Penyebab Kipas Outdoor AC Rumah Tidak Berputar

Penyebab Kipas Outdoor AC Rumah Tidak Berputar : Solusinya

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab Kipas Outdoor AC Rumah Tidak Berputar : Solusinya. Di unit outdoor AC, terdapat komponen yang disebut kondensor yang berfungsi menurunkan suhu refrigerant (freon) dan mengubah fase refrigerant dari gas menjadi cair. Kondensor adalah bagian paling panas dalam sistem AC split.

Karena kondensor adalah komponen yang sangat panas, maka ada komponen tambahan pada unit outdoor AC yaitu kipas outdoor. Kipas outdoor berfungsi sebagai pendingin kondensor dan membantu membuang udara panas serta menurunkan tekanan refrigerant.

Kipas outdoor AC memainkan peran yang sangat penting. Jika kipas tidak berputar, maka kondensor akan rusak karena tidak ada pendingin yang membantu mendinginkannya. Jika kondisi ini terus berlangsung, maka unit outdoor AC rumah juga akan rusak.

Jadi, jika kipas outdoor AC tidak berputar, segera cari tahu penyebabnya dan perbaiki secepat mungkin untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Ada beberapa Penyebab Kipas Outdoor AC Rumah Tidak Berputar, yang dapat Anda pelajari lebih lanjut di bawah ini.

Penyebab Kipas Outdoor AC Rumah Tidak Berputar

Jika kipas AC tidak berputar, pasti ada penyebab yang membuatnya tidak dapat berfungsi dengan baik. Penyebab tidak berputarnya kipas outdoor AC rumah bisa bermacam-macam dan bahkan menunjukkan tanda-tanda tertentu.

Kegagalan kipas AC bisa jadi disebabkan oleh kerusakan pada komponen lain. Untuk memastikannya, Anda bisa melakukan pengecekan fisik. Berikut adalah beberapa kemungkinan Penyebab Kipas Outdoor AC Rumah Tidak Berputar.

Baca juga:  Kelebihan Dan Kekurangan AC Midea Yang Wajib Kalian Ketahui

1. Kapasitor Kipas Rusak

Penyebab Kipas Outdoor AC Rumah Tidak Berputar

Salah satu penyebab kipas outdoor tidak berputar adalah kapasitor yang rusak. Fungsi kapasitor AC adalah untuk membantu motor kipas berputar pada awal dinyalakan sehingga bunyi start motor listrik menjadi lebih halus.

Ukuran kapasitor kipas outdoor biasanya sekitar 1-2 mikro. Kapasitor bekerja dengan memanfaatkan muatan listrik yang disimpan untuk dialirkan ke kumparan motor listrik, sehingga motor kipas outdoor dapat berputar.

Jadi, jika kapasitor rusak, kipas outdoor tidak akan berputar. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengganti kapasitor kipas dengan yang baru. Kapasitor kipas AC split bisa dibeli di toko elektronik dengan harga sekitar Rp. 15.000,-.

2. Motor Kipas Bermasalah

Penyebab Kipas Outdoor AC Rumah Tidak Berputar

Penyebab lain yang dapat menyebabkan kerusakan pada kipas outdoor AC di rumah adalah motor kipas itu sendiri. Salah satu penyebab motor kipas tidak berputar adalah karena kotoran yang menumpuk sehingga motor tidak dapat berputar.

Mungkin dinamo kipas AC rumah tertutup oleh debu atau mungkin ada sarang semut. Dinamo kipas berfungsi untuk memutar baling-baling agar dapat mengeluarkan udara dan mendinginkan kondensor.

Jika motor kipas tidak berputar, maka baling-baling kipas juga tidak akan berputar. Untuk mengatasi hal tersebut, silakan buka cassing outdoor, lepaskan motor kipas, dan bersihkan sampai tidak ada debu yang menempel.

3. Start Kapasitor Tidak Berfungsi

Penyebab Kipas Outdoor AC Rumah Tidak Berputar

Penyebab lain yang dapat membuat kipas tidak berputar adalah start kapasitor yang tidak berfungsi dengan baik. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pada motor kipas terdapat kapasitor sebagai komponen pembantu putaran pertama dinamo.

Jika start kapasitor tidak berfungsi, maka dinamo kipas AC rumah tidak akan mendapatkan dorongan putaran pertama. Hal ini mengakibatkan poros motor kipas tidak dapat berputar, sehingga komponen unit outdoor tidak dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga:  AC Aqua 1 Pk Berapa Watt? : Semua yang Perlu Kalian Ketahui

Jika masalah ini terjadi pada AC di rumah Anda, solusinya adalah dengan mengganti kapasitor AC. Penting untuk melakukan service AC secara rutin agar komponen seperti kapasitor kipas outdoor dapat terjaga dengan baik.

4. Kabel Motor Kipas Outdoor AC Putus

Penyebab Kipas Outdoor AC Rumah Tidak Berputar

Alasan lain yang dapat menyebabkan kipas AC outdoor tidak berputar adalah adanya kabel yang putus pada dinamo kipas itu sendiri. Jika kabel dari unit indoor ke outdoor putus, maka rotor tidak akan berputar.

Untuk mengatasinya, langkahnya cukup mudah, yaitu dengan menyambung kabel yang putus. Kemudian, lakukan pengecekan dengan menggunakan multitester. Jika sudah selesai, motor kipas outdoor bisa dipasang kembali.

Gejala Yang Sering Muncul Jika Kipas Outdoor Tidak Berputar

Biasanya, setiap kerusakan pada AC rumah akan menimbulkan gejala atau tanda-tanda tertentu. Selain memeriksa beberapa penyebab yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga dapat mengenali beberapa gejala yang menunjukkan kipas tidak berputar.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa komponen kipas AC outdoor pada rumah tidak berfungsi dengan baik sehingga Anda dapat segera memperbaikinya. Umumnya, gejala kipas AC rumah yang tidak berputar antara lain sebagai berikut.

  • Komponen outdoor dari ac akan lebih panas dibandingkan sebelumnya
  • Unit outdoor terlihat mati
  • Kondensor panas ataupun bahkan mengalami kerusakan. Masalah inilah paling sering muncul dibandingkan dengan masalah lainnya.
  • AC tak segera dingin tetapi justru mengeluarkan udara panas didalamnya.

Penutup

Secara keseluruhan, terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan kipas outdoor AC rumah tidak berputar. Beberapa faktor tersebut meliputi kerusakan pada motor kipas, kabel yang terputus, serta gangguan pada kapasitor kipas.

Oleh karena itu, jika kalian mengalami masalah dengan kipas outdoor AC rumah, sebaiknya lakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk menentukan penyebabnya.

Baca juga:  Cara Menghidupkan AC LG : Panduan Praktis untuk Pemula

Dengan mengetahui faktor yang menyebabkan masalah, kalian bisa melakukan perbaikan atau mengganti komponen yang rusak dengan tepat sehingga AC rumah dapat berfungsi dengan normal kembali. Demikianlah informasi dari bengkeltv.id tentang Penyebab Kipas Outdoor AC Rumah Tidak Berputar, semoga bisa membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *