Persamaan Transistor BC547

Persamaan Transistor BC547 : Terlengkap

Posted on

Bengkeltv.idPersamaan Transistor BC547 : Terlengkap. Transistor adalah sebuah semikonduktor yang berguna sebagai penguat atau perangkat pemutus dan penyambung arus dalam sirkuit. Selain itu, transistor juga dapat digunakan untuk switching, stabilisasi tegangan, dan modulasi sinyal.

Fungsinya mirip dengan kran listrik, yaitu mengalirkan listrik pada sirkuit dari sumbernya dengan sangat akurat berdasarkan arus atau tegangan inputnya. Namun, transistor seringkali mengalami kerusakan.

Seperti halnya IC yang memiliki pengganti IC vertikal, transistor juga memiliki pengganti jika komponen aslinya tidak tersedia. Setiap seri atau model transistor memiliki pengganti masing-masing.

Untuk Persamaan Transistor BC547, terdapat banyak seri atau model yang dapat menjadi penggantinya. Jadi, jika ingin mengetahui persamaannya, silakan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Transistor BC547

Transistor BC547 merupakan jenis transistor NPN kecil yang banyak digunakan dalam sirkuit elektronik. Nama BC dalam transistor ini merupakan singkatan dari British Columbia, tempat di mana transistor ini pertama kali dikembangkan. Transistor ini memiliki tiga lapisan yang terdiri dari basis, kolektor, dan emitor.

Transistor BC547 biasanya dipakai untuk memperkuat sinyal listrik dan digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan daya rendah hingga sedang. Selain itu, transistor ini juga bisa digunakan sebagai saklar elektronik untuk mengontrol aliran arus listrik.

Baca juga:  Persamaan Transistor C6090 : UPDATE Terbaru !!

Jenis Aplikasi Transistor BC547

Transistor BC547 merupakan salah satu jenis transistor bipolar yang sering dipakai dalam sirkuit elektronik. Berikut adalah beberapa aplikasi umum dari transistor BC547:

Penguat Audio

Transistor BC547 dipergunakan sebagai penguat audio dalam rangkaian amplifikasi audio kecil hingga sedang.

Saklar Elektronik

Transistor BC547 bisa dipakai sebagai saklar elektronik untuk mengatur arus listrik yang mengalir.

Sensor Cahaya

Transistor BC547 bisa dimanfaatkan sebagai sensor cahaya untuk mendeteksi keberadaan cahaya atau kegelapan dalam suatu lingkungan.

Alarm Keamanan

Transistor BC547 dapat dipakai pada rangkaian alarm keamanan untuk mengetahui gerakan atau suara yang ada di suatu lingkungan tertentu.

Sirkuit Jam Digital

Transistor BC547 dapat menjadi salah satu bagian dari rangkaian jam digital.

Datasheet Transistor BC547

Persamaan Transistor BC547 Persamaan Transistor BC547

Datasheet adalah informasi mengenai suatu komponen yang mencakup seluruh informasi terkait komponen tersebut. Di bawah ini, kami akan mempersembahkan informasi lengkap mengenai datasheet transistor BC547 yang dapat Anda pelajari lebih lanjut.

A. Deskripsi Transistor BC547

BC547 merupakan transistor NPN yang memiliki kemampuan luar biasa! Ketika pin basis ditahan ke tanah, kolektor dan emitor akan terbuka (Bias mundur), namun ketika sinyal diberikan ke pin basis, transistor akan tertutup (Biasa maju). Tak hanya itu, nilai gain BC547 bisa mencapai 110 sampai 800, dan nilai ini menentukan kapasitas amplifikasi transistor.

Namun, perlu diingat bahwa arus maksimum yang bisa mengalir melalui pin Kolektor hanya 100mA. Oleh karena itu, kita tidak bisa menghubungkan beban yang membutuhkan arus lebih dari 100mA dengan menggunakan transistor ini. Untuk membias transistor, kita harus memasok arus ke pin basis, dan arus ini (I B) harus dibatasi hingga 5mA.

Jika BC547 sudah sepenuhnya bias, maka transistor bisa memungkinkan maksimum 100mA mengalir melalui kolektor dan emitor. Tahap ini disebut Wilayah Saturasi, dan tegangan tipikal yang diperbolehkan melintasi Kolektor-Emitter (V CE) atau Basis-Emitter (V BE) masing-masing bisa mencapai 200 dan 900 mV.

Baca juga:  Datasheet dan Persamaan Transistor S8050 Terlengkap

Namun ketika arus basis dihilangkan, transistor akan mati sepenuhnya, dan tahap ini disebut Daerah Cut-off. Tegangan Base Emitter pada tahap ini bisa mencapai sekitar 660 mV.

B. Fitur Transistor BC547

  • Transistor NPN Bi-Polar
  • Penguatan Arus DC (h FE ) maksimum 800
  • Arus Kolektor Kontinu (I C ) adalah 100mA
  • Tegangan Basis Emitter (V BE ) adalah 6V
  • Arus Basis (I B ) adalah maksimum 5mA
  • Tersedia dalam Paket To-92

C. Skema BC547

Persamaan Transistor BC547

D. Data Pin Transistor BC547

Nomor PINNama PinKeterangan
1PengumpulArus mengalir melalui kolektor
2BasisMengontrol bias transistor
3emitorArus mengalir keluar melalui emitor

E. NPN Epitaxial Silicon Transistor

Persamaan Transistor BC547

Persamaan Transistor BC547

Ada banyak model transistor yang menjadi persamaan dari BC547. Namun, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan transistor C828 atau C945 sebagai persamaan transistor BC547 yang terbaik karena memiliki tingkat penguatan yang rendah.

Meskipun demikian, masih ada banyak lagi seri transistor lain yang bisa menjadi persamaan BC547. Berikut beberapa tipe transistor yang sering dijadikan sebagai persamaan BC547.

  • BC549
  • BC548
  • BC550
  • BC636
  • BC639
  • 2N2222
  • T0-1B
  • T0-92
  • 2N3904
  • 2N2369
  • 2N3055
  • 2N3906
  • 2SC5200

Fungsi Transistor BC547

Transistor BC547 adalah tipe transistor NPN yang digunakan untuk melakukan switching sehingga dapat mengaktifkan kontak relay. Relay ini kemudian memberikan kontak pada motor DC.

BC547 sebagai Saklar

Ketika transistor digunakan sebagai saklar, transistor dioperasikan di Daerah Saturasi dan Cut-Off seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, transistor akan bertindak sebagai saklar Terbuka selama Bias Maju dan sebagai saklar Tertutup selama Bias Mundur, dan bias ini bisa dicapai dengan memasok jumlah arus yang diperlukan ke pin basis.

Namun, arus biasing harus dibatasi maksimal 5mA. Jika arus melebihi 5mA, maka transistor akan mati; oleh karena itu, resistor selalu ditambahkan secara seri dengan pin dasar. Nilai resistor (RB) ini bisa dihitung menggunakan rumus berikut:

Baca juga:  Pengertian Transistor PNP dan Peran Pentingnya dalam Elektronika

R B = V BE / I B

Dimana, nilai V BE harus 5V untuk BC547 dan arus Basis (I B tergantung pada arus Kolektor (I C ).Nilai I B tidak boleh melebihi mA.

BC547 sebagai Penguat

Transistor berfungsi sebagai penguat ketika beroperasi di Daerah Aktif. Pada tahap ini, transistor bisa memperkuat daya, tegangan, dan arus pada berbagai konfigurasi yang berbeda.

Beberapa konfigurasi yang digunakan dalam rangkaian penguatan adalah:

Penguat emitor bersama

Penguat kolektor umum

Penguat basis umum

Dari beberapa tipe di atas, tipe emitor umum adalah konfigurasi yang paling populer dan sering dipakai. Ketika digunakan sebagai Amplifier, penguatan arus DC transistor bisa dihitung dengan menggunakan rumus berikut:

Penguatan Arus DC = Arus Kolektor (I C ) / Arus Basis (I B )

Penutup

Demikianlah informasi lengkap mengenai persamaan transistor BC547. Dari penjelasan mengenai karakteristik transistor ini, hingga jenis-jenis transistor yang bisa menjadi persamaan, semuanya dapat membantu Anda dalam mengoperasikan transistor dengan lebih baik dan efisien.

Dalam menggunakan transistor BC547, penting untuk memahami batasan arus dan tegangan yang bisa ditangani oleh transistor ini. Namun, dengan memilih persamaan yang tepat, Anda masih bisa menggunakan rangkaian elektronik dengan kinerja yang baik.

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Persamaan Transistor BC547, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *