Pengertian Seven Segment Display

Pengertian Seven Segment Display (Layar Tujuh Segmen) : Pembahasa Lengkapnya

Posted on

Bengkeltv.idPengertian Seven Segment Display (Layar Tujuh Segmen) : Pembahasa Lengkapnya. Dalam era digital yang semakin maju ini, kita seringkali dihadapkan pada berbagai teknologi dan komponen elektronik yang berfungsi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah Seven Segment Display atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Layar Tujuh Segmen. Meskipun nama ini mungkin tidak terdengar familiar bagi sebagian orang, namun tak jarang kita melihat dan menggunakan teknologi ini tanpa disadari.

Lalu, apa sebenarnya apa Pengertian Seven Segment Display (Layar Tujuh Segmen)? Bagaimana cara kerjanya dan dimana kita bisa menemukannya? Artikel ini akan membahas secara rinci tentang Pengertian Seven Segment Display, teknologi sederhana namun esensial yang telah menjadi bagian integral dari berbagai sistem elektronik dan digital. Mari kita mulai eksplorasi ini dengan mengenal lebih dekat apa itu Seven Segment Display.

Pengertian Seven Segment Display (Layar Tujuh Segmen)

Seven Segment Display (Tampilan Tujuh Segmen) adalah komponen elektronik yang digunakan untuk menampilkan angka desimal dengan mengombinasikan segmen-segmen. Tampilan Tujuh Segmen umumnya digunakan pada jam digital, kalkulator, penghitung digital, multimeter digital, dan panel tampilan digital seperti pada microwave oven atau pengatur suhu digital.

Tampilan Tujuh Segmen pertama kali diperkenalkan dan dipatenkan pada tahun 1908 oleh Frank. W. Wood, dan mulai populer pada tahun 1970-an setelah diterapkan pada Light Emitting Diode (LED).

Baca juga:  Panduan Mudah Cara Mengukur SCR (Silicon Controlled Rectifier) Menggunakan Multimeter Digital dan Analog

Tampilan Tujuh Segmen terdiri dari 7 segmen, di mana setiap segmen dikendalikan untuk menyala atau mati guna menampilkan angka yang diinginkan. Angka 0 hingga 9 dapat ditampilkan dengan menggunakan kombinasi segmen-segmen tertentu.

Selain angka 0 hingga 9, Tampilan Tujuh Segmen juga dapat menampilkan huruf hexadecimal dari A hingga F. Segmen-segmen pada Tampilan Tujuh Segmen disusun sedemikian rupa sehingga membentuk angka “8” yang sedikit miring ke kanan agar lebih mudah dibaca. Beberapa jenis Tampilan Tujuh Segmen juga dilengkapi dengan titik desimal yang menunjukkan angka pecahan.

Terdapat beberapa jenis Tampilan Tujuh Segmen, antara lain lampu pijar, lampu fluoresen (FL), tampilan kristal cair (LCD), dan dioda pemancar cahaya (LED).

Prinsip Kerja Seven Segment (Layar Tujuh Segmen)

Pengertian Seven Segment Display

Setelah memahami Pengertian Seven Segment Display , langkah berikutnya adalah memahami prinsip kerjanya. Proses kerja Seven Segment Display dimulai saat perangkat menerima bilangan biner melalui switch. Switch ini bertugas mengubah input dan mengarahkannya ke decoder.

Decoder akan mengubah bilangan biner tersebut menjadi bilangan desimal yang kemudian akan ditampilkan pada seven segment.

Berikut adalah beberapa prinsip dasar kerja Seven Segment Display:

  • Untuk menunjukkan angka 0, segmen A, B, C, D, E, F perlu diaktifkan.
  • Untuk menyalakan semua segmen pada Seven Segment Display, Kalian perlu memberikan sinyal logika 1 ke baris common cathode dan sinyal logika 0 ke common anode.
  • Namun, jika tujuannya adalah untuk menampilkan data dari input biner, decoder khusus diperlukan untuk mengubah sinyal biner menjadi tampilan pada seven segment.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah detail prinsip kerja Seven Segment Display dalam menampilkan angka-angka:

Pengertian Seven Segment Display

  1. Untuk menampilkan angka 0, segmen A, B, C, D, E, F harus dinyalakan.
  2. Untuk menampilkan angka 1, segmen B dan C harus dinyalakan.
  3. Untuk menampilkan angka 2, segmen A, B, D, E, G harus dinyalakan.
  4. Untuk menampilkan angka 3, segmen A, B, C, D, G harus dinyalakan.
  5. Untuk menampilkan angka 4, segmen B, C, F, G harus dinyalakan.
  6. Untuk menampilkan angka 5, segmen A, C, D, F, G harus dinyalakan.
  7. Untuk menampilkan angka 6, segmen A, C, D, E, F, G harus dinyalakan.
  8. Untuk menampilkan angka 7, segmen A, B, C harus dinyalakan.
  9. Untuk menampilkan angka 8, segmen A, B, C, D, E, F, G harus dinyalakan.
  10. Untuk menampilkan angka 9, segmen A, B, C, D, F, G harus dinyalakan.
Baca juga:  Pengertian Termostat (Thermostat) dan Fungsinya Secara Lengkap

Tabel Pengaktifan Seven Segment Display (Layar Tujuh Segmen)

Berikut ini adalah tabel pengaktifan Seven Segment Display (Layar Tujuh Segmen) untuk menampilkan angka 0 hingga 9 dalam notasi bilangan BCD (Binary-Coded Decimal):

ANGKAHGFEDCBA
000111111
100000110
201011011
301001111
401100110
501101101
601111101
700000111
801111111
901101111

Catatan :

  • 1 = ON (High)
  • 0 = OFF (Low)

Fungsi Seven Segment dalam Kehidupan Sehari-hari

Sudahkah Kalian memahami Pengertian Seven Segment Display Secara garis besar, Kalian mungkin sudah memiliki gambaran tentang fungsi seven segment.

Namun, dalam diskusi kali ini, kita akan membahas lebih mendalam tentang bagaimana seven segment berfungsi dalam berbagai perangkat.

Seven Segment Display adalah komponen yang sangat umum dan sering digunakan. Penggunaannya luas dan populer, terutama dalam perangkat digital sehari-hari.

Berikut beberapa contoh penggunaan Seven Segment Display dalam kehidupan sehari-hari:

1. Kalkulator

Kalkulator merupakan perangkat yang selalu memanfaatkan Seven Segment Display. Bahkan pada aplikasi kalkulator di perangkat elektronik, tampilan tujuh segmen tetap menjadi pilihan.

2. Jam Digital

Hingga saat ini, jam digital masih mengKalianlkan Seven Segment Display sebagai penunjuk waktu. Oleh karena itu, tampilan angka pada jam digital sangat mirip dengan yang ada di kalkulator.

3. Papan Skor

Dalam event olahraga atau pertandingan lainnya, papan skor digital biasanya menggunakan Seven Segment Display. Meski ukurannya biasanya lebih besar daripada yang biasa kita temui.

Selain ketiga contoh di atas, masih ada banyak perangkat lain yang memanfaatkan komponen ini. Biasanya, perangkat digital menggunakan Seven Segment Display untuk menampilkan angka atau informasi tertentu.

Penutup

Sebagai penutup, kita telah mendalami pengertian Seven Segment Display, suatu teknologi penampilan digital yang menjadi dasar banyak perangkat sehari-hari. Terlepas dari kemajuan teknologi yang cepat, Seven Segment Display masih menonjol dalam banyak aplikasi karena sederhana, efisien, dan mudah dibaca.

Baca juga:  Memahami Lebih Dalam : Pengertian Proximity Sensor (Sensor Jarak) dan Fungsinya

Meskipun mungkin tampak sederhana, Seven Segment Display adalah suatu bukti nyata bahwa solusi yang efektif tidak selalu harus rumit.

Semoga pengetahuan dari bengkeltv.id ini membantu Kalian lebih menghargai kecanggihan yang ada di balik layar digital sederhana yang kita gunakan setiap hari. Kita tunggu penemuan dan inovasi teknologi berikutnya yang akan memperkaya pengetahuan kita di bidang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *