Cara Cek Heater Kulkas Polytron Dengan Multitester

Panduan Lengkap Cara Cek Heater Kulkas Polytron Dengan Multitester

Posted on

Bengkeltv.idPanduan Lengkap Cara Cek Heater Kulkas Polytron Dengan Multitester. Memiliki kulkas di rumah telah menjadi kebutuhan dasar di banyak rumah tangga. Alat ini tidak hanya membantu menjaga makanan tetap segar, tetapi juga menjadi komponen penting dalam mempersiapkan makanan dan minuman sehari-hari.

Dalam menjaga fungsinya, perawatan dan pemeliharaan yang baik sangat diperlukan, termasuk memahami bagaimana cara memeriksa komponen-komponen penting kulkas, seperti heater. Kulkas Polytron, salah satu merek terkenal di Indonesia, tidak terkecuali.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail bagaimana Cara Cek Heater Kulkas Polytron Dengan Multitester atau multitester. Ini adalah panduan praktis yang akan membantu Kalian menjaga kulkas Kalian tetap berfungsi dengan baik dan efisien. Mari kita mulai!

Mengenal Heater Pada Kulkas Polytron

Heater, atau dikenal juga dengan Defrost Heater, merupakan perangkat yang berfungsi untuk mempercepat proses pelelehan kristal es pada evaporator kulkas dua pintu. Ia menggunakan elemen pemanas untuk mencapai tujuan tersebut. Heater beroperasi secara bergiliran dengan kompresor, di mana kontrol operasionalnya berada di tangan timer.

Ketika kontak di timer terputus dan aliran listrik untuk kompresor dialihkan ke defrost heater, elemen pemanas ini akan mulai beroperasi. Pada titik ini, suhu di sekitar evaporator akan naik hingga es yang ada bisa mencair sepenuhnya. Defrost heater akan berhenti beroperasi ketika defrost thermostat mendeteksi suhu yang dihasilkan oleh defrost heater telah mencapai batas tertentu.

Fungsi Heater Pada Kulkas?

Heater, yang juga sering disebut sebagai defrost panas, adalah bagian penting dalam kulkas yang bertugas untuk mencairkan kristal es yang terbentuk di evaporator. Heater ini menghasilkan panas melalui kawat yang diberi tegangan listrik tinggi.

Untuk menjaga integritas body kulkas saat heater beroperasi, komponen ini dilindungi oleh lapisan kaca khusus yang tertutup erat, sehingga mencegah potensi bahaya kebakaran pada body kulkas.

Perlindungan ini juga berperan penting dalam melindungi heater dari kontak langsung dengan air. Kontak tersebut dapat berpotensi menimbulkan korsleting listrik, yang tentunya dapat merusak kulkas dan berbahaya bagi pengguna.

Baca juga:  Ciri-Ciri Oli Kompresor Kulkas Habis dan mengidentifikasinya

Macam-Macam Heater Kulkas 2 Pintu

Banyak orang mungkin tidak sadar bahwa ada beberapa jenis heater yang ditempatkan dalam kulkas dua pintu untuk mendukung fungsi optimalnya. Dua jenis heater yang sering digunakan dalam kulkas jenis ini adalah heater kaca dan heater evaporator. Tidak mengherankan bahwa setiap model kulkas mungkin memiliki jenis heater yang berbeda.

Heater kaca biasanya terletak di bagian bawah evaporator, sedangkan heater evaporator ditempatkan langsung pada evaporator itu sendiri. Jika heater kaca mengalami kerusakan, maka biasanya dapat langsung terlihat pada kaca pelapis yang pecah. Sebaliknya, untuk memastikan apakah heater evaporator rusak atau tidak, diperlukan pengukuran lebih lanjut dengan menggunakan multitester.

Cara Kerja Heater pada Kulkas 2 Pintu

Ketika evaporator pada kulkas sudah mencapai tingkat dingin yang cukup, kedua kabel pada heater akan terhubung dan menambah tegangan langsung ke heater kulkas. Kulkas dua pintu dilengkapi dengan sistem pencairan es yang lebih maju, berbeda dengan kulkas satu pintu yang umumnya hanya memiliki sistem pencairan es secara manual.

Sehingga, proses pencairan es pada kulkas dua pintu menjadi lebih efektif dan mudah. Ada beberapa fitur yang mendukung proses ini, termasuk:

  • Thermo fuse
  • Thermostat kulkas
  • Motor kipas blower
  • Heater kulkas
  • Thermo defrost (heater)
  • Timer defrost kulkas

Dengan fitur-fitur tersebut, kulkas dua pintu menjadi lebih efisien dan mudah dalam menjaga suhu yang ideal.

Letak Heater Kulkas Polytron 2 Pintu

Biasanya, heater pada kulkas dua pintu Polytron terposisi di bagian atas dan tepat di bawah evaporator. Fungsi utamanya adalah untuk mencairkan kristal es yang terbentuk di evaporator secara merata. Setelah proses pencairan, air yang terbentuk akan disalurkan melalui jalur pembuangan khusus untuk mencegah terbentuknya genangan air di dalam kulkas.

Heater pada kulkas dua pintu Polytron yang terbuat dari material kaca umumnya memiliki ukuran sekitar 10 atau 11 inci, yang setara dengan 26 cm. Biasanya, kulkas dua pintu menggunakan heater kaca yang desainnya mirip dengan elemen yang dilapisi kaca atau lampu UV.

Ciri-Ciri Heater Kulkas 2 Pintu Rusak

Jika terdapat kerusakan pada komponen heater, kulkas tidak akan dapat bekerja secara optimal. Indikasi kerusakan pada heater bisa dilihat dari adanya penumpukan kristal es di area evaporator.

Penimbunan es ini bisa berakibat pada penurunan efektivitas pendinginan kulkas dan bahkan bisa merusak kipas evaporator jika es terus menerus menekan kipas tersebut.

Baca juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Kulkas Polytron Tidak Dingin

Cara Cek Heater Kulkas dengan Multitester dan Metode Lain

Heater memiliki fungsi yang sangat krusial dalam operasional kulkas, sehingga penting untuk memastikan kondisinya selalu dalam keadaan baik. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas cara memeriksa kinerja heater kulkas menggunakan multitester, sebagai alat untuk memastikan apakah heater berfungsi secara normal atau tidak.

1. Cek Heater Kulkas Dengan Multitester

Cara Cek Heater Kulkas Polytron Dengan Multitester, untuk memeriksa kondisi heater kulkas, tahap pertama yang harus Kalian lakukan adalah membuka dan melepaskan heater dari posisinya di bawah evaporator.

Selanjutnya, Kalian dapat melakukan pemeriksaan dengan menggunakan multitester atau avometer pada skala ohm. Jika multitester menunjukkan adanya hambatan, maka bisa dipastikan bahwa komponen heater pada kulkas dua pintu masih dalam kondisi baik.

2. Cek Heater Kulkas Dengan Menyambungkan Daya 220 V

Sebagai alternatif, Kalian juga bisa memeriksa kondisi heater dengan menghubungkannya langsung ke sumber listrik 220V. Jika heater berfungsi dengan baik, maka ia akan menghasilkan panas. Namun, jika tidak ada panas yang dihasilkan, maka dapat disimpulkan bahwa komponen heater mengalami kerusakan.

3. Cara Cek Heater Kulkas Sederhana

Cara Cek Heater Kulkas Polytron Dengan Multitester, berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk memeriksa kondisi heater:

  • Lepaskan penutup depan evaporator.
  • Perhatikan heater defrost.
  • Cabut komponen heater dari evaporator tetapi jangan melepaskan soketnya, biarkan soket tersebut tetap terhubung dengan instalasi.
  • Ubah pengaturan timer ke posisi defrost, lalu potong kedua kabel heater.
  • Sambungkan kembali kedua kabel tersebut dengan menempelkannya, kemudian lepaskan secara bergantian.
  • Jika muncul percikan api kecil, berarti heater masih berfungsi dengan baik. Namun, jika tidak ada percikan api, berarti heater tersebut sudah rusak.

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Heater

Berbagai persoalan yang kerap muncul terkait defrost heater pada kulkas dua pintu di antaranya adalah:

  • Elemen pemanas pada defrost heater ditempatkan di dalam tabung kaca. Saat elemen pemanas bekerja dan meningkatkan suhu tabung kaca, kristal es pada evaporator mencair. Namun, jika air tersebut bersentuhan dengan tabung kaca, tabung tersebut berisiko pecah akibat perubahan suhu mendadak di permukaannya.
  • Defrost heater pada kulkas dua pintu dilengkapi dengan sekering (fuse) yang berfungsi untuk menjaga suhu evaporator agar tidak terlalu tinggi apabila defrost thermostat rusak atau short karena terkena air. Biasanya, defrost thermostat ditempatkan pada posisi yang jauh dari defrost heater, untuk memastikan es yang berada di titik terjauh dari heater tetap dapat mencair, sementara fuse ditempatkan lebih dekat dengan defrost thermostat karena batas suhu fuse lebih tinggi dibanding sensor defrost.
  • Elemen pemanas berbentuk kawat dengan diameter sangat kecil sangat rentan terhadap kerusakan jika bersentuhan dengan air secara langsung. Jika tabung kaca pecah, panas yang dihasilkan oleh elemen pemanas sering kali membuat kabel yang mengalirkan listrik pada elemen pemanas ikut terpanas dan akhirnya putus.
Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Kulkas LG yang Wajib Diketahui

Kelebihan Kulkas Polytron

Polytron menawarkan berbagai jenis produk kulkas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Kalian. Jenis kulkas yang tersedia bervariasi mulai dari kulkas mini berkapasitas kecil, hingga kulkas reguler dengan satu, dua, tiga, atau bahkan empat pintu. Tak hanya beragam jenis, Polytron juga menyediakan berbagai desain dan warna yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi Kalian.

Mengusung teknologi terdepan, Polytron menambahkan berbagai fitur unggulan pada produknya. Salah satunya adalah fitur deodorizer, yang berfungsi untuk menyerap aroma tak sedap, serta Teknologi Inverter yang dapat menghemat penggunaan listrik hingga 20%. Tak hanya itu, Polytron juga menghadirkan fitur Twist & Ice, yang memudahkan Kalian dalam membuat es batu dengan cepat.

Kekurangan Kulkas Polytron

Kulkas Polytron dilengkapi dengan kompresor yang berfungsi untuk memberikan suhu dingin sesuai dengan pengaturan. Namun, kompresor ini sering kali menghasilkan suara bising saat beroperasi, terutama ketika bekerja di kondisi maksimal. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi kenyamanan penggunaannya dibandingkan dengan merek lainnya. Meski demikian, Polytron terus berupaya melakukan peningkatan pada produknya.

Sejumlah aspek operasional tersebut masih bisa ditolerir mengingat harga kulkas ini relatif terjangkau. Selain itu, beberapa pengguna juga mengemukakan keluhan mengenai masa pakai kulkas ini yang cenderung singkat. Isu ini kadang-kadang membuat sebagian konsumen memilih merek lain yang memiliki daya tahan lebih panjang.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai cara cek heater kulkas Polytron dengan multitester. Semoga informasi ini bisa menjadi panduan bagi Kalian dalam menjaga dan merawat kulkas Polytron yang Kalian miliki. Perawatan yang tepat dan pengecekan rutin terhadap komponen-komponen kulkas, seperti heater, akan membantu meningkatkan efisiensi dan masa pakai alat tersebut. Jika Kalian menemui masalah atau kerusakan, segera hubungi pihak service center Polytron untuk mendapatkan bantuan dan penanganan yang tepat. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *