Cara Setting Suara TV Sharp Aquos

Panduan Lengkap Cara Setting Suara TV Sharp Aquos

Posted on

Bengkeltv.id  Panduan Lengkap Cara Setting Suara TV Sharp Aquos. TV adalah salah satu alat hiburan yang paling penting di rumah. Dengan memperbarui teknologi TV saat ini, kita dapat menikmati gambar dan suara yang lebih jernih dan berkualitas. Salah satu TV yang menjadi favorit di Indonesia adalah Sharp Aquos. Namun, jika Kalian memiliki masalah dengan suara TV Kalian, itu bisa mengganggu pengalaman menonton Kalian.

Dalam artikel ini, kami akan membahas Cara Setting Suara TV Sharp Aquos yang akan membantu Kalian mengoptimalkan suara TV Kalian dengan mudah. Kami akan memandu Kalian melalui langkah-langkah yang diperlukan dan memberikan beberapa tips dan trik untuk mengatasi masalah suara pada TV Sharp Aquos Kalian.

Mengenai TV Sharp

TV Sharp adalah merek elektronik yang terkenal di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1912 dan telah memproduksi berbagai produk elektronik, termasuk televisi, peralatan dapur, kamera digital, dan banyak lagi.

TV Sharp terkenal dengan kualitas gambar dan suara yang tinggi, serta desain yang elegan. Produk-produk mereka dilengkapi dengan teknologi canggih seperti layar LED, resolusi 4K, dan fitur pintar seperti akses ke aplikasi online dan layanan streaming.

TV Sharp juga menyediakan berbagai ukuran layar, mulai dari 24 inci hingga 70 inci, sehingga pengguna dapat memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Selain itu, TV Sharp juga menawarkan garansi dan layanan purna jual yang baik untuk memastikan kepuasan pelanggan.

Dengan reputasi yang baik dan produk-produk berkualitas, TV Sharp terus menjadi pilihan favorit bagi konsumen di Indonesia dan di seluruh dunia.

Kelebihan TV Sharp

TV Sharp memang menjadi salah satu produk elektronik yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat luas. Mereka akan terkagum-kagum dengan teknologi yang canggih dan fitur-fitur unggulan yang dimiliki oleh perangkat ini.

Berikut adalah beberapa kelebihan TV Sharp yang perlu diketahui dengan baik oleh konsumen:

1. Warna Layar Jernih

Salah satu keunggulan utama dari televisi berkualitas adalah aspek layar dan komposisi warna LED. Kedua aspek ini sangat penting karena setiap kali televisi dinyalakan, yang kita lihat adalah tayangan berupa gambar bergerak.

TV Sharp dilengkapi dengan teknologi Master Engine yang dapat memproses warna dengan lebih jernih dan natural. Dengan teknologi ini, gambar yang ditampilkan terasa lebih realistis dan noise dalam sinyal dapat diminimalkan, sehingga memberikan pengalaman menonton yang lebih nyaman.

Baca juga:  Cara Setting TV Coocaa Paling Simpel

2. Built In Tuner Digital

Siaran TV digital telah membawa perubahan besar dalam industri pertelevisian Indonesia dengan menyajikan kualitas tayangan yang sangat jernih. Dengan menggunakan channel dengan resolusi minimal HD (High Definition), gambar yang ditampilkan terasa sangat realistis.

Sebagian besar TV Sharp yang diproduksi baru-baru ini dengan ukuran layar 32 inci ke atas dilengkapi dengan tuner digital generasi kedua, yaitu DVB-T2. Dengan adanya fitur ini, konsumen tidak perlu lagi membeli set top box terpisah, sehingga dapat menghemat biaya.

3. Produk Berkualitas

Dengan reputasinya sebagai perusahaan global, Sharp memproduksi televisi dengan standar dan kontrol yang ketat untuk menghasilkan produk canggih dan berkualitas dengan tingkat daya tahan yang tinggi.

TV Sharp setara dengan merek-merek ternama lainnya yang produknya tidak bisa dianggap remeh. Banyak pembeli yang melakukan pemesanan ulang setelah merasakan kenyamanan menggunakan produk tersebut.

4. Garansi Panjang

Umumnya, semua televisi produksi Sharp telah memenuhi standar kualitas Jepang yang tinggi untuk memastikan ketahanannya. Selain itu, produsen memberikan perlindungan pada produk dengan memberikan masa garansi yang panjang, yaitu sekitar 5 tahun.

Lamanya periode garansi pada suatu produk elektronik menunjukkan kualitasnya secara tidak langsung, apakah tahan lama atau tidak. Jika kamu melakukan survei sendiri, kamu akan menemukan bahwa kebanyakan pesaing hanya menawarkan perlindungan selama 1 tahun saja.

Kekurangan TV Sharp

Perlu diperhatikan bahwa TV Sharp juga memiliki kelemahan yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli produknya. Namun, kelemahan ini bersifat relatif, karena pandangan dan kondisi setiap orang tentu berbeda-beda.

Berikut beberapa kekurangan TV Sharp menurut penilaian kami:

1. Antarmuka Ribet

Aspek antarmuka pada TV Sharp perlu diperbaiki oleh produsen karena tampilannya kurang menarik. Selain itu, antarmuka tersebut sedikit membingungkan terutama bagi pemula yang baru menggunakan produk canggih ini.

Di sisi lain, merek lain mampu memberikan kenyamanan penggunaan dengan antarmuka yang sederhana dan elegan. Jika kamu ingin melihat tampilan menu-menu di TV Sharp, kamu bisa mencarinya dari berbagai sumber referensi.

2. Harga Mahal

Sudah menjadi rahasia umum bahwa merek ternama cenderung menawarkan harga yang lebih tinggi karena sebanding dengan kualitas produknya. Mereka mengutamakan kenyamanan pengguna dan nama baik perusahaan.

Harga TV Sharp baru maupun suku cadangnya tergolong cukup tinggi, sehingga menjadi kekurangan tersendiri bagi sebagian orang. Oleh karena itu, pastikan untuk mengoperasikan unit dengan baik dan benar agar tetap awet.

Kenapa TV Tidak Ada Suara?

Suara TV Sharp kecil atau bahkan hilang tiba-tiba bisa terjadi karena beberapa faktor, antara lain:

1. Fitur Mute Aktif

Pada remote TV Sharp terdapat satu tombol yang berfungsi untuk mengecilkan volume menjadi 0 (nol) atau menghilangkan suara secara keseluruhan, yaitu tombol Mute. Terkadang seseorang tidak sengaja menekan tombol ini dan otomatis suara TV pun akan hilang, namun gambar tetap normal.

2. Speaker TV Rusak

Dalam beberapa kasus, TV LED dan tabung sering mengalami kerusakan pada speaker TV, baik itu kabel konektor yang putus atau kabel yang melingkar di dalam speaker. Meskipun jarang terjadi, namun bukan tidak mungkin bahwa kerusakan pada speaker TV dapat menjadi penyebab utama TV tidak mengeluarkan suara.

Baca juga:  Cara Menyambungkan Wifi ke TV Sharp Aquos : Panduan Mudah

3. Blok Audio Bermasalah

Pada blok ini terdapat beberapa komponen, termasuk IC audio dan komponen kecil di sekitarnya. Jika TV Sharp Anda tidak mengeluarkan suara, maka ada kemungkinan bahwa IC audio rusak, retak, atau kaki-kaki IC tidak lagi menempel dengan sempurna. Selain itu, tidak jarang juga ditemukan masalah jalur audio yang rusak setelah diukur menggunakan multitester.

TV Sharp Suara Kecil

Sebelum melakukan pembongkaran untuk memperbaiki televisi Sharp yang mengalami kerusakan pada sistem suaranya, lebih baik periksa terlebih dahulu pengaturan dan sistem suara televisi.

Hal ini karena permasalahan suara pada TV tidak hanya disebabkan oleh masalah teknis, tetapi juga bisa disebabkan oleh pengaturan sistem suara yang tidak sengaja diubah atau sinyal yang lemah. Beberapa masalah atau kerusakan pada bagian suara meliputi:

  • Suara kadang ada kadang tidak
  • Tidak ada suara sama sekali
  • Suara TV Sharp kecil
  • Muncul suara glodok glodok
  • Suara tidak jernih

Berikut ini adalah penjelasan beberapa masalah atau kerusakan pada bagian suara seperti di atas.

TV Sharp Suara Kecil (Tidak Dapat Dibesarkan dan Dikecilkan)

Masalah seperti ini, di mana suara tidak bisa diatur volumenya, dapat disebabkan oleh kerusakan pada IC Program. Kemungkinan lain adalah adanya kerusakan pada komponen pendukung IC Program, terutama resistor.

Contohnya adalah TV Sharp Universe yang mengalami masalah suara kecil/lemah.

TV Sharp tipe ini menggunakan IC Single TDA9381PS dan IC Vertikal TDA8357.
Langkah pertama adalah memeriksa blok Audio (IC AN5276 sebagai power amplifier). Pin 2 (L-in) dan pin 5 (R-in) dapat diuji dengan cara menyentuhnya atau menggunakan sumber audio dari rangkaian TV yang dapat diambil dari pin IC TDA9381PS sebagai audio Deemphasis.

Setelah itu, periksa IC pengolah audio AN5891. Pin 3 (L-in) dan pin 22 (R-in) serta pin 12 (L-out) dan pin 15 (R-out) dapat digunakan untuk mengecek blok yang bermasalah. Dalam kasus ini, masalah terjadi pada kapasitor kopel yang berfungsi untuk menyaring tegangan DC yang masuk ke IC AN5891K. Beberapa kapasitor tersebut antara lain adalah C323 = 10 uf, C347 = 10 uf, C350 = 10 uf, C317 = 0,22 uf, C316 = 0,22 uf.

Elco yang kering serta karatan bisa mengakibatkan suara menjadi lemah atau kecil (kurang keras). Setelah dilakukan penggantian maka suara akan kembali normal. Selain itu perlu juga untuk dicek pada IC AV M52797SP yang mana pin 3 (L-in), pin 4 (V-in), dan pin 5 (R-in) serta pin 24 (L-out), pin 23 (V-out), dan pin 22 (R-out).

TV Sharp Suara Tidak Jernih / Bersih

Biasanya, masalah seperti ini terjadi akibat kerusakan pada komponen pendukung pada bagian suara di IC Utama. Selain itu, posisi antena yang tidak tepat dan pengaturan sistem suara yang tidak sesuai dengan posisi BG / PAL juga dapat menyebabkan suara menjadi tidak jernih atau bersih.

Jika pengaturan sistem suara dan posisi antena sudah diubah namun suara masih tidak bersih, perlu dilakukan pengukuran pada komponen yang terkait dengan bagian suara, seperti IC Croma dan IC Gambar (IC Utama).

Secara teori, suara yang tidak bersih atau jernih disebabkan oleh perbedaan frekuensi antara frekuensi suara yang diterima oleh TV dan frekuensi dari pemancar stasiun televisi.

Baca juga:  TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara : Penyebab & Mengatasinya

TV Sharp Tidak Ada Suara Sama Sekali

Jika TV Sharp tidak mengeluarkan suara sama sekali, kemungkinan terjadi kerusakan pada IC penguat suara. Namun, hal seperti ini sangat jarang terjadi.

Oleh karena itu, perlu diperhatikan apakah kontrol mute pada posisi Off dan apakah speaker dalam kondisi baik. Kerusakan seperti ini juga dapat disebabkan oleh kerusakan pada ident IC Program.
Untuk memastikan hal tersebut, R618 harus dilepaskan dan kemudian kaki C6 10 atau kaki IC penguat suara secara keseluruhan dapat disentuh. Jika terdengar suara nada saat disentuh pada speaker, berarti IC penguat suara dalam kondisi baik.

TV Sharp Timbul Suara Glodok Glodok

Masalah seperti ini biasanya terjadi karena sistem suara tidak atau bukan pada posisi BG, sehingga perlu diubah ke sistem BG / PAL. Namun, jika setelah diubah masih belum bisa, kemungkinan harus dilakukan penggantian memori TV. Namun, perlu diingat bahwa penggantian harus dilakukan dengan memori yang sesuai tipe atau dengan menggunakan salinan dari memori TV Sharp yang setipe.

TV Sharp Suara Kadang Ada Kadang Hilang

Masalah suara yang kadang ada kadang tidak biasanya terjadi karena adanya retakan pada solderan di kaki-kaki IC penguat suara. Untuk mengatasi masalah ini, dapat dilakukan penyolderan ulang pada kaki-kaki IC penguat suara.

Cara Mengembalikan TV Tidak Ada Gambar

Berikut beberapa penyebab TV LED Samsung tidak ada gambarnya tapi ada suaranya:

1. Kabel Rusak

Jika TV LED Samsung menerima sinyal dari sumber eksternal seperti kotak kabel atau pemutar DVD, dan terdapat suara tetapi tidak ada gambar, kemungkinan besar masalah terjadi pada kabel yang menghubungkan TV dengan sumber sinyal tersebut. Kabel tersebut bertanggung jawab untuk menampilkan gambar.

Untuk memperbaikinya, Kalian dapat memeriksa apakah ada kabel yang longgar atau tidak terhubung dengan baik. Jika masih tidak berfungsi seperti semula, Kalian bisa mencoba mengganti kabel tersebut agar gambar kembali muncul.

2. Tidak Sengaja Mengubah Pengaturan TV

Tidak hanya pada TV saja, seringkali pengaturan pada perangkat elektronik tidak sengaja diubah oleh pengguna. Jika gambar TV Samsung hilang tapi masih ada suara, coba periksa pengaturan TV apakah ada yang berubah atau tidak.

Klik tombol ‘Menu’ pada remote TV dan buka bagian gambar, periksa apakah semua pengaturan sudah diatur dengan benar, terutama pada kecerahan TV. Sesuaikan pengaturan yang berubah agar gambar bisa muncul kembali di TV kamu. Itulah cara untuk mengembalikan gambar pada TV Samsung jika hilang tapi masih ada suara.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Setting Suara TV Sharp Aquos. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, kamu dapat mengatasi masalah suara pada TV Sharp Aquos dengan mudah.

Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan rutin pada perangkat TV kamu agar tetap awet dan memberikan kualitas tayangan yang maksimal. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *