Kode Error AC Daikin

Penyebab dan Cara Mengatasi Kode Error AC Daikin

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab dan Cara Mengatasi Kode Error AC Daikin. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan dunia teknologi, kini Anda, para pengguna AC, tentu sudah merasakan dampaknya. Berbagai merek AC terkenal telah meluncurkan tipe AC terbaru yang dilengkapi dengan fitur dan teknologi canggih.

Kini, pendingin ruangan atau AC di Indonesia hampir menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang, terutama mereka yang tinggal di kota. Tentu saja, para pengguna menginginkan AC dengan merek, tipe, dan kualitas terbaik agar kinerjanya optimal.

Salah satu teknologi yang telah diterapkan adalah unit AC yang dapat menampilkan kode kerusakan atau kode error, sehingga pengguna hanya perlu membaca kode error AC tersebut untuk menemukan masalahnya. Kode ini telah digunakan di berbagai merek AC seperti POLYTRON, Sharp, Panasonic, dan lainnya.

Akan tetapi, pada kesempatan kali ini kami akan membahas kode-kode error AC dari salah satu merek AC yang sangat terkenal, yaitu kode error AC Daikin. Mungkin banyak warga masyarakat Indonesia yang telah menggunakan AC Daikin dari berbagai tipe yang tersedia, seperti inverter smile, high inverter, standar design, dan deluxe.

Pengertian Kode AC Daikin

Kode AC Daikin merupakan serangkaian kode yang digunakan untuk mengidentifikasi masalah atau kerusakan yang terjadi pada unit AC, baik itu pada bagian indoor, outdoor, maupun sistem secara keseluruhan. Kode-kode ini membantu pengguna dan teknisi dalam mendiagnosis masalah pada AC Daikin, sehingga perbaikan yang tepat dan efisien dapat dilakukan.

Kode error ini biasanya ditampilkan pada layar remote kontrol atau di unit AC indoor melalui lampu indikator yang berkedip. Setiap kode memiliki arti tertentu yang berkaitan dengan masalah yang terjadi pada sistem AC. Dengan mengetahui kode error yang muncul, Kalian dapat lebih mudah mengidentifikasi masalah pada AC Daikin Kalian dan mencari solusi yang tepat.

Baca juga:  Daftar Kode Remote AC Daikin Terlengkap !!

Namun, jika Kalian tidak yakin tentang cara mengatasi masalah tersebut, selalu disarankan untuk menghubungi teknisi AC yang berpengalaman untuk mendapatkan bantuan. Selalu pastikan untuk memeriksa dan melakukan perawatan secara rutin pada AC Kalian agar tetap berfungsi dengan baik dan efisien.

Manfaat dan Penggunaan Kode Error

Kode Error AC Daikin, memiliki beberapa manfaat dan penggunaan yang penting, antara lain:

1. Diagnostik

Kode error membantu pengguna dan teknisi dalam mendiagnosis masalah yang terjadi pada unit AC. Dengan mengetahui kode error yang muncul, mereka dapat lebih mudah menemukan sumber masalah dan mengatasi kerusakan yang ada.

2. Hemat waktu

Kode error dapat menghemat waktu dalam mencari penyebab masalah, karena kode tersebut menyediakan informasi spesifik tentang bagian atau sistem yang bermasalah. Ini memungkinkan teknisi untuk langsung menangani bagian yang bermasalah tanpa harus memeriksa seluruh sistem AC.

3. Efisiensi perbaikan

Dengan mengetahui kode error, teknisi dapat mengambil tindakan perbaikan yang lebih efisien dan tepat. Hal ini mengurangi risiko perbaikan yang tidak efektif atau tidak perlu.

4. Pencegahan kerusakan lebih lanjut

Kode error dapat membantu pengguna untuk mendeteksi masalah sejak dini, sebelum kerusakan menjadi lebih parah. Dengan penanganan yang cepat dan tepat, kerusakan lebih lanjut pada sistem AC dapat dicegah, menghemat biaya perbaikan dan perawatan.

5. Pemeliharaan

Kode error juga dapat digunakan sebagai alat pemeliharaan yang efektif. Dengan memantau kode error yang muncul, pengguna dapat menjaga kinerja AC tetap optimal dan mencegah kerusakan yang mungkin terjadi akibat kurangnya perawatan.

Secara keseluruhan, kode error pada AC memiliki manfaat yang signifikan dalam membantu pengguna dan teknisi untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah dengan lebih efisien. Selalu pastikan untuk memeriksa dan melakukan perawatan secara rutin pada AC Anda agar tetap berfungsi dengan baik dan efisien.

Kode Error AC Daikin Lengkap dengan Arti dan Cara mengatasinya

Untuk memahami kode error yang muncul pada AC Daikin, berikut akan kami sampaikan secara rinci di bawah ini, termasuk Kode Error AC Daikin, outdoor, dan sistemnya. Untuk lebih jelasnya, silakan simak ulasan ini hingga selesai.

Kode Unit AC Indoor

Kode error pada unit AC indoor Daikin berfungsi untuk membantu mengidentifikasi masalah atau kerusakan pada bagian indoor. Berikut adalah beberapa contoh kode error yang mungkin muncul pada unit AC indoor Daikin:

Baca juga:  Penyebab & Cara Mengatasi AC Daikin Tidak Dingin

NOKODE ERRORARTI KODE ERROR
1.AO Terjadi error pada eksternal protective device.
2.A1Ada kerusakan pada PCB E prom.
3.A3Level pada sistem drain.
4.A6Motor blower overload/kelebihan.
5.A7Motor pada swing ada kerusakan.
6.A9Ada kerusakan pada EXF.
7.AFLevel pada drain di atas mengalami limit.
8.AHAda kerusakan pada pemeliharaan filter udara.
9.AJAda kerusakan pada setting kapasitas.
10.C4Ada kerusakan pada thermistor heat exchange.
11.C5Ada masalah pada thermistor pipa gas.
12.C9Ada masalah pada thesmistor inlet udara.
13.CJAda kerusakan pada thermostat.
14.L0Ada kerusakan pada sistem inverter.
15.L4Adanya kenaikan pada temperatur kipas/fan radiasi inverter.
16.L5Terjadi kemacetan pada motor kompresor inverter.
17.L6Terjadi kemacetan pada koil motor kompresor.
18.L8Adanya ketidakstabilan pada arus inverter.
19.L9Ada masalah pada starup inverter.
20.LATerjadi kerusakan pada power.
21.LCTerjadi masalah pada transmisi inverter dan PCB.
22.P1Ada proteksi pada inverter over ripple.
23.P4Terjadi kenaikan temperatur radiasi sensor.

Kode Unit AC Outdoor

Kode error pada unit AC outdoor Daikin berfungsi untuk membantu mengidentifikasi masalah atau kerusakan pada bagian outdoor. Berikut adalah beberapa contoh kode error yang mungkin muncul pada unit AC outdoor Daikin:

NOKODE ERRORARTI KODE ERROR
1.E1HP nyala.
2.E4LP nyala.
3.E6Kompresor dalam keadaan atau kondisi terkunci.
4.J2Ada masalah pada current sensor.
5.J3Ada kerusakan pada thermistor pipa discharge.
6.J5Ada kerusakan pada thermistor pipa suction.
7.J6Ada kerusakan pada thermistor pipa heat excharger.
8.J7Ada kerusakan pada thermistor header.
9.J8Ada kerusakan pada thermistor pipa oli equalizer.
10.J9Ada kerusakan pada thermistor pipa recaiver gas.
11.JAAda kerusakan pada sensor tekanan pipa discharger.
12.JCAda kerusakan pada sensor pipa suction.

Kode Sistem

Kode sistem pada AC Daikin digunakan untuk mengidentifikasi masalah yang terkait dengan sistem secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa contoh kode sistem yang mungkin muncul pada AC Daikin:

Baca juga:  Arti Simbol Remote AC Daikin : Terlengkap !!

NOKODE ERRORARTI KODE ERROR
1.UAJumlah indoor terhubung terlalu banyak.
2.UORefrigerant berkurang.
3.UIOpen phase.
4.U2Power supply tiba-tiba menurun.
5.U3Service cleaning atau lakukan pembersihan.
6.U4Ada masalah pada transmisi antara indoor dan outdoor dari unit AC.
7.U5Ada masalah pada transmisi indoor dan RC.
8.U6Ada kerusakan pada PCB RC setting kontrol.
9.U7Transmisi unit outdoor ada masalah.
10.U8Transmisi antara RC master dan slave ada gangguan.
11.U9Transmisi indoor serta outdoor dalam sistem yang sama mengalami kerusakan.

Cara Mengatasi Munculnya Kode Error & Mengatasi Komponen

Setelah mengetahuiKode Error AC Daikin di atas, tentu Kalian perlu tahu cara mengatasi munculnya kode error tersebut. Berikut langkah-langkah untuk mengatasinya:

  • Tekan tombol suhu (Temperatur) pada remote AC Daikin Kalian. Jika Kalian mendengar bunyi bip sebanyak 2 kali, itu berarti Kalian telah menemukan kode pertama.
  • Tekan tombol mode pada remote AC Daikin untuk mencari kode kedua. Jika ada bunyi bip panjang, maka itu adalah kode keduanya.
  • Alternatif lainnya, tekan ketiga tombol pada remote AC Daikin secara bersamaan sambil mengarahkannya ke unit AC indoor.

Dengan mengetahui kode error yang muncul, Kalian dapat lebih mudah mengidentifikasi masalah pada AC Daikin Kalian dan mencari solusi yang tepat. Namun, jika Kalian tidak yakin tentang cara mengatasi masalah tersebut, selalu disarankan untuk menghubungi teknisi AC yang berpengalaman untuk mendapatkan bantuan

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Kode Error AC Daikin. Semoga informasi yang telah disampaikan dalam artikel ini dapat membantu Kalian dalam mengatasi masalah pada AC Daikin dan memahami pentingnya kode error sebagai alat diagnostik.

Ingatlah untuk selalu melakukan perawatan rutin pada AC Kalian agar kinerjanya tetap optimal dan efisien. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *