Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron 1 Pintu

Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron 1 Pintu : Panduan Lengkap 

Posted on

Bengkeltv.idCara Mengatur Suhu Kulkas Polytron 1 Pintu : Panduan Lengkap. Kulkas sudah menjadi kebutuhan wajib bagi sebagian besar rumah, termasuk juga di tempat tinggal kalian. Tak bisa dipungkiri, alat pendingin makanan ini sangat penting untuk menjaga kelembaban dan kesegaran makanan yang disimpan.

Selain itu, kulkas juga berfungsi untuk memperpanjang masa simpan makanan dan minuman yang di simpan di dalamnya.

Namun, agar makanan dan minuman yang disimpan tetap segar dan awet lebih lama, mengatur suhu kulkas menjadi hal yang sangat penting. Hal ini juga berlaku untuk kulkas Polytron 1 pintu.

Meski terlihat sepele, namun tidak semua orang mengetahui cara yang benar untuk mengatur suhu kulkas. Maka dari itu, artikel ini akan memberikan panduan cara mengatur suhu kulkas Polytron 1 pintu secara efektif dan mudah

Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron 1 Pintu

Mengatur suhu kulkas Polytron sendiri bisa dibilang sangat mudah dilakukan. Bahkan untuk mereka yang belum memiliki kulkas, pasti sudah tahu bagaimana cara mengaturnya. Bagi yang belum tahu, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka Pintu Kulkas

Langkah pertama adalah membuka pintu kulkas dengan menarik gagang pintu. Mungkin kulkas Polytron yang baru akan terasa sedikit sulit karena karet pada pintu masih lengket.

2. Kemudian Lihat Tombol Suhu

Setelah berhasil membuka pintu, langkah selanjutnya adalah mencari tombol pengatur suhu. Pada kulkas Polytron 1 pintu, tombol pengatur suhu berada di bawah freezer yang paling atas. Untuk menemukannya, kalian perlu membungkuk atau jongkok.

3. Putar Tombol Suhu

Setelah menemukan tombol pengatur suhu, kalian hanya perlu mengatur sesuai dengan suhu yang diinginkan untuk kulkas. Pada kulkas Polytron 1 pintu, rentang suhu yang tersedia adalah antara 0 hingga 5 °Celsius.

Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron 1 Pintu Yang Benar

Ketika menggunakan kulkas, kita perlu mempertimbangkan komponen-komponen di dalamnya untuk menjaga kualitas dan umur pakai lemari es kita. Pengaturan suhu kulkas harus sesuai dengan kebutuhan dan tidak melebihi batas maksimum suhu dingin yang diperlukan.

Baca juga:  Panduan Lengkap Cara Cek Heater Kulkas Polytron Dengan Multitester

Frekuensi membuka dan menutup pintu kulkas juga mempengaruhi tingkat pendinginan di dalamnya. Jika terlalu sering dibuka, kulkas akan memerlukan waktu lebih lama untuk mencapai suhu yang diinginkan. Dalam hal ini, kalian dapat meningkatkan pengaturan suhu ke posisi yang lebih dingin.

Untuk penggunaan sehari-hari, pengaturan suhu kulkas Polytron yang tepat adalah di posisi 2 atau 3. Pada suhu ini, kulkas dapat menyimpan makanan dengan baik dan tidak boros dalam penggunaan listrik.

Suhu Kulkas Polytron Untuk Membuat Es Batu

Sebenarnya tidak ada patokan khusus mengenai suhu kulkas Polytron untuk membuat es batu. Meskipun demikian, kalian masih dapat membuat es batu menggunakan kulkas Polytron dengan pengaturan suhu di angka 2. Namun, tentunya waktu yang dibutuhkan menjadi lebih lama.

Untuk membuat es batu lebih cepat, kalian dapat menggunakan suhu 4 atau 5 pada kulkas Polytron. Namun, perlu diingat untuk tidak menyetel knop suhu terlalu tinggi karena selain membuat tagihan listrik menjadi lebih mahal, bunga es juga dapat lebih cepat menumpuk pada bagian freezer.

Selain itu, hindari sering membuka pintu freezer saat sedang membuat es batu. Hal ini bertujuan untuk menjaga suhu pada freezer agar tetap terjaga sehingga pembuatan es batu menjadi lebih cepat.

Disarankan juga untuk menggunakan cetakan khusus yang terbuat dari plastik keras saat membuat es batu. Jangan menggunakan kantong plastik karena akan sulit saat akan mengeluarkan es batu.

Tips Agar Suhu Kulkas Tetap Dingin

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, faktor knop suhu pada kulkas tidaklah menjadi satu-satunya faktor yang memengaruhi suhu dalam kulkas tetap dingin. Ada faktor lain yang juga berperan penting.

Jenis dan jumlah makanan yang tersimpan di dalam kulkas juga dapat memengaruhi kestabilan suhu kulkas. Selain itu, suhu udara di sekitar kulkas dan frekuensi membuka dan menutup pintu kulkas juga merupakan faktor lain yang dapat memengaruhi suhu dalam kulkas.

Penyebab Kulkas Polytron Tidak Dingin

Jika kalian telah menyetel knop kulkas Polytron pada tingkat paling dingin namun suhunya belum maksimal, kalian perlu mempertimbangkan beberapa penyebab kulkas yang tidak dingin berikut ini:

1. Bunga Es Sudah Terlalu Tebal

Kasus umum kulkas yang tidak dapat mencapai suhu dingin maksimal adalah karena bunga es yang terlalu tebal menutupi lubang angin. Lubang angin ini berfungsi dalam mendinginkan udara di dalam kulkas. Oleh karena itu, jika kulkas sudah tidak dingin maksimal, periksa bunga esnya terlebih dahulu.

Baca juga:  Panduan Praktis : Cara Membersihkan Kulkas Polytron

Membersihkan bunga es yang sudah tebal sangatlah mudah. kalian hanya perlu mematikan kulkas dan membuka pintunya, lalu arahkan kipas angin ke depan kulkas. Cara ini sangat cepat dan efektif untuk membersihkan bunga es sehingga bagian freezer menjadi bersih kembali.

Setelah bunga es mencair, kalian perlu membuang air yang terkumpul di laci bagian bawah freezer. Bersihkan bagian dalam kulkas dengan menggunakan lap tekstil dapur yang bersih agar air yang tersisa bisa hilang dan mencegah pembentukan bunga es kembali.

2. Menyimpan Makanan Panas

Banyak dari kita mungkin sering menyimpan makanan panas di dalam kulkas agar cepat dingin. Namun, cara ini sangat tidak baik untuk kesehatan kulkas dalam jangka panjang. Hal ini terjadi karena suhu panas yang dihasilkan oleh makanan lebih dominan, sehingga suhu di sekitarnya juga akan ikut naik.

Jika kalian menyimpan makanan panas dalam jumlah besar di dalam kulkas, hal ini dapat menyebabkan suhu di dalam kulkas menurun. Hal ini terjadi karena bagian kulkas langsung berinteraksi dengan wadah makanan dengan suhu panas. Oleh karena itu, hal ini dapat menyebabkan kulkas tidak lagi dingin setelah menyimpan makanan panas.

3. Stop Kontak Bermasalah

Setiap perangkat elektronik dihubungkan ke stop kontak untuk mendapatkan sumber listrik. Namun, seringkali stop kontak yang ada di rumah tidak berfungsi dengan baik seperti seharusnya.

Stop kontak yang tidak berfungsi dengan baik dapat menjadi penyebab kulkas tidak bekerja dengan maksimal sehingga suhu dalam kulkas menjadi kurang dingin. Untuk mengecek stop kontak, kalian dapat mencoba menghubungkan peralatan elektronik yang lain ke sumber listrik yang sama.

Jika peralatan tersebut berfungsi dengan baik, kemungkinan masalah terletak pada kabel kulkas yang tidak terpasang dengan baik saat dihubungkan ke stop kontak.

4. Freon

Salah satu penyebab umum ketika kulkas tidak dingin adalah kebocoran atau kehabisan freon. Freon adalah gas atau senyawa yang dapat menghasilkan dingin pada kulkas. Untuk memastikannya, kalian dapat meraba bagian belakang kulkas yang berdekatan dengan grill kulkas.

Bagian tersebut seharusnya terasa panas karena panas dari freon akan dilepaskan pada bagian itu. Jika bagian tersebut tidak terasa hangat, kemungkinan freon sudah habis dan perlu diisi kembali.

Baca juga:  Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Sharp, Yang Mudah Dipahami

5. Periksa Keadaan Pintu Kulkas

Ketika kulkas sudah tidak dingin seperti seharusnya, salah satu penyebabnya mungkin karena karet pintu kulkas yang sudah tidak rapat atau bahkan sobek.

Hal ini biasanya terjadi karena pintu kulkas sering dibuka dan ditutup dalam sehari, sehingga karet pintu menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Jika karet pintu kulkas tidak berfungsi dengan baik, kulkas tidak akan tertutup dengan sempurna dan pintunya tidak rapat. Hal ini membuat udara di dalam kulkas bisa keluar dan menyebabkan suhu kulkas menjadi tidak dingin lagi.

6. Knop / Thermostat Tidak Diatur

Knop atau thermostat yang terdapat di dalam kulkas berfungsi untuk mengatur proses pendinginan yang diharapkan. Jika thermostat kulkas belum diatur atau bahkan berada pada posisi off, kulkas tidak akan dingin seperti seharusnya.

7. Tegangan Listrik Tidak Stabil

Stabilitas aliran listrik di rumah sangat penting karena dapat mempengaruhi kinerja dan umur dari peralatan elektronik, termasuk kulkas. Pastikan kondisi listrik di rumah dalam keadaan baik sebelum menggunakan peralatan elektronik.

Jika kalian menggunakan sistem pembayaran listrik prabayar, kalian dapat memeriksa tegangan listrik dengan menekan angka 41 kemudian tekan enter. Jika tegangan listrik berada di atas 190 volt, itu berarti tegangan listrik sudah stabil. Namun, jika tegangan listrik berada di bawah 190 volt, perlu dilakukan pemeriksaan oleh teknisi PLN.

8. Evaporatur Putus

Jika jalur yang berfungsi untuk menyalurkan freon yang dapat mendinginkan kulkas putus, maka kulkas akan menjadi kurang dingin. Jika terjadi kerusakan atau kebocoran, freon tidak dapat menyebar dengan maksimal. Untuk mengatasinya, bagian evaporator perlu diganti dengan yang baru.

Penutup

Dengan mengikuti panduan di atas, kalian dapat dengan mudah mengatur suhu kulkas Polytron 1 pintu agar tetap dingin dan segar. Pastikan untuk memeriksa suhu kulkas secara teratur dan menyesuaikan suhu jika diperlukan.

Dengan merawat kulkas dengan baik, kalian dapat memperpanjang umur kulkas dan menjaga makanan dan minuman tetap segar lebih lama.

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron 1 Pintu semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang baru saja membeli kulkas Polytron 1 pintu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *