Fungsi Kapasitor Pompa Air

Apa Saja Fungsi Kapasitor Pompa Air Dan Cara Menggantinya

Posted on

Bengkeltv.idApa Saja Fungsi Kapasitor Pompa Air Dan Cara Menggantinya. Apakah Kalian pernah merasa pompa air Kalian tidak berjalan dengan efisiensi yang optimal? Apakah Kalian ingin mengetahui cara meningkatkan performa pompa air Kalian tanpa mengganti seluruh sistemnya? Salah satu solusi yang mungkin Kalian perlu pertimbangkan adalah penggunaan kapasitor pada pompa air Kalian.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang fungsi kapasitor pompa air dan mengapa penting untuk sistem pompa air Kalian. Kami juga akan memberikan tips praktis tentang cara mengoptimalkan penggunaan kapasitor dalam pompa air Kalian. Jadi, mari kita mulai dan pelajari lebih lanjut tentang keajaiban kapasitor dalam meningkatkan efisiensi dan performa pompa air Kalian.

Apa itu Kapasitor Pompa Air

 Fungsi Kapasitor Pompa Air

Kapasitor pompa air adalah komponen penting dalam sistem pompa air yang digunakan untuk memulai dan menjalankan motor listrik pada pompa air. Kapasitor ini berfungsi untuk memberikan torsi awal yang diperlukan untuk memulai motor listrik secara efektif.

Ketika saklar pompa air diaktifkan, kapasitor pompa air memberikan daya tambahan kepada motor listrik. Kapasitor ini menyimpan energi listrik dan melepaskannya saat diperlukan untuk memberikan torsi awal yang cukup pada motor. Hal ini membantu memulai motor yang berat atau yang sedang dalam keadaan diam.

Setelah motor pompa air berhasil dihidupkan, kapasitor akan melepaskan energinya dan mengambil daya dari sumber listrik utama. Dalam beberapa pompa air, kapasitor ini juga berfungsi untuk menjaga kinerja motor listrik dengan menjaga kestabilan tegangan dan arus yang masuk ke motor.

Kapasitor pompa air biasanya terdiri dari dua jenis kapasitor, yaitu kapasitor start dan kapasitor run. Kapasitor start digunakan untuk memulai motor saat saklar diaktifkan, sementara kapasitor run beroperasi secara terus menerus selama motor berjalan untuk menjaga kinerja yang stabil.

Kapasitor pompa air perlu diperiksa secara berkala dan diganti jika ditemukan kerusakan atau kegagalan. Pengecekan dan perawatan yang teratur akan membantu menjaga kinerja pompa air secara optimal dan memperpanjang umur motor listrik.

Fungsi Kapasitor Pompa Air

Umumnya, pada pompa air yang kecil hanya terdapat satu kapasitor, sedangkan pada pompa air yang besar mungkin terdapat dua kapasitor. Kapasitor pertama berfungsi sebagai kapasitor start (Capacitor Start), sementara kapasitor kedua berfungsi sebagai kapasitor running (Capacitor Run). Berikut ini adalah penjelasan detailnya:

Baca juga:  Penyebab Jet Pump Airnya Kecil dan Cara Mengatasinya

a. Fungsi Kapasitor Pompa Air sebagai Kapasitor Start

Jika Anda hanya melihat satu kapasitor pada pompa air, maka fungsi kapasitor tersebut adalah sebagai kapasitor start untuk membantu putaran awal saat pompa pertama kali dinyalakan.

Kapasitor start diperlukan karena torsi putaran awal dari dinamo pompa air dengan pasokan listrik arus AC yang cukup besar membutuhkan tenaga tambahan. Oleh karena itu, kapasitor pada pompa air dipasang pada bagian gulungan coil start dari dinamo pompa air.

Berikut ini adalah gambaran umum dari rangkaian listrik pada pompa air, meskipun beberapa model mungkin memiliki perbedaan:

fungsi kapasitor pompa air

Jika tidak ada kapasitor start atau kondisi kapasitor rusak pada pompa air, dinamo hanya akan berdengung karena tidak memiliki cukup tenaga untuk memutar motor listrik. Oleh karena itu, fungsi kapasitor pada pompa air sangat penting.

b. Fungsi Kapasitor Pompa Air sebagai Kapasitor Run

Selain sebagai kapasitor start, pada beberapa pompa air juga terdapat kapasitor running. Fungsi kapasitor running pada pompa air adalah untuk menjadikan putaran dinamo lebih halus dan bertenaga.

Kapasitor Run umumnya memiliki nilai kapasitas yang lebih rendah daripada kapasitor start dan biasanya bukan jenis kapasitor elektrolit. Jika kapasitor running mengalami kerusakan, harus diganti dengan nilai yang sesuai, karena jika kapasitansi terlalu tinggi akan menyebabkan pergeseran fasa yang tidak sempurna. Berikut ini adalah contoh diagram pompa air dengan kapasitor start dan running:

fungsi kapasitor pompa air

Jika kapasitor Run terlalu tinggi, akan menyebabkan pergeseran fasa yang kurang dari seharusnya, mengakibatkan arus yang mengalir ke dinamo menjadi terlalu besar dan menyebabkan dinamo menjadi panas berlebihan.

Sebaliknya, jika kapasitor Run terlalu rendah, akan menyebabkan pergeseran fasa yang lebih besar, mengakibatkan arus ke dinamo menjadi kurang, yang menyebabkan penurunan performa dinamo pompa air dan suara pompa menjadi kasar.

Ciri-ciri Kapasitor Pompa Air Rusak

Gejala awal dari kerusakan kapasitor pada pompa air listrik dapat menyebabkan pompa tidak mau berputar atau motor hanya dapat berputar setelah diberikan bantuan putaran manual dengan tangan.

Salah satu tanda kerusakan kapasitor adalah ketidakmampuannya untuk menyimpan arus listrik. Bagaimana cara untuk mengetahuinya? Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan alat multitester, avometer, atau tegangan listrik.

Baca juga:  Berapa Ukuran Kapasitor Pompa Air? Ketahui Selengkapnya

Berikut adalah cara-cara untuk mengukur kapasitor pompa air menggunakan alat ukur multitester:

  • Setel alat multitester pada posisi pengukuran tahanan x1.
  • Tempelkan ujung-ujung multitester atau probe pada pin kapasitor, dan perhatikan apakah jarum bergerak atau menyimpang.
  • Jika jarum tidak bergerak, coba balikkan posisi kedua ujung jarum multitester tersebut dari posisi awal.
  • Jika jarum mulai menyimpang dengan cepat setelah dibalik, kemudian kembali ke posisi awal, maka kapasitor tersebut masih baik.
  • -Namun, jika jarum tidak menunjukkan pergerakan sama sekali, meskipun sudah dibalik posisinya, dapat dikatakan bahwa kapasitor tersebut sudah rusak.

Cara kedua ini harus dilakukan dengan hati-hati karena melibatkan arus listrik yang besar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Berikan arus listrik sebesar 220 VAC pada pin kapasitor tersebut selama sebentar, sekitar 1-2 detik, lalu lepaskan kembali.
  • Kemudian, sambungkan kedua pin kapasitor sebentar saja.
  • Jika terjadi percikan api, berarti kapasitor masih dalam kondisi baik. Namun, jika tidak ada percikan api, dapat dikatakan bahwa kapasitor tersebut sudah rusak.

Perlu diingat bahwa cara ini harus dilakukan dengan hati-hati karena melibatkan arus listrik yang berbahaya.

Penting! Hindari menyentuh pin kapasitor setelah memberikan pasokan listrik tanpa menggunakan pengaman isolator, karena kapasitor masih dapat menyimpan tegangan 220 VAC dan dapat menyebabkan aliran listrik atau kejutan listrik (setrum).

Cara Mengganti Kapasitor Pompa Air

Akibat penggunaan yang terlalu sering, kapasitor pada pompa air akan mengalami penurunan kinerja seiring berjalannya waktu. Salah satu contohnya adalah ketidakmampuan kapasitor untuk menyimpan arus listrik, yang disebabkan oleh pengeringan cairan elektrolit jika menggunakan jenis kapasitor elektrolit. Hal ini juga dapat menyebabkan pompa air tidak berputar.

Tanda-tandakerusakan kapasitor yang sudah lemah seperti ini adalah dinamo masih dapat dinyalakan, namun membutuhkan bantuan tangan untuk memulai putaran pertama.

Kalian dapat memastikan kerusakannya dengan melihat kondisi fisik kapasitor, apakah mengalami pembengkakan, perubahan ukuran, atau terdapat kebocoran cairan elektrolit. Namun, langkah-langkah yang benar dan aman dalam mengganti kapasitor pompa air adalah sebagai berikut:

  • Pastikan pasokan listrik dari PLN ke pompa air sudah diputus dan amankan area sekitar pompa.
  • Buka penutup kapasitor, biasanya bagian ini mudah ditemukan karena menonjol.
  • Sebelum melepas kapasitor lama, perhatikan jalur kabel dengan seksama untuk menghindari kesalahan saat pemasangan, karena ini juga penting.
  • Biasanya ada pelindung kabel berupa selongsong atau pin, lepaskan selongsong tersebut dengan tang potong agar memudahkan pemasangan kabel kapasitor pengganti. Jika tidak ada selongsong, Kalian dapat menggunakan isolasi hitam sebagai pengaman agar tidak ada sambungan pada kabel.
  • Pemasangan kutub kapasitor dapat dilakukan tanpa memperhatikan polaritas. Setelah penggantian selesai, bungkus kembali sambungan kabel pelindung dengan kabel yang sebelumnya dilepas.
  • Setelah memastikan semuanya aman, cobalah menghidupkan kembali pompa air listrik tersebut.
Baca juga:  Ciri-Ciri Otomatis Pompa Air Rusak : Penjelasan Secara Lengkap

Pastikan Kalian mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan memastikan keselamatan saat melakukan penggantian kapasitor pompa air.

Harga Kapasitor Pompa Air?

Harap dicatat bahwa harga kapasitor untuk pompa air bervariasi tergantung pada ukurannya. Semakin besar ukuran kapasitor, semakin tinggi pula harganya.

Anda dapat membeli komponen ini baik di toko elektronik fisik maupun melalui platform online seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada. Umumnya, kapasitor pompa air tersedia dengan harga mulai dari Rp 16.000 hingga Rp 165.000.

Ukuran KapasitorHarga KapasitorMarketplace
6uF/450vKisaran Rp 16.000Tokopedia
8uF/450v (York)Kisaran Rp 29.000Lazada
15uF/400v-450vKisaran Rp 33.000Tokopedia
20uF/450v (Shimizu)Kisaran Rp 77.300Bukalapak
30uF/300v-450v (Shimizu) Kisaran Rp 165.000Tokopedia

Baca Juga :

penutup

Sebagai penutup, kapasitor pada pompa air memiliki fungsi yang sangat penting. Kapasitor tidak hanya berfungsi untuk memulai putaran motor pompa air, namun juga bertanggung jawab untuk menjaga kestabilan operasional motor selama berlangsungnya proses pemompaan.

Tidak ada keraguan bahwa kapasitor adalah komponen kunci yang menjaga performa dan efisiensi dari pompa air itu sendiri. Penggantian kapasitor yang tepat waktu dan pemeliharaan rutin akan membantu memastikan umur panjang dan kinerja optimal dari pompa air Kalian. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang fungsi dan perawatan kapasitor sangatlah penting.

Dengan pengetahuan yang tepat, kita dapat memastikan bahwa sistem pompa air kita bekerja dengan efisiensi maksimal, memberikan manfaat jangka panjang untuk rumah. Semoga artikel dari bengkeltv.id dapat membantu Kalian memahami lebih dalam tentang fungsi kapasitor pompa air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *