Letak Defrost Bimetal Kulkas 2 Pintu

Letak Defrost Bimetal Kulkas 2 Pintu : Simak Ulasan Lengkapnya

Posted on

Bengkeltv.id Letak Defrost Bimetal Kulkas 2 Pintu : Simak Ulasan Lengkapnya. Dalam menjalani keseharian di dapur, kulkas telah menjadi sahabat setia yang tak terpisahkan. Alat ini tidak hanya berfungsi sebagai penyimpan makanan tetapi juga sebagai penjaga kesegaran bahan-bahan masakan. Namun, sebagai pengguna, pernahkah Kalian mengalami masalah dengan kulkas, khususnya yang berkaitan dengan proses defrost? Salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam proses defrost adalah ‘Defrost Bimetal’.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai Letak Defrost Bimetal Kulkas 2 Pintu, fungsi utamanya, serta tips perawatan agar kulkas Kalian tetap berfungsi secara optimal. Mari kita selami lebih lanjut.

Mengenal Bimetal / Defrost kulkas 2 pintu.

Bimetal atau Defrost pada kulkas berperan sebagai sebuah saklar yang mekanismenya bergantung pada suhu. Fungsi utamanya adalah menghubungkan aliran listrik ke komponen pemanas (heater) saat dibutuhkan.

Ada perbedaan signifikan antara kulkas 1 pintu dengan kulkas 2 pintu dalam hal ini. Pada kulkas 1 pintu, defrost bimetal tidak digunakan karena proses pelelehan es yang biasa disebut “bunga es” masih dilakukan secara manual.

Sebaliknya, pada kulkas 2 pintu atau yang sering disebut juga dengan kulkas no frost, dilengkapi dengan komponen bimetal atau defrost. Bimetal ini biasanya berbentuk bulat atau kotak, dan untuk melindunginya dari air, bimetal dikelilingi oleh lapisan plastik yang tebal. Posisi dari bimetal ini adalah di bagian atas evaporator.

Ketika suhu di sekitar evaporator sudah cukup rendah, dua kabel yang terdapat pada bimetal akan terhubung dan mengalirkan listrik ke heater. Namun, perlu diperhatikan bahwa heater hanya akan mulai bekerja jika timer berada dalam posisi defrost, yang biasanya terjadi sekitar setiap 7 jam sekali.

Selama proses defrost berlangsung, beberapa komponen seperti motor fan blower, motor timer, dan mesin compressor akan berhenti beroperasi. Hanya heater yang aktif untuk mencairkan es yang menempel di evaporator. Setelah es berhasil mencair, koneksi antara kedua kabel pada bimetal akan terputus secara otomatis. Ini menKaliani bahwa proses defrost telah selesai, dan timer akan mengaktifkan kembali proses pendinginan dengan menghidupkan mesin compressor.

Baca juga:  Ukuran Ampere Kulkas 2 Pintu Secara Lengkap

Fungsi Defrost Pada Kulkas 2 Pintu

Heater atau defrost panas berfungsi untuk melelehkan kristal es yang terbentuk pada evaporator dengan cara memanaskannya. Komponen ini sangat mirip dengan elemen pemanas yang menghasilkan panas melalui kumparan yang memiliki resistansi listrik yang tinggi.

Untuk mencegah pelunakan atau pelelehan badan kulkas saat sekering kulkas dua pintu aktif, sekering tersebut umumnya dilapisi dengan material kaca khusus dan dikemas secara kedap. Langkah ini juga diambil untuk menghindari terjadinya kebakaran pada badan kulkas.

Bagian-Bagian Defrost

Komponen utama dari defrost atau termostat defrost adalah sejenis logam bimetal yang responsif terhadap variasi suhu.

Logam bimetal ini terintegrasi dengan pengatur waktu (timer) kulkas serta elemen pemanas. Defrost beroperasi layaknya relai atau saklar yang memiliki kapabilitas untuk menghubungkan atau memutuskan aliran listrik, dengan posisi penghubung atau pemutus aliran listrik ini dikontrol oleh suhu.

Ketika suhu mencapai tingkat ke-dinginan tertentu, defrost akan mengaktifkan aliran listrik menuju elemen pemanas. Sebaliknya, apabila suhu naik hingga mencapai level tertentu, defrost akan memutuskan aliran listrik ke elemen pemanas.

Umumnya, defrost dipasang pada area yang paling dingin di evaporator agar kinerjanya lebih optimal. Defrost bertugas untuk mendeteksi fluktuasi suhu yang terjadi di area evaporator atau kotak pembeku (freezer box).

Cara Kerja Defrost

Sebelum membahas mengenai Letak Defrost Bimetal Kulkas 2 Pintu, mari kita pahami terlebih dahulu cara kerja Defrost. Logam bimetal dalam komponen defrost memiliki karakteristik yang memungkinkannya melengkung ketika terpapar suhu dingin. Bimetal kerap digunakan dalam berbagai perangkat elektronik sebagai pengendali saklar atau relai tegangan, seperti pada dispenser, rice cooker, magic com, dan kulkas.

Ketika suhu evaporator belum turun hingga ke titik tertentu, bagian bimetal akan tetap datar. Dalam keadaan ini, batang konduktor akan memutuskan sambungan antara dua terminal defrost. Sebagai hasilnya, aliran listrik tidak akan terarahkan ke heater defrost.

Meskipun pengatur waktu kulkas atau defrost timer telah mengalihkan aliran listrik dari kompresor ke heater, arus listrik tidak akan mengalir ke heater karena defrost belum aktif.

Baca juga:  Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Sharp, Yang Mudah Dipahami

Namun, saat suhu evaporator semakin menurun, bimetal dalam defrost akan mulai melengkung secara bertahap.

Ketika suhu evaporator mencapai tingkat ke-dinginan tertentu, kelengkungan bimetal akan mendorong batang konduktor sehingga menyambungkan kedua terminal defrost.

Selanjutnya, arus listrik dapat mengalir ke heater untuk memanaskan kotak pembeku atau evaporator, mencegah pembentukan es di dalamnya.

Setelah itu, bagian bimetal akan kembali ke bentuk semula saat suhu evaporator naik, dan batang konduktor akan kembali memutuskan arus listrik yang berasal dari pengatur waktu kulkas atau defrost timer.

Letak Defrost Bimetal Kulkas 2 Pintu

Pada intinya, bimetal berperan sebagai saklar atau switch yang beroperasi berdasarkan suhu yang ada saat itu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, komponen ini bertugas sebagai penghubung arus listrik yang akan mengalir ke elemen pemanas di dalam kulkas. Biasanya, komponen ini hanya terdapat pada kulkas berjenis 2 pintu, sehingga pemilik kulkas 1 pintu tidak akan menemukan komponen ini.

Sedangkan mengenai lokasi pemasangannya, bimetal biasanya ditempatkan di evaporator yang berada di bagian atas kulkas. Bentuk dari komponen ini umumnya bulat, tetapi ada juga beberapa varian yang memiliki bentuk kotak. Bimetal pada kulkas 2 pintu akan diberi perlindungan berupa plastik tebal yang ditempelkan secara erat sehingga mampu membuatnya tahan air dan benar-benar menempel dengan kuat pada bagian tersebut.

Macam-Macam Bimetal Kulkas 2 Pintu

Setelah memahami Letak Defrost Bimetal Kulkas 2 Pintu, berikutnya perlu diketahui bahwa tidak banyak orang yang sadar akan adanya beberapa tipe bimetal yang mendukung fitur canggih kulkas 2 pintu. Secara umum, ada 2 jenis bimetal yang digunakan pada kulkas jenis ini, yaitu heater kaca dan heater evaporator. Karena itu, tidak heran jika berbagai kulkas yang diproduksi saat ini memiliki tipe heater yang beragam.

Heater atau bimetal kaca biasanya ditempatkan di bagian bawah evaporator, sedangkan heater atau bimetal evaporator akan terpasang langsung pada evaporator itu sendiri. Apabila bimetal kaca mengalami kerusakan, biasanya dapat terlihat secara langsung melalui kaca pelapis yang pecah. Sementara itu, untuk mengetahui kerusakan pada bimetal evaporator, diperlukan pengukuran menggunakan alat multitester.

Ciri-Ciri Kerusakan Defrost

Sudah memahami Letak Defrost Bimetal Kulkas 2 Pintu?, berikutnya penting untuk mengetahui bahwa jika terjadi kerusakan pada defrost, kulkas tidak akan dapat beroperasi dengan normal. Berikut adalah beberapa tKalian yang menunjukkan adanya kerusakan pada defrost atau thermo defrost:

Baca juga:  Cara Mengatur Suhu Kulkas Sharp : Dengan Mudah 

  • Pembentukan lapisan es di dalam kotak pembeku (freezer box) – Es akan mulai terbentuk dan meningkat jumlahnya jika defrost mengalami kerusakan. Ini terjadi karena defrost gagal menyambungkan aliran listrik ke elemen pemanas.
  • Kehadiran air atau butiran es di dalam kemasan plastik yang melindungi defrost – Kondisi ini bisa menyebabkan batang konduktor mengalami korosi.
  • Bimetal mengalami patah – Meskipun hal ini cukup jarang, logam bimetal bisa mengalami kerusakan berupa patah yang akan menyebabkan mekanisme relai tidak dapat berfungsi dengan benar.
  • Terminal defrost mengalami karat – Hal ini biasanya akan mengakibatkan aliran listrik tidak mengalir dengan baik.

Jika ditemukan tanda-tanda bahwa defrost sudah tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya segera menggantinya dengan yang baru agar lapisan es tidak terus menerus terbentuk di dalam kulkas.

Harga thermo defrost di pasaran relatif terjangkau, berkisar antara 40 ribu hingga 100 ribu rupiah, tergantung pada jenis dan merek yang dipilih.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, mengetahui letak bimetal pada kulkas 2 pintu merupakan informasi yang penting. Sebagai salah satu komponen yang berperan dalam menjaga kestabilan suhu, bimetal memiliki peranan yang sangat krusial dalam menjaga kinerja kulkas.

Letak yang tepat dari bimetal memungkinkan fungsi-fungsinya berjalan dengan maksimal, yang pada akhirnya dapat memperpanjang umur penggunaan kulkas dan menjaga kualitas makanan yang disimpan di dalamnya. Dengan memahami lebih dalam mengenai letak dan fungsi bimetal pada kulkas 2 pintu, pengguna dapat melakukan pemeliharaan yang tepat dan, jika perlu, penanganan masalah dengan lebih efisien.

Mari kita jadikan pengetahuan ini sebagai langkah awal dalam memaksimalkan kegunaan dan efisiensi kulkas di rumah kita. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Letak Defrost Bimetal Kulkas 2 Pintu, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *