Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis

Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis  : Cara Mengatasinya dan Biaya yang Dibutuhkan

Posted on

Bengkeltv.idCiri-Ciri Freon Kulkas Habis  : Cara Mengatasinya dan Biaya yang Dibutuhkan. Kulkas adalah salah satu perangkat rumah tangga yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi utama kulkas adalah untuk menjaga makanan dan minuman tetap segar dan terhindar dari kerusakan. Namun, ada beberapa masalah yang bisa terjadi pada kulkas, salah satunya adalah kehabisan freon.

Freon adalah zat yang digunakan dalam kulkas untuk mengatur suhu. Jika freon kulkas habis, maka kulkas tidak akan berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenali ciri-ciri freon kulkas habis agar dapat mengatasi masalah ini dengan tepat.

Apa itu Freon Kulkas ?

Freon adalah istilah yang biasa digunakan untuk merujuk pada refrigeran, sebuah cairan yang berfungsi untuk menyerap panas pada suhu rendah. Istilah “freon” sendiri sebenarnya berasal dari merek refrigeran yang populer.

Refrigeran itu sendiri memiliki tiga jenis utama, yaitu:

1. HFC – Refrigeran Fluorocarbon Terhidrogenasi

Jenis ini dibentuk dari unsur karbon, hidrogen, dan fluorin. Karena HFC tidak memiliki atom klorin, penggunaannya dianggap aman dan tidak menimbulkan efek merusak pada lapisan ozon bumi.

2. HCFC – Terhidrogenasi Klorofluorokarbon Refrigeran

Refrigeran jenis HCFC dibentuk dari unsur-unsur klorin, hidrogen, karbon, dan fluorin. Meskipun mengandung klorin, kandungan klorin dalam HCFC sangat minim.

3. CFC – Refrigeran Chlorofluorocarbon

Refrigeran jenis CFC terdiri dari unsur-unsur fluorin, klorin, dan karbon. Kandungan klorin dalam CFC sangat banyak, yang menjadikannya sebagai jenis refrigeran yang kurang ramah terhadap lingkungan.

Freon dalam kulkas dapat berkurang karena adanya kebocoran yang mungkin terjadi selama proses pengelasan atau saat penyaringan diperlukan. Fungsi utama freon adalah untuk membantu proses pendinginan dalam kulkas.

Baca juga:  Fungsi Overload Kulkas Yang Harus Kalian Ketahui

Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis

Berikut ini akan disampaikan secara lengkap dan jelas mengenai cirinya. Mari terus simak dan ikuti pembahasan ini sampai akhir agar Kalian paham mengenai Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis.

1. Muncul Bau Tidak Sedap

Ciri pertama yang dapat dikenali saat freon kulkas di rumah Kalian habis adalah munculnya bau yang tidak sedap seperti biasanya. Ini biasanya disebabkan oleh suhu kulkas yang tidak optimal dan dapat menyebabkan makanan yang disimpan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Jika Kalian mulai mencium bau aneh dari kulkas, kemungkinan besar itu disebabkan oleh habisnya freon kulkas. Bahkan bisa jadi freon bocor, sehingga freon akan habis dalam waktu singkat.

2. Kipas Berputar Terus

Ciri selanjutnya terlihat pada komponen kipas atau kompresor kulkas. Ketika suhu kulkas naik, kompresor akan terus bekerja menggunakan freon untuk menjaga suhu di dalam kulkas.

Namun, jika freon kulkas mulai habis, kipas kulkas akan terus berputar dalam waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan oleh ketidakstabilan suhu kulkas, sementara kipas berfungsi untuk menjaga suhu kulkas tetap terjaga.

3. Freezer Tidak Beku

Selain ciri-ciri di atas, kulkas yang kehabisan freon juga akan menghadapi masalah freezer yang tidak membeku. Ini mengindikasikan bahwa kulkas tidak mampu lagi mendinginkan dengan baik.

Jika Kalian menempatkan minuman atau makanan dalam freezer dalam waktu yang cukup lama dan tetap tidak membeku, itu bisa menjadi ciri utama bahwa freon dalam kulkas hampir habis.

4. Kompresor Tidak Hidup

Ciri berikutnya adalah kompresor kulkas yang rusak, yang menyebabkan kompresor tidak berfungsi atau menyala sama sekali, meskipun telah dicolokkan ke stop kontak. Biasanya hal ini disebabkan oleh putusnya relay PTC atau overload.

KOMPRESOR KULKAS BISA MENYALA SEBENTAR LALU MATI dengan sendirinya. Oleh karena itu, Kalian perlu segera memperbaiki atau mengganti kompresor kulkas baru agar kulkas dapat berfungsi seperti biasa.

5. Tagihan Listrik Besar

Ciri selanjutnya terlihat dari luar komponen kulkas, yaitu adanya peningkatan tagihan listrik yang tidak wajar dibanding bulan sebelumnya. Ciri ini terkadang belum disadari oleh pengguna kulkas yang freonnya habis.

Baca juga:  Cara Pemakaian Kulkas Agar Tetap Awet : Tips untuk Memperpanjang Umur Kulkas Kalian

Untuk memastikan apakah freon kulkas habis dan menyebabkan peningkatan tagihan, Kalian dapat mencoba untuk tidak menggunakan kulkas dalam beberapa waktu dan memeriksa apakah tagihan listrik berkurang.

6. Masalah Kesehatan

Selain itu, freon yang habis juga dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi pengguna kulkas. Gejala yang mungkin muncul meliputi sakit kepala, mual, atau gejala kesehatan lainnya.

Biasanya hal ini terjadi ketika zat kimia yang dihasilkan oleh freon bocor dan mencemari makanan di dalam kulkas, yang kemudian dikonsumsi. Oleh karena itu, kebocoran freon pada kulkas tidak boleh dianggap remeh karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Cara Mengatasi Freon Kulkas Habis

Setelah mengetahui ciri-ciri freon yang habis, langkah selanjutnya adalah mengetahui cara mengatasinya. Untuk mengatasi freon kulkas yang habis, Anda hanya perlu mengisi kembali freon tersebut.

Namun, jika terdapat kebocoran pada freon yang menyebabkan freon kulkas cepat habis, maka perbaikan kebocoran harus dilakukan terlebih dahulu sebelum mengisi freon baru. Jika Anda tidak yakin untuk mengatasi freon kulkas yang habis sendiri, Anda dapat menghubungi jasa tukang service kulkas.

Ketika memanggil jasa tukang service, siapkanlah uang sebagai biaya perbaikan. Biaya perbaikan dan pengisian freon kulkas bervariasi, namun secara umum biaya tersebut berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Biaya ini tergantung pada jenis kulkas, apakah kulkas dengan satu pintu atau dua pintu.

Cara Mengisi Freon Kulkas Sendiri

Sekarang tibalah waktunya untuk mempelajari bagaimana cara mengisinya sehingga Kalian tidak perlu bergantung pada orang lain. Inilah prosedur yang harus Kalian ikuti:

  • Las pentil yang terdapat pada pipa di kompresor kulkas. Sebelum melakukan pelas-pelas pentil, pastikan untuk melepaskan karet yang ada di bagian dalamnya terlebih dahulu agar tidak terjadi kerusakan.
  • Siapkan metil dan tuangkan ke dalam wadah kecil untuk mempermudah dalam memperkirakan takarannya.
  • Hidupkan kompresor untuk memastikan bahwa tidak ada penyumbatan pada aliran refrigeran.
  • Pasang selang manifold gauge berwarna biru pada pentil pengisian refrigeran, dan pasang selang berwarna kuning pada tabung refrigeran. Pastikan kompresor dalam keadaan menyala.
  • Periksa tekanan udara. Jika tekanannya berada di bawah 0-30 psi, buka kran pada tabung refrigeran selama 3-5 detik.
  • Tutup kran pada tabung refrigeran dan biarkan refrigeran keluar melalui lubang pipa kapiler. Setelah itu, jepit dan las bagian pipa kapiler tersebut.
  • Buka kembali selang manifold yang terhubung dengan tabung refrigeran. Buka secara perlahan dan jangan melewati angka 10 pada manifold gauge. Jika jarum pada manifold gauge bergerak melewati angka 1, pipa kondensor akan mulai menghangat. Selesaikan pengisian ketika jarum pada manifold gauge mendekati angka 10. Biasanya, suhu hangat pada pipa kondensor akan mulai menyebar ke bawah, dan ini adalah kondisi yang normal.
Baca juga:  Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu Sharp Beserta Tabel & Kode

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Kalian dapat belajar cara mengisi freon kulkas sendiri tanpa harus mengKalianlkan bantuan orang lain. Namun, penting untuk berhati-hati dan memperhatikan tindakan yang aman saat bekerja dengan bahan kimia dan komponen kulkas.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah pembahasan dari bengkeltv.id mengenai ciri-ciri freon kulkas habis. Semoga dengan penjelasan yang telah diberikan, Kalian dapat lebih mudah mengenali gejala-gejala tersebut. Ingatlah, freon yang habis dapat mengakibatkan kulkas tidak berfungsi dengan optimal dan bahkan bisa merusak komponen lainnya.

Sebaiknya jika Kalian menemui ciri-ciri seperti yang telah dijelaskan, segeralah hubungi teknisi profesional untuk penanganan lebih lanjut. Lebih baik mencegah daripada membiarkan kerusakan semakin parah yang bisa menimbulkan biaya perbaikan yang lebih tinggi. Sebuah pemahaman yang baik tentang ciri-ciri freon kulkas habis adalah langkah awal yang tepat untuk merawat dan memperpanjang usia kulkas Kalian.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan Kalian dalam merawat perangkat kulkas di rumah. Selalu perhatikan kondisi kulkas Kalian dan lakukan pemeriksaan rutin untuk menjaga performanya tetap optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *