Menu Servis TV Sharp

Apa Saja Menu Servis TV Sharp? : Panduan Untuk Pemula

Posted on

Bengkeltv.id Apa Saja Menu Servis TV Sharp? : Panduan Untuk Pemula. Apakah Kalian pernah mengalami masalah dengan TV Sharp Kalian? Apakah layar tidak menampilkan gambar atau suara? Atau apakah tombol di remotenya tidak berfungsi? Jika ya, Kalian mungkin memerlukan bantuan untuk memperbaiki TV Sharp Kalian. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan menggunakan menu servis.

Menu servis adalah fitur pada TV Sharp yang memungkinkan Kalian mengakses berbagai pengaturan dan konfigurasi yang dapat membantu memperbaiki masalah pada TV Kalian. Panduan ini akan memberikan informasi yang berguna tentang menu servis TV Sharp dan cara menggunakannya untuk memperbaiki TV Kalian.

Apa Itu Servis Mode TV Sharp

Mode servis pada televisi sebenarnya merupakan kondisi di mana televisi dikembalikan ke pengaturan awal sebagaimana saat pertama kali keluar dari pabrik. Dengan demikian, semua pengaturan rahasia yang biasanya tersembunyi dalam menu televisi Sharp akan terlihat dan dapat diubah. Umumnya, mode servis ini diterapkan oleh pihak pabrik saat merakit TV atau saat diperbaiki untuk menyelaraskan antara data parameter firmware dan komponen kerasnya.

Tujuan dari penyesuaian pengaturan ini adalah agar hasilnya tepat dan seimbang, karena setiap komponen dalam televisi tidak selalu identik meskipun serinya sama. Contohnya, emisi dari tabungnya bisa berbeda-beda dan itu dapat mempengaruhi tampilan warna RGB pada layar. Oleh karena itu, perlu mengatur ulang data parameter yang ada di IC EEPROM agar hasilnya optimal.

Penting untuk diketahui bahwa mengatur ulang data mode servis pabrik televisi tidak boleh dilakukan sembarangan. Hanya orang-orang yang ahli dan memahami betul fungsi setiap data parameter yang diperbolehkan melakukan ini. Jika kita mencoba mengatur atau sembarangan, bisa jadi malah menyebabkan TV rusak dan tidak bisa menyala, gambar melebar atau menyempit secara tidak linier, program TV hilang dan tidak bisa menangkap siaran, suara langsung besar dan tidak bisa dikurangi, warna gambar juga bisa dominan merah, biru, atau hijau, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana cara yang benar untuk masuk ke mode servis televisi Sharp?

Cara Masuk Menu Servis TV Sharp

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa salah mengatur parameter bisa menyebabkan TV rusak karena nilai-nilai tidak sesuai. Oleh karena itu, disarankan untuk hanya mengubah nilai parameter yang memang diperlukan saja dan tidak mengubah yang lainnya agar tidak berisiko.

TV Sharp memiliki banyak seri. Berikut ini adalah cara masuk ke menu servis TV Sharp yang bisa digunakan di setiap seri TV Sharp. Jadi, jika ingin masuk ke menu servis TV Sharp, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Matikan TV Sharp dan cabut kabel listrik dari sumber listrik/stop kontak.
  • Tekan dan tahan tombol Volume (-) dan Channel (+) yang ada di TV Sharp.
  • Sambil menekan kombinasi kedua tombol tersebut, colokkan kabel listrik TV ke stop kontak.
  • TV Sharp akan menyala dengan tampilan menu servis atau service mode.
  • Di menu servis ini akan ditampilkan 5 kategori menu, yaitu Defleksi, Musik, Fitur, Perbaikan Nilai, dan EEPROM.
  • Gunakan tombol Channel (+) dan (-) untuk memilih kategori (gunakan remote TV untuk mempermudah).
  • Untuk memasuki kategori, gunakan tombol Volume (+).
  • Untuk memilih item yang ingin disesuaikan, gunakan tombol Channel (+) dan Channel (-).
  • Untuk menyesuaikan nilai parameter, gunakan tombol Volume (+) dan (-).
  • Atur beberapa pengaturan yang dirasa kurang sesuai, penting untuk mengatur nilai yang dirasa kurang sesuai saja serta berhati-hati melakukannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti TV mati total.
  • Jika sudah selesai, keluar dari menu servis dengan menekan tombol Power yang ada di TV Sharp.
Baca juga:  Pengertian SCR : Pahami Secara Lengkap

Itulah langkah-langkah yang bisa Kalian coba saat ingin masuk ke menu servis TV Sharp. Sekali lagi, disarankan untuk berhati-hati dalam melakukan proses tersebut.

Cara Buka Servis Mode TV sharp

Untuk mengakses mode menu servis pada televisi Sharp, atau dikenal sebagai Sermod TV Sharp, Anda dapat menggunakan remote kontrol asli yang disertakan atau remote serbaguna yang telah diatur. Cara membuka mode servis pabrik TV Sharp bisa berbeda-beda, tergantung pada model atau seri televisi dan seri IC yang digunakan.

1. Cara Masuk Service Mode TV Sharp Slim Alexander

Untuk masuk ke mode servis pada televisi Sharp slim flat seperti Sharp Alexander, Alexander Pro, dan Alexander Bonita, atau televisi Sharp yang menggunakan IC SMD yang terletak di bawah chasis, berikut langkah-langkah membuka pengaturan pabrik servis mode:

  • Matikan TV Sharp, bisa dengan mematikan saklar daya atau mencabut steker kabel listrik TV.
  • Sambil menekan dan menahan tombol Volume Down dan Channel Up di panel TV, nyalakan kembali TV Sharp. Caranya bisa dengan menyalakan saklar daya atau memasang kembali steker kabel listrik yang sebelumnya dicabut.
  • Tunggu beberapa saat hingga TV Sharp menyala, lalu lepaskan kedua tombol yang tadi ditahan.
  • Jika berhasil masuk ke mode servis TV Sharp, tampilan data parameter menu servis akan terlihat. Untuk pindah ke parameter yang lain, gunakan tombol Channel, dan untuk mengubah nilainya, gunakan tombol Volume. Untuk beralih ke menu servis yang lain, gunakan tombol Menu.
  • Setelah mengatur pengaturan parameter sesuai yang diinginkan, tekan tombol power pada remote atau saklar daya di TV Sharp untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari mode menu servis pabrik.

2. Cara Masuk Service Mode TV Sharp Slim Alternatif

Setelah membahas beberapa metode sebelumnya, saat ini kita akan membahas cara masuk ke mode servis TV Sharp slim yang menggunakan IC SMD. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Nyalakan televisi Sharp atau pastikan bahwa televisi dalam keadaan menyala.
  • Sambungkan sementara kedua jumper JA483 dan JA484 atau jumper 229 dan 417 menggunakan kabel atau obeng min. Kemudian, shortkan kedua jumper tersebut selama sekitar 1 detik.
  • Langkah masuk mode servis TV Sharp berhasil jika tampilan data parameter menu servis muncul.
  • Gunakan tombol Channel untuk memilih parameter, tombol Volume untuk mengubah nilai, dan tombol Menu untuk beralih dan pindah ke menu servis berikutnya.
  • Tekan tombol power pada remote atau saklar daya untuk menyimpan dan keluar dari mode menu servis pabrik TV Sharp.

3. Cara Masuk Service Mode TV Sharp Wonder Universe

Untuk membuka menu servis televisi Sharp Wonder dan Sharp Universe yang memiliki lubang khusus pada chasis atau PCB mesin televisi, cara masuk mode servis TV Sharp memerlukan membuka casing penutup belakang televisi dan mencari lubang pada chasis atau jumper kawat JA122 dan JA124. Sementara untuk TV Sharp Expression J800, berikut langkah-langkah membuka mode pabrik televisi Sharp:

  • Nyalakan televisi Sharp atau biarkan dalam keadaan menyala jika sudah dinyalakan sebelumnya.
  • Sambungkan sementara kabel atau obeng min ke kedua jumper JA122 dan JA124, lalu shortkan kedua jumper tersebut selama sekitar 1 detik.
  • Jika berhasil masuk ke mode servis TV Sharp, akan terlihat tampilan data parameter menu servis. Jika ingin pindah ke parameter yang lain, gunakan tombol Channel. Jika ingin mengubah nilai parameter, gunakan tombol Volume. Jika ingin beralih ke menu servis yang lain, gunakan tombol Menu.
  • Jika sudah selesai mengatur parameter, tekan tombol power pada remote atau saklar daya di TV Sharp untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari mode menu servis pabrik.
Baca juga:  Cara Ganti IC Memory TV LG : Panduan Lengkap

4. Cara Masuk Service Mode TV Sharp Qbeat

Berikut ini adalah cara masuk ke menu servis TV Sharp Qbeat yang agak berbeda dari metode-metode sebelumnya. Kita harus membuka casing penutup belakang TV Sharp dan mencari lubang khusus pada chasis atau jumper kawat JA137 dan JA138.

  • Pastikan kondisi televisi dalam keadaan menyala atau hidupkan televisi Sharp terlebih dahulu.
  • Sambungkan sementara kedua jumper JA137 dan JA138 menggunakan kabel atau obeng min. Kemudian, shortkan kedua jumper tersebut selama sekitar 1 detik.
  • Langkah masuk mode servis TV Sharp berhasil jika tampilan data parameter menu servis muncul. Gunakan tombol Channel untuk memilih parameter, tombol Volume untuk mengubah nilai, dan tombol Menu untuk beralih dan pindah ke menu servis berikutnya.
  • Tekan tombol power pada remote atau saklar daya di TV Sharp untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari mode menu servis pabrik.

5. Cara Masuk Service Mode TV Sharp Lama

Untuk membuka menu servis televisi Sharp model lama atau jadul, carilah sebuah sakelar atau switch (NORMAL SERVICE) yang terletak di dekat tuner. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pastikan kondisi televisi dalam keadaan hidup atau nyalakan televisi Sharp terlebih dahulu.
  • Pindahkan posisi sakelar dari Normal ke Service untuk masuk ke mode servis televisi Sharp.
  • Jika berhasil masuk, maka akan muncul tampilan data parameter menu servis. Gunakan tombol Channel untuk memilih parameter, tombol Volume untuk mengubah nilai, dan tombol Menu untuk beralih dan pindah ke menu servis berikutnya.
  • Setelah selesai mengatur parameter, pindahkan posisi sakelar dari Service ke Normal untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari mode menu servis pabrik televisi Sharp.

6. Cara Masuk Service Mode TV Sharp Alternatif

Cara membuka menu servis televisi Sharp lainnya yang tidak memiliki lubang khusus pada papan televisi, berikut langkah-langkah masuk factory mode televisi Sharp:

  • Nyalakan dulu TV Sharp-nya.
  • Tekan tombol Menu di remote TV Sharp sekali, lalu tekan tombol angka 4, 7, 2, 5 secara berurutan.
  • Jika berhasil masuk ke mode servis TV Sharp, akan muncul tampilan data parameter menu servis. Untuk pindah ke parameter yang lain, gunakan tombol Channel. Untuk mengubah nilai parameter, gunakan tombol Volume. Untuk pindah ke menu servis yang lain, gunakan tombol Menu.
  • Setelah selesai mengatur parameter, tekan tombol power remote atau saklar daya di TV Sharp untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari mode factory menu servis.

Sebelum mulai mengatur parameter, sebaiknya lakukan backup firmware IC EEPROM sebagai antisipasi jika terjadi kesalahan dalam pengaturan data. Dengan backup ini, akan lebih mudah untuk mengembalikan file EEPROM. Jika tidak melakukan backup, catat atau dokumentasikan data parameter TV Sharp menggunakan video atau foto kamera ponsel. Ingat juga untuk melaksanakan proses service mode dengan teliti dan hati-hati, terutama saat ada kontak langsung dengan mesin TV.

Berikut adalah contoh menu opsi factory dalam IC EEPROM televisi Sharp dari salah satu seri televisi Sharp. Macam-macam menu factory setting TV Sharp sebagai sampel dan referensi:

Baca juga:  Cara Merubah Mode AV di TV Sharp dengan Mudah

Settingan Default Menu Servis TV Sharp

Sebagai tambahan informasi untuk kalian yang sedang mengatur parameter TV Sharp, Teknisitv memiliki daftar atau data default settingan nilai parameter TV Sharp yang bisa kalian gunakan sebagai acuan. Jadi, jika terjadi kesalahan saat mengatur data atau factory setting TV Sharp yang berantakan, kalian dapat menggunakan daftar ini sebagai patokan. Berikut ini datanya:

Tekan Menu

  1. 001. HTL : 0
  2. 002. HTL – POS : —
  3. 003. HTL -VR : —
  4. 004. HTL – MENU KEY : 1
  5. 005. COL-SYS : 2
  6. 006. FORCE – COL : 0
  7. 007. S-SYS : 15
  8. 008. AV : 2
  9. 009. YUV : 2
  10. 010. S – CTPL : 2
  11. 011. BIL : 0
  12. 012. LANG : 1
  13. 013. SEARCH – SP : 5
  14. 014. RC : MENU : 0
  15. 015. LED – CONT : 0
  16. 016. S-BOOSTER : 0
  17. 017. VOL CURVE : 1
  18. 018. CHILD LOCK : 1
  19. 019. WHITE BACK : 0
  20. 020. BOOSTER :1
  21. 021. 250 CHANNEL : 0
  22. 022. AVL : 2
  23. 023. LNA TUNER : 1
  24. 024. NORMAL KEY : 0
  25. 025. AV MODE : 1
  26. 026. MP-IN : 0
  27. 027. VIRGIN MODE : 0
  28. 028. WHITE – TEMP : 0
  29. 029. LK MENU : 0
  30. 030. ARROW – KEY : 1
  31. 031. VOL – TABLE : 0
  32. 032. GLAREE / SAVE : 2
  33. 033. LANG PACKAGE : 0
  34. 034. CONT – TABLE : 1
  35. 035. BRI – TABLE : 1
  36. 036. HIGHLIGHT BAR : 1

Cut OFF / BKGD

  1. 166 : R-C
  2. 135 : G-C
  3. 176 : B-C
  4. 69 : R-D
  5. 90 : R-D
  6. V01 . RF AGC : 46
  7. V02 . VF – VCD : 33
  8. V03 . H – VCD : 3
  9. V04 . SUB – CON : 82
  10. V05 . SUB – COL : 5
  11. V06 . SUB – BRI : 12
  12. V07 . SUB – TINT : 66
  13. V08 . SUB – SHP PRE : 39
  14. V09 . SUB – COL – YUV : 61
  15. V10 . SUB – TINT – YUV : 60
  16. V11 . V-SIZE : 24
  17. V12 . V-SHIF : 2
  18. V13 . H-SHIF : 15
  19. V14 . SCM – BR : 51
  20. V15 . SCM – BB : 15
  21. V16 . V-SIZE 60 : +3
  22. V17 . V-SHIF 60 : -2
  23. V18 . H-SHIF 60 : -2
  24. V19 . S-TRSP – BG : 65
  25. V20 . S-TRSP – I : 65
  26. V21 . S-TRAP – DK : 65
  27. V22 . S-TRAP – M : 63
  28. V23 . S-TRAP – 574 : 65
  29. V24 . TEST PATTERN : 0
  30. V25 . S-TRAP – START : 25
  31. V26 . S-TRAP – STOP : 95
  32. V27 . VS – CORRECT : 35
  33. V28 . VS – CORRECT 60 : -9
  34. V29 . V-LINIER : 35
  35. V30 . V-LINIER 60 : +1
  36. V31 . SUB – SHP OV : 28
  37. V32 . PARABOLA : 42
  38. V33 . PARABOLA 60 : +2
  39. V34 . TRAPEZIUM : 34
  40. V35 . TRAPEZIUM 60 : +2
  41. V36 . H-SIZE : 17
  42. V37 . H-SIZE 60 : -1
  43. V38 . UPP-COR : 35
  44. V39 . UPP-COR 60 : +1
  45. V40 . LOW-COR : 34
  46. V41 . LOW-COR 60 : +1
  47. V42 . ANGLE ADJ : 31
  48. V43 . ANGLE ADJ 60 : +1
  49. V44 . BOW ADJ : 33
  50. V45 . BOW ADJ 60 : 0

Berikut adalah daftar nilai parameter TV Sharp default yang bisa dijadikan acuan saat melakukan penyesuaian data parameter melalui menu service TV Sharp.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah beberapa informasi tentang menu servis TV Sharp yang dapat membantu Kalian dalam memperbaiki masalah yang mungkin terjadi pada TV Sharp Kalian. Dengan menggunakan menu servis ini, Kalian dapat menyesuaikan dan memperbaiki pengaturan TV sesuai keinginan Kalian.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan menu servis harus dilakukan dengan hati-hati dan hanya oleh orang yang berpengalaman dalam perbaikan TV. Jangan ragu untuk menghubungi teknisi profesional jika Kalian merasa kesulitan atau tidak yakin dengan apa yang harus dilakukan. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai Menu Servis TV Sharp dapat bermanfaat bagi Kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *