami kesulitan dalam menerima sinyal televisi, Jasoke JS 888 bisa menjadi alternatif solusinya.

Antena ini terbuat dari bahan aluminium 100% dan menjadi salah satu antena TV digital terbaik yang mampu meresap sinyal hingga jarak 75 km meskipun terhalang oleh bangunan.

Dengan antena ini, kamu masih bisa menikmati tayangan televisi dengan nyaman. Selain itu, harganya sangat terjangkau.

Jasoke JS 888 memiliki ukuran sepanjang 80 cm dan menjadi pilihan yang pas bagi kamu yang tinggal di sekitar bangunan tinggi dan mengalami masalah dalam menerima sinyal televisi.

8. PF HD 14 (Rp. 40.000)

Meskipun harganya sangat terjangkau, antena TV digital ini sudah dilengkapi dengan fitur yang cukup memadai.

Dirancang untuk penggunaan indoor, PF HD 14 ini berukuran kecil sehingga tidak membutuhkan banyak ruang untuk meletakkannya.

Selain itu, antena ini sangat ringan sehingga mudah dipindahkan. Antena ini cocok untuk TV berukuran di bawah 32 inci dan kompatibel dengan TV analog maupun digital.

Jadi, tidak peduli jenis TV yang kamu miliki, kamu masih bisa menggunakan antena ini. Bagaimana, apakah kamu ingin mencobanya sekarang?

9. Intra Zeus Outdoor Antena Digital (Rp. 120.000)

Intra Zeus Digital Outdoor Antenna adalah antena TV terbaik yang dirancang khusus untuk TV LCD dan LED.

Antena ini dirancang untuk pemasangan indoor dan mampu menangkap sinyal hingga 125 km, sehingga mampu menampilkan gambar terbaik di TV kamu. Kamu bisa mencobanya langsung dengan memasangnya di TV.

Baca juga:  Cara Menyambungkan USB ke TV LED : Mudah Banget !!

Saat membeli produk ini, kamu akan mendapatkan satu jack dan kabel RG6 sepanjang 13 meter. Produk antena ini sangat terjangkau, jadi sangat cocok bagi kamu yang mencari antena TV berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba antena TV terbaik dari Intra Zeus Digital Outdoor Antenna, pesan sekarang dari toko favoritmu sebelum stoknya habis.

10. Arashi Antena Digital (Rp. 263.000)

Terakhir, antena TV digital terbaik dari Arashi Antena Digital. Produk ini memiliki desain yang sangat menarik, bisa digunakan baik untuk indoor maupun outdoor.

Tidak mengherankan jika produk ini sudah dilengkapi dengan IPX4 yang tentunya tahan air dan UV. Arashi Antena Digital membutuhkan daya 3 watt dan memiliki daya penerimaan sinyal tinggi hingga 28 dBi.

11. Advance AA-101 Penguat HDTV (Rp275.000)

Salah satu keunggulan dari antena TV digital terbaik ini adalah ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa bepergian.

Antena ini juga tahan cuaca sehingga dapat dipasang dengan aman baik di dalam maupun di luar ruangan.

Banyak orang memilih antena TV ini untuk digunakan di rumah, saat berkemah, atau dalam perjalanan darat. Antena TV digital ini dapat digunakan untuk TV tabung dan dilengkapi dengan low noise amplifier dan gain control.

Antena TV ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang mencari antena TV digital yang praktis, tahan cuaca, dan dapat digunakan di berbagai situasi.

12. Antena TV Digital Indoor PX UDA-7000A (Rp 231.000)

Selain itu, terdapat juga antena TV digital buatan pabrik di Taiwan, yaitu PX UDA-7000A yang hadir dalam warna hitam elegan dan dikenal sebagai antena indoor.

Antena ini bisa diletakkan di samping TV, dipasang di dinding, atau digunakan pada dudukan. Keunggulan dari antena TV ini adalah fungsi lampu sinyal LED pintar yang memudahkan pengguna menemukan sinyal.

13. Sanex Antena TV Digital SN-889 DG (Rp102.000)

Rekomendasi antena TV tubular lainnya datang dari merek lokal Indonesia, Sanex. Dengan impedansi 75 ohm, antena ini dapat menangkap sinyal yang lebih kuat di beberapa daerah terpencil.

Antena ini dirancang untuk bertahan lama dalam penggunaan. Perakitan dan pemasangan mudah, tetapi hanya ditujukan untuk penggunaan outdoor.

14. Nagoya Antena TV Remote 880 (Rp195.000)

Apakah kamu memiliki TV tabung di rumah? Gunakan antena TV digital ini ya. Aman untuk pemasangan di luar ruangan dan dilengkapi dengan remote control untuk memudahkan pengaturan antena serta berlaku untuk semua jenis TV.

Dengan remote control ini, antena dapat diputar hingga 360 derajat. Fungsi penguat sinyal meningkatkan kualitas gambar dan suara di daerah terpencil.

15. Antena Taffware N0012 (Rp56.000)

Antena Taffware N0012 adalah salah satu rekomendasi produk yang tidak kalah bagusnya. Mudah dipasang dan memiliki jangkauan sinyal yang luas.

Produk ini memiliki bentuk yang sangat tipis dengan ukuran 0.02 inch sehingga sangat mudah dipasang atau digantung di dinding. Salah satu fitur menakjubkannya adalah mampu menerima sinyal dari saluran TV VHF dan UHF dengan mudah!

Cara Memilih Antena TV Digital yang Bagus untuk Indoor dan Outdoor

Ingin memilih antena TV digital yang paling baik tetapi masih kebingungan? Ikuti tips berikut ini untuk memilih antena TV digital yang sesuai dan berkualitas.

1. Sesuaikan ukuran antena TV dengan tipe TV

Beragam jenis TV digital saat ini hadir dengan berbagai pilihan. Untuk mendapatkan antena terbaik, Kalian harus memilihnya berdasarkan jenis TV digital yang Kalian miliki.

  • TV LED/LCD
    Umumnya, TV jenis LED/LCD memiliki tantangan dalam menerima sinyal, meskipun tidak semua merek sama. Untuk mengatasi hal ini, Kalian membutuhkan antena TV yang spesifik. Antena yang disarankan adalah antena dengan ukuran sedang hingga besar, agar TV dapat menerima sinyal dengan lebih mudah dan nyaman.
  • TV Tabung
    Sementara itu, TV tabung, meskipun terkesan lama, memiliki kemampuan lebih baik dalam menangkap sinyal dibandingkan TV LED/LCD. Antena TV yang direkomendasikan untuk TV tabung adalah antena dengan ukuran kecil hingga sedang.

Dengan menyesuaikan ukuran antena, Kalian bisa menikmati layanan TV dengan nyaman dan hemat biaya, karena TV jenis ini lebih ekonomis.

2. Sesuaikan penempatan antena

Perhatikan lokasi pemasangan antena, selain menyesuaikan dengan jenis TV digital yang Kalian miliki. Ada dua jenis antena TV, yaitu antena dalam ruangan (indoor) dan antena luar ruangan (outdoor), tergantung pada lokasinya.

Baca juga:  Cara Memasang Saklar Bor Bolak-Balik Pasti Berhasil

  • Antena Indoor
    Dengan penempatannya di dalam ruangan, antena indoor menawarkan kemudahan dalam pemasangan, perlindungan dari petir, dan biaya yang lebih ekonomis.

Posisi antena ini juga dapat diubah dengan mudah sesuai kebutuhan Kalian. Tetapi, antena indoor kadang-kadang mengalami kesulitan dalam menerima sinyal pada waktu-waktu tertentu, sehingga kualitas gambar TV yang menggunakan antena ini mungkin kurang jernih dibandingkan dengan antena outdoor.

Antena ini seringkali dilengkapi dengan kabel yang cukup pendek dan sulit untuk menangkap sinyal dengan bebas jika antena tidak terbuka.

  • Antena Outdoor
    Dengan kemampuannya untuk menerima sinyal secara lebih luas, antena outdoor dapat menghasilkan kualitas gambar TV yang lebih jelas.

Kalian tidak perlu repot mengatur posisi antena secara terus-menerus setelah menemukan lokasi yang ideal. Namun, antena outdoor biasanya lebih mahal dibandingkan antena indoor, jadi Kalian perlu menyesuaikan dengan anggaran Kalian.

Jika Kalian tinggal di daerah dengan sinyal yang tidak sulit diterima, Kalian dapat memilih antena indoor yang lebih ekonomis dan tetap dapat menikmati layanan TV dengan mudah.

3. Perhatikan kabel coaxial pada antena TV

Salah satu faktor penentu dalam mendapatkan sinyal yang baik adalah kabel coaxial yang ada pada antena TV digital terbaik. Kabel ini digunakan untuk menghubungkan saluran ke TV. Meskipun harganya biasanya lebih tinggi, kualitas penerimaan sinyal dengan kabel ini sangat baik. Jadi, pastikan untuk memeriksa hal ini.

4. Periksa fitur booster atau penguat sinyal

Sebagai pilihan lainnya, Kalian juga bisa memilih antena yang dilengkapi dengan penguat sinyal atau amplifier. Alat ini sangat bermanfaat jika digunakan di daerah dengan sinyal yang lemah, seperti daerah pedesaan. Dengan demikian, Kalian tetap bisa menikmati hasil yang optimal meskipun berada di area dengan kualitas sinyal yang kurang baik.

Cara Memasang Booster Antena TV Digital

Booster Antena TV Digital, menginstal booster TV sejatinya tidak terlalu kompleks, bahkan bagi orang yang baru pertama kali melakukannya. Biasanya, booster dipasang dekat antena, sekitar 1 meter. Booster umumnya memiliki dua port kabel, yang ditKaliani dengan label UHF/ke antena dan ke TV.

  • Kalian perlu menghubungkan antena ke booster di port Ke Antena / UHF menggunakan kabel antena. Selanjutnya, sambungkan booster atas ke booster bawah menggunakan kabel coaxial, dan pasangkan di port Ke TV booster atas ke port Ke Booster booster bawah.
  • Lalu, hubungkan kabel coaxial atau kabel antena dari port Ke TV booster bawah ke televisi.
  • Setelah semua kabel terhubung dengan benar, nyalakan booster dan televisi, dan cek kualitas siaran TV setelah pemasangan booster.
  • Biasanya, Kalian akan melihat perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan sebelum penggunaan booster. Jika tidak ada perubahan, cobalah memutar arah antena hingga mendapatkan sinyal yang maksimal.

Catatan: Pastikan semua koneksi kabel terpasang dengan tepat dan ketat untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Jika masih belum ada perubahan juga, bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Kualitas Booster yang tidak memadai
  • Kabel antena berkualitas rendah
  • Posisi antena yang tidak cukup tinggi
  • Kesalahan dalam instalasi kabel atau antena.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat memasang kabel antena adalah bagian tembaga dalam kabel antena tidak boleh kontak dengan kawat serabut grounding. Jika terjadi kesalahan dalam hal ini, bisa jadi fungsi booster tidak akan maksimal.

Penutup

Sebagai penutup, dapat disimpulkan bahwa Booster Antena TV memang memiliki peran krusial dalam meningkatkan kualitas sinyal televisi Kalian. Teknologi ini sangat membantu, terutama bagi mereka yang berada di area dengan sinyal TV yang lemah atau bermasalah. Dengan investasi yang relatif kecil, booster ini dapat membawa perubahan signifikan pada pengalaman menonton TV Kalian, memberikan tampilan gambar yang jernih dan suara yang jelas.

Namun, selalu ingat bahwa memilih Booster Antena TV harus didasarkan pada beberapa faktor penting seperti kebutuhan Kalian, kondisi geografis, dan tipe antena yang digunakan. Pastikan Kalian melakukan riset yang cukup sebelum memutuskan mana yang terbaik bagi Kalian. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional atau mencari saran dari ulasan produk online.

Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel dari bengkeltv.id ini. Semoga informasi yang disajikan dapat membantu Kalian dalam meningkatkan pengalaman menonton TV Kalian. Selamat mencoba dan menikmati tayangan TV dengan kualitas terbaik yang dihasilkan oleh Booster Antena TV. Selamat menonton!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *