TV LCD Layar Gelap Suara Ada

TV LCD Layar Gelap Suara Ada : Cara Mengatasi Secara Mudah

Posted on

Bengkeltv.idTV LCD Layar Gelap Suara Ada : Cara Mengatasi Secara Mudah. Televisi sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bagaimana tidak? Bukan hanya sebagai hiburan, televisi juga sering menjadi sumber informasi dan pengetahuan. Namun, apa jadinya jika televisi yang biasa kita andalkan tiba-tiba bermasalah? Salah satu masalah yang cukup sering ditemui adalah TV LCD yang layar gelap, tapi suara masih ada.

Mungkin Anda pernah mengalaminya. Anda menyalakan televisi, menunggu serial favorit Anda tayang, tapi yang ada hanyalah layar hitam pekat dan suara dari speaker televisi. Tentu, ini bisa menjadi situasi yang sangat mengganggu, terlebih jika Anda tidak tahu cara mengatasinya. Melalui artikel ini, kita akan membahas dan mencari solusi atas masalah TV LCD dengan layar gelap namun suara masih tetap ada. Yuk, kita cari tahu lebih lanjut.

Apa itu TV LCD

Tampilan Kristal Cair, atau lebih dikenal sebagai Tampilan Kristal Cair (LCD), adalah jenis televisi yang menggunakan teknologi kristal cair untuk menghasilkan gambar. Televisi ini umumnya digunakan sebagai monitor komputer dengan berbagai ukuran dan teknologi yang tersedia.

Meskipun memiliki kelebihan seperti hemat daya dan konsumsi listrik yang dapat menghemat hingga 20% dibandingkan televisi tabung, lebih ringan dan mudah ditempatkan, serta memiliki radiasi rendah sehingga tidak menyebabkan kelelahan mata, sayangnya harga televisi LCD cenderung lebih mahal dan hampir setara dengan televisi LED yang lebih murah.

Selain itu, televisi LCD juga rentan terhadap kerusakan cepat dan mungkin mengalami piksel mati. Penggunaan televisi LCD juga membutuhkan antena yang baik agar dapat menikmati tayangan televisi dengan baik.

Penyebab TV LCD Layar Gelap Suara Ada

Sebelumnya telah disebutkan bahwa kerusakan pada TV LCD yang menyebabkan layar gelap dan tidak ada suara tidak hanya disebabkan oleh masalah pada lampu backlight saja, tetapi ada beberapa komponen lain yang dapat menjadi penyebab masalah tersebut. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya.

1. Layar TV Rusak

Alasan utama kerusakan televisi biasanya adalah kerusakan pada layar TV, entah itu LCD atau LED. Ketika kondisi ini terjadi, gambar tak akan tampak, walaupun suara masih tetap dapat terdengar. Kerusakan semacam ini biasanya dipicu oleh kerusakan pada bagian flexible atau IC COF yang terbakar.

2. Modul T-Con Rusak

Untuk televisi LED, modul T-Con memiliki peran penting dalam mendistribusikan tegangan ke panel LED. Jika ada kerusakan pada modul T-Con, maka tidak akan ada aliran tegangan yang tersalur ke panel LED. Akibatnya, TV LED hanya akan menghasilkan suara, tanpa adanya tampilan gambar.

Baca juga:  Panduan Lengkap Cara Pasang Master Mixer Pada Power Amplifier

3. Lampu Backlight Mati

Sebab ketiga adalah kegagalan lampu backlight yang terletak di belakang lapisan panel LCD TV. Biasanya, rangkaian backlight dibentuk dalam susunan seri, yang berarti jika satu lampu gagal, seluruh lampu pada backlight akan mati. Kondisi ini akan membuat tampilan di layar TV menjadi gelap, walaupun suara masih bisa didengar dengan jelas.

4. Fuse SMD Putus

Sebab keempat adalah rusaknya Fuse SMD yang berada di papan T-Con bersama dengan komponen-komponen lain. Jika Fuse SMD ini rusak, layar TV kalian tidak akan mampu menampilkan gambar. Meski suara masih dapat terdengar, namun gambar tidak akan tampak.

5. IC Gamma Rusak

Alasan kelima adalah kerusakan pada IC Gamma yang juga berada di bagian atau papan T-Con. IC Gamma ini memiliki tugas untuk mengaktifkan layar TV dan menampilkan gambar pada layar tersebut.

6. Kabel LVDS Belum Terpasang

Penyebab lainnya adalah ketidakcukupan pemasangan kabel LVDS, yang berfungsi untuk mentransmisikan gambar ke layar TV LCD kalian.

Kabel LVDS ini berposisi di papan T-Con dan jika gambar tidak muncul di layar TV, ada kemungkinan kabel tersebut tidak dipasang dengan tepat. Pantau kabel tersebut secara seksama untuk memastikan gambar dapat tampil di layar TV kalian.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan TV LCD atau LED mengalami permasalahan dengan gambar gelap namun suara masih normal.

Analisa Sebelum Proses Perbaikan

Berikut adalah langkah-langkah analisis yang dapat dilakukan untuk memastikan penyebab sebenarnya dari kerusakan:

  • Pertama, lakukan pengukuran tegangan pada power supply yang mengalir ke Tcon. Normalnya, tegangan tersebut adalah 12 volt.
  • Selanjutnya, setelah semua tegangan terukur normal, lakukan pengukuran tegangan yang mengalir ke output driver LCD atau LED. Jika tegangan tersebut masih dalam keadaan normal, lanjutkan dengan pemeriksaan pada backlight.
  • Namun, jika tegangan tidak terdeteksi, lanjutkan dengan pengukuran tegangan sebelum memasuki IC. Jika voltase masukan terdeteksi tetapi voltase keluaran tidak terukur atau tidak ada, maka gantilah IC tersebut.
  • Setelah IC diganti, tegangan seharusnya terukur sekitar 50 volt.
  • Pastikan juga mempertimbangkan kemungkinan faktor lain, seperti kondisi PCB, koneksi, dan hal lain yang dapat menyebabkan layar menjadi gelap.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, diharapkan dapat memastikan penyebab sebenarnya dari masalah kerusakan.

Cara Memperbaiki TV LCD Layar Gelap Suara Ada

Secara umum, kerusakan umum yang terjadi pada TV LCD adalah ketika layarnya gelap tetapi suaranya normal, atau gambar gelap tetapi suaranya normal. Ada tiga penyebab umum yang sering terjadi, meskipun tidak menutup kemungkinan adanya penyebab lainnya. Ketiga penyebab tersebut adalah sebagai berikut:

  • Karena lampu Baacklight mati
  • Karena kerusakan IC dibagian modul Tcon
  • Karena kerusakan software
Baca juga:  Merk Timah Solder yang Bagus dan Cara Memilihnya

Berikut ini adalah penjelasan tentang cara memperbaiki TV LCD yang mengalami masalah layar gelap tetapi suara masih ada, berdasarkan penyebab kerusakannya:

1. Karena Lampu Blacklight Mati

Sebelum melakukan pengecekan, disarankan untuk memeriksa terlebih dahulu tegangan DC yang akan digunakan untuk menyuplai panel LCD atau LED. Pada televisi merek Samsung, biasanya tegangan suplai dihasilkan oleh Boost converter yang menghasilkan tegangan DC sebesar 135 volt. Fungsi dari Boost converter ini adalah untuk meningkatkan tegangan menjadi lebih tinggi.

Tegangan 135 volt tersebut digunakan untuk menyuplai sekitar 45 lampu LED Backlight yang dirangkai secara seri. Itulah sebabnya jika ada satu lampu LED yang mati, maka semua lampu akan mati.

Gunakan AVO meter untuk mengukur tegangan 135 volt tersebut. Anda dapat menggunakan AVO meter manual atau digital dengan menghubungkannya ke kedua kaki elektroda eco filter tegangan tersebut, yang memiliki nilai C9801 (22uf/250V). Sebelum melakukan pengukuran, atur AVO meter pada angka DCV250.

Jika tegangan yang diukur menunjukkan angka sekitar 230 Volt, itu berarti rangkaian lampu LED sudah rusak, karena nilai tersebut dapat terukur saat tegangan yang dikeluarkan oleh Buck converter tidak terbebani.

Setelah memastikan bahwa masalah terletak pada lampu LED, langkah selanjutnya adalah memulai proses pembongkaran TV. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak panel, karena panel yang rusak akan sulit diperbaiki bahkan mungkin tidak dapat diperbaiki.

Panel yang rusak hanya dapat diganti dengan panel baru, dan harganya tidak murah. Harap diketahui bahwa lampu LED terletak di belakang panel. Setelah membongkar, panel akan terlihat seperti gambar di atas. Selanjutnya, lakukan pengecekan satu per satu pada lampu LED hingga menemukan lampu yang mati atau terjadi korsleting.

Setelah menemukan lampu yang mati, lepaskan lampu tersebut dan gantilah dengan yang baru. Untuk mengganti lampu backlight, tidak perlu menggantinya secara keseluruhan. Cukup gantilah lampu yang mati dengan catatan menggunakan tipe yang sama dan ukuran yang sesuai.

Setelah mendapatkan lampu pengganti, lakukan pengujian terlebih dahulu untuk memastikan apakah lampu tersebut menyala atau tidak sebelum dipasang. Saat melakukan pengujian, perhatikan juga apakah ada lampu lain yang redup. Jika ada, sebaiknya gantilah lampu tersebut juga, karena kemungkinan lampu tersebut juga akan mati dalam waktu dekat.

2. Karena IC Dibagian Modul Tcon Rusak

Salah satu penyebab TV LCD mengalami layar gelap namun masih ada suara adalah adanya masalah pada IC atau IC yang mengalami short. Untuk memeriksanya, Anda dapat menyentuh IC yang terletak di dekat modul Tcon.

Jika IC yang bermasalah, biasanya akan terasa panas bahkan sangat panas saat disentuh. Setelah dipastikan bahwa masalah ada pada IC, langkah selanjutnya adalah menggantinya dengan IC yang baru. Pastikan pengganti yang digunakan sesuai dan memiliki tipe yang sama.

3. Karena Keerusakan Sofware

Perlu diketahui bahwa kerusakan pada sebuah perangkat televisi tidak hanya terbatas pada bagian hardware, tetapi juga dapat terjadi pada bagian perangkat lunak atau software. Masalah pada software dapat menyebabkan kerusakan seperti yang Anda sebutkan.

Baca juga:  Cara Setting STB Matrix Apple HD DVB-T2 : Mudah dan Simpel

Untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu kerusakan pada software, langkah yang dapat diambil adalah melakukan flashing pada TV menggunakan firmware yang baru dan sesuai dengan tipe TV tersebut. Setiap merek dan tipe TV memiliki firmware yang berbeda-beda, sehingga penting untuk memilih firmware yang tepat.

Kelebihan dan Kekurangan TV LCD

TV LCD merupakan jenis TV yang sudah tidak asing lagi bagi Anda. Sejak pertama kali diperkenalkan, banyak masyarakat yang beralih langsung ke TV LCD. Namun, hal ini tidak berarti bahwa sebagian besar dari mereka telah mengetahui sepenuhnya kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh TV LCD. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan TV LCD yang sebaiknya Anda ketahui:

Kelebihan

TV LCD memiliki kelebihan dalam menghasilkan kualitas warna yang realistis dan dilengkapi dengan teknologi anti-glare yang mengurangi pantulan cahaya yang dapat menyebabkan bayangan. Selain itu, TV LCD juga tersedia dalam berbagai ukuran sehingga dapat digunakan sebagai layar monitor komputer. Selain itu, TV LCD juga memiliki tingkat sinar radiasi yang rendah, bahkan hampir tidak ada.

Kekurangan

Namun, TV LCD juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah kualitas gambar yang dapat menurun ketika dilihat dari sudut pandang yang lebih lebar. Selain itu, refresh rate dan response time TV LCD cenderung lebih rendah dibandingkan dengan TV LED. Hal ini dapat menyebabkan tampilan visual pada layar terlihat buram dan kurang jelas pada beberapa kesempatan.

Penutup

Demikianlah pembahasan dari bengkeltv.id tentang “TV LCD Layar Gelap Suara Ada”. Kita telah menelusuri berbagai kemungkinan penyebab dan solusi yang dapat Kalian coba bila mengalami masalah tersebut. Dengan memahami potensi masalah dan cara mengatasinya, Kalian dapat menjaga kualitas TV LCD Kalian dan memperpanjang usianya.

Namun, ingatlah bahwa sebagian besar perbaikan ini membutuhkan pengetahuan teknis yang baik tentang perangkat TV dan mungkin melibatkan resiko tinggi. Jadi, jika Kalian tidak merasa nyaman melakukannya sendiri, sebaiknya hubungi profesional atau layanan servis terpercaya.

Terakhir, penting juga untuk mencoba mencegah daripada mengobati. Merawat TV LCD Kalian dengan benar dan menjaga kondisinya merupakan langkah yang paling efektif untuk mencegah masalah ini muncul di masa mendatang. Dengan perawatan yang tepat, Kalian bisa menikmati hiburan favorit Kalian di TV LCD tanpa harus mengalami masalah layar gelap meski suara masih ada.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan membantu Kalian dalam mengatasi dan mencegah masalah TV LCD layar gelap suara ada. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *