Cara Menghidupkan Kulkas Yang Lama Tidak Dipakai

Cara Menghidupkan Kulkas Yang Lama Tidak Dipakai : Panduan Langkah Demi Langkah

Posted on

Bengkeltv.id Cara Menghidupkan Kulkas Yang Lama Tidak Dipakai : Panduan Langkah Demi Langkah. Saat membuka gudang atau ruang penyimpanan yang telah lama terkunci, tak jarang kita menemukan barang-barang lama yang sudah lama tidak digunakan. Salah satunya adalah kulkas. Kulkas yang sudah lama tidak digunakan biasanya membutuhkan penanganan khusus sebelum bisa kembali difungsikan secara normal.

Namun, bagaimana cara yang tepat untuk menghidupkan kulkas yang telah lama tidak dipakai? Pada artikel ini, kita akan membahas secara detail mengenai prosedur dan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk Cara Menghidupkan Kulkas Yang Lama Tidak Dipakai. Jadi, simak baik-baik ya!

Mengenai Kulkas

Cara Menghidupkan Kulkas Yang Lama Tidak Dipakai

Kulkas adalah alat yang digunakan dalam bidang komersial dan juga di rumah tangga. Alat ini terdiri dari kompartemen yang dilapisi dengan bahan isolasi termal dan dilengkapi dengan pompa panas, baik mekanis, elektronik, maupun kimia. Fungsinya adalah untuk memindahkan panas dari dalam kulkas ke lingkungan luar sehingga suhu di dalamnya menjadi lebih dingin daripada suhu ruangan.

Pendinginan ini merupakan teknik penyimpanan makanan yang sangat penting di seluruh dunia. Dengan suhu yang lebih rendah, tingkat reproduksi bakteri dapat ditekan, sehingga kulkas membantu mengurangi pembusukan makanan. Selain itu, kulkas juga menjaga suhu beberapa derajat di atas titik beku air.

Pada awalnya, sistem pendingin untuk makanan menggunakan es. Namun, pada pertengahan abad ke-18, pengembangan teknologi pendinginan buatan dimulai dan terus berkembang pada awal abad ke-19. Pada tahun 1834, sistem kompresi uap untuk pendinginan pertama kali berhasil dibangun. Kemudian, mesin pembuat es komersial pertama kali ditemukan pada tahun 1854. Pada tahun 1913, kulkas yang dapat digunakan di rumah tangga ditemukan.

Pada tahun 1923, Frigidaire memperkenalkan kulkas mandiri pertama. Kemudian, pada tahun 1920, pengenalan bahan pendingin Freon memperluas pasar kulkas pada tahun 1930-an. Freezer sebagai kompartemen terpisah dalam kulkas rumah tangga diperkenalkan pada tahun 1940. Dengan adanya teknologi ini, makanan beku yang sebelumnya dianggap mewah menjadi lebih umum dan mudah didapatkan.

Hal-hal yang Harus Dilakukan Ketika Kulkas Ditinggal Lama

Pada dasarnya, kulkas mampu bertahan tanpa kerusakan jika ada beberapa langkah yang dijalankan untuk meminimalkan potensi korosi, suatu kondisi yang biasa menjadi biang kerusakan pada banyak komponen kulkas. Oleh sebab itu, berikut ini adalah serangkaian tindakan yang bisa kita ambil untuk mencegah timbulnya korosi pada kulkas yang ditinggalkan:

Baca juga:  Cara Menghilangkan Goresan Pada Kulkas : Paling Mudah

1. Atur ke Suhu Terendah

Apabila kita berencana untuk meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama, seringkali kita bertanya-tanya, apakah kulkas bisa mengalami kerusakan jika tidak digunakan dalam kurun waktu tersebut? Ternyata, kita bisa melakukan beberapa hal untuk mencegah hal itu.

Langkah awal yang perlu kita lakukan adalah menjaga suhu kulkas tetap pada angka 0 atau di bawahnya. Cara melakukannya cukup mudah, cukup putar kenop ke arah angka 0 derajat atau ke posisi mati hingga mendengar suara klik sebagai tKalian bahwa suhu minimum telah tercapai.

2. Cabut Kabel Power

Langkah berikutnya adalah mencabut kabel listrik kulkas dari soket listrik, guna menghindari potensi korsleting akibat percikan listrik.

Selain itu, pastikan kabel listrik kulkas disimpan di tempat yang aman dan tidak menjuntai ke bawah, sehingga terhindar dari gangguan hewan seperti tikus.

3. Lakukan Pembersihan Kulkas

Setelah suhu kulkas disesuaikan ke tingkat minimum dan kabel listrik dicabut, es yang membeku akan perlahan meleleh dan perlu ditampung dengan wadah di bagian bawah kulkas. Tunggulah hingga proses pencairan selesai sepenuhnya dan pastikan tidak ada sisa es yang masih membeku di dalam kulkas.

Kemudian, buang semua air yang telah meleleh dan pastikan kulkas kosong, baik dari sisa es maupun sisa makanan apapun. Bersihkanlah sisa-sisa air yang ada dengan mengelap setiap bagian termasuk termostat, freezer, dan kabel listrik hingga kering.

4. Keringkan Kulkas dengan Buka Pintu

Setelah kulkas kosong, es telah meleleh, dan air di dalam kulkas telah dikeringkan dengan kain, pintu kulkas sebaiknya dibiarkan terbuka untuk beberapa waktu. Tujuannya adalah agar kulkas benar-benar kering dan aman saat ditinggalkan. Langkah ini penting untuk mencegah terjadinya korosi, karena kelembapan sekecil apapun bisa memicu terjadinya korosi pada kulkas.

Kerusakan Akibat Kulkas Tidak Diganakan Dalam Waktu Lama

Apabila Kalian menghadapi permasalahan kulkas yang tidak bisa mendinginkan atau tidak mau menyala setelah dimatikan dalam periode waktu yang panjang, kemungkinan ada kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan dalam proses mematikan kulkas. Berikut ini adalah beberapa kerusakan umum yang biasa terjadi sebagai akibat dari kesalahan saat mematikan kulkas:

1. Kerusakan Pada Thermostat

Thermostat atau pengatur suhu pada kulkas biasanya berada di dalam ruangan kulkas dan memiliki fungsi untuk mengendalikan mesin kompresor agar dapat mati dan hidup secara otomatis sesuai dengan suhu yang telah ditentukan melalui tombol pengatur suhu pada thermostat itu sendiri.

Thermostat terbuat dari material logam dengan air raksa di dalam sensor kawat dan bola lampu yang berfungsi sebagai saklar on/off saat suhu dingin terdeteksi oleh air raksa. Namun, material logam pada thermostat bisa mudah berkarat dan rusak apabila terpapar kelembaban.

Pada gambar sebelumnya, tampak contoh thermostat yang telah berkarat dan rusak setelah kulkas tidak digunakan selama kira-kira 5 bulan. Gambar ini diambil saat proses servis di area Candi Gebang, Condongcatur, Yogyakarta.

Baca juga:  Gambar Skema Kulkas 1 Pintu Paling Mudah Dipahami

Kerusakan pada thermostat yang telah berkarat ini tak dapat diperbaiki. Oleh karena itu, disarankan untuk menggantinya dengan thermostat yang baru agar kulkas dapat berfungsi dengan baik lagi.

2. Gas Freon Bocor

Kerusakan pada kulkas yang disebabkan oleh kebocoran gas freon pada pipa evaporator di rak freezer bisa disebabkan tidak hanya oleh benda tajam yang digunakan saat membersihkan es atau mengambil sesuatu di rak freezer.

Kebocoran gas freon pada pipa evaporator juga bisa terjadi akibat korosi atau karat, yang disebabkan karena kulkas tidak dibersihkan dan dikeringkan sebelum dimatikan. Hal ini bisa meninggalkan kelembaban yang bisa menyebabkan korosi pada pipa.

Kerusakan yang disebabkan oleh kebocoran gas freon ini bisa membuat kulkas masih bisa menyala, tetapi tidak bisa mendinginkan. Jika lubang kebocoran cukup besar, bahkan bisa terdengar suara mendesis yang cukup keras.

Cara Menghidupkan Kulkas yang Lama Tidak Dipakai

Banyak orang memilih untuk mematikan atau mencabut colokan kulkas ketika akan bepergian dengan tujuan untuk menghindari kecelakaan listrik dan hemat energi.

Namun, masih banyak orang yang bertanya-tanya apakah kulkas akan rusak jika tidak digunakan dalam waktu yang lama? Jawabannya adalah tidak, selama kalian mematikannya dengan benar. Namun, jika kalian hanya mencabut colokan dan meninggalkannya dalam jangka waktu yang lama, ada beberapa kerusakan atau akibat yang mungkin terjadi pada kulkas.

Akibat pertama adalah kerusakan pada pengatur suhu atau thermostat. Bagian ini terbuat dari logam yang mudah berkarat dan mudah rusak jika terkena kelembapan. Jika bagian ini rusak, maka harus diganti dengan yang baru agar kulkas dapat berfungsi dengan baik.

Kemudian, akibat kedua adalah kebocoran gas freon pada pipa rak freezer. Hal ini tidak hanya terjadi ketika menggunakan benda tajam untuk membersihkan bunga es, tetapi juga bisa terjadi akibat korosi atau karat pada pipa tersebut.

Cara Mematikan Kulkas Untuk Jangka Waktu Lama

Bagaimana cara mematikan kulkas dengan cara yang tepat jika tidak akan digunakan dalam periode yang lama?

1. Atur Suhu

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengatur suhu kulkas ke titik minimum atau mati untuk mencegah terjadinya pembekuan di dalam kulkas.

2. Cabut Colokan

Langkah berikutnya adalah melepaskan kulkas dari sumber listrik dengan mencabut colokannya.

3. Bersihkan Kulkas

Setelah kulkas dicabut dari sumber listrik, langkah berikutnya adalah mengeluarkan seluruh isi kulkas dan membersihkan seluruh bagian kulkas dari kotoran hingga benar-benar bersih dan tidak menghasilkan aroma yang tidak menyenangkan. Pembersihan ini penting agar saat kulkas digunakan kembali, Kalian tidak akan menemui masalah berbau atau busuk di dalam kulkas.

Selain itu, Kalian juga harus membersihkan bunga es jika kulkas Kalian tidak dilengkapi dengan teknologi anti beku. Hal ini bertujuan agar ketika kulkas dimatikan, tidak akan terjadi banjir akibat pencairan bunga es.

Baca juga:  Cara Mengatur Suhu Kulkas Samsung Digital Inverter 2 Pintu dengan Mudah

4. Buka Pintu Kulkas

Setelah membersihkan kulkas, pastikan untuk membuka semua pintunya untuk memastikan kulkas kering dan tidak lembab saat dibiarkan. Hal ini sangat penting dilakukan karena jika kulkas dibiarkan dalam kondisi lembab, bisa menyebabkan kerusakan parah dan memerlukan biaya yang besar untuk memperbaikinya.

Oleh karena itu, tunggu hingga kulkas benar-benar kering atau mencapai suhu ruangan yang normal sebelum meninggalkannya.

5. Tutup Pintu Kulkas

Langkah terakhir adalah menutup semua pintu kulkas setelah membersihkan dan memastikan kulkas sudah kering. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah masuknya hewan atau objek berbahaya ke dalam kulkas saat dibiarkan dalam waktu yang lama.

Cara Menghidupkan Kulkas Setelah Tidak Digunakan Dalam Waktu Lama

Bagaimana Cara Menghidupkan Kulkas Yang Lama Tidak Dipaka dalam jangka waktu yang cukup lama?

1. Pastikan Permukaan Kulkas Kering

Setelah kulkas tidak digunakan dalam periode waktu yang panjang, langkah awal yang perlu dilakukan saat hendak menyalakan kulkas kembali adalah memastikan bahwa seluruh bagian kulkas sudah sepenuhnya kering sebelum menyambungkannya kembali ke sumber listrik. Ini penting untuk mencegah kemungkinan korsleting listrik yang bisa disebabkan oleh kelembaban pada permukaan kulkas yang masih basah.

2. Colokkan ke Saklar

Setelah memastikan bahwa kulkas dalam kondisi kering dan aman untuk dihubungkan, langkah berikutnya adalah menyambungkan kulkas ke sumber listrik yang stabil sehingga kulkas bisa berfungsi dengan baik. Sebelum itu, jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi kabel-kabelnya untuk memastikan apakah masih dalam kondisi yang layak atau tidak.

Kabel yang rusak bisa berpotensi menjadi masalah besar, terutama jika kerusakan disebabkan oleh gigitan tikus atau hewan lainnya. Jika kabel dalam kondisi rusak, maka bisa jadi kulkas juga akan mengalami kerusakan dan bahkan tidak bisa digunakan lagi. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pengecekan kondisi kabel secara rutin.

3. Atur Suhu yang Diinginkan

Setelah kulkas berhasil dinyalakan, pastikan untuk mengatur suhu kulkas sesuai dengan kebutuhan. Dianjurkan untuk tidak langsung mengatur suhu ke titik yang terlalu rendah, namun mulailah dengan suhu biasa terlebih dahulu. Kalian dapat menurunkan suhu lebih lanjut setelah beberapa saat.

Penutup

Dengan demikian, artikel dari bengkeltv.id ini telah membahas Cara Menghidupkan Kulkas Yang Lama Tidak Dipaka. Dari memeriksa kondisi umum, melakukan pembersihan, hingga proses menghidupkannya, setiap tahap sangat penting untuk memastikan bahwa kulkas Kalian kembali berfungsi secara optimal.

Ingat, perlakuan yang tepat dan perawatan teratur adalah kunci untuk memperpanjang usia dan kinerja kulkas Kalian. Meski telah lama tidak dipakai, bukan berarti kulkas tersebut tidak dapat lagi diKalianlkan. Semoga panduan ini dapat membantu Kalian menghidupkan kembali kulkas Kalian dan kembali mendinginkan berbagai produk dan makanan kesukaan Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *