Kode Remot TV Ichiko

Kode Remot TV Ichiko : Lengkap dengan Panduan Penggunaan

Posted on

Bengkeltv.idKode Remot TV Ichiko : Lengkap dengan Panduan Penggunaan. Tak terbantahkan lagi, teknologi televisi telah berkembang begitu pesat hingga menjadi elemen penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu brand yang sudah lama menetap di hati masyarakat adalah Ichiko, dengan rangkaian produk televisi berkualitas yang mereka tawarkan.

Namun, tak jarang kita terkadang mengalami kendala seperti hilang atau rusaknya remot kontrol, suatu hal yang tentu bisa merusak kenyamanan menonton Kalian. Jangan khawatir, artikel ini akan membahas mengenai kode remot TV Ichiko, yang dapat menjadi solusi praktis untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Mengenal Merk Ichiko

Kode Remot TV Ichiko

TV Ichiko merupakan merek televisi yang dikenal luas di Indonesia, berasal dari perusahaan Jepang dan menjadi salah satu alternatif yang kerap dipilih oleh konsumen.

Ichiko diproduksi oleh PT Sinar Bintang Nusantara, yang telah beroperasi sejak tahun 2006. Perusahaan ini menghasilkan berbagai produk dalam sektor elektronik, telekomunikasi, dan perlengkapan rumah tangga dengan jangkauan pasar yang meliputi seluruh Indonesia.

Produk-produk Ichiko tidak hanya terbatas pada televisi, tetapi juga mencakup set top box, rice cooker, blender, pemutar DVD, perangkat multimedia, dan banyak lagi. Meskipun demikian, televisi Ichiko merupakan produk yang sangat populer dan tersedia dalam berbagai model, mulai dari TV tabung hingga TV LED.

Mengupas lebih dalam tentang TV Ichiko, salah satu aspek krusial yang harus kita perhatikan adalah kode remot TV Ichiko. Baik untuk televisi tabung, LED, atau LCD, penting bagi Anda untuk mengetahui kode remot TV Ichiko dan cara mengatur remot TV Ichiko dengan tepat, sehingga Anda dapat menggunakannya dengan lancar.

Baca juga:  Cara Menambah Bass Pada Speaker Biasa dan Bluetooth dengan Mudah

Manfaat Kode Remot TV

Fungsi utama kode remot adalah untuk memfasilitasi koneksi antara remot universal pengganti dan televisi yang digunakan. Biasanya, penerapan kode remot ini diperlukan ketika remot TV original mengalami kerusakan atau hilang.

Akibatnya, pemilik televisi perlu membeli unit remot pengganti untuk kemudian dapat mengubah saluran atau memprogram televisi. Inilah fungsi esensial dari kode remot TV secara umum.

Daftar Kode Remot Tv Ichiko

Salah satu tantangan yang sering dihadapi pemilik TV Ichiko adalah ketika remot televisinya rusak atau hilang. Sebagaimana diketahui, produsen televisi jarang menjual remot televisi secara terpisah, termasuk merek Ichiko.

1. Kode Remot TV Ichiko Tabung

Solusi untuk masalah ini adalah dengan membeli remot TV universal, juga dikenal sebagai multi joker. Remot ini dapat digunakan untuk berbagai merek TV.

Namun, agar remot universal ini dapat berfungsi dengan TV Ichiko tabung, diperlukan pengaturan khusus dengan memasukkan kode remot yang sesuai dengan merek televisi tersebut.

Berikut adalah beberapa pilihan kode remot yang bisa diterapkan untuk TV Ichiko tabung:

104
102
187
181
131
73
224
103

2. Kode Remot TV Ichiko LED

Selain tipe tabung, Ichiko juga menyediakan TV jenis LED atau LCD. Berikut ini kode-kodenya:

147
451
121
22
126
197
151

3. Kode Remot Joker TV Ichiko

Remot universal joker biasanya disertai dengan kode tiga digit yang harus diinput saat ingin menggunakannya pada televisi.

Penggunaan kode remot ini bertujuan untuk menghubungkan remot universal joker dengan televisi yang akan dikendalikan. Biasanya, remot universal joker menjadi pilihan ketika remot TV original rusak dan penggantinya sulit ditemukan.

Maka dari itu, kode remot universal joker untuk TV Ichiko menjadi penting untuk memastikan remot dapat berfungsi dengan baik. Dengan memasukkan kode remot yang benar, Anda dapat mengoperasikan TV Ichiko dengan mudah menggunakan remot universal joker.

Cara Setting atau Masukkan Kode Remot TV Ichiko Tabung

Apabila Kalian telah mengetahui kode remot TV tabung tersebut, selanjutnya adalah memahami cara mengatur atau memasukkan kode remot tersebut. Prosesnya cukup simpel dan tidak berbeda signifikan dengan cara mengatur TV Polytron atau merek TV lainnya.

1. Tekan dan Tahan Tombol Set

Langkah awal yang perlu dilakukan oleh pemilik TV Ichiko tabung adalah mempersiapkan remot TV baru mereka. Selanjutnya, arahkan remot ke TV yang sudah dalam keadaan hidup, lalu tekan dan tahan tombol SET hingga lampu indikator menyala.

Baca juga:  Cara Membuat Bando TV LED Sendiri : Gampang Banget !!

2. Input Kode Remot

Setelah lampu indikator menyala, segera masukkan kode remot TV. Kalian cukup menekan angka yang sesuai dengan kode remot TV.

Apabila kode remot yang dimasukkan benar dan berhasil, lampu indikator akan otomatis padam.

3. Tekan Tombol Set

Jika lampu indikator belum padam, Kalian dapat menekan tombol SET sekali lagi untuk mengkonfirmasi kode yang telah dimasukkan.

4. Kode Berhasil Dimasukkan

Jika langkah-langkah tersebut telah dijalankan, maka kode remot TV tabung telah berhasil dimasukkan. Pemilik TV Ichiko tabung kini bisa menggunakan remot TV baru tersebut seperti remot aslinya.

Penyebab Kode Remote TV Ichiko Tidak Berfungsi

Kalian telah mencoba semua variasi kode TV Ichiko yang disebutkan di atas namun tidak ada satupun yang cocok? Jangan khawatir, Kalian bisa mencoba beberapa solusi berikut untuk mengatasi TV Ichiko yang tidak merespon remote TV:

1. Kode Remot Tidak Sesuai

Langkah pertama yang perlu Kalian lakukan adalah memastikan bahwa Kalian telah mencoba semua variasi kode yang disebutkan di atas. Ini dikarenakan setiap model TV Ichiko mungkin hanya kompatibel dengan beberapa kode tertentu. Oleh karenanya, cobalah semua kode remot yang disebutkan hingga remote universal berhasil berfungsi.

2. Baterai Remot Lemah

TV yang tidak merespon remot tidak selalu berarti TV tersebut rusak. Dalam beberapa kasus, alasan utama remot TV Ichiko tidak berfungsi dapat disebabkan oleh baterai  yang lemah atau sudah habis. Jika baterai remot lemah, daya yang dibutuhkan untuk mengirimkan sinyal dari remot ke TV mungkin tidak cukup.

Dalam hal ini, disarankan untuk mengganti baterai dengan yang baru jika Kalian sudah lama tidak melakukannya. TKalian-tKalian baterai remot yang lemah antara lain adalah lampu indikator pada remot yang mulai redup setiap kali tombol remot ditekan.

3. Baterai Longgar

Bagaimana jika Kalian telah mengganti baterai baru namun remot tetap tidak berfungsi? Bisa jadi karena baterai terpasang longgar. Kalian bisa mengganjal baterai menggunakan kertas atau benda lainnya hingga baterai tersebut terpasang dengan baik. Selain itu, bersihkan juga terminal baterai jika tampak ada karat atau kotoran.

Baca juga:  Cara Pasang Mesin TV 29 ke Tabung 21 dengan Baik dan Benar

4. Kerusakan pada Modul Remot TV

Jika semua upaya di atas masih belum dapat mengatasi masalah ini, kemungkinan kode TV Ichiko yang tidak berfungsi disebabkan karena remot universal Kalian mengalami kerusakan. Cara mudah untuk memastikannya adalah dengan mencoba menghubungkan TV Ichiko Kalian dengan remot universal lainnya.

Perbedaan Remot TV Ichiko Universal dan Non Universal

Remot universal adalah jenis remot multifungsi yang dapat digunakan untuk hampir semua merk TV, termasuk Ichiko. Sementara itu, remot non-universal sering diartikan sebagai remot bawaan pabrik yang hanya dapat digunakan untuk merk TV spesifik.

Beberapa perbedaan antara remot universal dan remot bawaan (non-universal) di antaranya, remot universal biasanya dilengkapi dengan tombol [SET] yang umumnya digunakan untuk memasukkan kode remot TV.

Selain itu, remot universal juga memiliki fitur lampu indikator tambahan yang akan bercahaya ketika remot berada dalam mode [SET]. Sebaliknya, remot non-universal tidak memiliki tombol SET maupun lampu indikator tambahan tersebut.

Baca Juga :

Penutup

Memahami kode remot TV Ichiko dan cara menggunakannya dapat memberikan kemudahan dalam pengoperasian televisi Kalian, terutama jika Kalian menggunakan remot universal. Meskipun bisa jadi sedikit rumit pada awalnya, namun dengan praktek dan pemahaman yang baik, Kalian akan mampu menguasai penggunaannya.

Perlu diingat, meskipun Kalian telah mencoba semua kode dan langkah-langkah yang telah disebutkan, ada kalanya TV Ichiko tidak merespon karena beberapa faktor teknis seperti baterai remot yang lemah, koneksi yang longgar, atau bahkan kerusakan pada remot itu sendiri.

Jika Kalian menghadapi kesulitan, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional atau menghubungi layanan pelanggan Ichiko. Pastikan Kalian selalu memiliki kode remot yang tepat dan mengikuti prosedur yang benar untuk pengaturan remot universal Kalian.

Demikian pembahasan dari bengkeltv.id mengenai kode remot TV Ichiko dan cara mengaturnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Kalian dalam mengoperasikan TV Ichiko Kalian dengan lebih efisien. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *