Skema Kelistrikan Kulkas Polytron 2 Pintu

Mempelajari Skema Kelistrikan Kulkas Polytron 2 Pintu : Panduan Lengkap

Posted on

Bengkeltv.idMempelajari Skema Kelistrikan Kulkas Polytron 2 Pintu : Panduan Lengkap. Apakah Kalian adalah pemilik kulkas 2 pintu Polytron yang mencari informasi tentang Skema Kelistrikan Kulkas Polytron 2 Pintu? Jika iya, maka Kalian berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci tentang Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Polytron.

Kalian akan mempelajari tentang berbagai bagian dari kulkas dan cara kerjanya, termasuk komponen kelistrikan, sensor suhu, dan kompresor. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa tips perawatan kulkas agar tetap awet dan efisien.

Skema Kelistrikan Kulkas Polytron 2 Pintu.

Skema Kelistrikan Kulkas Polytron 2 Pintu

Jika Kalian ingin melihat skema diagram kulkas Polytron 2 pintu, berikut ini salah satu contohnya. Secara umum, skema diagram ini akan serupa untuk berbagai merek kulkas, namun bahan yang digunakan serta desain rangka dan eksteriornya bisa berbeda-beda. Terdapat beberapa bagian penting pada kulkas yang memiliki peran masing-masing.

1. Thermostat

Sensor suhu digunakan untuk mengukur suhu di dalam kulkas. Pada diagram timer kulkas tipe 1-4, semua komponen saling terhubung dan bergantung satu sama lain. Apabila salah satu komponen mengalami kerusakan, hal ini dapat berdampak serius pada fungsi keseluruhan dari kulkas.

2. Timer Defrost

Selain itu, terdapat timer defrost yang berfungsi untuk mengatur kinerja kompresor dan heater pada kulkas. Timer ini bergantung pada sensor thermostat untuk memastikan kondisi suhu di dalam kulkas tetap stabil.

3. Thermo Defrost

Komponen timer defrost berfungsi untuk menghidupkan komponen heater setiap tujuh jam sekali, guna mengurangi pembentukan bunga es di dalam kulkas. Kemampuan timer defrost dalam bekerja sangat mempengaruhi kinerja listrik kulkas 2 pintu.

Baca juga:  Tempat Pembuangan Air Kulkas Polytron Belleza : Panduan Komprehensif.

4. Overload Protector

Relay termal adalah salah satu komponen yang menjaga kondisi kompresor agar tetap stabil. Apabila suhu di sekitar relay termal terlalu panas, maka komponen ini secara otomatis akan memutus arus yang masuk ke bagian kompresor.

5. Kipas Evaporator

Skema diagram kulkas Polytron 2 pintu juga mencakup kipas yang berfungsi untuk menghasilkan udara dingin melalui evaporator ke ruang di dalam lemari pendingin, baik itu di bagian freezer maupun bagian penyimpanan bawah.

6. Kompresor

Pompa listrik pada kulkas berfungsi untuk menghisap dan menyebarkan freon melalui pipa pendingin. Pompa listrik memiliki bentuk seperti tabung dan terletak di bagian belakang kulkas.

7. PTC

PTC (Positive Temperature Coefficient) adalah komponen yang berfungsi mengalirkan arus listrik ke kumparan bantu kompresor saat kulkas pertama kali dihidupkan. PTC merupakan resistor yang nilai hambatannya berubah sesuai dengan suhu. Semakin tinggi suhu PTC, semakin tinggi nilai hambatannya.

8. Door Switch Freezer

Thermostat berfungsi menjaga suhu di dalam freezer tetap dingin, dengan mengatur aliran listrik ke kipas evaporator. Agar proses pendinginan di dalam freezer maksimal, posisi thermostat harus tertutup rapat. Door switch freezer adalah saklar yang memastikan posisi pintu freezer tertutup rapat.

9. Door Switch Refrigerator

Door switch adalah saklar yang mengatur arus listrik ke lampu dan kipas pada evaporator kulkas. Ketika pintu kulkas tertutup, arus listrik akan dialirkan ke kipas evaporator melalui door switch. Namun, ketika pintu kulkas dibuka, arus listrik akan dialirkan ke lampu kulkas melalui door switch.

10. Thermo Fuse

Thermal fuse berfungsi sebagai pengaman untuk mencegah heater mencapai suhu yang terlalu tinggi saat thermostat mengalami kerusakan dan tidak berfungsi dengan baik. Meskipun demikian, thermal fuse tetap memiliki batas maksimum kemampuan menjaga suhu yaitu 72 derajat Celsius.

11. Lampu

Lampu pada skema diagram kulkas 2 pintu berfungsi sebagai sumber cahaya di dalam kulkas. Fungsi ini sangat penting untuk memudahkan pengguna mencari barang yang dibutuhkan di dalam kulkas.

Baca juga:  Penyebab & Cara Memperbaiki Kipas Kulkas Dua Pintu : Panduan Untuk Pemula

12. Heater

Heater berfungsi menjaga suhu di dalam freezer agar tidak terlalu dingin dan mencegah terbentuknya bunga es. Pada kulkas 2 pintu, terdapat dua heater yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Cara kerja kulkas 2 pintu

Cara kerja kulkas 2 pintu dapat dijelaskan sebagai berikut:

Proses Pendinginan

  • Saat kulkas 2 pintu pertama kali dinyalakan, suhu di dalam kulkas masih hangat atau tidak dingin. Sensor thermostat akan memerintahkan timer defrost untuk menghubungkan arus listrik ke kompresor.
  • Kompresor akan menyala dan menghisap gas freon dari evaporator untuk kemudian menghembuskannya dengan tekanan yang tinggi ke kondenser melalui filter.
  • Akibat proses kondensasi di dalam jaringan kondenser, gas freon yang tadinya berupa gas akan berubah menjadi cair dengan suhu yang lebih rendah.
  • Zat freon yang bersuhu rendah tersebut selanjutnya akan dialirkan ke jaringan pipa evaporator. Pipa evaporator akan menghembuskan suhu dingin dari evaporator ke dalam ruangan kulkas. Sehingga semakin lama suhu ruangan kulkas semakin dingin. Tingkat suhu dingin di dalam kulkas dapat diatur melalui knop yang ada pada timer.
  • Selanjutnya, zat freon akan terus bersirkulasi di dalam sistem pendingin kulkas.

Proses Defrost

  • Ketika suhu di dalam kulkas telah mencapai tingkat dingin yang diinginkan, thermostat kulkas akan memutuskan aliran listrik ke kompresor sehingga sirkulasi gas freon terhenti.
  • Suhu kulkas akan tetap terjaga sesuai yang diinginkan karena mekanisme kerja kompresor diatur oleh thermostat.
  • Sistem defrost pada kulkas 2 pintu dikendalikan oleh timer defrost yang pada dasarnya adalah sebuah relai.
  • Tiap 7 atau 8 jam sekali, relai di dalam timer defrost akan menghubungkan arus listrik ke heater atau pemanas selama beberapa saat.
  • Dengan adanya pemanasan secara otomatis ini, pembentukan bunga es di dalam freezer box dapat dicegah.

Kelebihan Kulkas 2 Pintu

Kulkas 2 pintu memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

1. Lebih banyak ruang penyimpanan

Kulkas 2 pintu memiliki dua bagian pintu yang memungkinkan kita untuk menyimpan makanan dan minuman lebih banyak. Biasanya, bagian atas kulkas digunakan untuk menyimpan makanan seperti sayuran, buah-buahan, dan daging. Sementara itu, bagian bawah atau freezer digunakan untuk menyimpan makanan beku seperti es krim, daging beku, atau makanan siap saji.

Baca juga:  Panduan Mudah : Cara Menghidupkan Kulkas Setelah Dibersihkan

2. Hemat listrik

Kulkas 2 pintu lebih hemat listrik dibandingkan kulkas satu pintu dengan kapasitas yang sama. Hal ini dikarenakan kulkas 2 pintu memiliki sistem pendingin yang lebih efisien.

3. Mudah mengambil barang

Kulkas 2 pintu memudahkan kita untuk mengambil barang yang kita butuhkan. Kita tidak perlu membuka keseluruhan pintu kulkas untuk mengambil makanan atau minuman di bagian atas. Hal ini dapat menghemat waktu dan juga mempertahankan suhu di dalam kulkas.

4. Desain yang lebih modern

Kulkas 2 pintu memiliki desain yang lebih modern dan elegan dibandingkan kulkas satu pintu. Desain yang lebih modern ini dapat membuat dapur kita terlihat lebih cantik dan menarik.

5. Memisahkan makanan dan minuman

Dengan dua pintu pada kulkas 2 pintu, kita dapat memisahkan makanan dan minuman dengan lebih mudah. Hal ini dapat memudahkan kita untuk mencari dan mengambil barang yang kita butuhkan. Selain itu, memisahkan makanan dan minuman juga dapat menjaga kesegaran dan kebersihan makanan dan minuman yang kita simpan di dalam kulkas.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai skema kelistrikan kulkas Polytron 2 pintu. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian dalam memahami komponen-komponen yang ada pada kulkas 2 pintu dan cara kerjanya. Dengan memahami hal ini, kita dapat merawat kulkas dengan baik dan memperpanjang usia pakainya. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *