TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi

TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi ? Yuk Cari Tahu Penyebab dan Solusinya

Posted on

Bengkeltv.id TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi ? Yuk Cari Tahu Penyebab dan Solusinya. Televisi atau yang lebih dikenal dengan sebutan TV, mungkin termasuk dalam kategori perangkat elektronik yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Baik itu TV tabung, LCD/LED, maupun smart TV, keberadaannya tentu sangat penting. Setiap orang bahkan biasanya memiliki minimal satu TV di rumahnya.

TV berfungsi sebagai media hiburan, pendidikan, atau informasi dengan menampilkan berita yang dapat diakses kapan saja. Ada banyak merek TV yang dijual di pasaran, seperti Samsung, LG, Sharp, Polytron, dan lainnya.

TV Polytron menjadi salah satu merek TV yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, kualitas yang ditawarkan oleh TV Polytron tidak kalah dengan merek-merek TV lainnya. Hal ini mungkin menjadi alasan mengapa banyak orang memilih TV Polytron.

Namun, sebagai pengguna TV Polytron, pasti pernah mengalami masalah atau gangguan. Terutama bagi TV Polytron yang sudah lama, seperti suara yang tidak keluar, tidak bisa menangkap siaran, ada suara tapi tidak ada gambar, hidup sebentar kemudian mati lagi, atau masalah lainnya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa penyebab umum mengapa TV Polytron hidup sebentar kemudian mati lagi dan cara mengatasinya. Kami juga akan memberikan beberapa tips untuk mencegah masalah ini terjadi di masa depan.

Mengenai Perusahaan Polytron

TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi

Polytron merupakan sebuah perusahaan elektronik yang berbasis di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1975 dan memiliki kantor pusat di Bandung, Jawa Barat. Polytron memproduksi berbagai macam produk elektronik, seperti televisi, kulkas, AC, mesin cuci, dan produk elektronik lainnya.

Polytron terus mengembangkan inovasi pada produk-produknya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Perusahaan ini memiliki visi untuk menjadi perusahaan elektronik terdepan di Indonesia dan menjadi merek yang terpercaya di seluruh dunia.

Baca juga:  TV Samsung Tidak Bisa Connect WiFi : Cara Mengatasi

Selain itu, Polytron juga aktif dalam memberikan kontribusi pada masyarakat melalui program-program Corporate Social Responsibility (CSR). Salah satu program CSR yang dilakukan oleh Polytron adalah memberikan beasiswa bagi anak-anak berprestasi yang kurang mampu secara finansial.

Dengan kualitas produk yang baik dan dukungan dari konsumen setia, Polytron terus tumbuh dan berkembang sebagai salah satu perusahaan elektronik terkemuka di Indonesia.

Penyebab TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi

Ketika membicarakan tentang TV yang hidup sebentar kemudian mati lagi, ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan masalah tersebut terjadi. Terkadang, pengguna TV Polytron belum mengetahui penyebabnya. Secara umum, TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi dapat disebabkan oleh hal-hal berikut:

1. Malfungsi

Penyebab pertama dari TV yang hidup sebentar kemudian mati lagi dapat terjadi karena adanya malfungsi pada elco vertikal. Elco ini umumnya memiliki ukuran 1uF 50V. Akibat dari rusaknya elco ini adalah kinerja TV yang melemah, sehingga TV secara otomatis akan hidup-mati-hidup-mati.

2. Komponen Rusak

Penyebab kedua dari TV yang hidup sebentar kemudian mati lagi adalah adanya kerusakan pada komponen-komponen dalam mesin TV, seperti flyback, vertikal, horizontal, tuner, suara, dan lainnya.

3. IC Vertikal Tidak Bekerja

Penyebab ketiga dari TV yang hidup sebentar kemudian mati lagi adalah IC vertikal yang tidak bekerja secara optimal akibat adanya kerusakan pada IC Vertikal itu sendiri. Kerusakan ini bisa menyebabkan turunnya kualitas Elco pendukung pada rangkaian vertikal.

Cara Mengatasi TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi

Setelah mengetahui penyebab TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi, langkah selanjutnya bagi para pemilik TV adalah mengetahui bagaimana cara mengatasinya agar TV dapat kembali normal dan digunakan seperti biasa.

Untuk mengatasi TV yang hidup sebentar kemudian mati lagi, perlu difokuskan pada penyebab masalah yang terjadi. Setelah mengetahui penyebabnya, barulah bisa dilakukan tindakan perbaikan. Berikut adalah solusi untuk mengatasi TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi:

1. Periksa Elco yang Rusak

Jika TV Polytron hidup kemudian mati lagi saat baru dinyalakan, bisa jadi penyebabnya adalah elco bagian IC vertikal yang rusak atau kering. Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama ceklah elco 1. menggunakan multitester.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Fitur di TV Polytron Paling Mudah

Selain itu, pastikan untuk memeriksa juga elco-elco lain yang berada dekat dengan IC vertikal dan bagian belakang mesin, terutama di kaki-kaki elco dekat IC vertikal, apakah ada titik solder yang retak atau terlepas.

2. Lepaskan Elco

Jika ditemukan elco yang rusak atau kaki elco yang retak dan terlepas, maka gantilah dengan elco yang baru. Pastikan untuk melepas elco lama yang rusak terlebih dahulu sebelum memasang yang baru.

Pelepasan bisa dilakukan dengan memanaskan timah yang ada pada kaki-kaki elco di PCB dan menyedotnya dengan alat bantu. Pastikan bahwa semua timah terangkat dengan bersih agar pemasangan elco baru dapat menempel dengan sempurna.

3. Pasang Elco Baru

Setelah berhasil melepas elco yang rusak, pasanglah elco baru dengan ukuran yang sama. Untuk menopang kualitas solderan yang baik, gunakanlah timah solder yang berkualitas sehingga elco dapat merekat dengan sempurna.

Setelah memasangkan elco baru, coba untuk menyalakan TV Polytron. Jika masih alami protek, maka proses mengatasi TV yang hidup sebentar kemudian mati lagi belum selesai dan perlu dilakukan perbaikan lebih lanjut. Namun, jika tidak, berarti TV Polytron sudah bisa digunakan kembali seperti biasa.

Apakah Ada Cara Memperbaiki Lain?

Biasanya, ketika mengalami masalah TV yang hidup sebentar kemudian mati lagi, para tukang servis akan melumpuhkan protek TV Polytron. Namun, bagaimana cara melumpuhkan protek TV Polytron?

Cara untuk melumpuhkan protek TV Polytron sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Kalian dapat mengetahui langkah-langkah lengkap untuk melumpuhkan protek TV Polytron yang aktif.

Untuk melumpuhkan protek ini, Kalian hanya perlu mencari pin protek pada TV Polytron. Namun, letak pin protek pada setiap tipe TV Polytron dapat berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, pastikan untuk memastikan letak pin protek yang tepat. Secara umum, pin protek biasanya ditKaliani dengan adanya tulisan “protek”.

Biaya Service TV Hidup Sebentar Mati Lagi.

Jika Kalian dapat mengatasi masalah TV Polytron yang hidup sebentar kemudian mati lagi sendiri, maka mungkin tidak perlu biaya besar untuk memperbaikinya. Kalian hanya perlu membeli komponen yang dibutuhkan, seperti elco baru untuk mengganti yang rusak. Komponen tersebut bisa dibeli di toko elektronik terdekat.

Baca juga:  Penyebab Tv Polytron Mati Sendiri dan Solusinya

Namun, bagi pemilik TV Polytron yang tidak yakin bisa mengatasi masalah sendiri dan khawatir membuat masalah menjadi lebih parah pada unit TV, sebaiknya memanggil tukang servis. Namun, pastikan untuk siap dengan biaya ongkos perbaikan.

Biaya ongkos perbaikan untuk TV yang hidup sebentar kemudian mati lagi akan tergantung pada tipe unit TV dan tingkat kesulitan perbaikan. Setiap daerah dan tukang service TV biasanya memberlakukan biaya ongkos perbaikan yang berbeda-beda.

Namun, secara umum biaya ongkos perbaikan bisa mencapai Rp 100 – Rp 200 ribu, atau bahkan lebih. Jika perlu, tanyakan terlebih dahulu kepada tukang service mengenai biaya yang dibutuhkan sebelum datang untuk memperbaiki TV.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas masalah yang mungkin dialami oleh TV Polytron, yaitu hidup sebentar dan mati lagi. Ada beberapa penyebab yang dapat memengaruhi masalah ini, seperti kabel daya yang rusak atau masalah pada komponen internal TV.

Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah ini, seperti memeriksa kabel daya dan sirkuit listrik, memastikan bahwa TV tidak terkena debu atau kotoran yang dapat memengaruhi kinerja, serta memperbarui firmware TV.

Jika semua upaya telah dilakukan dan masalah masih terjadi, disarankan untuk menghubungi teknisi profesional yang terlatih dalam perbaikan TV. Dengan demikian, TV Polytron dapat dihidupkan kembali dan dinikmati dengan lancar. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi ini bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *