Kelebihan Dan Kekurangan Parabola Mini

Kelebihan Dan Kekurangan Parabola Mini yang Perlu Diketahui

Posted on

Bengkeltv.idKelebihan Dan Kekurangan Parabola Mini yang Perlu Diketahui. Dalam era digital yang semakin maju ini, berbagai inovasi teknologi terus bermunculan guna memenuhi kebutuhan dan mempermudah kehidupan masyarakat. Salah satu perangkat yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat adalah parabola mini.

Sebagai alternatif dari antena konvensional, parabola mini kini semakin digemari karena kepraktisannya. Namun, seperti dua sisi mata uang, parabola mini juga memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Pada artikel ini, kita akan mengupas tuntas mengenai ‘Kelebihan dan Kekurangan Parabola Mini’ yang perlu Kalian ketahui sebagai panduan sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada perangkat ini. Selamat membaca!

Sekilas Mengenai Parabola Mini

Parabola mini merupakan varian parabola yang dilengkapi dengan dish berbentuk piringan dan berukuran relatif kecil, dengan diameter berkisar antara 45cm hingga 100cm.

Parabola jenis ini sangatlah ideal untuk menangkap sinyal dalam rentang frekuensi ku-band. Meskipun teknisnya parabola mini dapat juga dipasang untuk menerima frekuensi c-band, namun hasil yang diperoleh kurang optimal karena parabola mini tidak cukup efisien dalam menyaring seluruh frekuensi yang tersedia dalam satu satelit ketika menggunakan c-band.

Untuk meningkatkan kemampuan parabola mini dalam menerima frekuensi c-band, diperlukan pemasangan conical scalar ring pada bagian LNB parabola mini. Walaupun begitu, perlu diingat bahwa penggunaan frekuensi ku-band tetap lebih disarankan.

Sebagai saran, bagi Kalian yang berkeinginan memanfaatkan parabola mini untuk menangkap sinyal satelit, ada baiknya memilih untuk menggunakan frekuensi ku-band.

Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa ukuran dari parabola mini yang Kalian pilih sesuai dengan kebutuhan yang Kalian miliki. Dengan demikian, Kalian dapat menikmati tayangan televisi dengan kualitas gambar yang jernih dan minim gangguan.

Kelebihan Parabola Mini

Kelebihan Dan Kekurangan Parabola Mini, Parabola mini yang merupakan antena parabola dengan diameter minimal 45 cm, sedang naik daun. Ukuran yang ringkas menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak orang beralih dari antena UHF.

Baca juga:  Pilih Mana Ninmedia Vs K Vision? : Berikut Review Lengkapnya

Ada kesalahpahaman umum bahwa menggunakan parabola selalu memerlukan biaya, namun kenyataannya ada juga opsi yang tidak dikenakan biaya. Kalian bisa dengan mudah mendapatkan perangkat ini di toko-toko terdekat atau melalui situs belanja online.

Secara garis besar, ada empat keunggulan utama dari parabola mini:

1. Harga Murah

Parabola mini ditawarkan dengan harga yang cukup bersahabat. Dengan harga mulai dari kisaran 125 ribu, Kalian bisa mendapatkan satu set yang sudah termasuk dish berdiameter 45 cm, LNB Ku Band, tiang penyangga, dan baut. Ini tentunya lebih ekonomis dibandingkan dengan antena UHF.

2. Praktis

Parabola mini memiliki desain yang ringkas dan praktis, yang bahkan dapat memperindah penampilan eksterior rumah. Tersedia dalam berbagai ukuran diameter seperti 45 cm, 60 cm, 80 cm, dan 100 cm. Karena ukurannya yang kecil, parabola ini juga portabel dan mudah untuk dipindahkan.

3. Instalasi Mudah

Berat parabola mini lebih ringan dibandingkan dengan tipe jaring atau bahkan antena UHF terkecil, sehingga memudahkan pemasangan di berbagai lokasi, baik rendah maupun tinggi. Kalian pun tidak perlu kesulitan dalam memilih lokasi pemasangan dan bisa menghemat biaya tanpa harus membayar jasa teknisi.

4. Channel Gratis

Parabola mini dulunya dikenal sebagai bagian dari layanan Pay TV, tetapi kini telah mengadopsi sistem hibrida. Dengan ini, pengguna bisa menikmati tayangan gratis dari puluhan saluran dan juga memiliki opsi untuk berlangganan paket premium. Yang perlu dicatat adalah bahwa layanan ini tidak memerlukan biaya bulanan asalkan menggunakan penerima (receiver) yang sesuai.

Beberapa provider yang bisa Kalian pilih antara lain Nex Parabola, K Vision, atau Nusantara HD.

Sekalipun parabola mini memiliki keunggulan-keunggulan tersebut, penting untuk juga mempertimbangkan segala keterbatasannya sebelum memutuskan untuk membeli.

Kekurangan Parabola Mini

Meskipun Menawarkan Keuntungan, Parabola Mini Ternyata Memiliki Beberapa Kekurangan: Parabola mini memang menawarkan sejumlah keunggulan, tetapi ada juga beberapa kekurangan yang dimilikinya. Meskipun demikian, kekurangan ini tampaknya tidak begitu mempengaruhi ketertarikan konsumen untuk membeli produk tersebut.

Baca juga:  Cara Pasang Parabola Mini Sendiri Yang Baik dan Benar

Penting untuk diingat bahwa kelebihan dan kekurangan parabola mini bisa bersifat relatif, tergantung pada perspektif dan kondisi masing-masing individu yang tentu saja bisa berbeda.

Ada dua kekurangan utama yang harus Kalian perhatikan seputar parabola mini:

1. Rentan Gangguan Cuaca

Parabola mini beroperasi di pita frekuensi Ku Band yang memiliki energi tinggi dan kuat. Akan tetapi, pita frekuensi ini cukup sensitif terhadap gangguan cuaca seperti hujan dan awan mendung.

Selama cuaca buruk, sinyal mungkin akan terganggu dan saluran TV tidak dapat ditonton. Namun, setelah cuaca membaik, sinyal akan pulih kembali ke kondisi normal.

2. Harus Pakai STB Rekomendasi

Pita frekuensi Ku Band cenderung lebih fokus pada layanan TV berlangganan, sehingga tidak menyediakan saluran free to air. Karena itu, Kalian harus menggunakan STB yang direkomendasikan dan biasanya terikat dengan satu penyedia layanan saja.

Ini berarti bahwa pengguna tidak dapat dengan bebas mencari satelit lain menggunakan receiver yang direkomendasikan, karena sebagian besar siaran pada Ku Band dienkripsi oleh masing-masing penyedia layanan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan aspek-aspek ini sebelum memutuskan untuk membeli parabola mini, agar dapat menghindari kesalahan dalam penggunaannya nantinya.

Tips Memilih Antena Parabola

Agar Tidak Merasa Menyesal Setelah Memasang Antena Parabola, Berikut Beberapa Tips yang Dapat Dipertimbangkan:

  • Memilih Ukuran Antena Parabola: Pilihlah ukuran antena parabola yang ingin Kalian pasang, misalnya 6, 7, 8, 9, atau 10 feet. Sesuaikan ukuran tersebut dengan lokasi tempat pemasangan agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil.
  • Memilih Tipe Antena Parabola (Fixe atau Gerak): Ada dua tipe antena parabola yaitu fixe dan gerak. Tipe fixe hanya mengarah ke satu satelit yang telah ditentukan, sementara tipe gerak dapat diarahkan ke berbagai satelit sesuai dengan keinginan Kalian. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Kalian.
  • Memilih Receiver yang Akan Digunakan: Receiver adalah perangkat penting dalam pemasangan antena parabola. Ada berbagai merk receiver yang bisa dipilih, seperti Matrix, Goldsat, Venus, Tanaka, dan masih banyak lagi. Pilihlah receiver yang memiliki kualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan Kalian.
  • Memilih Merk Antena Parabola: Terdapat beragam merk antena parabola yang tersedia di pasaran, seperti Parasat, Soccer, Ora, Roda Sat, Venus, Paragon, Matrix, dan lainnya. Pilihlah merk yang memiliki reputasi baik dan terkenal akan kualitasnya.
Baca juga:  Mudah Banget!! Ini Cara Setting Receiver Nusantara HD

Dengan mempertimbangkan keempat aspek di atas, Kalian dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih dan memasang antena parabola sehingga tidak akan merasa menyesal di kemudian hari.

Kesimpulan

Sebagai simpulan, memahami Kelebihan Dan Kekurangan Parabola Mini merupakan langkah penting sebelum memutuskan untuk memasangnya di rumah atau lingkungan kerja. Parabola mini menawarkan kepraktisan dan fleksibilitas yang tidak dapat disaingi oleh piringan parabola tradisional. Dengan ukurannya yang kompak, parabola mini menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang memiliki keterbatasan ruang. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, seperti kualitas sinyal yang mungkin tidak sekuat parabola ukuran penuh.

Dalam menimbang kelebihan dan kekurangan parabola mini, penting bagi konsumen untuk mempertimbangkan kebutuhan dan prioritas mereka. Bagi beberapa orang, manfaat dari ukuran yang kecil dan pemasangan yang mudah mungkin lebih berharga daripada memiliki kualitas gambar yang sempurna. Sementara itu, bagi yang mengutamakan kualitas siaran, mungkin perlu mempertimbangkan opsi lain.

Akhir kata, parabola mini adalah inovasi yang menawarkan solusi bagi banyak situasi, tetapi juga datang dengan kompromi tertentu. Dengan melakukan penelitian yang cermat dan memahami kelebihan dan kekurangan yang ada, Kalian dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Kalian dalam memilih parabola.

Terima kasih telah membaca artikel dari bengkeltv.id ini. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat dan membantu Kalian dalam mengambil keputusan yang tepat terkait penggunaan parabola mini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *