Lightning Arrester Adalah

√ Lightning Arrester Adalah : Fungsi, Cara Kerja dan Kelebihan Arrester

Posted on

Bengkeltv.id – √ Lightning Arrester Adalah : Fungsi, Cara Kerja dan Kelebihan Arrester. Ketika petir menyerang, seringkali tak ada tempat yang benar-benar aman dari ancaman potensial yang ditimbulkannya, termasuk pada instalasi listrik. Untuk itulah, perangkat penangkal petir atau yang dikenal dengan istilah ‘Lightning Arrester’ memiliki peran yang sangat vital.

Lightning Arrester adalah alat yang dirancang khusus untuk melindungi peralatan dan sistem listrik dari kerusakan yang mungkin disebabkan oleh lonjakan tegangan akibat petir. Dengan adanya Lightning Arrester, energi petir akan dialihkan ke tanah, sehingga meminimalisir risiko kerusakan pada peralatan listrik.

Artikel ini akan mengulas lebih jauh mengenai apa itu Lightning Arrester, cara kerjanya, serta pentingnya pemasangan perangkat ini dalam sistem listrik Kalian. Jadi, mari kita mulai penjelajahan kita pada topik yang sangat penting ini.

Lightning Arrester Adalah

Pusat-pusat pembangkit listrik sangat membutuhkan istilah yang sering disebut sebagai sistem penangkal petir. Sistem ini dirancang khusus untuk melindungi instalasi di gardu induk dari masalah yang disebabkan oleh surja petir atau surja hubung. Umumnya, sistem penangkal ini dipasang di setiap ujung saluran yang menuju gardu induk.

Dengan adanya sistem penangkal ini, tegangan yang masuk akibat petir dapat dibatasi sehingga tidak menimbulkan masalah pada peralatan gardu induk yang seharusnya dilindungi.

Namun, bagaimana dengan tegangan yang tidak masuk ke gardu induk? Tegangan yang tersisa tersebut tidak langsung dibuang, tetapi dialihkan. Selain itu, lonjakan tegangan dari petir akan ditransfer ke sistem penangkal. Sistem penangkal ini juga dapat berfungsi sebagai isolator.

Ketika terjadi lonjakan tegangan, seperti sebelumnya, arus akan dialirkan ke tanah untuk mencegah terjadinya kelebihan tegangan.

Baca juga:  √ Cara Masuk Menu Servis TV Panasonic : Panduan Untuk Pemula

Komponen Pada Lightning Arrester

Alat penangkal petir dirancang dengan menggunakan beberapa komponen yang bekerja bersama-sama untuk menjalankan fungsinya. Sebelum memasang alat ini pada properti atau rumah, sangat penting untuk memastikan bahwa semua komponen yang membentuknya sudah tersedia lengkap.

Lightning Arrester Adalah

Berikut adalah beberapa komponen yang harus ada:

1. Air Terminal (Kepala)

Komponen ini memiliki bentuk seperti mata tombak dan ditempatkan di bagian paling atas penangkal petir. Namun, dalam penangkal elektrostatis, kepala penangkap memiliki bentuk yang lebih lebar dan besar, hampir menyerupai payung. Fungsinya adalah menarik petir agar menyambar kepala penangkap.

2. Konduktor

Setelah tenaga listrik ditangkap oleh kepala penangkap, listrik tersebut dialirkan melalui kabel konduktor. Konduktor berperan penting dalam mengalirkan arus petir menuju komponen grounding.

3. Grounding

Komponen ini harus ditanam di dalam tanah. Fungsinya adalah mengalirkan tegangan yang dikirimkan oleh konduktor ke tanah. Lokasi pemasangan grounding harus jauh dari properti yang dilindungi, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan.

Dengan adanya ketiga komponen ini yang bekerja sinergis, alat penangkal petir dapat berfungsi dengan baik untuk melindungi properti atau rumah dari bahaya petir.

Sangat penting untuk memastikan bahwa semua komponen tersebut terpasang dengan lengkap dan sesuai dengan stKalianr keamanan untuk mendapatkan perlindungan yang efektif.

Fungsi Lightning Arrester

Setelah memahami Lightning Arrester Adalah,, berikut adalah penjelasan mengenai fungsi penangkal petir yang perlu dipahami:

1. Melindungi dari Sambaran Petir

Setiap gardu induk atau gardu transmisi harus dilengkapi dengan penangkal petir karena menara transmisi rentan terhadap sambaran petir. Penangkal petir ini akan terhubung ke menara transmisi yang telah ditanamkan di dalam tanah. Ketika terjadi sambaran petir, arus listrik petir tersebut akan segera dialirkan ke tanah melalui penangkal petir (grounding).

2. Melindungi dari Switching Surge / Lonjakan Tegangan akibat Switching

Switching surge adalah peningkatan tegangan yang signifikan yang terjadi saat proses pemutusan aliran listrik (pembukaan atau penutupan sakelar listrik). Pada beberapa momen, seperti saat perawatan, PLN perlu memutus aliran listrik, sehingga sakelar pada gardu induk dibuka dan menyebabkan lonjakan tegangan. Dalam hal ini, penangkal petir akan mengalirkan lonjakan tegangan tersebut ke dalam tanah melalui grounding.

3. Melindungi Komponen Pada Transmisi Listrik seperti Transformator

Ketika terjadi sambaran petir, komponen yang rentan mengalami kerusakan adalah transformator, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut, setiap gardu transmisi harus dilengkapi dengan penangkal petir (penangkal petir) yang berfungsi untuk menangkap petir tersebut dan mengalirkannya ke dalam tanah melalui grounding.

Baca juga:  Persamaan Flyback FA061WJ-SA TV Sharp : Paling Lengkap

4. Membatasi Tegangan Listrik

Penangkal petir ini terbuat dari bahan Metal Oxide Varistor (MOV) yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap tegangan. Ketika tegangan melebihi batas ambang tertentu, penangkal petir akan berfungsi sebagai sakelar yang tertutup, dan mengalirkan tegangan tersebut ke dalam tanah melalui grounding.

5. Mengalihkan listrik ke ground

Penangkal petir ini terhubung secara langsung ke menara transmisi yang telah tertanam di dalam tanah. Ketika terjadi tegangan transien akibat sambaran petir atau switching surge, tegangan tersebut akan dialirkan ke dalam tanah melalui grounding.

Cara Kerja Lightning Arrester

Walaupun disebut sebagai penangkal, lightning arrester tidak berfungsi untuk mengusir petir agar tidak menyambar daerah yang dilindungi. Sebaliknya, lightning arrester berperan sebagai penyerap atau penarik muatan listrik yang terdapat pada petir.

Tegangan yang berhasil ditarik kemudian dialirkan ke dalam tanah. Mengapa ke tanah? Hal ini disebabkan awan telah terisi muatan listrik negatif. Muatan listrik positif akan naik ke atas awan melalui kabel konduktor yang dipasang pada ujung batang penangkal petir.

Dengan memanfaatkan gaya tarik-menarik, terbentuk aliran listrik pada ujung-ujung alat tersebut. Ini memungkinkan aliran listrik menyebar melalui tanah, sehingga properti yang dilindungi tetap aman.

Namun sayangnya, jika properti masih terhubung dengan peralatan elektronik, petir tetap dapat menyambar perangkat tersebut melalui kawat jaringan listrik. Dalam kasus yang parah, sambaran ini dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan yang sangat berbahaya dan berpotensi menimbulkan korban.

Jenis-jenis Lightning Arrester

Secara umum, penangkal petir memiliki dua jenis yang digunakan sesuai dengan area yang dilindungi. Penting untuk mengenal kedua jenis tersebut agar tidak menimbulkan masalah baru. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis penangkal petir:

1. Jenis Katup

Penangkal petir jenis ini terdiri dari komponen sela seri atau sela percik terbagi. Terdapat material yang mudah berubah ketika terjadi perubahan tegangan secara tiba-tiba. Perlu diketahui bahwa resistor pada jenis penangkal ini bersifat non-linear.

Baca juga:  Panduan Praktis Cara Isi Saldo Orange TV via M Banking

2. Jenis Ekspulsi (Tabung Pelindung)

Jenis penangkal petir ini memiliki dua sela, yaitu sela dalam dan sela luar. Di dalam tabung pelindung, terdapat sela percik, sedangkan sela batang dipasang di luar.

Kelebihan dan Kekurangan Lightning Arrester

Sebelum memutuskan untuk memasang alat ini di rumah atau properti lainnya, disarankan untuk memperhatikan terlebih dahulu Kelebihan dan Kekurangan penggunaan alat ini, yang terdiri dari hal-hal berikut:

Kelebihan Menggunakan Penangkal Petir

  • Penggunaan yang simpel dan efisien.
  • Dapat mengganggu gelombang elektromagnetik.
  • Mengurangi risiko gangguan operasional pada stopkontak.
  • Mencegah kerusakan pada peralatan elektronik akibat petir.
  • Menghindari kerusakan melalui saluran udara.
  • Melindungi peralatan di luar gardu induk.

Kekurangan Penggunaan Penangkal Petir

  • Membatasi ruang yang tersedia pada garis.
  • Biaya material dan pemasangan yang cukup tinggi.

Penutup

Dengan demikian, kita telah memahami bahwa lightning arrester adalah perangkat krusial dalam sistem perlindungan terhadap petir. Alat ini bertugas untuk melindungi perangkat listrik dan elektronik dari kerusakan yang dapat disebabkan oleh lonjakan tegangan akibat sambaran petir. Fungsi lightning arrester dalam meredam dan mengalirkan arus petir ke tanah menjadikannya komponen penting dalam setiap instalasi listrik, baik skala kecil maupun besar.

Kendati demikian, pemilihan dan pemasangan lightning arrester yang tepat membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Karena itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli atau profesional di bidang ini. Perlu diingat, pencegahan selalu lebih baik dari pada menghadapi kerusakan yang besar dan berpotensi berbahaya.

Terakhir, penting untuk terus meningkatkan pemahaman kita tentang teknologi dan cara kerja dari lightning arrester. Semakin kita memahami, semakin kita bisa mengapresiasi pentingnya perangkat ini dalam menjaga keamanan dan keberlanjutan sistem listrik kita.

Sehingga, lightning arrester tidak hanya sekedar alat penangkal petir, tetapi menjadi simbol perlindungan dan keamanan dari ancaman yang bisa datang kapan saja. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Lightning Arrester Adalah, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *