Printer Tidak Mau Menyala

Cara Memperbaiki Printer Tidak Mau Menyala : Dengan Mudah

Posted on

Bengkeltv.idCara Memperbaiki Printer Tidak Mau Menyala : Dengan Mudah. Printer merupakan alat elektronik yang memiliki fungsi untuk mencetak atau menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar pada kertas. Alat ini sangat berguna bagi para mahasiswa, guru dan pekerja kantor.

Dengan alat inilah nantinya berkas maupun dokumen penting bisa dicetak menggunakan alat ini. Dan hingga kini berbagai merk printer sudah dapat kalian kenali, untuk yang terbilang populer adalah printer merk Epson, Canon, HP dan beberapa lainnya.

Pernahkah kalian mengalami masalah ketika printer kalian tiba-tiba mati total dan tidak mau menyala? Ini bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan dan membuat frustrasi, terutama jika kalian membutuhkan printer untuk mencetak dokumen penting.

Namun, jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa tips dan solusi untuk memperbaiki printer yang tidak mau menyala..

Printer Tidak Mau Menyala

Jika demikian, maka kalian berada di artikel yang tepat. Karena kali ini akan bahas secara lengkap mengenai printer tidak mau menyala lengkap dari faktor penyebab dan cara mengatasinya. Jadi terus untuk simak dan ikuti pembahasan printer gagal menyala ini sampai akhir.

Penyebab Printer Tidak Mau Menyala

Dengan adanya kejadian ini pastinya kalian bertanya-tanya mengenai kenapa printer tidak mau nyala? Terkait hal itu, ada beberapa faktor penyebab umum yang bisa sebabkan printer gagal menyala, di antara lain penyebab itu sendiri seperti:

1. Kabel Power Bermasalah

Penyebab pertama bisa dikarenakan hal sepele yaitu kabel Power printer bermasalah. Masalah ini sendiri juga beragam baik itu kabel power dipasang kurang tepat atau kabel mengalami kerusakan seperti terputus.

Baca juga:  Kelebihan Dan Kekurangan Epson L3110 yang Perlu Diketahui

2. Tombol Power ON / OFF Bermasalah

Selain penyebab printer tidak menyala di atas, ada pula penyebab sepele lainnya yaitu tombol Power pada Printer yang bermasalah atau tidak merespon ketika ditekan untuk menyalakan printer saat ingin pengoperasian.

3. Mainboard Printer Rusak

Kejadian printer tidak mau nyala saat dihidupkan juga bisa dikarenakan oleh adanya faktor penyebab internal atau komponen penting dari printer. Seperti misalnya mainboard atau motherboard yang menjadi pengendali sistem kerja pada printer alami rusak.

4. Print Head / Printhead Alami Short

Penyebab berikutnya printer tidak bisa menyala yaitu karena print Head yang mengalami Short atau yang lebih biasa disebut korslet. Dengan kejadian ini korslet ini dapat disebut menyebabkan mainboard mengalami error dan printer tidak mau nyala.

5. Power Supply Rusak

Tidak hanya beberapa penyebab di atas, printer tidak mau menyala juga umum dikarenakan oleh power supply yang rusak. Hal ini bisa diakibatkan sekring atau fuse putus atau ada komponen-komponen lainnya rusak.

Cara Mengatasi Printer Tidak Mau Menyala

Setelah mengetahui apa saja faktor penyebab yang menjadikan mesin printer gagal menyala di atas, maka selanjutnya kalian tinggal mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Di mana cara mengatasi sesuaikan dengan faktor penyebabnya:

1. Pastikan Printer Sudah Menyala

Pertama, pastikan kamu sudah menyalakan printer dengan benar. Bila printer tidak menyala, pastikan kamu sudah menyalakan aliran listriknya.

Jangan lupa untuk mengecek apakah kabel power sudah terhubung dengan baik. Sebaiknya, cek kondisi kabel power pada printer untuk menghindari risiko short circuit.

Jika masalahnya adalah printer tidak mau menyala, maka kamu bisa memperbaikinya dengan cara mematikan aliran listrik, lalu menyalakannya kembali.

2. Reset Printer

Setelah memastikan printer sudah menyala, kamu juga bisa melakukan reset pada printer. Reset dapat dilakukan dengan menekan tombol reset printer.

Namun, pastikan juga kamu telah mengikuti petunjuk reset pada manual book. Jika printer masih tetap tidak mau menyala, maka kamu bisa menggunakan kabel USB untuk me-reset printer.

Baca juga:  Cara Mengatasi Printer Canon E400 Lampu Berkedip : Tips Lengkap

Caranya, kamu bisa memutar kabel USB pada port USB dari printer. Perhatikan juga saat me-reset, jangan sampai kamu memutar kabel USB dengan kecepatan yang terlalu tinggi.

3. Periksa Printer

Setelah melakukan reset pada printer, selanjutnya kamu bisa mengecek kondisi internal dari printer. Caranya, kamu bisa membuka casing printer dan melakukan pengecekan visual.

Cek apakah ada bagian yang terbakar atau tidak. Jika ada, maka kamu bisa membuka bagian yang terbakar tersebut dan memperbaikinya.

Selain itu, cek juga kartu printer, jika terdapat kartu printer maka coba untuk melepas dan pasang kembali kartu tersebut.

4. Cek Komponen Printer

Selain itu, kamu juga bisa mengecek komponen printer lainnya. Cek apakah ada komponen yang tidak berfungsi dengan baik. Jika ada, maka kamu bisa mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

Jika kamu tidak tahu cara mengganti komponen tersebut, maka sebaiknya kamu bawa printer tersebut ke tukang service printer terdekat.

5. Periksa Software Printer

Selain itu, kamu juga bisa mengecek software printer. Cek apakah ada software yang rusak atau tidak. Jika ada, maka kamu bisa mencari versi software terbaru untuk mengganti software yang rusak tersebut.

Namun, perlu diingat, jika kamu menggunakan software yang berbeda dari yang aslinya, maka ada kemungkinan printer tidak berfungsi dengan baik.

6. Periksa Koneksi Printer

Jika kamu menggunakan printer jenis wireless, maka periksalah koneksi antara printer dengan router. Pastikan juga kamu telah mengikuti petunjuk koneksi pada manual book. Jika kamu menggunakan printer yang terhubung dengan komputer secara USB, maka pastikan juga kabel USB sudah terhubung dengan baik.

Jika tidak, maka coba untuk melepaskan kabel USB dan pasang kembali.

7. Periksa Ink Cartridge

Selanjutnya, kamu juga bisa mengecek ink cartridge printer. Cek apakah ada cartridge yang kosong atau tidak. Jika ada, maka kamu bisa mengganti ink cartridge tersebut dengan ink cartridge yang baru. Namun, pastikan juga jenis cartridge yang kamu beli sesuai dengan jenis printer yang kamu gunakan.

Baca juga:  Solusi Ampuh! Cara Memperbaiki Cartridge Printer Tersumbat

8. Periksa Fuser Printer

Selain itu, kamu juga bisa mengecek fuser printer. Fuser adalah bagian yang berfungsi untuk mencetak dokumen pada printer. Jika fuser printer rusak, maka ada kemungkinan printer tidak mau menyala. Sebaiknya, cek kondisi fuser tersebut dan jika perlu, gantilah dengan fuser yang baru.

9. Periksa kondisi kabel

Selain itu, kamu juga bisa mengecek kondisi kabel printer. Cek apakah ada kabel yang rusak atau tidak.

Jika ada, maka kamu bisa membeli kabel yang baru untuk menggantikannya. Jangan lupa untuk memastikan bahwa kabel yang kamu beli sesuai dengan jenis printer yang kamu gunakan.

10. Periksa Head Printer

Terakhir, kamu juga bisa mengecek head printer. Head printer berfungsi untuk mentransfer tinta pada kertas. Jika head printer rusak maka ada kemungkinan printer tidak mau menyala. Sebaiknya, cek kondisi head printer tersebut dan jika perlu, gantilah dengan head printer yang baru.

Kesimpulan

Kesimpulannya, printer yang tidak mau menyala dapat menjadi masalah yang sangat menjengkelkan dan membingungkan. Namun, dengan mengetahui penyebab umum dan solusi yang dapat dicoba, kalian dapat memperbaiki printer yang mati total dan mengembalikan fungsinya dengan cepat.

Ingatlah untuk selalu memeriksa kabel power, tombol power, dan perangkat keras serta perangkat lunak printer kalian secara berkala untuk mencegah terjadinya masalah ini di masa depan.

Pembahasan tentang printer yang tidak mau menyala telah kami selesaikan dengan lengkap, termasuk penyebab dan cara mengatasinya. Namun, apakah artikel ini benar-benar berguna bagi para pengguna printer yang mengalami masalah serupa? Kami berharap begitu, meskipun kami tidak dapat menjamin keefektifannya.

Bagi kalian yang sedang mencari solusi untuk Printer Tidak Mau Menyala semoga artikel ini dapat membantu kalian. Terima kasih telah membaca di bengkeltv.id. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dan printer kalian dapat kembali berfungsi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *